6 Cara Memilih Air Mineral Terbaik yang Sehat dengan Mudah

Sumbersehat.com – Beberapa orang memilih air mineral terbaik untuk memenuhi kebutuhan minum dan memasak. Alasannya karena praktis dan mudah diperoleh di mana saja. Walaupun demikian, anda harus hati-hati dalam memilih air kemasan karena tidak semua air kemasan berkualitas.

Ada banyak aspek yang berpengaruh terhadap kualitas air mineral kemasan. Kualitas air kemasan tidak hanya ditentukan dari sumber airnya saja, akan tetapi bisa dari kemasan, kandungan air, dan lainnya. Agar Anda tidak keliru, berikut cara memilih air kemasan yang sehat dan mudah dilakukan.

Inilah Cara Memilih Air Mineral Kemasan Terbaik

Perhatikan beberapa hal saat anda memilih air mineral terbaik untuk penggunaan sehari-hari  :

Perhatikan Kondisi Fisik Air

Air yang sehat memiliki kondisi fisik yang tidak berbau, tidak memiliki rasa, dan berwarna bening. Apabila Anda menemui air mineral kemasan yang tidak normal seperti berwana keruh dan berbau, sebaiknya hindari dan cari air kemasan lain.

Baca juga : Rekomendasi 3 Pilihan Masker untuk Virus Corona, Jangan Salah Pilih!

Warna keruh dan bau bisa disebabkan oleh adanya pertumbuhan bakteri. Selain itu, ada kemungkinan lain adanya kontaminasi bahan kimia berbahaya selama proses pembuatan air kemasan.

Mengecek Waktu Kadaluwarsa Air Kemasan

Sebuah toko tentu memiliki standar operasional prosedur (SOP) dengan tidak menjual air mineral kemasan yang sudah kadaluwarsa. Walaupun begitu, Anda tetap harus memperhatikan tanggal kadaluwarsa yang terdapat pada kemasan. Biasanya, air kemasan memiliki tanggal kadaluwarsa selama dua tahun dari tanggal produksi.

Botol kemasan terbuat dari plastik jenis polyethylene terephthalate (PETE atau PET) yang mengalami penurunan kualitas dalam waktu dua tahun. Kondisi tersebut otomatis berpengaruh terhadap kualitas air di dalam botol. Maka dari itu, periksa tanggal kadaluwarsa air kemasan yang Anda konsumsi.

Sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI)

Air kemasan dengan logo SNI berarti telah memenuhi syarat mutu sesuai standar yang dilakukan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Standar ini meliputi keamanan air dan kemasan yang digunakan. Air yang sehat mengandung mineral dalam jumlah tertentu tanpa tambahan mineral dari luar.

Perlu anda ketahui bahwa air mineral terbaik kemasan mengandung fluoride, kalisum, magnesium, natrium, dan kalium. Selain itu, air kemasan juga harus memenuhi syarat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Hindari Mengkonsumsi Air Kemasan yang Terpapar Sinar Matahari

Selanjutnya, anda harus memilih air mineral terbaik yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Meskipun kemasan menggunakan material food grade, paparan sinar matahari dalam waktu lama bisa melepaskan bisphenol A (BPA). BPA dari botol plastik bercampur dengan air dan masuk ke dalam tubuh saat dikonsumsi.

Kadar BPA dalam jumlah kecil tidak berbahaya, akan tetapi dalam jumlah tertentu bisa berakibat buruk terhadap kesehatan. Resiko penyakit yang timbul seperti kanker, jantung, dan masalah kesuburan.

Baca juga : Obat Gatal Berair : Obat Medis dan Tradisonal

Perhatikan Kondisi Air Mineral Kemasan

Berikutnya, anda pun perlu memperhatikan kondisi air mineral kemasan. Air kemasan menggunakan botol plastik dengan bahan PETE atau PTE. PETE/PTE direkomendasikan untuk pemakaian sekali dengan simbol segitiga yang biasa terdapat pada kemasan.

Walaupun terlihat bagus, botol dengan material ini tidak boleh digunakan kembali untuk menyimpan minuman dingin maupun panas. Anda juga harus waspada terhadap botol kemasan yang penyok.

Begitu juga kondisi botol kemasan yang sudah berubah bentuk. Ada kemungkinan air dalam botol kemasan sudah mengalami penurunan kualitas yang membahayakan kesehatan Anda. Perhatian keamanan semua baian mulai dari kondisi fisik air mineral hingga botol kemasan.

Ketahui Labelnya

Satu lagi yang perlu anda perhatikan saat ingin mendapatkan air mineral terbaik adalah memperhatikan labelnya. Cari apakah tulisan yang tertera pada kemasan air mineral alami atau air mineral saja. Arti label ini memperlihatkan kualitas air mineral terbaik. Jika ada tulisan alami maka, air tersebut diambil dari alam atau bersumber dari alam.

Anda juga tidak membutuhkan alat khusus dalam menerapkan cara memilih air mineral terbaik dan sehat karena sangat mudah dilakukan. Anda hanya butuh ketelitian dan kejelian dalam memilih setiap air kemasan yang akan dikonsumsi di mana saja berada. Aplikasikan cara di atas, agar anda mendapatkan yang terbaik.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *