9 Obat Sakit Gigi Tradisional Yang Dijamin Ampuh

By

9 Obat Sakit Gigi Tradisional Yang Dijamin Ampuh. Siapa sih yang tidak terganggu dengan keadaan sakit gigi. Pasti kalian semua pernah kan merasakan yang namanya sakit gigi. Pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada gigi menyebabkan rasa sakit yang begitu tak terhankan. Bahkan sampai ada gusinya yang berdarah akibat sakit gigi ini.

Pembengkakan atau peradangan di gigi terjadi karena ada kerusakan yang diaikabtkan oleh kiuman atau bakteri. Bisa juga disebabkan oleh perawatan gigi yang tidak sesuai dengan kaidah medis. Banyak orang pasti mengandalkan obat-obatan kimia yang lumrah ada di apotek untuk menyembuhkan sakit giginya.

obat sakit gigi
obat sakit gigi

Ada baiknya kamu juga memperhatikan obat-obatan tradisional yang dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. Pengobatan tradisional selain juga tidak membutuhkan biaya yang mahal, bahan-bahanya juga mudah ditemukan di sekitar lingkungan kita. Pengobatan tradisional ini sudah ada sejak zaman dulu, berikut kami rekomendasikan beberapa pengobatan tradisional untuk sakit gigi:

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Tradisional

Garam

Pengobatan dengan garam ini sudah lazim digunakan oleh masyarakat Indonesia. Garam sendiri merupakan bumbu dapur yang dapat mudah kamu temukan. Air dari larutan dari garam ini berfungsi untuk membantu pelonggaran partikel makanan dan kotoran yang terselip di antara gigi.

Penggunaannya sebagai obat sakit gigi sangat mudah sekali, cukup dengan berkumur menggunakan air larutan garam secara rutin 2-3 kali sehari. Pengobatan seperti ini sudah terbukti sejak dahulu dan banyak diajarkan oleh orang tua. Kandungan antibakteri di dalam garam dapat mengusir kuman penyebab sakit gigi.

Jahe

Manfaat jahe bagi tubuh sangatlah banyak, salah satunya sebagai penghangat tubuh. Selain itu, jahe juga bermamfaat untuk mengobati sakit gigi kita. Kandungan zat antibiotik  di dalam jahe berfungsi sebagai penghilang rasa sakit yang ditimbulkan oleh bakteri penyebab sakit gigi. Kamu harus mencobanya sebagai salah satu alternatif pengobatan sakit gigi.

Obat sakit gigi dari jahe ini dibuat dengan cara menumbuk halus beberapa potong jahe yang telah dikupas. Setelah berubah menjadi halus, maka tumbukan jahe tersebut dioleskan pada bagian gigi yang sakit. Diamkan selama 5-10 menit, dan kemudian berkumurlah. Ulangi cari ini maksimal 3 hari sekali.

Bawang Putih

Bawang putih banyak dikenal orang karena banyak memiliki manfaat, salah satunya sebagai penyembuhu rasa sakit gigi. Di dalam bawang putih terdaat sifat antibakteri yang efektif untuk melawan bakteri penyebab rasa sakit gigi. Selain digunakan untuk mengobati sakit gigi, bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan plak pada gigi.

Cara pembuatan obat sakit gigi dari bawang puith ini diawali dengan mengupas 1-2 siung bawang puitih. Setelah selesai dikupas, haluskanlah bawang putih tersebut hingga berbentuk seperti pasta. Diamkan beberapa saat, setelah itu bermukur lah. Jika kamu rutin menggunakan pengobatan tradisional ini, sakit gigimu akan cepat sembuh.

Daun Jambu Biji

Pohon jambu biji tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, daunnya pun juga bermanfaat. Kandungan antibakteri di dalam jambu biji dapat menghambat perusakan gigi oleh bakteri yang ada mulut. Selain antibakteri, di dalamnya juga terdapat sifat antimikroba yang juga dapat meredakan rasa sakit.

Cara membuat obat sakit gigi dari daun jambu biji juga sangat mudah, kamu bisa langsung mengunyahnya. Jika tidak suka mengunyah, kamu dapat menumbuk beberapa lembar daun jambu biji. Setelah halus oleskan pada bagian gigi yang dirasa sakit. Diamkan beberapa menit agar zat aktibakteri dan antimikroba dalam jambu biji bekerja.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat digunakan untuk menghilangkan bekteri dan infeksi pada gigi. Air dari hasil larutan cuka sari apel sangat membantu dalam meredakan rasa sakit dan peradangan yang terjadi pada gigi. Kamu cukup meneteskan beberapa tetes cuka sari apel ke dalam air hangat, yang kemudian gunakan lah untuk berkumur.

Selain berkumur, cuka sari apel dapat langsung diteteskan menggunakan kapas pada area gigi yang sakit. Ulangi pengobatan ini secara rutin setiap harinya, lakukan lah 2-3 hari sekali sampai rasa sakit yang kamu alami hilang. Obat sakit gigi dari cuka sari apel sangat aman dan sudah terbukti keampuhannya sejak dahulu.

Teh peppermint

Kantong teh peppermint yang sudah bekas ternyata dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit gigi. Selain penghilang rasa sakit gigi, kantoh the peppermint bekas juga dapat menenangkan gusi yang sensitif. Semua hal itu terjadi karena di dalamnya terdapat kandungan menthol yang dapat mengusir bakteri.

Penggunaannya sebagai obat sakit gigi cukup mudah, dengan cara mendinginkan kantong teh peppermint bekas ke dalam lemari es. Setelah dingin, tempelkan pada bagian atau area gigi yang sakit. Lakukanlah cara tersebut selama beberapa hari, lebih baik lagi lakukan sebelum kamu  tidur malam.

Minyak Cengkeh

Pengobatan tradisional menggunakan minyak cengkeh ini efektif untuk mengatasi rasa sakit dan mengurangi peradangan pada gigi. Di dalam minyak cengkeh terdapat zat yang bernama eugenol yang berfungsi sebagai antiseptip alami. Itu sebanya mengapa minyak cengkeh ini sangat efektif untuk meredam rasa sakit gigi.

Penggunannya sebagai obat sakit gigi bisa dilakukan dengan mudah oleh semua orang. Caranya adalah dengan meneteskan minyak cengkeh menggunakan cotton buds, dan oleskan pada area gigi yang sakit. Selain itu, minyak cengkeh juga dapat digunakan sebagai obat kumur. Caranya dengan meneteskan minyak cengkeh ke air yang akan digunakan untuk berkumur.

Es batu atau air dingin

Gigi yang sakit serta mengalami pembengkakan dapat disembuhkan melalui kompres es batu atau air dingin. Sifat dingin dari pengobatan tradisional ini akan membuat rasa nyeri yang timbul akibat sakit gigi akan teratasi. Kompresan dari es batu atau air dingin ini dapat kamu diamkan pada bagian gigi yang sakit selama beberapa menit. Ulangilah secara rutin 3 kali sehari.

Lemon

Obat sakit gigi tradisional yang kami sarankan untuk kamu yang terakhir ialah lemon. Lemon juga bermanfaat sebagai peningkat imun tubuh. Kandungan antiseptik dan antibakteri di dalam lemon menjadi sebuah pertahanan yang cukup kuat untuk mengusir bakteri jahay pada gigi. Cara membuat obat penyembuh sakit gigi dari lemon cukup lah sederhana.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Peraslah sebuah lemon, dan kemudian bairkan tetesan masuk pada bagian gigi yang sakit. Atau dapat juga menggunakan cotton buds atau kapas untuk mengoleskannya pada gigi. Kamu juga bisa manfaatkan tetesan lemon tersebut sebagai obat kumur, kamu hanya perlu mencampurkan tetesan lemon dengan air, dan gunakanlah untuk berkumur.

Itulah beberapa rekomendasi obat sakit gigi tradisional yang ampuh untuk mengatasi sakit gigi. Karena sifatnya tradisional maka pengobatan ini dipastikan tidak memiliki efek samping yang serius seperti pada yang terdapat pada obat kimia. Jika sakit masih berlanjut, hubungi dokter gigi terdekat, semoga dapat membantu.

Tinggalkan komentar