9 Manfaat Olahraga Sehat untuk Diet bagi Tubuh

9 Manfaat Olahraga Sehat untuk Diet bagi Tubuh – Anda sudah menahan hasrat makan enak dalam waktu lama hanya untuk menurunkan berat badan tapi hasilnya nol besar? Mungkin saja ada yang kurang dari cara Anda diet, misalnya kurang olahraga. Karena ternyata, mengurangi porsi makan atau menghindari makanan tak sehat saja belum cukup jika Anda mau menurunkan berat badan secara efektif tanpa diimbangi dengan olahraga. Anda juga perlu olahraga untuk diet yang sempurna demi memaksimalkan pembakaran kalori dan mengurangi penumpukan lemak.

Lalu sebenarnya seberapa penting olahraga untuk program diet? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh mereka yang ingin menjalankan program diet. Ketahuilah bahwa manfaat olahraga tersebut bisa diibaratkan sebagai “kunci penting” untuk kesehatan tubuh selama dilakukan secara rutin. Sudah banyak orang yang membuktikan kebenaran dari manfaat dan pentingnya diet tersebut. Baik itu olahraga seperti lari di pagi hari, angkat beban di gym, joging bersama teman, sepak bola, basket, bersepeda, ataupun berbagai jenis olahraga lainnya.

Semua aktivitas yang mengharuskan otot bergerak dan terbakarnya kalori merupakan bagian dari olahraga yang menjadi tujuan untuk diet. Maka dari itulah banyak orang yang menjalani program diet melalui olahraga secara teratur. Supaya lebih menjadikan semangat dan motivasi, sebaiknya kenalilah beragam manfaat olahraga sehat untuk diet bagi kesehatan. Karena faktanya manfaat olahraga tidak hanya sekedar penting bagi diet, tetapi juga menunjang kesehatan.

olahraga sehat untuk diet
olahraga sehat untuk diet

Beragam Manfaat Olahraga Sehat untuk Diet yang Bisa Anda Jalani

Menjaga berat badan

Manfaat olahraga yang pertama adalah menjaga berat badan agar tetap ideal, sehingga sangat menunjang program diet anda. Hal ini seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa olahraga sehat untuk diet penting dilakukan. Ketahuilah bahwa dengan melakukan olahraga secara teratur, Anda bisa mempertahankan berat badan dan menjaganya tetap dalam bobot normal. Manfaat olahraga yang satu ini dapat dirasakan karena terjadinya pergerakan pada otot, sehingga mengakibatkan kalori terbakar lebih banyak. Apalagi jika Anda melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, seperti lari, bersepeda, treadmill, serta olahraga berat lainnya.

Membakar lemak lebih banyak

Manfaat olahraga sehat untuk diet selanjutnya yaitu membakar lemak dalam jumlah yang lebih banyak. Ketahuilah bahwa terkadang, berat badan anda turun bukan karena lemak berkurang tetapi justru massa ototlah yang menurun. Di timbangan memang berat badan menurun, tapi sebenarnya anda hanya kehilangan lemak dalam jumlah cukup sedikit.

Sebagian lain penurunan berat badan tersebut bukanlah dari lemak, melainkan otot dan kepadatan tulang yang beresiko buruk bagi kesehatan. Sedangkan melakukan olahraga sehat untuk diet justru akan menguatkan otot dan tulang, serta menghindari kelebihan lemak pada tubuh. Hal ini disebabkan lantaran aktifitas olahraga memicu sistem metabolisme tubuh agar mengolah lemak menjjadi kalori (energi) secara maksimal.

Mencegah resiko penyakit mematikan

Takut akan berbagai resiko penyakit berbahaya yang mengintai kesehatan? Segeralah lakukan olahraga sehat untuk diet secara rutin, supaya tubuh anda lebih sehat tanpa adanya penumpukan lemak berlebih. Tidak peduli berat badan Anda sekarang, olahraga secara rutin setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada tubuh sehingga mencegah resiko penyakit.

Ketahuilah bahwa melakukan olahraga fisik dapat menjaga aliran darah supaya tetap lancar, sehingga meminimalisir resiko datangnya penyakit berbahaya. Misalnya saja seperti  penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stoke, kolesterol, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya dapat dihindari. Dengan berbagai manfaat manfaat olahraga untuk diet tersebut, Anda tidak punya alasan lagi untuk menunda berolahraga setiap harinya.

Memperkuat tulang dan otot

Manfaat olahraga sehat untuk diet selanjutnya adalah memperkuat tulang dan otot, terutama di usia usia yang sudah tidak muda lagi. Berbeda bagi Anda yang masih muda, mungkin masalah tulang dan otot ini bukan merupakan kondisi utama yang harus dikhawatirkan terkait kesehatan. Namun tidak demikian halnya bagi orang yang sudah lanjut usia, masalah tulang dan otot emnjadi penyakit resiko yang perlu diwaspadai dan dihindari. Jangan sampai terlambat, sehingga meski masih muda anda perlu memulai olahraga secara rutin. Aktifitas ini mampu mencegah kelemahan tulang dan otot di usia tua, di samping manfaatnya sebagai media untuk menurunkan berat badan.

Meningkatkan suasana hati

Manfaat olahraga untuk diet selanjutnya yaitu mampu memperbaiki suasana hati yang “uring-uringan” atau perasaan tidak baik. Karena tentu saja kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Namun tenang saja, dengan olahraga secara rutin anda bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik dan kembali bahagia. Jika tidak ada waktu untuk olahraga di gym atau pusat kebugaran, sebaiknya berlatihlah di rumah dengan teratur. Anda bisa sekedar melakukan joging bersama teman atau keluarga, sambil menghirup udara segar. Tentu saja aktivitas fisik ini dapat memicu produksi hormon kebahagiaan (serotonin) di dalam otak yang mampu meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

Meningkatkan energi

Manfaat olahraga sehat untuk dietraga ini pastinya dibutuhkan oleh mereka yang seringkali merasa lesu dalam beraktifitas dan merasa kurang semangat. Ketahuilah bahwa meningkatkan energi menjadi salah satu manfaat olahraga yang diperlukan oleh setiap orang dalam menunjang aktifitasnya sehari hari. Melalui olahraga secara teratur setiap hari, oksigen akan “terdistribusi” dengan baik ke dalam jaringan tubuh melalui pembuluh darah. Sehingga jantung akan bekerja lebih baik, serta kesehatan jantung dan paru-paru akan lebih terjaga dan meningkatkan energi.

Meningkatkan kualitas tidur

Setelah bekerja seharian, tubuh anda tentu memerlukan kualitas tidur yang baik dan cukup disetiap malam. Namun bagaimana jika ternyata kualitas tidur anda tidak cukup baik? Sebagai solusinya, anda bisa melakukan manfaat olahraga untuk diet rutin yang bisa menyehatkan kesehatan fisik, meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, olahraga tersebut juga dapat membuat anda lebih cepat terlelap saat tidur di malam hari. Namun penting untuk diingat, supaya tidak berolahraga terlalu malam dan terlalu dekat dengan jam tidur. Karena bisa jadi, hal ini dapat membuat Anda malah susah mengantuk di malam hari.

Baca artikel lain disini

Memperpanjang usia

Tidak hanya satu atau dua riset yang membuktikan bahwa manfaat olahraga sehat untuk diet bisa memperpanjang umur seseorang, tetapi banyak orang yang juga sudah membuktikannya. Nyatanya, aktivitas fisik seperti olahraga mampu mencegah ataupun mengurangi resiko terjadinya penyakit berbahaya dan mematikan. seperti penyakit jantung atau pun kanker. Tentu saja manfaat ini lebih utama dijadikan tujuan diet, dibandingkan penurunan berat badan yang anda inginkan.

Meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat olahraga untuk diet untuk otak sangatlah banyak dan bukan hanya sebagai sarana diet untuk penurunan berat badan saja. Manfaat pertama yaitu saat olahraga jantung akan berdetak lebih kencang yang membuat aliran darah ke otak lebih lancar. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat merangsang produksi hormon yang memicu pertumbuhan sel otak, serta menghambat perubahan di otak yang diakibatkan oleh penyakit Alzheimer atau skrizofrenia.

Menjaga berat badan tetap stabil memang bisa anda dapatkan dengan melakukan olahraga sehat untuk diet. Bukan hanya berat badan yang ideal dan proporsional, tetapi Anda bisa menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh jadi semakin baik. Bayangkan jika anda berolahraga secara rutin, kalori yang masuk ke tubuh bisa terbakar secara optimal yang akan menunjang kesehatan dan berat badan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

Manfaat ketumbar untuk diet

Ketahui 4 Manfaat Ketumbar Untuk Diet, Badan Langsing dan Sehat

sumbersehat – Manfaat ketumbar untuk diet belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Namun belakangan hal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *