8 Jenis OLahraga Sehat Untuk Jantung Bagi Anda yang Tidak Suka Keluar Rumah

8 Jenis OLahraga Sehat Untuk Jantung Bagi Anda yang Tidak Suka Keluar Rumah – Tingkat penderita masalah jantung di Indonesia cukup tinggi. Sehingga diperlukan pengertian seputar cara merawat kesehatan jantung dengan tepat. Maka dari itu ada kemungkinan penderita jantung melakukan beberapa upaya untuk tidak kambuh kembali. Namun, hal terpenting adalah generasi muda yang harus menghindari beberapa penyebab penyakit jantung dengan berolahraga rutin.

Sayangnya, olahraga rutin rata-rata dilakukan di luar ruangan. Dari sinilah kita bisa melihat bagaimana cara kerja olahraga tertentu dalam menyehatkan organ jantung. Bahkan ada beberapa kondisi membuat jenis olahraga tertentu yang cocok digunakan untuk menyehatkan jantung. Bila Anda tidak memiliki waktu keluar rumah untuk olahraga. Cobalah gunakan beberapa aktivitas sederhana yang bisa dikatakan sebagai olahraga yang menyehatkan jantung Anda.

olahraga sehat untuk jantung
olahraga sehat untuk jantung

Jenis Olahraga Sehat Untuk Jantung Bagi yang Tidak Suka Keluar Rumah

Push Up

Dari olahraga push up ternyata bisa memberi manfaat bagi kesehatan jantung. Dari ukuran latihan kardio, ternyata push up cukup baik dalam menjaga kekuatan otot tangan, perut, dan juga dari kekuatan jantung. Dalam beberapa kesempatan, olahraga satu ini bisa dianggap sebagai latihan fisik. Dari jumlah kalori yang dibakar tubuh juga cukup tinggi. Sehingga jenis olahraga sehat untuk jantung ini cukup efektif untuk menjaga kesehatan jantung.

Pada beberapa fakta, ada rutinitas olahraga sederhana di dalam rumah. Bahkan bagi Anda yang masih suka sibuk dengan pekerjaan dan tidak sempat keluar rumah untuk berolahraga. Cobalah dari kegiatan olahraga sederhana ini. Sehingga dari seluruh orang tubuh bisa mendapat manfaatnya.

Naik Turun Tangga

Kegiatan sederhana lainnya yang juga cocok untuk menyehatkan organ jantung adalah naik turun tangga. Melatih kekuatan otot kaki kemudian bisa memompa aliran darah lebih lancar bisa dirasakan ketika Anda sering naik turun tangga. Karena itu, dari otot bagian jantung akan bertambah kuat. Sehingga aliran darah pun kembali lancar. Dari olahraga sehat untuk jantung dengan cara naik turun tangga ini terbilang mudah.

Sehingga tidak perlu keluar rumah karena kesibukan sehari-hari. Hingga akhirnya ada beberapa opsi menarik membuat konsep penting dalam pengembangan fasilitas terbaik dalam menjalankan olahraga sehat bisa berlangsung baik.Lakukan aktivitas naik turun tangga setidaknya dalam 30 menit saja setiap waktu. Dengan rutin melakukan kegiatan olahraga naik turun tangga ini diharapkan detak jantung dan kekuatannya bisa konsisten.

Lompat Dalam Durasi 10 Menit

Berikutnya ada salah satu olahraga sehat untuk jantung yang bisa dilakukan di dalam rumah, salah satunya lompat dengan durasi 10 menit. Dari kegiatan olahraga ini akan memompa aliran darah dari bawah ke atas tubuh lebih cepat. Sehingga dalam beberapa aktivitas sehari-hari inilah olahraga lompat tali ataupun melompat berulang bisa memberi manfaat bagi tubuh.

Tidak sedikit kegiatan olahraga di dalam rumah dilakukan dengan cara sederhana. Sehingga dengan mencermati hal-hal baru yang bisa dilakukan di dalam rumah bisa menambah pengetahuan Anda. Gunakan durasi setidaknya 10 menit untuk melompat hingga akhirnya kondisi tubuh dan aliran darah lebih lancar.

Burpess

Gerakan burpess atau berdiri tegak menggunaka kaki selebar bahu kemudian merentangkan kedua tangan ke atas dengan posisi telapak menghadap ke depan. Dari gerakan satu ini mampu memberi manfaat bagi kesehatan terutama pada aliran darah lebih lancar. Bahkan dengan gerakan burpess ini juga menjaga kondisi jantung tetap stabil. Tidak heran bila gerakan berulang dari burpess ini cenderung bisa memberi sebuah olahraga sehat untuk jantung agar aktivitasnya memberi efek baik bagi kesehatan aliran darah di tubuh Anda.

Ulangi gerakan burpess setidaknya dalam 2 kali sehari hingga durasinya 15 menit per masing-masing segmen. Beberapa kalangan terutama olahragawan sudah melakukan gerakan posisi burpess ini dengan baik untuk menjadi bagian penting dari pemanasan. Sehingga Anda pun bisa bebas melakukan kegiatan satu ini untuk memperlancar aliran darah ke jantung.

Berenang

Cukup dengan berenang setiap hari dalam durasi 15 menit bahkan bisa lebih mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Cukup banyak olahraga sehat untuk jantung yang mana mampu memberi efek baik bagi kesehatan. Karena aktivitas berenang ini cukup mudah dilakukan di dalam rumah. Kemudian dari resiko yang dilakukan dengan berolahraga berenang ini pun tidak terlalu tinggi. Sehingga sangat cocok dijadikan sebuah olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan jantung.

Seperti saat ini aktivitas berenang juga cocok digunakan sebagai modal terbaik yang saat ini jelas bisa memberi akses terbuka kepada siapa saja. Maka dari itu dengan melakukan aktivitas berenang inilah ada sejumlah hal baru bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan organ jantung Anda.

Skaters

Mungkin Anda masih belum memiliki pandangan mengenai olahraga di dalam rumah yang baik untuk jantung berupa skaters. Dari olahraga ini dilakukan dengan gerakan berdiri dengan kaki selebar pinggul, kemudian lutut sedikit menekuk. Lakukan lompatan ke kanan menggunakan kaki kanan kemudian mendarat gunakan tumit kaki kanan. Kemudian ayunkan kaki kiri ke belakang kaki kanan. Dari olahraga sehat untuk jantung ini perlu dilakukan setidaknya selama 30 menit.

Jangan terlalu bertumpu pada berat badan Anda di setiap kaki terutama kaki kiri. Kemudian melakukan lompatan ke kiri menggunakan kaki kiri dan lakukan berulang hingga kondisi tubuh ANda kembali fit. Cara satu ini dianggap efektif untuk menjaga kesehatan tubuh tetap stabil. Meskipun dari aktivitasnya cukup berat, tentu saja ada tahapan yang perlu diperhatikan untuk melakukan gerakan skaters.

Melakukan Plank

Untuk gerakan plank ini juga dikenal sebagai cara tepat untuk menjaga otot perut dan lengan hingga paha lebih kuat. Namun, akhir-akhir ini plank juga dianggap sebagai salah satu jenis olahraga yang cocok untuk menjaga kesehatan jantung. Bahkan olahraga sehat untuk jantung satu ini kerap dilakukan guna menurunkan berat badan. Sehingga manfaatnya cukup banyak ketika Anda melakukan gerakan plank.

Cukup merentangkan badang lurus sejajar kemudian turunkan badan setengah seperti melakukan push up. Tahan posisinya dalam waktu 1 menit saja bahkan bisa lebih. Untuk kalangan pemula sebaiknya melakukan pemanasan dahulu untuk bisa melakukannya tanpa ada risiko ataupun kesalahan gerakan.

Baca artikel lain disini

Tuck Jump

Masih belum banyak kalangan melakukan kegiatan olahraga tuck jump meskipun manfaatnya terbilang besar bagi kesehatan jantung. Jenis olahraga sehat untuk jantung ini mampu memberi efek baik pada bagian dada dan otot bagian paha. Lakukan gerakan berdiri memakai lutut sedikit ditekuk.  Kemudian lompat ke atas dan bawa lutut ke bagian dada hingga rentangkan lengan lurus di depan dada.

Turunkan lengan selagi mendarat ringan di matras. Kemudian lakukan berulang selama 60 menit. Jika kondisi tubuh sudah merasa lelah lakukan dalam jeda 30 menit sekali untuk mengembalikan kondisi fisik.

Berdasarkan beberapa bukti seputar olahraga sehat untuk jantung yang sudah populer pastinya memberi banyak manfaat bagi pengguna. Sebisa mungkin lakukan kegiatan olahraga di rumah dengan durasi 30 menit bahkan lebih. Tujuannya untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *