10 Tips Agar Tubuh Sehat dan Bugar Perbanyak Konsumsi Makanan Ini!

Setiap hari tubuh akan beraktivitas sesuai dengan keinginan pemiliknya sendiri. Aktivitas ringan maupun berat harus didukung dengan tubuh yang sehat dan bugar. Untuk bisa memiliki hal tersebut, ada banyak tips agar tubuh sehat dan bugar perbanyak konsumsi berbagai jenis makanan sehat. Ada banyak kok jenis-jenis makanan sehat yang bisa Anda konsumsi. Jika nada belum tahu, berikut saya berikan daftar jenis makanannya.

Agar Tubuh Sehat dan Bugar Perbanyak Konsumsi Makanan Ini:

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Pastinya, selain berolahraga dan memiliki gaya hidup sehat, makanan yang Anda konsumsi harus sudah memenuhi kriteria makanan sehat dan aman bagi kesehatan. Di bawah ini merupakan beberapa tips konsumsi makanan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan salah satu makanan bernutrisi yang wajib di konsumsi setiap hari. Kandungan nutrisi dalam sayuran hijau bisa membuat tubuh tampak sehat, bugar, memperlambat penuaan dan menutrisi kulit wajah agar terlihat cantik.

Bahkan, diet dengan mengkonsumsi sayuran cukup baik karena mengandung serat, vitamin serta mineral agar tubuh tidak kekurangan gizi seimbang. Sayuran hijau ini bisa disantap dengan dikombinasikan bersama makanan lain dan disajikan sesuai selera masing-masing.

Brokoli dan bayam merupakan salah satu dari banyaknya jenis sayuran yang dapat Anda konsumsi. Brokoli mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan tulang. Sementara bayam sangat baik untuk mengurangi diabetes, melawan kanker dan menjaga fungsi otak.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak sekali antioksidan yang mampu membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit serta kerusakan sel-sel di dalamnya. Bukan hanya itu, kacang-kacangan memiliki kandungan omega 3 yang bagus untuk kecerdasan setiap orang.

Banyak cara untuk mengkonsumsi kacang-kacangan, Anda bisa mengkreasikannya dengan berbagai hal, bahkan cocok untuk disajikan sebagai cemilan saat beraktivitas. Jadi, agar tubuh sehat dan bugar perbanyak konsumsi kacang-kacangan ini dan dapatkan semua manfaat yang terkandung di dalamnya.

3. Oatmeal

Melewatkan sarapan padahal akan menempuh kegiatan yang menguras energi, tentu saja merupakan sebuah kebiasaan buruk yang harus dihindari. Pastikan Anda sarapan terlebih dahulu agar bersemangat saat bekerja, sekolah dan kegiatan lainnya.

Sarapan dengan menggunakan oatmeal bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat Anda merasa kenyang dan bersemangat setiap hari. Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Sajikan oatmeal dengan madu atau susu agar lebih nikmat dan lezat tentunya.

4. Jeruk

Agar tubuh sehat dan bugar perbanyak konsumsi buah-buahan, salah satunya adalah jeruk. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah putih serta antibodi agar terrhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Dengan mengkonsumsi jeruk setiap hari, Anda akan memiliki tubuh bugar dan tidak mudah lemas saat sedang beraktivitas. Bahkan, jeruk sangat baik untuk kesehatan kulit karena kaya akan kolagen dan nutrisi lainnya.

5. Yogurt

Yogurt sangat dibutuhkan oleh tubuh karena mengandung probiotik untuk kesehatan usus dan sistem pencernaan. Yogurt juga memiliki kandungan lain untuk membuat tubuh tampak bugar seperti, kalsium, kalium, vitamin B12, fosfor serta zinc.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa mengkonsumsi yogurt Yunani atau Greek yoghurt dengan kandungan protein tinggi dan tidak memiliki kandungan gula tambahan. Sehingga, apabila Anda ingin menambahkan rasa manis, bisa ditambahkan dengan pemanis alami, salah satunya adalah madu.

6. Beri-Berian

Konsumsi beragam jenis beri-berian seperti, strawberi, rasberry, blueberry dan masih banyak lagi akan mencukupi kebutuhan serat, nutrisi dan antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. buah-buahan ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, terutama dalam mencegah penyakit kanker, memperkuat ingatan, serta memelihara kecantikan kulit tubuh.

Ada berbagai cara untuk mengkonsumsi jenis beri-berian tersebut yaitu, menjadikannya sebagai cemilan langsung, dicampur dengan yogurt, smoothies, sereal, atau diolah menjadi snack untuk menemani rutinitas harian.

7. Teh Hijau

Agar tubuh sehat dan bugar perbanyak konsumsi teh hijau untuk memberikan energi yang seimbang dengan aktivitas atau kegiatan setiap hari. Teh hijau sangat baik untuk kesehatan karena memiliki kandungan antioksidan dan bisa mengurangi inflamasi, perasaan mual, lemas dan hal lainnya.

Anda bisa meminum teh hijau setiap hari secara rutin yaitu, setelah makan dan sebelum tidur. Teh hijau memiliki manfaat untuk mengikat lemak berlebih dari makanan dan melancarkan sistem pencernaan. Bahkan, teh hijau ini sangat cocok bagi Anda yang sedang diet dan ingin menurunkan berat badan secara efektif.

8. Alpukat

Selain jeruk, buah-buahan lain yang sehat dan mampu menjaga kebugaran tubuh adalah buah alpukat. Buah ini diketahui memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan serat, mineral, vitamin dan lemak sehat. Sehingga, tubuh akan terhindar dari penyakit dan mengurangi inflamasi di dalam tubuh.

Alpukat juga mampu mencegah timbulnya penyakit berat dan berbahaya seperti, diabetes, penyakit jantung, kanker dan masih banyak lagi. Bahkan, alpukat bisa menjadi sebuah obat untuk menghindari penyakit tersebut dengan mengkonsumsinya setiap hari.

Jadikan alpukat sebagai menu buah-buahan sehat yang wajib untuk ada setiap hari. Anda dapat menyajikan buah alpukat dengan kreasi sendiri, seperti dibuat jus, dimakan langsung, atau dikreasikan dengan makanan lainnya.

9. Umbi-Umbian

Umbi-umbian berkhasiat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dikukus atau dibakar sesuai selera. Ada banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam umbi-umbian seperti, vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, kalium dan mangan.

Umbi-umbian bisa menjadi sumber energi yang baik untuk menunjang aktivitas harian Anda. Bahkan, banyak orang yang mengkonsumsi umbi-umbian sebagai pengganti nasi untuk memenuhi karbohidrat dalam tubuh mereka.

10. Ikan Salmon

Seperti yang diketahui bahwa ikan merupakan sumber protein serta asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk otak dan kesehatan tubuh. Salah satu jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi dan kaya akan nutrisi adalah ikan salmon.

Ikan salmon memiliki kandungan nutrisi seperti, protein, lemak sehat, vitamin B, selenium dan kalium untuk mengurangi resiko sakit diabetes dan jantung. Bahkan, ikan salmon sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak untuk perkembangan otak, sehingga menjadikannya cerdas dan sehat.

Anda dapat mengkonsumsi ikan salmon 2-3 kali selama seminggu. Dengan mengkonsumi ikan dalam setiap menu makanan, pastinya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi dan menghindari resiko terkena penyakit berbahaya atau kekurangan nutrisi itu sendiri.

Namun, jangan sampai Anda mengkonsumsi semua makanan tersebut secara berlebihan. Sebab, sesuatu yang berlebihan tidak akan baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Konsumsi dengan porsi sesuai secara rutin dan teratur untuk kesehatan keluarga dan diri Anda sendiri.

Itulah 10 tips agar tubuh sehat dan bugar perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang. Masih banyak makanan yang bisa Anda konsumsi, pastinya harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dalam tubuh Anda sendiri.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *