8 Obat Sakit Gigi Berlubang dari Bahan Alami

8 Obat Sakit Gigi Berlubang dari Bahan Alami – Mengalami masalah gigi sakit karena berlubang memang bukanlah perkara yang sepele. Karena meski lokasi sakitnya hanya pada satu bagian kecil dalam mulut, rasa nyerinya bisa menjalar keseluruh tubuh. Misalnya saja mengakibatkan sakit kepala, pusing, hingga demam. Tentu saja kondisi ini membuat anda akan sulit beraktifitas dan kegiatan sehari-hari pun menjadi kurang maksimal. Untuk itu, sesegera mungkin anda harus mengatasi masalah sakit karena gigi berlubang ini.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri agar rasa sakit berkurang. Obat-obatan pereda nyeri bisa anda dapatkan di apotek atau dari dokter. Namun tidak ada salahnya anda mengurangi penggunaan obat-obatan kimia dan memilih obat tradisional dari bahan alami. Meski efeknya tidak secara langsung, tapi penggunaan bahan kimia lebih aman bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut ini beberapa obat-obatan tradisional dari bahan alami yang dapat anda gunakan.

obat sakit gigi berlubang
obat sakit gigi berlubang

Bahan Alami sebagai Obat Sakit Gigi Berlubang

Air garam

Air garam sudah sejak jaman dulu dipercaya mampu mengobati sakit gigi secara alami. Air garam ini dipercaya mampu membasmi bakteri maupun kuman penyebab infeksi pada gigi berlubang. Selain itu, air garam juga efektif dalam mengatasi peradangan yang terjadi pada area gigi yang bermasalah. Sehingga bagi anda yang tengah mengalami nyeri karena lubang pada gigi, tidak ada salahnya mencoba obat sakit gigi berlubang menggunakan air garam.

Cara yang bisa dilakukan untuk pengobatan air garam ini adalah dengan berkumur. Gunakan 250 cc air matang yang hangat, lalu campurkan kurang lebih setengah sendok teh garam. Gunakanlah campuran air garam ini untuk berkumur secara perlahan, serta usahakan jangan sampai menelan air garam tersebut. Ulangi kumur-kumur hingga nyeri dan peradangan pada gigi yang berlubang mereda.

Kompres air dingin

Kompres air dingin untuk mengurangi nyeri yang timbul akibat gigi berlubang mungkin sudah sering anda dengar. Kompres air dingin ini bukanlahobat sakit gigi berlubangyang dilakukan di bagian gigi yang sakit ataupun berlubang. Melainkan, kompres dilakukan di area luar di bagian gigi yang dirasa nyeri ataupun terjadi pembengkakan. Misalnya saja di bagian rahang maupun di pipi. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa sakit dan mengecilkan bagian yang bengkak.

Minyak cengkeh

Penggunaan minyak cengkeh sudah terkenal sejak lama dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Salah satunya adalah penggunaan minyak cengkeh untuk mengurangi nyeri akibat gigi berlubang. Manfaat ini terjadi karena adanya kandungan bahan eugenol yang berfungsi meredakan nyeri dengan cara alami. Selain itu, bahan cengkeh juga bersifat anti radang, anti bakteri, dan juga bersifat sebagai analgesik.

Itulah sebabnya mengapa minyak cengkeh sering dimanfaatkan sebagai obat untuk sakit gigi berlubang. Selain itu, manfaatnya juga efektif dalam menghambat penyebaran infeksi di area sekitar lubang. Cara pengobatan menggunakan cengkeh ini cukup mudah dan bisa anda lakukan sendiri. Yang pertama adalah dengan mengunyah bahan cengkeh, lalu mendiamkannya beberapa saat di mulut atau di bawah lidah. Selain itu, ada beberapa cara konsumsi obat sakit gigi berlubang lain yang bisa anda coba.

  • Ambil cengkeh secukupnya.
  • Tumbuk bahan cengkeh hingga halus.
  • Tambahkan sedikit air pada tumbukan cengkeh agar membentuk seperti pasta.
  • Ambil bahan yang sudah anda buat, lalu letakkan pada area gigi yang berlubang.

Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu bahan rempah alami yang yang sangat sering dipakai masyarakat untuk bahan bumbu masakan. Namun ternyata, bawang putih juga memiliki manfaat lain untuk dijadikan obat alami dalam mengatasi gangguan kesehatan. Misalnya saja digunakan sebagai pengobatan alami untuk gigi berlubang, lantaran di dalamnya terkandung senyawa allicin.

Sistem kerja obat sakit gigi berlubang ini adalah dengan cara melepaskan senyawa alllicin tersebut saat anda mengunyahnya. Allicin sendiri adalah sebuah senyawa yang berupa cairan minyak. Perlu andaketahui juga, bahwa bawang putih juga memiliki manfaat sebagai anti radang. Sehingga ketika mengonsumsinya secara rutin, bisa digunakan dalam mengurangi peradangan ataupun infeksi pada gigi yang berlubang.

Ekstrak vanila

Ekstrak vanila memiliki kandungan alkohol yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi sakit gigi yang berlubang. Cara untuk pengobatan menggunakan bahan alami ini adalah dengan menempelkannya ke area gigi yang sakit. Anda bisa mengambil sedikit ekstrak vanila dan meletakkannya di kapas maupun jari. Selanjutnya anda dapat menempelkannya di area gigi maupun gusi yang sakit. Lakukan cara pengobatan alami ini secara rutin beberapa kali dalam satu hari sebagai obat sakit gigi.

Daun jambu biji

Obat sakit gigi berlubang dari bahan alami selanjutnya adalah menggunakan daun jambu biji yang mudah ditemukan di sekitar kita. Bahan ini bermanfaat sebagai anti bakteri, anti inflamasi, dan juga sebagai bahan analgesik. Pemanfaatan daun jambu biji ini secara rutin efektif dalam menjaga kesehatan gigi, gusi, dan mulut. Untuk memperoleh manfaat penggunaannya, anda bisa mengunyah daun jambu biji ini secara langsung. Selain itu, anda juga dapat merebus daun jambu biji untuk digunakan sebagai obat kumur.

Teh peppermint

Bahan alami yang satu ini juga dapat dijadikan obat sakit gigi tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Kantong teh peppermint ini mampu mengurangi rasa nyeri yang muncul, serta ketidaknyamanan pada area gusi yang terjadi peradangan. Pengobatan menggunakan peppermint ini bisa anda lakukan setelah kantong teh peppermint hangat atau tidak terlalu panas. Cara lain yang dapat anda coba yaitu menggunakan kantong teh peppermint yang sudah didinginkan.

Sebaiknya, dinginkan kantong teh ini ke dalam freezer selama beberapa menit dan anda bisa menempelkannya di area yang nyeri. Pada dasarnya, penggunaan kantong teh peppermint yang masih basah cukup efektif dalam meredakan rasa nyeri maupun peradangan. Maka dari itu, jangan langsung membuang kantong ini setelah anda membuat teh. Lebih baik memanfaatkannya untuk obat sakit gigi berlubang dalam mengatasi gangguan pada gigi.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Daun sirih

Obat sakit gigi yang terakhir adalah dengan menggunakan bahan alami dari daun sirih. Daun sirih ini mengandung banyak nutrisi dan senyawa penting yang baik untuk menangkal infeksi dan adanya lubang pada gigi. Kandungan senyawa tersebut juga dapat digunakan sebagai antiseptik, menguatkan gigi, menangkal bau mulut dan perdarahan gusi, serta menjaga kesehatan gigi. Cara pemanfaatannya adalah dengan mengunyah secara langsung ataupun merebusnya untuk dijadikan obat kumur.

Memiliki masalah gigi berlubang, tentunya harus segera diatasi agar infeksi tidak makin menyebar. Selain itu, mengalami gigi berlubang terlalu lama juga akan menimbulkan rasa nyeri yang mengganggu. Oleh karenanya, segera gunakan obat sakit gigi berlubang dari bahan alami. Namun jika kondisi gigi tidak membaik, sebaiknya segeralah periksakan ke layanan dokter gigi. Jangan sampai anda menunggu kondisi tersebut makin parah.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *