Ada 6 Obat Sakit Gigi Apotek yang Bisa Dibeli Tanpa Resep Dokter

Ada 6 Obat sakit gigi apotek yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Tidak ada yang menyengaja ingin merasakan sakit gigi. Sebab sakit berdenyut-denyut yang semakin terasa sakit bahkan hanya karena orang berbicara dengan volume yang keras ini saja dapat sangat mengganggu segala pekerjaan. Oleh karena itu, sebisa mungkin orang akan melakukan berbagai upaya untuk mencegah munculnya sakit gigi maupun sekadar mencegah kambuhnya sakit gigi.

Mencegah munculnya sakit gigi dapat dilakukan dengan melakukan perawatan gigi. Perawatan gigi ini yakni dengan memperhatikan berbagai jenis makanan yang aman untuk kesehatan gigi dan rajin membersihkan gigi. Hal ini karena sakit gigi biasanya berawal dari berkembang biaknya bakteri-bakteri pada mulut yang menyebabkan gigi  berlubang. Sementara jika gigi sudah berlubang, akan dapat membuatnya kambuh sewaktu-waktu. Penanganan untuk mencegah gigi sakit dan mencegah kambuhnya kembali lebih kurang sama.

obat sakit gigi apotek
obat sakit gigi apotek

Cara mencegah kambuhnya sakit gigi adalah dengan rajin menjaga kebersihan gigi, menghindari berbagai makanan dan minuman yang manis, mengurangi aktivitas fisik berlebihan yang dapat menyebabkan gigi kambuh, serta menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok dan minum-minuman beralkohol yang dapat berakibat buruk pada kesehatan gigi. Upaya pencegahan ini dilakukan supaya gigi tidak kambuh dan memaksa kita harus mengonsumsi obat sakit gigi apotek.

Obat Sakit Gigi Apotek yang Dapat Dibeli Tanpa Resep Dokter

Akan tetapi, jika dengan berbagai upaya yang dilakukan untuk mencegah sakit gigi kambuh tetap tidak membuahkan hasil, dan dengan terpaksa mengharuskan kita mengonsumsi obat sakit gigi, berikut adalah obat sakit gigi apotek yang dapat dibeli tanpa dengan resep dokter.

Naproxen

Obat sakit gigi apotek yang pertama adalah naproxen. Obat ini termasuk dalam obat anti-inflamasi nonsteroid yang mudah ditemukan di apotek atau toko obat terdekat dengan lokasi Anda. Cara kerja obat ini adalah mengurangi diproduksinya hormon-hormon yang dapat membuat nyeri. Sehingga jika merasakan nyeri berdenyut-denyut akibat gigi yang kambuh dapat diredakan dan disembuhkan dengan cara mengonsumsi obat apotek ini.

Mengonsumsi obat sakit gigi yang satu ini harus disesuaikan dengan dosis yang tertera dalam kemasan, hal ini karena naproxen adalah obat yang sama seperti dengan berbagai obat lainnya, yakni dapat menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dengan tidak wajar. Salah satu merek dagang dari naproxen, obat sakit gigi apotek ini adalah Xenifar.

Antalgin

Obat sakit gigi apotek berikutnya adalah antalgin. Obat ini adalah obat yang termasuk dalam golongan obat anti peradangan, atau yang juga biasa dikenal dengan obat analgesik. Ya, obat sakit gigi yang mengandung bahan aktik metamizole ini merupakan obat yang dapat dikonsumsi oleh segala usia, tidak hanya orang dewasa saja, namun dapat juga dikonsumsi oleh anak-anak. Meski begitu, dosis pemakaian obatnya tentu tidak sama.

Seperti halnya obat antiinflamasi nonsteroid lainnya, antalgin ini bekerja dengan cara mengurangi jumlah produksi zat atau hormon yang berpotensi menyebabkan peradangan. Oleh karenanya, rasa nyeri termasuk rasa nyeri yang diakibatkan oleh sakit gigi akan berkurang dengan sendirinya. Kelebihan obat ini adalah selain biasa digunakan untuk mengobati nyeri juga dapat digunakan sebagai obat penurun panas karena memiliki sifat antipiretiknya tersebut.

Asam Mefenamat

Nah, selain naproxen dan antalgin, obat sakit gigi apotek berikutnya adalah asam mefenamat. Obat ini merupakan obat yang dapat dibeli secara bebas di apotek. Selain digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi, asam mefenamat juga dapat digunakan untuk mengatasi nyeri-nyeri lainnya, salah satunya adalah nyeri asam urat dengan mengombinasikan asam mefenamat dan OAINS lainnya.

Obat sakit gigi apotek yang satu ini bisa diminum setiap 6 jam sekali dalam sehati dengan memperhatikan dosis pemakaian obat yang ada dalam kemasan. Sebab seperti obat-obat kimia lainnya, asam mefenamat juga memiliki efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan dalam waktu yang lama, seperti mual, pusing, sesak napas hingga terus-terusan berada dalam kondisi cemas.

Ponstan

Obat sakit gigi apotek berikutnya adalah ponstan. Sama halnya dengan asam mefenamat, obat ini merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengatasi nyeri yang diakibatkan oleh sakit gigi. Bahan aktif obat ini adalah asam mefenamat, karenanya, obat ini memiliki sifat dan kegunaan yang sama dengan asam mefenamat tersebut. meski begitu, ponstan memiliki presentasi keefektifan yang lebih besar untuk meredakan nyeri dan menyembuhkan keluhan sakit gigi.

Yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi obat sakit gigi apotek yang satu ini adalah kepatuhan terhadap dosis yang tertera dalam kemasan. Hal ini karena ponstan berisiko lebih cepat memunculkan efek samping (jika dibandingkan dengan asam mefenamat) ketika dikonsumsi dengan dosis yang tidak sesuai.

Aceminophen

Obat sakit gigi apotek berikutnya adalah aceminophen. Obat sakit gigi yang satu ini adalah obat yang lebih dikenal dengan nama lainnya, yakni parasetamol. Ya, selain digunakan sebagai obat penurun panas, parasetamol juga efektif digunakan sebagai obat pereda nyeri. Hal ini karena obat yang termasuk dalam jenis analgesik dan antipiretik ini dapat digunakan juga sebagai obat anti peradangan. Oleh karena itu, dengan meminum obat ini, sakit gigi akan berangsur-angsur sembuh.

Sifat aceminophen yang analgesik ini memungkinkan obat ini dapat mengurangi kadar maupun jumlah hormon-hormon yang dapat mengakibatkan peradangan. Untuk mendapat manfaat yang lebih besar, obat ini biasanya dikonsumsi dengan dipadukan bersama obat anti inflamasi lainnya, yakni ibuprofen. Kombinasi kedua obat ini dapat juga mengurangi risiko timbulnya efek samping yang disebabkan karena mengonsumsi paracetamol maupun ibuprofen secara terpisah.

Ibuprofen

Setelah disebutkan beberapa obat sakit gigi yang mudah ditemukan di apotek, obat sakit gigi apotek yang terakhir adalah ibuprofen. Obat ini adalah obat yang masih termasuk dalam golongan obat anti inflamasi nonsteroid atau yang biasa dikenal dengan kependekannya yakni OAINS. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi radang dan nyeri yang muncul akibat sakit gigi. Obat yang bisa dibeli secara bebas di apotek ini dipasarkan dalam berbagai bentuk produk, yakni kapsul, tablet hingga obat tetes. Beragam pengemasan ini memudahkan siapa-siapa yang hendak mengonsumsinya.

Perhatikan juga artikel menarik yang lainnya disini

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih cepat, obat ini biasa dikonsumsi bersama dengan parasetamol. Hal ini karena kombinasi kedua obat ini dapat lebih efektif untuk meredakan rasa nyeri, salah satunya adalah nyeri akibat sakit gigi. Namun meski obat ini adalah obat yang mudah dicari di apotek, bukan berarti obat ini boleh dikonsumsi dalam jumlah yang banyak sekali minum. Pengonsumsian obat ini harus tetap dalam dosis yang wajar. Karena jika tidak akan dapat memunculkan berbagai efek samping penggunaan obat.

Beberapa obat tersebut adalah obat sakit gigi apotek yang aman untuk dikonsumsi. Keuntungan lainnya adalah obat tersebut dapat dibeli tanpa harus menggunakan resep dokter. Namun jika dengan mengonsumsi berbagai jenis obat tersebut tidak memberikan hasil yang berarti, sangat disarankan untuk mengonsultasikan masalah dengan gigi Anda tersebut pada dokter yang memang pakar dalam kesehatan gigi.

About Aziza Linda Verra

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *