8 contoh Obat Sakit Gigi Anak yang Aman Dikonsumsi

By

8 Obat Sakit Gigi Anak yang Aman DikonsumsiHarus orang tua ketahui, jangan sampai memberi sembarangan obat pada anak, sebab obat yang cocok untuk orang dewasa belum tentu cocok untuk anak-anak. Sakit gigi tidak hanya merisaukan anak saat mengalaminya, orang tua juga pasti turut risau dan kebingungan menghadapinya. Apalagi saat sakit gigi datang secara tiba-tiba dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk ke dokter. Untuk itulah pentingnya memasukkan obat sakit gigi ke dalam kotak P3K keluarga Anda.

Sakit gigi biasanya disebabkan karena gigi yang berlubang. Tidak jarang pula gusi ikut membengkak dan timbul rasa demam pada anak. Selain disebabkan oleh gigi yang berlubang rasa sakit pada gigi anak juga bisa timbul karena faktor lainnya. Diantara penyebab sakit gigi pada anak, yaitu mulai dari tumbu gigi, abses gigi, gusi bengkak atau adanya nanah di dasar gigi, gigi patah atau retak, rusaknya tambalan gigi yang lama, dan lain sebagainya.Orang tua harus tahu lebih dahulu penyebab sakit gigi sebelum memberikan obat sakit gigi anak.

obat sakit gigi anak
obat sakit gigi anak

Obat Sakit Gigi Anak yang Aman

Jangan sembarangan memberi obat sakit gigi pada anak. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter. Akan tetapi bila sedang dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter, beberapa jenis obat sakit gigi untuk anak di bawah ini juga efektif untuk meredakan rasa nyeri pada gigi anak. Jenis obat di bawah ini perlu Anda sediakan di rumah bila sewaktu-waktu anak mengalami sakit gigi. Sehingga Anda tidak terlalu merasa panik.

 Paracetamol

Paracetamol biasanya digunakan sebagai obat penurun panas atau demam. Namun, obat ini dapat digunakan sebagai pereda rasa sakit pada kepala dan juga gigi. Penggunaan paracetamol pada anak harus dengan dosis yang tepat, yaitu sesuai pada usia dan berat badan anak. Perhitungan pada berat badan anak yakni 10 sampai 15 mg per kg per dosis. Obat ini diminum 4 sampai 6 jam sekali dalam kurun waktu 24 jam.

Ibuprofen

Selain paracetamol, ibu profen juga aman digunakan sebagai obat sakit gigi anak. Ibuprofen dikonsumsi dalam 6 sampai 8 jam sekali. Berbeda dengan dosis obat paracetamol yang dosisnya 4 sampai 6 jam sekali. Gunakan obat sakit gigi anak ini sesuai dengan dosis.

Minyak Cengkeh

Sejak abad ke-19 minyak cengkeh sudah dipercaya sebagai obat gigi anak alami yang ampuh menyembuhkan rasa nyeri pada gigi. Minyak cengkeh mengandung euganol, zat kimia yang bersifat anestetik maupun antibakteri. Zat inilah yang mampu meredakan sakit gigi anak. Cara menggunakannya, yaitu dengan mencelupkan bulatan kecil kapas atau cuttonbud ke dalam minyak cengkeh, lalu oleskan pada gigi yang sakit. Minyak cengkeh memiliki aroma yang menyengat dan rasa sedikit pedas, sehingga terkadang anak tidak menyukai obat satu ini.

NaprexSirup

Naprex merupakan obat sakit gigi anak yang mengandung paracetamol. Obat ini berfungsi menurunkan rasa nyeri gigi. Naprexsirup bisa dikonsumsi segala usia, termasuk anak-anak. Namun, dosis untuk anak-anak berbeda dengan dosis orang dewasa. Anak usia 2-5 tahun hanya boleh diberikan 0,5 ml sendok takar dari ukuran 5 ml.

Panadol Sirup Anak

Ketika anak merasakan sakit gigi, Anda bisa memberikannya panadol sirup khusus untuk anak usia 1 sampai 6 tahun. Obat ini mengandung paracetamol, sehingga tidak hanya meredakan sakit gigi melainkan juga demam pada anak. Panadol sirup menggunakan child resistan cap dan juga dilengkapi pipet tetes sehingga memudahkan anak untuk meminumnya. Dosis untuk balita usia 2 sampai 3 tahun yaitu 1 sendok takar 1,5 ml. Sedangkan untuk anak usia 4 sampai 5 tahun diberikan sebanyak 1,5 sendok takar 5 ml.

Asam Mefenamat

Asam mefenamat merupakan salah satu obat yang dianjurkan untuk mengobati sakit gigi pada anak. Obat sakit gigi anak ini asam mefenamat yang berfungsi untuk mengobati rasa sakit dan peradangan pada sakit gigi. Asam mefenamat termasuk golongan anti inflamasi non steroid yang mampu mengurangi rasa nyeri tingkat ringan hingga tingkat sedang. Selain itu juga dapat mengatasi peradangan akibat penyakit tertentu. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan sirup khusus untuk anak-anak.

Cataflam Drops

Cataflam drops salah satu obat sakit gigi yang direkomendasikan untuk anak. Obat ini termasuk ke dalam golongan obat NSAID dan mengandung kalium diklofenac 15 mg pada setiap 1 ml. Kandungan tersebut berfungsi mengurangi zat penyebab peradangan serta pembengkakkan karena sakit gigi yang ada di dalam tubuh. Dosis obat ini diberikan sesuai dengan resep dokter dan kondisi medis. Cataflamdrops memiliki dua jenis, yaitu tablet untuk orang dewasa dan tetes (drops) kusus untuk anak-anak.

Proris

Biasanya sakit gigi yang dialami anak disertai dengan pembengkakan pada gusi. Bahkan dapat menyebabkan demam dan berkurangnya nafsu makan. Proris merupakan obat yang dapat menangani demam serta nyeri pada gigi anak. Obat sakit gigi anak ini mengandung ibuprofen dan antipiretik yang berfungsi menurunkan demam. Proris disarankan untuk selalu disediakan di rumah sebagai pertolongan pertama saat anak mengalami sakit gigi.

Obat Sakit Gigi yang Tidak Aman Untuk Anak

Tidak semua obat sakit gigi bisa digunakan untuk anak. Beberapa jenis obat sakit gigi tidak boleh diberikan kepada anak-anak. Sembarangan memberi obat pada anak akan menyebabkan efek samping yang berbahaya. Konsultasi pada dokter terlebih dahulu bila ingin memberikan obat sakit gigi pada anak. Obat sakit gigi tersebut sudah diramu khusus untuk anak, berbeda dengan obat sakit gigi yang memang hanya cocok untuk orang dewasa.

Aspirin dan Benzocaine

Aspirin dan Benzocaine merupakan jenis obat sakit gigi yang kerap digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada orang dewasa. Sehingga, keduanya tidak bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi anak. Aspirin tidak dapat dikonsumsi anak yang berusia di bawah 16 tahun. Sedangkan benzocaine tidak boleh dikonsumsi anak berusia di bawah 2 tahun. Bahkan benzocaine harus digunakan berdasarkan pengawasan dokter.

Garam

Berkumur dengan air garam juga dapat gunakan sebagai penghilang rasa nyeri pada gigi. Namun, berkumur dengan air garam tidak disarankan untuk anak-anak. Sebaiknya menggantinya dengan berkumur menggunakan air hangat saja. Karena cara alami ini dikhawatirkan mengakibatkan tertelannya air garam.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Demikian beberapa jenis obat sakit gigi anak yang aman digunakan dan yang tidak dianjurkan digunakan pada anak. Sebaiknya orang tua selalu menyediakan obat sakit gigi di rumah sebagai pertolongan pertama saat anak mengalami sakit gigi. Karena saat dalam keadaan tertentu yang tidak memungkinkan bagi orang tua untuk ke dokter, obat-obat ini dapat membantu. Jangan lupa selalu pastikan apakah obat yang Anda berikan sudah sesuai dengan usia anak atau tidak. Selain itu perhatikan pula takaran yang dianjurkan dokter atau pada kemasan obat.

Konsultasikan kepada dokter apabila sakit yang dialami anak tidak kunjung reda. Bisa jadi obat sakit gigi anak tersebut tidak sesuai dengan sakit yang dialami anak. Periksakan pada dokter untuk mengetahui penyebab dari sakit gigi yang diderita si kecil. Orang tua tetap harus berhati-hati dalam memberikan obat.

 

 

Tinggalkan komentar