9 Obat Asam Lambung Alami yang Mudah Ditemukan di Sekitar Kita

By

9 obat asam lambung alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Secara alamiah, tubuh memproduksi asam lambung yang berguna untuk mencerna makanan dan juga mencegah terjadinya infeksi bakteri di saluran pencernaan. Namun meski begitu, produksi asam lambung yang berlebihan akan berdampak tidak baik untuk tubuh. Hal ini karena akan menyebabkan munculnya maag atau penyakit asam lambung.

Permasalahan kesehatan ini dapat menyerang siapa saja, tidak hanya orang dewasa, namun juga dapat menyerang anak-anak. Orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami kondisi ini. Selain itu,seseorang yang mengidap penyakit skleroderma dan seorang dengan kebiasaan merokok juga berisiko mengidap penyakit yang sama.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala yang hampir sama seperti maag, yakni munculnya rasa terbakar di dada, kerap sendawa dan kentut, perasaan mual dan pengidap akan sering mengalami sesak napas. Jika Anda mengalami keluhan yang menyerupai beberapa gejala tersebut ada baiknya segera segera minum obat asam lambung untuk meredakan kenaikan asam lambung.

Daftar Isi Halaman

Obat Asam Lambung Alami

Ada berbagai opsi yang dapat digunakan sebagai treatment untuk mengobati asam lambung. Yakni dengan memilih mengonsumsi obat-obatan yang dapat dibeli di apotek maupun dengan memanfaatkan berbagai obat alami yang berasal dari ekstrak tanaman herbal. Berikut ini adalah 10 obat asam lambung alami yang mudah ditemukan di sekitar kita.

obat asam lambung
obat asam lambung

Madu

Sudah bukan hal baru lagi jika madu digunakan sebagai obat herbal. Hal ini karena madu yang berasaldari lebah yang biasa digunakan sebagai pemanis alami ini dapat membantu melapisi dinding kerongkongan dan lambung. Dengan demikian, kemungkinan timbulnya iritasi dari kenaikan asam lambung akan berkurang. Sehingga rasa nyeri terbakar pada bagian ulu hati hingga dada akan mereda. Maka dari itu, tidak salah jika madu digolongkan menjadi obat asam lambung alami.

Kunyit

Obat asam lambung alami berikutnya adalah kunyit. Kunyit atau yang juga biasa dikenal dengan sebutan kunir ini memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah sebagai antiperadangan. Hal ini karena kunyit mengandung senyawa yang berguna sebagai obat antiinflasi, sehingga keluhan peradangan karena asam lambung dapat dikuragi dengan mengonsumsi ramuan yang berasal dari ekstrak umbi tanaman herbal ini.

Cara pengolahan kunyit untuk digunakan sebagai obat asam lambung alami ini tidak sulit yaitu dengan mengambil sari atau ekstrak dari umbinya yang sudah siap digunakan sebagai obat herbal (berumur 1 tahun). Cara yang lainnya dapat dilakukan dengan merebus rimpang kunyit kering yang tidak sulit ditemukan karena banyak juga dijual di toko obat tradisional.

Jahe

Obat asam lambung alami berikutnya adalah jahe. Kandungan antiperadangan yang dimiliki oleh tanaman herbal ini dapat secara efektif mencegah terjadinya peradangan pada lambung. Hal ini disebabkan pula karena jahe memiliki sifat gastroprotektif yang bisa meminimalisir diproduksinya bakteri Helicobacter pylori. Sebab bakteri tersebutlah yang menjadi pemicu semakin meningginya asam lambung.

Bakteri Helicobacter pylori tersebut akan berkembang biak dengan sangat cepat dan tidak terkendali dalam kondisi asam. Oleh karena itu, pengonsumsian ekstrak jahe akan dapat menekan jumlah bakteri tersebut pada tubuh. Sehingga dengan rutin mengonsumsi obat asam lambung alami yang berasal dari ekstrak jahe ini dapat meredakan rasa sakit karena radang pada lambung tersebut.

Akar manis

Obat asam lambung alami berikutnya adalah akar manis. Obat herbal yang biasa dikenal dengan licorice ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengobati gangguan lambung. Cara kerja obat alami ini adalah dengan melapisi bagian dinsing kulit sehingga terhindar dari iritasi yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam lambung. Selain itu, akar manis ini juga memiliki berbagai khasiat lainnya yakni untuk mengatasi diare dan sembelit.

Bawang putih

Obat asam lambung alami berikutnya adalah bawang putih. Ya, bawang putih yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu penyedap masakan ini rupanya memiliki segudang manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Salah satu yang belum banyak diketahui adalah kegunaan bawang putih untuk digunakan sebagai obat antiperadangan.

Bawang putih yang memiliki sensasi rasa hangat atau sedikit pedas ketika dikunyah ini ternyara secara efektif dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri Helicobacter licorice. Seperti yang telah disebutkan di atas, bakteri ini adalah bakteri yang dapat berkembang secara cepat dan tidak terkendali dalam keadaan asam. Sementara bakteri inilah yang menjadi sebab naiknya asam lambung. Dengan mengonsumsi ekstrak daun putih, pertumbuhan bakteri tersebut aka menurun secara signifikan. Sehingga peradangan akibat naiknya asam lambung akan berkurang dengan ekstrak bawang yang digunakan sebagai obat asam lambung alami ini.

Pisang

Obat asam lambung berikutnya adalah buah pisang. Sudah bukan rahasia lagi jika pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Ya, selain memberikan rasa kenyang yang lebih lama, buah pisang adalah buah yang baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan dan polifenol dalam buah ini dapat digunakan untuk menyembuhkan radang maupun iritasi karena gangguan asam lambung ini.

Daun Sirsak

Obat asam lambung alami berikutnya adalah daun sirsak. Selain buat sirsak yang dikenal sebagai salah satu sumber vitamin C alami, daun sirsak rupanya memiliki berbagai macam khasiat. Salah satunya yakni digunakan untuk mengobati asam lambung. Hal ini karena daun sirsak memiliki kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk melapisi dinding lambung dan mengurangi peradangan karena tingginya asam lambung yang diproduksi oleh tubuh.

Adas

Obat asam lambung alami berikutnya adalah adas. Adas adalah biji-bijian dengan berbagai perpaduan rasa, antara manis, pedas dan hangat. Obat herbal ini dapat digunakan sebagai obat antiradang dan antibakteri. Sehingga rasa sakit akibat peradangan pada lambung akan berkurang secara bertahap-tahap dengan mengonsumsi biji-bijian ini.

Karena penyakit mag biasanya disertai dengan rasa kembung pada perut, mengonsumsi biji-bijian ini dapat sedikit meredakan keluhan tersebut karena mampu secara efektif menekan produksi gas pada kambung.Karena kandungan antiinflamasinya ini, adas juga bermanfaat untuk mengurangi inflamasi bagi penderita gangguan lambung ini. Simak obat ampuh lainnya disini.

Damarwangi

Obat asam lambung alami berikutnya adalah damar wangi. Berbeda dengan beberapa obat asam lambung alami yang biasanya memanfaatkan ekstrak dari umbi tanaman maupun daunnya, obat yang satu ini memanfaatkan getah dari pohon yang banyak tumbuh di Mediterania. Ya, getah dari tanaman ini dipercaya efektif mampu melawan dan mengurangi perkembangbiakan bakteri Helicobacter licorice yang menjadi penyebab naiknya asam lambung. Meski begitu, jika dibandingkan dengan berbagai obat herbal lainnya, damarwangi ini dianggap kurang efektif menyembuhkan penyakit asam lambung.

Nah, beberapa obat asam lambung alami di atas adalah beberapa obat yang dapat Anda konsumsi untuk meredakan sakit akibat kenaikan asam lambung. Obat-obatan tersebut terbukti secara turun temurun mampu mengobati keluhan penyakit asam lambung. Namun jika dengan mengonsumsi obat-obatan alami berikut maupun obat-obatan yang Anda beli di apotek tidak kunjung meredakan sakitnya, sangat disarankan untuk mengonsultasikan kesehatan Anda pada dokter.

Tinggalkan komentar