9 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan, Bahaya dan Cara Membuatnya

Sumbersehat.com – Manfaat Daun kenikir untuk kesehatan dan pengobatan alami ini telah dipercaya sejak dulu. Tumbuhan yang sering dijumpai di halaman rumah dengan bunga cantik berwarna ungu ini ternyata enak jika dijadikan hidangan. Biasanya dihidangkan menjadi sayuran, daun mudanya dimakan mentah-mentah atau direbus lalap dan dibuat pecel.

Nama lain daun kenikir adalah Cosmos. Cosmos adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin dan Amerika Tengah. Kemudian tersebar sampai Asia Tenggara dibawa oleh penjajah Spanyol yang berlabuh di Filipina. Khasiat daun kenikir yang baik untuk kesehatan dan setara dengan obat ini aman dikonsumsi setiap hari.

manfaat daun kenikir

Inilah Khasiat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat daun kenikir untuk kesehatan  yang sayang jika dilewatkan. Berikut penjelasannya:

Menjaga kesehatan jantung

Jantung lemah adalah penyakit yang berhubungan erat dengan otot jantung. Pada tahap awal, penyakit ini memang tidak menimbulkan gejala. Namun, alangkah baiknya jika anda mencegah dan  mengantisipasi komplikasinya. Khasiat daun kenikir dapat membantu anda untuk mengatasi jantung lemah dan menjaga kesehatan jantung.

Otot jantung dan arteri yang kuat bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga organ jantung menjadi kuat. Pasalnya, kandungan flovanoid yang terdapat pada daun kenikir dinilai dapat memperkuat jantung.

Cara mendapatkan manfaat daun kenikir untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan merebus daunnya. Minumlah air rebusan kenikir secara berkala untuk menjaga kekuatan otot jantung dan menjaga kesehatan jantung anda.

Mencegah dan Mengobati Diabetes.

Anda yang menderita penyakit diabetes, disarankan mengonsumsi daun kenikir secara baik. Tanaman ini mengandung senyawa bioaktif  berupa asam klorogenik kuersetin hingga askorbat yang berfungsi meningkatkan kinerja insulin pada penderita diabetes tipe 2. Karena itulah Khasiat daun kenikir dipercaya dapat mengobati diabetes.

Anda hanya perlu merebusnya menjadi lalapan atau merebus untuk diambil airnya saja. Tidak perlu menambahkan gula, karena penderita penyakit diabetes dihimbau untuk menghindari makanan dan minuman manis.

Menjaga dan Memperbaiki Kesehatan Tulang

Daun kenikir mengandung kalsium dan magnesium yang cukup tinggi. Kalsium dan magnesium merupakan nutrisi yang dapat memperkuat tulang tubuh. Wanita yang sudah menopause disarankan untuk mengonsumsi daun kenikir. Karena setelah menopause, tulang secara bertahap mengalami pengeroposan atau osteoporosis.

Untuk mendapatkan manfaat daun kenikir sebagai penguat tulang, anda dapat mengonsumsi daun muda kenikir sebagai lalapan. Jika anda suka manis, anda boleh mengonsumsi air rebusannya yang dicampur dengan madu.

Menambah sistem kekebalan tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh berperan dalam menjaga ketahanan tubuh dari organisme kuman hingga bakteri berbahaya. Apabila sistem imun tubuh turun, maka tubuh mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, manfaat daun kenikir harus anda peroleh supaya sistem imun menjadi kuat.

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E  dalam kenikir efektif meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Selain itu, olahan kenikir juga dapat menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dari penyakit berbahaya.

Menetralisir racun tubuh

Salah satu faktor munculnya penyakit adalah adanya racun yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, menghilangkan racun dalam tubuh penting dilakukan. Untuk menghilangkan racun secara alami, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi daun kenikir.

Kandungan vitamin C, vitamin E dan flavonoid yang terkandung dalam kenikir, dapat  menetralisir racun dalam tubuh. hal ini dapat membersihkan racun dalam darah. Apabila darah bersih, maka organ hati akan bekerja dengan baik dan optimal.

Penambah Nafsu Makan

Kurangnya berat badan bisa disebabkan oleh menurunnya nafsu makan seseorang. Apalagi masalah tersebut terjadi pada anak-anak yang seharusnya makan lebih banyak untuk proses pertumbuhannya. Daun kenikir adalah solusinya. Manfaat daun kenikir yang mengandung kuersetin ini dapat meningkatkan nafsu makan seseorang.

Begitu juga dengan orang yang baru pulih dari sakit atau pasien yang baru selesai operasi. Cara mengonsumsi daun kenikir sebaiknya tiga kali dalam satu minggu. Karena ini akan membantu pasien memulihkan staminanya agar badan cepat bugar lagi.

Mengobati Penyakit Maag

Sakit maag merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat indonesia. Hal ini dikarenakan orang indonesia yang tidak terbiasa jika makan tanpa sambal. Selain itu, konsumsi kafein dan minuman bersoda yang disukai anak muda juga memicu penyakit maag. Jika hal itu tidak dapat dihindari, setidaknya kurangi porsi.

Daun kenikir mengandung tokoferol yang berfungsi meredakan penyakit maag.  Senyawa ini bekerja untuk menetralisir asam lambung. Bagi anda yang memiliki masalah penyakit lambung seperti maag, Sebaiknya anda mengonsumsi kenikir seperlunya. Terdapat berbagai cara mengonsumsi kenikir untuk penyakit maag. Anda dapat merebus daun kenikir menjadi lalapan atau merebusnya untuk dijadikan minuman.

Menghilangkan Bau Mulut

Daun kenikir memiliki bau yang khas. Tumbuhan ini mengandung minyak atsiri yang dapat mengurangi bau badan dan bau mulut. Caranya mudah, anda cukup mengunyah daun kenikir selama 30 detik kemudian berkumur dengan air biasa dan memuntahkannya.

Manfaat daun kenikir didapat dari kandungan alkohol koniferil yang bersifat antibakteri. Kandungan tersebut dapat membersihkan kuman-kuman yang bersarang di lidah, gigi, dan gusi. Mengingat kuman-kuman yang bersarang di mulut dapat menyebabkan bau mulut hingga gigi berlubang.

Membantu Menyembuhkan Kanker

Kanker merupakan penyakit berbahaya paling mematikan di dunia. Pengobatan dan biaya operasinya juga mahal. Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara mencegah dan mengobatinya secara alami. Mengambil manfaat daun kenikir untuk kanker adalah salah satu alternatif untuk mencegah dan membantu penyembuhan penyakit kanker.

Terdapat berbagai kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam kenikir. Kandungan saponin, flavonoid, dan terpenoid memiliki sifat antikarsogenik. Antikarsogenik yang terdapat pada Kenikir bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan kanker payudara. Selain itu, Kenikir juga membantu melawan kangker perut, kanker hati dan kanker lambung.

Cara mengonsumsi daun kenikir bagi Penderita kanker yaitu dengan mengonsumsinya secara rutin setiap hari. Pasalnya, manfaat dan bahaya daun kenikir disebabkan oleh cara dan jumlah saat mengkonsumsinya. Maka,  jangan lupa untuk minum air putih yang cukup karena air putih bisa melarutkan zat-zat air dan meringankan kinerja organ hati.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengambil manfaat daun kenikir

Meskipun makan kenikir dinilai tidak memiliki efek samping yang berbahaya. Namun, tetap saja kita harus mengetahui manfaat dan bahaya daun kenikir. Segala sesuatu yang berlebihan pasti merugikan. Begitu pula dengan mengonsumsi obat-obatan dan makanan.

Ketika dikonsumsi berlebih, efek samping yang muncul biasanya mual, muntah-muntah, pembengkakan kulit, dan gatal-gatal.  Mengonsumsinya dalam jumlah sedang baik-baik saja dan aman dikonsumsi.

Tidak hanya untuk orang dewasa, manfaat daun kenikir juga dirasakan oleh anak-anak. Konsumsilah dengan cara dan resep yang menarik untuk anak-anak. Karena anak-anak suka makanan yang manis, anda dapat menjadikan juice kenikir dan menambahkan madu ke dalamnya.

Bagi yang ingin mengambil manfaat daun kenikir harus memperhatikan kadar konsumsinya agar Anda tidak merasakan bahayanya. Konsumsi secukupnya saja dengan merebus 1 ikat daun kenikir dengan 3 gelas air, lalu sisakan airnya menjadi 2 gelas. Konsumsi selagi hangat setiap hari untuk mengobati penyakit.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *