8 Trik Diet Sehat untuk Remaja Agar Memiliki Badan Ideal

8 Trik Diet Sehat untuk Remaja Agar Memiliki Badan Ideal – Remaja adalah masa di mana masa pertumbuhan mulai dialami, mulai dari fisik dan mental yang membutuhkan perhatian khusus. Sehingga di usia ini, remaja harus mendapat asupan nutrisi yang cukup, supaya pertumbuhannya optimal. Asupan tersebut haruslah seimbang dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi remaja.

Namun sayangnya, banyak di antara mereka yang justru mengalami kelebihan berat badan lantaran terlalu banyak konsumsi makanan. Terlebih lagi, makanan yang dikonsumsi terkadang tidak sehat dan beresiko menyebabkan penumpukan lemak. Padahal di usia remaja, mereka sering kali berkeinginan untuk memiliki bentuk tubuh ideal. Tujuannya adalah supaya penampilan menjadi lebih menarik dan meningkatkan rasa percaya diri saat beraktifitas.

diet sehat untuk remaja
diet sehat untuk remaja

Namun jika terlanjur memiliki berat badan yang berlebih, sudah seharusnya melakukan diet sehat untuk remaja. Meski di usia yang masih dalam tahap pertumbuhan, bukan berarti remaja tak boleh diet. Yang terpenting, diet harus dilakukan dengan cara tepat dan tanpa menyiksa diri. Berikut ini beberapa trik diet yang bisa dilakukan remaja saat masih dalam masa pertumbuhan.

Trik Diet Sehat untuk Remaja

Kontrol Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang dilakukan sering kali menjadi penyebab masalah kelebihan berat badan yang dialami remaja. Kebiasaan tersebut meliputi banyak hal, seperti tidur setelah makan , malas beraktivitas, konsumsi makanan cepat saji, serta jajan sembarangan saat berada di luar rumah. Kebiasaan sepele ini terkadang sulit untuk di kontrol, terlebih ketika berada di lingkungan pergaulan yang menerapkan gaya hidup kurang baik. Terlebih di usia mereka yang masih labil, biasanya remaja cenderung masih labil dan belum mengerti kebiasaan baik dan buruk saat diet sehat untuk remaja.

Hindari makanan cepat saji

Makanan cepat saji adalah jenis makanan yang digemari oleh remaja, karena rasanya yang nikmat dan gurih. Belum lagi jika ada tambahan penguat rasa yang membuatnya semakin menarik untuk dikonsumsi. Namun tahukah anda jika di dalam makanan cepat saji terkandung bahan pengawet dan tinggi kalori serta lemak jahat? Kandungan ini menyebabkan penumpukan lemak yang beresiko terjadinya kelebihan berat badan.

Ada banyak jenis makanan yang termasuk cepat saji, contohnya seperti snack, mie instan, sarden, coklat, dan berbagai olahan kemasan lainnya. Selain memicu kegemukan dan menghambat program diet sejat untuk remaja, jenis makanan cepat saji juga dapat menyebabkan masalah kesehatan. Masalah yang mungkin saja terjadi seperti kolesterol tinggi, jantung koroner, obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, dan lain sebagainya  Tentu anda tidak ingin bukan mengalami berbagai masalah kesehatan tersebut di usia muda karena konsumsi makanan tak sehat?

Minum air putih cukup

Air merupakan komponen yang penting di dalam tubuh yang memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah tepat sesuai kebutuhan tubuh. Konsumsi air putih ini bisa menjaga keseimbangan berat badan, melancarkan pencernaan, serta mengoptimalkan kinerja organ tubuh. Bagi remaja yang sedang diet, konsumsi air cutih cukup dianjurkan dengan berbagai alasan. Bukan hanya kesehatan, tetapi konsumsi air putih ini dijadikan sebagai pengganjal rasa lapar yang melanda di sela sela jam makan. Selain itu, air putih juga bisa dikonsumsi sebelum dan sesudah makan agar menimbulkan rasa kenyang tanpa banyak makan makanan berat.

Olahraga Teratur

Trik diet sehat untuk remaja selanjutnya yaitu berolahraga secara teratur yang bermanfaat meningkatkan kesehatan, sistem imun tubuh, proses metabolisme, dan memicu penurunan berat badan. Akan tetapi, anak remaja sering kali malas untuk melakukan olahraga secara rutin atau pun sekedar beraktifitas untuk memaksimalkan pembakaran kalori.  Para remaja ini justru lebih memilih untuk berdiam diri dan melakukan aktifitas seperti bermain gadget, main game, nonton film, tiduran, dan lain sebagainya.

Selalu Makan di Rumah

Bagi remaja yang sedang menjalani program diet, usahakan untuk selalu makan di rumah. Karena dengan makan di rumah, anda akan dapat mengatur porsi yang sesuai tanpa khawatir terlalu banyak dan buang buang makanan. Pada saat anda tidak makan di rumah, mau tidak mau anda akan menghabiskan makanan meski dalam jumlah banyak bukan? Tentunya, hal itu akan membuat program diet yang anda jalankan jadi sia-sia dan justru berujung penambahan berat badan. Selain itu, makan di rumah juga dibuat dari bahan yang aman dan tidak mengandung bahan makanan tidak sehat.

Kurangi Makanan dengan Gula Tinggi

Gula merupakan salah satu komponen yang diperlukan oleh tubuh, lantaran di dalamnya terkandung karbohidrat  yang dibutuhkan tubuh. Karbohidrat ini memiliki peranan penting sebagai sumber dasar untuk metabolisme, namun di sisi lain juga memiliki resiko jika dikonsumsi berlebihan. Makanan dengan gula tinggi yang tidak disarankan saat diet sehat untuk remaja contohnya seperti kue, minuman bersoda, sirup kemasan, coklat, permen, es krim, dan berbagai olahan manis lainnya. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula buatan tersebut.

Bawa Bekal dari Rumah

Dengan membawa bekal makanan dari rumah, ternyata hal ini bisa memaksimalkan program diet untuk remaja. Dengan membawa bekal, anda dapat memakan makanan yang sudah dipilih dan terjaga kesehatannya. Apalagi, makanan bekal dari rumah cenderung lebih higienis dibandingkan makanan yang dibeli. Anda pun bisa membawa bekal makanan khusus yang rendah gula, garam, lemak, serta dibuat dari bahan makanan yang sehat.

Jika ingin makanan yang dijual di luaran, anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah yang jelas jelas terjamin. Misalnya jika ingin snack dari bakso atau pentol, anda bisa membuatnya sendiri dari daging sapi atau dada ayam. Sementara untuk saosnya, anda pun bisa membuatnya sendiri yang jelas rendah sodium dan tidak membuat berat badan semakin naik. Dengan begini, anda tak perlu khawatir jika membawa bekal dari rumah berarti anda tak bisa menikmati makanan diet sehat untuk remaja yang enak.

Menghindari stres

Anda perlu menghindari stres jika ingin program diet berjalan lancar dan berat badan cepat menurun. Karena ternyata, anak remaja sekalipun juga bisa mengalami stres yang disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya saja saat akan menghadapi ujian, terlalu serius memikirkan nilai, ataupun stres karena tidak percaya diri dengan penampilannya. Ketahuilah bahwa stres bisa menjadi pemicu terjadinya obesitas, lantaran tubuh memproduksi hormon glukokortikoid yang berlebih.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Hormon ini berperan dalam meningkatkan selera makan seseorang yang akan membuatnya tergoda untuk selalu makan dan ngemil. Jika perlu, anda bisa melakukan aktifitas seperti latihan pernafasan, yoga, ataupun meditasi yang bisa menenangkan pikiran saat diet sehat untuk remaja. Tidak ada salahnya anda juga pergi jalan-jalan bersama teman mauuun keluarga untuk sejenak melepaskan stres.

Trik menurunkan berat badan melalui trik diet sehat untuk remaja di atas, tentu sangat efektif jika dilakukan dengan penuh niat dan komitmen. Selain itu, dibutuhkan pula kesabaran dalam mendapatkan hasil yang diharapkan. Lantaran di usia remaja dan ditahap pertumbuhan, diet haruslah dilakukan secara tepat dan perlahan. Nah, setelah mengetahui trik di atas, kini segera lakukan diet untuk mendapatkan tubuh ideal anda.

 

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *