Agar Tubuh Sehat Selama Pandemic Covid-19 Berlangsung

Agar tubuh sehat selama pandemic covid-19 berlangsung. Pandemic covid-19 yang melanda seluruh dunia tak terkecuali Indonesia telah memberikan kegelisahan yang cukup serius di tengah masyarakat. Penyakit yang awalnya berasal dari provinsi Wuhan di Negara China itu telah menyebar hingga banyak Negara mengalami kerugian baik fisik maupun mental. Bahkan wabah mengerikan ini telah membuat banyak manusia kehilangan nyawa nya.

Untuk itu, permasalahan ini tak dapat disepelekan begitu saja karena penyebarannya yang terbilang sangat cepat dan dampak yang sangat terasa bagi seluruh lapisan masyarakat. Indonesia sendiri telah terjangkit lebih dari 29 ribu lebih warga nya. Beberapa memang dikatakan sembuh, namun jiwa-jiwa yang tak selamat membuat penyakit ini masuk dalam salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan dan mengkhawatirkan.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu penyakit ini terus mengalami peningkatan yang cukup drastic. Oleh sebab itu, pemerintah akhirnya menjalankan new normal agar masyarakat tetap dapat beraktifitas seperti biasa dengan tubuh sehat dan jiwa yang kuat. Selain itu demi menjaga agar perekonomian terus stabil sehingga rakyat tak menderita kerugian besar karena covid-19. Hal ini dikarenakan banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena pemberhentian missal.

tubuh sehat
tubuh sehat

Meskipun telah diberlakukan new normal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, anda tak bisa langsung panic karena takut tertular. Anda sebisa mungkin jangan panic karena hal tersebut akan sangat berdampak pada mental dan psikologi anda. Akibatnya, sepanjang hari akan diisi dengan ketakutan dan khawatir untuk melakukan interaksi dan komunikasi walaupun dalam jarak yang jauh.

Hal seperti itu memang penting, anda tak bisa langsung menyepelekan penyakit ini namun dengan kepanikan yang berlebihan tentunya akan memiliki dampak negative yang akan mengikuti. Oleh karena itu, anda harus menjaga tubuh sehat dengan fikiran yang terkontrol dengan semestinya. Dengan cara seperti ini, anda bebas melakukan aktifitas seperti biasa namun dengan kondisi yang terus optimal.

Nah, lalu bagaimana cara untuk melakukan hal-hal tersebut? Selain rutin membersihkan tubuh dan mengenakan masker, anda harus menjaga jarak dengan orang lain di sekitar anda. Bahkan, anda tetap harus melakukan hal tersebut terhadap keluarga anda di rumah. Kemudian, jika anda bepergian ke suatu tempat maka jangan menyapa keluarga sebelum anda benar-benar sudah membersihkan diri dengan mandi salah satunya.

Setelah itu, langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga tubuh sehat? Caranya cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. anda hanya perlu membaca informasi di bawah ini dengan saksama dan catat hal-hal penting di catatan ponsel agar anda tetap dapat membacanya setiap saat. Untuk mengetahui langkah-langkah tersebut, simak ulasannya di bawah ini.

Langkah-langkah menjaga kesehatan tubuh selama menjalani new normal

Rutin mencuci tangan

Kebiasaan mencuci tangan adalah budaya yang selalu diajarkan sedari kita kecil. Setiap sekolah selalu mengajarkan hal tersebut kepada semua muridnya bahkan di tingkat pendidikan anak usia dini sekalipun. Mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas penting untuk meminilisir masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh kita.

Mengapa demikian? Tangan adalah media penyaluran segala jenis penyakit melalui sentuhan yang kita lakukan kepada setiap hal di sekitar kita. Baik menjabat tangan dengan sesama teman atau kerabat, menyentuh ponsel dan computer, transaksi jual beli, menyentuh permukaan benda di tempat-tempat umum dan masih banyak lagi yang lainnya yang dapat merusak tubuh sehat.

Terlebih anak-anak yang sering bermain di tanah dan lumpur yang mereka fikir menyenangkan. Meskipun hal tersebut baik untuk mengembangkan daya tangkap mereka, namun jika mereka tak membiasakan diri untuk mencuci tangan maka bukan tidak mungkin segala jenis kuman yang ada pada permukaan benda-benda mati yang tersentuh akan menimbulkan banyak resiko penyakit.

Inilah yang membuat masyarakat mau tak mau harus membiasakan diri untuk mencuci tangan secara teratur. Dengan demikian mereka langsung sadar betapa pentingnya mencuci tangan untuk membuat tubuh sehat  sebelum dan sesudah beraktifitas walaupun aktifitas sekecil apapun. Selain mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, anda sebaiknya selalu mengantongi hand sanitizer yang akan menstrerilkan kondisi tangan anda.

Meskipun tak wajib namun penggunannya akan membuat tangan lebih bersih dibandingkan hanya mencuci tangan saja. walaupun sempat mengalami peningkatan harga yang tak wajar, namun kini harganya sudah mengalami penurunan ke kondisi yang normal. anda dapat dengan mudah mendapatkannya di minimarket terdekat dengan lokasi anda. Selalu jaga diri dengan memakai masker saat melakukan pembelian di luar rumah anda.

Untuk anda yang masih bingung bagaimana cara mencuci tangan yang benar untuk menjaga agar tubuh sehat, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Sediakan sabun dan air
  2. Beri sabun ke telapak tangan kemudian gosokkan hingga mengeluarkan busa
  3. Sapu telapak tangan hingga sela-sela jari kemudian bagian kuku untuk memastikan bahwa seluruh bagian tangan terkena oleh sabun
  4. Cuci tangan anda selama minimal 30 detik sampai 1 menit
  5. Basuh tangan anda di air yang mengalir. Jika tak menemui air yang mengalir, maka siram dengan menggunakan gayung.
  6. Jangan membasuh tangan anda di dalam wadah sebuah bak yang tidak memungkinkan terjadinya aliran air.

Nah, dengan 6 tips diatas semoga anda dapat melakukannya dengan baik di rumah anda. Apalagi jika anda mengajak orang lain untuk mempraktikkanya. Semakin banyak yang melakukan hal tersebut maka tentunya akan semakin banyak orang yang terselamatkan. Terlebih dalam beberapa tempat umum telah menyediakan sabun dan tempat cuci tangan yang bisa anda temui dengan mudah.

Cara mudah tersebut tentunya tak sulit dilakukan agar tubuh sehat selalu terjaga sehingga anda tetap dapat melakukan aktifitas sehari-hari tanpa takut terganggu oleh factor-faktor yang lainnya. Kebiasaan mencuci tangan adalah budaya turun temurun yang telah dilakukan sejak jaman nenek moyang. Semoga kebiasaan ini akan terus dilakukan oleh para generasi penerus bangsa baik yang sekarang maupun yang akan datang.

Menjaga jarak

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga jarak ketika melakukan interaksi dengan orang lain di luar rumah. Meskipun awalnya terbilang sulit karena masyarakat Indonesia selalu terbiasa dengan komunikasi yang erat terhadap sosial. Namun, agar anda tak terjangkit oleh penyakit mematikan ini, sebisa mungkin anda harus memaklumi mengapa pemerintah menganjurkan rakyatnya agar mematuhi protokol kesehatan.

Jaga jarak aman dengan lingkungan anda dengan menjaga jarak minimal 1 meter terhadap lawan bicara anda. Selain itu, hindari melakukan kontak fisik secara langsung walaupun menurut anda orang tersebut dalam kondisi tubuh sehat dan tak memiliki gejala-gejala sedang mengalami sebuah penyakit tertentu. Anggapan untuk mencegah daripada mengobati merupakan kalimat yang sesuai untuk menggambarkan situasi pada saat ini.

Beberapa masyarakat Indonesia sempat mengeluhkan terjadinya pembatasan fisik. Bahkan ada banyak yang menyangkal jika hal tersebut hanyalah akal-akalan manusia saja. akan tetapi jika anda mematuhi protokol kesehatan tersebutr, resiko tertular covid-19 akan dapat anda hindari dengan mudah. Anda tentunya tak ingin menghabiskan waktu berkualitas anda di rumah sakit sebagai orang dengan kasus positif wabah ini bukan?

Anda tidak diperkenankan melakukan jabat tangan walaupun bersama dengan orang yang usianya lebih tua atau memiliki pangkat yang lebih tinggi dibandingkan anda. Namun anda dapat menggantinya dengan melakukan salam Namaste. Salam ini dengan cara mengatupkan kedua tangan kepada lawan bicara. Dengan cara seperti ini, selain tak menyinggung perasaan dan terlihat lebih sopan anda akan memiliki tubuh sehat karena tak melakukan kontak fisik.

Sekilas hal tersebut Nampak asing dengan budaya masyarakat Indonesia. Namun dengan adanya peraturan seperti itu diharapkan semua orang dapat terhindar dan angka kasus positif covid-19 di Negara ini akan terus berkurang bahkan hilang dari muka bumi ini. siapa yang akan menjaga diri kita jika bukan kita sendiri? Tubuh yang terlihat sehat bahkan bukan tidak mungkin akan mengalami penyakit-penyakit tertentu yang rawan akan resiko.

Lalu bagaimana agar tubuh sehat namun interaksi tetap berjalan dengan optimal tanpa timbulnya rasa ketidaksukaan kepada orang lain? Terlebih jika mereka adalah orang-orang terdekat yang tak bisa kita tidak pedulikan. Untuk mengetahuinya, ada tips yang dapat anda lakukan tanpa takut merasa dijauhi oleh rekan-rekan anda.

  1. Tetap lakukan komunikasi melalui jejaring sosial. Cara ini dilakukan oleh siapa saja dan tidak menimbulkan resiko tertular wabah mengerikan ini. dengan komunikasi yang terjalin baik walaupun melalui media sosial anda akan tetap memiliki hubungan yang erat bersama rekan dan sahabat anda yang terpisah dalam jarak yang jauh.
  2. Senyum, Namaste, sapa. Jika sebelumnya adalah senyum, salam kemudian sapa, kini anda dapat melakukan salam Namaste dengan tata cara seperti yang telah diuraikan diatas. tubuh sehat anda akan tetap terjaga bersamaan dengan sosialisasi yang tidak akan terputus hanya karena covid-19
  3. Beri kemakluman pada orang-orang yang belum mengerti benar dengan salah satu protokol kesehatan yang dianjurkan tersebut. Terkadang mereka hanya tidak benar-benar memahami maka tugas anda adalah menjelaskan dengan bahasa yang tidak terkesan menggurui. Apalagi jika orang tersebut memiliki usia yang lebih tua daripada anda.
  4. Gunakan sarung tangan bila diperlukan. Jika anda mau tak mau harus melakukan kontak fisik apalagi dengan transaksi jual beli, maka pemakaian sarung tangan bukan ha lasing yang harus dihindari. Hal tersebut tentu saja demi menjaga kondisi agar tubuh sehat  selalu anda miliki setiap saat. Apalagi uang kertas bisa saja terdeteksi sebagai media penularan virus yang tidak bisa dihindari karena semua orang memerlukan benda ini untuk membeli barang-barang keperluan rumah tangga.
  5. Jangan lakukan bepergian keluar rumah jika tak penting. Jika anda tak bekerja di luar dan tak memiliki kegiatan yang genting untuk dilakukan maka tahan diri anda sebisa mungkin tak keluar dari rumah.

Dengan mematuhi tips diatas, tubuh sehat bukan hal sulit yang akan anda dapatkan. Selain itu, menjaga sosialisasi dengan para rekan dan sahabat juga bukan sesuatu yang bisa anda hindari. Oleh karena itu dengan cara yang benar anda akan terhindar dari hal-hal negative yang bisa kapan saja mendatangi anda dan mengganggu kesehatan anda dan keluarga di rumah.

Pemakaian masker

Awalnya, masker hanya digunakan oleh mereka yang memiliki kondisi fisik yang tak sehat. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai mewajibkan penggunaan masker oleh siapa saja baik yang sedang sakit ataupun yang sehat. Untuk yang sakit, masker bertujuan untuk mencegah penularan sakit yang tengah ia derita kepada orang sehat yang ia temui dimanapun. Sedangkan untuk sehat, masker bertujuan untuk menghindari penularan.

Masker kini telah dijual bebas dengan jenis dan bentuk yang beragam. Meskipun awalnya masyarakat dibuat geram karena aksi penimbunan masker serta harga yang tak wajar. Untungnya saat ini penggunaan masker kain telah menghidupkan industry kecil dan membuat pengeluaran untuk masker tak mencekik masyarakat. tubuh sehat dengan penggunaan masker yang tepat sangat diperlukan agar tubuh anda tak cepat merespon hal buruk di sekitar anda.

Jika anda memilih untuk mengenakan masker dari bahan kain, maka pastikan anda selalu mencucinya bersih setiap selesai memakainya. Tak hanya itu, masker kain hanya dapat anda pakai selama 4-6 jam saja. oleh karena itu sebaiknya anda membawa lebih dari satu masker sebagai masker cadangan jika anda butuh waktu lebih lama untuk berada di luar.

Ataupun didasari karena tuntutan pekerjaan yang tak bisa anda sepelekan begitu saja. jaga agar tubuh sehat selalu bersama anda dengan cara penggunaan masker yang tepat. Jangan membuka tutup masker anda selama berada di luar. Bahkan dalam melakukan komunikasi anda tetap harus memakai masker karena saat berkomunikasi bukan tidak mungkin liur dari lawan bicara akan mengenai bagian tubuh anda.

Jika hal tersebut terjadi maka tubuh anda bisa ditempati oleh virus yang mengerikan. Maka agar hal tersebut tak terjadi anda harus mematuhi protokol kesehatan selanjutnya yang telah dianjurkan oleh semua kalangan, yaitu memakai masker saat keluar rumah. Hal tersebut tentunya demi menjaga kesehatan anda sendiri. Selalu utamakan kesehatan agar anda tak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini ada tips bagaimana memakai dan melepas masker untuk menjaga agar tubuh sehat anda tak terganggu oleh resiko tertular covid-19. Simak ulasan tips dan triknya dibawah ini dan anda bisa mempraktekkannya dengan mudah di rumah ataupun mengajarinya kepada orang-orang di sekitar anda. Hal ini dikarenakan walaupun tegolong mudah, namun tanpa pemahaman yang baik akan pecuma saja untuk sampai ke siapapun dengan latar belakang apapun.

  1. Pakai masker dengan menutupi area dagu, mulut, pipi sampai hidung. Jangan beri celah sedikitpun untuk meminimalisir resiko tertularnya virus. Pilih masker dengan kain yang lebar menyesuaikan dengan bentuk wajah anda. Selain agar anda nyaman saat mengenakannya, masker yang sesuai standa yang berlaku akan melindungi diri anda dari ancaman yang selalu mengintai saat berada di luar rumah.
  2. Jangan menyentuh masker saat memakainya. Seringkali anda mungkin menyentuh masker karena merasa gatal atau ingin melepasnya. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena masker yang tujuannya untuk menjaga agar tubuh sehat bukan untuk disentuh. Bagaimana jika ada bakteri yang telah ada di permukaan masker lalu anda menyentuhnya? Sehingga percuma saja anda mengenakan masker.
  3. Cuci masker kain setelah selesai dipakai. Jangan menunggu waktu terlalu lama untuk mencuci masker yang telah anda pakai selama di luar ruangan. Langsung lepas dan cuci dengan sabun khusus pencuci pakaian lalu jemur di bawah sinar matahari langsung. Pencucian berguna untuk membersihkan bakteri yang telah bersarang di permukaan masker yang melindungi anda.
  4. Saat ingin melepas masker, mulai dari tali bagian belakang dan jangan melepasnya dari area depan. Seperti yang telah dijabarkan diatas jika anda tak diperkenankan untuk menyentuh bagian depan masker untuk menjaga tubuh sehat. Hal ini berlaku juga pada saat anda ingin melepasnya. Lakukan dari bagian belakang lalu langsung bersihkan masker anda jika terbuat dari kain.

Sebaliknya jika masker anda tergolong dalam masker sekali pakai, maka langsung buang di kotak sampah yang terpisah dengan jenis sampah yang lain. Hal ini bertujuan agar ketika sampah tersebut akan dialihfungsikan sebagai pupuk, masker yang telah terkena bakteri tak ikut tercampur ke dalamnya. Pisahkan sampah-sampah berdasarkan jenisnya dan lakukan cara khusus untuk sampah dari masker atau sarung tangan sekali pakai.

  • Jangan pinjami masker dan jangan berbagi masker kepada siapapun. Anda boleh membagi masker jika masker tersebut belum pernah digunakan oleh siapapun. Dengan kata lain masker tersebut masih baru dan steril dari hal apapun. Berbagi masker akan merusak tubuh sehat dan bukan tidak mungkin menjadi wadah penularan penyakit tanpa bisa anda sadari karena sebelumnya anda tak mengetahui hal tersebut.

Dengan menjalankan tips diatas, maka sebaiknya anda langsung mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pemakaian masker memang sangat dianjurkan, namun bukan berarti anda bebas untuk berada di luar rumah dalam waktu relative lama. Oleh karena itu sesuaikan juga dengan protokol kesehatan yang sebelumnya telah dicanangkan oleh pemerintah setempat.

Rutin mengonsumsi air putih

Telah kita ketahui bersama jika air putih memiliki segudang manfaat bagi tubuh dan orang yang gemar meminumnya untuk menjaga kestabilan tubuh. Terlebih 90% tubuh kita terdiri atas air yang membantu mengurangi racun dan hal-hal jahat yang berada di dalam tubuh kita. Dengan mengonsumsi air putih secara teratur akan membantu menetralisir segala jenis racun baik yang sedang maupun yang berbahaya di dalam tubuh.

Yang perlu anda ketahui adalah meminum air putih yang alami saja tanpa campuran apapun. Lebih sehat lagi jika anda mengonsumsinya dalam keadaan hangat karena akan membuat tubuh anda lebih rileks dan santai. Selain itu anda akan mendapatkan tubuh sehat lebih dari sebelumnya karena merasakan tubuh lebih segar dan berstamina tinggi. Terlebih ada banyak resep infused water dengan mencampur bahan-bahan rumahan ke dalam air putih.

Hal tersebut contohnya mencampur rempah rempah atau buah buahan dan sayuran ke dalam segelas air hangat. Setelah mengendap selama beberapa menit anda dapat meminumnya dan merasakan tubuh yang jauh lebih ringan. Resep ini dapat anda temukan dengan mudah melalui situs pencarian di Internet ataupun sosial media. Hal ini dikarenakan resep ini telah memiliki banyak penggemar sehingga ada banyak orang yang menyebarkannya di sosial media mereka.

Dengan melakukan hal-hal tersebut maka tubuh akan meningkat sistem imunitasnya sehingga lebih kebal terhadap berbagai resiko tertular ancaman penyakit-penyakit berbahaya. Salah satunya adalah covid-19. Tidak ada siapapun yang menginginkan tertular penyakit yang mematikan dan belum memiliki obat ini. sehingga dengan perilaku hidup sehat akan menghasilkan terbentuknya tubuh sehat dan lebih kebal terhadap penyakit apapun.

Biasakan untuk meminum air putih minimal 6 gelas sehari. Selain menguatkan sistem kekebalan tubuh, kebiasaan ini dapat membantu anda menurunkan berat badan secara alami. Tidak hanya itu, air putih dapat mengurangi resiko penyakit-penyakit berbahaya lainnya seperti kolesterol, diabetes dan lain sebagainya. Menariknya lagi, rutin mengonsumsi air putih akan membuat sistem pencernaan anda lebih terkontrol.

Bahkan ada studi yang menyebutkan bahwa otak akan berfungsi lebih baik jika seseorang rutin meminum air putih dalam kegiatan sehari-harinya. Anda dapat lebih mudah memahami segala sesuatu dan mencerna suatu permasalahan yang mungkin sebelumnya sulit untuk dapat anda mengerti. Jadi, selain membuat tubuh sehat, air putih memiliki beragam manfaat yang sulit untuk anda lewati begitu saja.

Biasakan untuk menyediakan air putih setiap akan tidur dan saat bangun di pagi hari. Kemudian, minum satu gelas air beberapa menit sebelum anda makan. Hal tersebut akan mencegah anda untuk makan secara berlebihan. Makan berlebihan akan mengundang banyak penyakit yang akan mengganggu kegiatan sehari-hari anda.

Dengan membiasakan diri meminum air putih, anda akan memiliki tubuh sehat, otak pintar, tubuh yang lebih menarik, sistem kekebalan tubuh meningkat, dan ada banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan secara gratis dengan langkah alami ini. budaya membawa minum sendiri kemanapun juga dapat menjadi cara yang bisa anda adopsi dalam keseharian.

Anda tak perlu lagi malu jika harus membawa botol minum ke sekolah ataupun ke tempat kerja anda. Hal ini karena telah ada banyak desain dan bentuk botol minum yang menarik serta elegan di saat yang bersamaan. Selain itu, ada banyak orang yang telah membiasakan diri membawa botol minumnya sendiri agar lebih sehat dan terhindar dari bakteri karena penggunaan tempat minum yang digunakan secara bergantian oleh orang lain.

Nah, langkah-langkah seperti diatas dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh agar kebal terhadap berbagai macam penyakit yang mengintai. Dengan memiliki tubuh sehat, anda tentunya dapat melakukan berbagai aktifitas tanpa terganggu oleh hal-hal yang buruk. Tak dapat dipungkiri tak ada siapapun yang menginginkan penyakit ini bersarang di dalam tubuhnya.

Maka anda tentunya harus mengantisipasi terjadinya penularan dengan menerapkan cara yang telah diungkapkan pada beberapa paragraph di atas. Langkah-langkah tersebut sangat mudah untuk anda lakukan dan tidak memakan uang dalam jumlah yang banyak. Selalu utamakan kesehatan anda dan keluarga agar bisa mewujudkan mimpi yang anda miliki jauh sebelum covid-19 hadir di muka bumi ini.

Tetap patuhi protokol kesehatan yang berlaku tanpa keinginan nakal untuk melanggar peraturan-peraturan tersebut. Jika anda melanggarnya, hal tersebut tidak hanya berbahaya untuk anda saja tetapi juga untuk orang-orang yang berada di sekitar anda. Bahkan bukan tidak mungkin memiliki pengaruh yang buruk untuk keluarga dan orang-orang yang anda sayangi yang memiliki tubuh sehat.

Demikianlah informasi ini dibagikan, semoga bermanfaat untuk anda yang ingin memiliki tubuh sehat tanpa resiko tertular oleh pandemic yang telah mendunia ini. apapun itu, jangan mengganggap sepele segala sesuatu meskipun bernilai kecil bagi anda. Pandemic covid-19 telah menjadi hal yang menyebabkan banyak kesedihan dan kedukaan ditengah bumi. Semoga wabah ini segera berakhir dan bumi dapat kembali sembuh seperti sedia kala.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *