9 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Apotek

By

9 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Apotek – Sakit gigi sering kali menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan yang dirasakan tubuh. Bukan hanya gigi terasa nyeri, tetapi juga bisa menyebabkan pembengkakan pada pipi dan gusi, sakit kepala, demam, serta badan terasa meriang. Penyebab sakit pada gigi ini pun beragam, misalnya saja gigi berlubang, gigi sensitif, dan sebagainya. Ketika mengalami sakit gigi, solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa memeriksakan kondisi pada dokter gigi.

Namun terkadang sakit gigi muncul secara mendadak entah itu di malam hari atau ketika anda tengah beraktivitas. Kondisi ini tentu sangat tidak memungkinkan bagi Anda untuk langsung mendatangi dokter gigi. Sehingga banyak orang lebih memilih untuk membeli obat sakit gigi di apotek. Setidaknya supaya rasa nyeri dan gejala lain yang muncul segera mereda.

Obat sakit gigi apotek
Obat sakit gigi apotek

Hanya saja sebelum mencari obat yang tepat, sebaiknya ketahuilah bahwa obat sakit gigi apotek ini tersedia di apotek untuk obat kimia maupun alami. Pilihlah obat yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan gigi Anda. Nah, jika Anda adalah orang yang sering mengalami sakit gigi, tentu harus memilih obat pereda nyeri yang tepat. Berikut ini ada beberapa rekomendasi obat sakit gigi yang bisa Anda coba saat nyeri mulai kambuh.

Berikut Rekomendasi Obat Sakit Gigi Apotek

Cap Burung Kakak Tua

Obat sakit gigi dengan cap burung kakak tua merupakan obat yang dibuat dari bahan herbal. Kandungan yang terdapat di dalamnya antara lain zat etanol, gliserin, oleum caryophylli, serta creosote. Sebagai senyawa di dalam obat ini berfungsi dalam mengatasi gusi bengkak dan sakit gigi, membersihkan kuman penyebab sakit gigi. Cara pemakaian cukup mudah, Anda hanya perlu menempelkannya menggunakan kapas ataupun melalui kumur.

Super Green Plus SG

Obat sakit gigi apotek super Green plus SG efektif dalam meredakan nyeri akibat sakit gigi. Sama seperti Cap Burung Kakak Tua, obat-obatan Ini mengandung bahan alami yang aman digunakan. Beberapa bahan tersebut di antaranya seperti nigella sativa atau habatussauda, murraya paniculata atau kemuning, serta kandungan vitamin dan mineral. Sebagai obat sakit gigi herbal, Super Green plus SG mengklaim mampu mengobati nyeri dalam waktu cepat yakni 1 – 9 menit saja.

ProSAGI.

Rekomendasi obat sakit gigi selanjutnya adalah obat ProSAGI yang memiliki formula ampuh dari tanaman herbal. Obat ProSAGI mengandung bahan tanaman alam yaitu propolis, habbatussauda dan juga daun sirih. Dengan senyawa yang terkandung dalam tanaman tersebut, obat ini efektif dalam mengatasi nyeri gigi, pembengkakan gusi serta munculnya sariawan. Penggunaan dari obat ini adalah untuk dijadikan sebagai obat tetes.

Hersagi

Hersagi dibuat dari bahan-bahan alami seperti oleum menthae, zaitun oil, caryophylli, serta beberapa bahan lain, Hersagi juga menjadi obat sakit gigi apotek yang direkomendasikan. Bahan yang terkandung di dalamnya memiliki sifat antiseptik yang juga berfungsi untuk menyegarkan bau mulut akibat sakit gigi berlubang. Untuk mendapatkan efek pengobatan yang lebih maksimal, pakailah obat ini secara rutin setiap hari sesuai aturan.

Gan Mao Tong

Obat sakit gigi yang satu ini berasal dari China dan memiliki kandungan kalium diclofenac, chlophenamine, serta artificial bezoar. Manfaat penggunaan Gan Mao Tong adalah mampu meredakan nyeri gigi dan sakit kepala yang dialami penderitanya. Dengan adanya kombinasi bahan-bahan tersebut, sebaiknya konsumsi obat sakit gigi ini sesuai aturan dokter. Atau jika anda mendapatkannya di apotek, sebaiknya ketahui aturan konsumsi secara tepat. Pastikan anda tidak berlebihan dalam menggunakan atau melebihi dosis yang dianjurkan.

Zentri

Obat sakit gigi apotek selanjutnya adalah Zentri yang didalamnya terkandung senyawa eugenol dalam kadar tinggi. Senyawa ini mampu membunuh kuman dan bakteri yang menjadi penyebab terjadinya nyeri di area gigi. Menggunakan obat Zentri secara tepat dan sesuai aturan, bisa mengatasi nyeri sakit gigi dalam waktu yang cepat. Berbeda dari beberapa obat sakit gigi lainnya, Zentri sangat aman dikonsumsi karena kandungan bahan alami virgin clove bud oil. Bahkan bagi ibu hamil, Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan Zentri.

Obat kumur chlorhexidine

Chlorhexidine adalah salah satu bahan obat kumur yang memiliki fungsi untuk mengurangi jumlah kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut. Manfaat pemakaiannya adalah untuk mengurangi nyeri sakit gigi, mengatasi radang pada gusi, serta terjadinya pembengkakan. Untuk mendapatkan obat Chlorhexidine, sebaiknya konsultasikan kondisi gigi pada dokter terlebih dahulu.

Karena obat sakit gigi apotek Chlorhexidine dapat menyebabkan efek samping iritasi mulut, munculnya plak dan perubahan warna gigi, hingga gangguan pada fungsi pengecapan. Efek samping yang bisa terjadi jika Anda tidak mengikuti aturan penggunaan atau arahan dari dokter. Misalnya saja penggunaan terlalu sering dalam jangka waktu yang lama.

Obat kumur fluoride

Bahan aktif fluoride kerap dipakai untuk pembuatan obat kumur. Penggunaan flouride ini efektif dalam menguatkan gigi, serta mencegah dan mengatasi berbagai permasalahan gigi. Beberapa kondisi yang mengakibatkan sakit pada gigi juga biasa bisa diatasi menggunakan obat kumur fluoride.  Namun penggunaannya harus sesuai arahan dokter atau aturan yang tertera pada kemasan, serta jangan menggunakannya berlebihan. Penggunaan obat kumur ini juga tidak dianjurkan bagi anak yang berusia kurang dari 7 tahun.

Povidone Iodine

Obat sakit gigi apotek yang sangat terkenal di pasaran adalah obat yang mengandung bahan povidone iodine. Untuk mengatasi permasalahan gigi biasanya dipakai povidone iodine 1% dalam bentuk obat kumur antiseptik. Selain sakit gigi, beberapa masalah kesehatan mulut lain juga bisa diatasi menggunakan obat kumur ini. Misalnya saja seperti pembengkakan gusi, radang tenggorokan, serta bau nafas yang tidak segar.

Fungsi povidone iodine sebagai obat sakit gigi dan gangguan mulut lainnya, lantaran bahan ini mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab gangguan kesehatan mulut. Obat kumur ini biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengatasi masalah sakit gigi dengan infeksi akut. Pemakaiannya pun tidak boleh lebih dari 14 hari meski gejala tidak mereda. Jika terjadi demikian, Anda harus segera memeriksakan kesehatan pada dokter gigi.

Perhatikan juga artikel menarik yang lainnya disini.

Itulah tadi beberapa rekomendasi obat sakit gigi apotek bahan kimia maupun kombinasi bahan herbal. Meski berasal dari bahan-bahan alami, tapi khasiatnya tidak kalah dengan obat sakit gigi yang dirasakan dokter. Apalagi saat ini sudah ada banyak apotek yang menyediakan obat herbal untuk beberapa jenis penyakit, seperti sakit gigi. Namun perlu diketahui, bahwa mengonsumsi obat sakit gigi di atas tidak bisa dijadikan pengobatan yang optimal untuk menyembuhkan.

Cara terbaik untuk mengobati sakit gigi adalah dengan melakukan konsultasi pada dokter gigi. Dokter akan memberikan terapi ataupun tindakan sesuai kondisi kesehatan gigi dan permasalahan yang dialami. Misalnya saja tambal gigi, pencabutan gigi, dan juga tindakan medis lain. Sehingga fungsi dari obat sakit gigi apotek tersebut hanyalah sebagai pereda nyeri dan pengobatan sesaat.

Tinggalkan komentar