8 Contoh Gaya Hidup Sehat Yang Harus Diterapkan Sejak Dini

8 Contoh Gaya Hidup Sehat Yang Harus Diterapkan Sejak Dini. Berbagai jenis penyakit bisa menyerang kapan dan di mana saja. Terlebih masalah kesehatan ini bukan hanya karena faktor biologis internal saja. Namun juga lingkungan sekitar yang tidak bagus untuk tubuh. Tentu saja semua orang tidak ingin terserang penyakit.

Langkah pencegahan sekaligus peningkatkan kewaspadaan perlu diperhatikan agar penyakit tersebut tidak menyerang kita. Oleh karena itu tidak heran jika saat ini banyak sekali himbauan untuk menjaga kesehatan tubuh. Contoh himbauan yang dimaksud di sini adalah menjaga gaya pola sehat.

Pola hidup ini harus diterapkan sejak dini agar terbiasa ketika dewasa. Menjaga gaya pola hidup sehat itu menjadi pencegahan terbaik yang tidak harus mengeluarkan dana atau tenaga ekstra untuk melakukannya. Belum lagi penerapan gaya hidup sehat ini juga beragam dan mudah untuk dilakukan.

gaya hidup sehat
gaya hidup sehat

Contoh Gaya Hidup Sehat Yang Perlu Diterapkan Ketika Masih Kecil

Banyak contoh gaya hidup yang bisa diterapkan untuk hidup menjadi lebih sehat. Meskipun di awal penerapannya akan terasa sulit tapi setelah terbiasa bisa menjadi investasi yang menjanjikan untuk tubuh. Anda tinggal memulainya saja. Lantas apa saja pola hidup sehat yang ada saat ini? Bagi yang penasaran, berikut beberapa gaya hidup yang harus dicoba:

Rajin mengonsumsi air mineral

Sebagian besar komposisi tubuh adalah cairan, setidaknya 70% dari tubuh adalah cairan atau air. Meskipun begitu, setiap saat cairan tubuh bisa terus berkurang tanpa sebab. Makanya tidak heran Anda harus mengonsumsi air mineral demi mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Ini menjadi gaya hidup sehat yang amat penting untuk diterapkan.

Air mineral sangat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh serta ampuh untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan. Tidak heran jika konsumsi air mineral itu sangatlah penting. Pastikan mengonsumsi air putih sebanyak 1 hingga 2 liter setiap hari.

Tidur cukup

Waktu istirahat adalah waktu yang dibutuhkan setiap makhluk hidup, termasuk manusia. Tidur cukup menjadi gaya hidup sehat yang penting karena mempengaruhi daya tahan tubuh. Umumnya manusia memerlukan durasi waktu tidur sesuai dengan umurnya. Anak-anak umummnya membutuhkan waktu tidur relatif lama karena sistem metabolismenya masih belum terjaga dengan baik.

Hal ini berbeda dengan waktu tidur orang dewasa yang kira-kira 6 hingga 8 jam per hari. Untuk manula, waktu tidurnya relatif lebih cepat dibanding anak-anak dan juga dewasa. Selain tidur cukup, Anda juga disarankan tidak begadang. Begadang memang mengasyikkan karena efek panjangnya sangat buruk untuk tubuh.

Olahraga

Kegiatan olahraga yang Anda lakukan tidak melulu dihubungkan dengan stadion dan juga gym. Halaman rumah, taman kota dan juga jalan pedestrian bisa menjadi ruang terbaik untuk olahraga. Olahraga menjadi gaya hidup sehat yang sangat penting untuk diterapkan karena menambah ketahanan tubuh.

Tulang dan otot kita perlu diregangkan dan digerakkan supaya tidak kaku dan bisa bergerak aktif. Dengan berolahraga, kita terhindari dari berbagai masalah yang beresiko, misalnya terhindar dari penyakit kronis yang membahayakan. Anda harus melakukan olahraga minimal sekali per minggu dengan durasi 30 menit.

Konsumsi buah-buahan

Dengan rasa, warna dan juga bentuk yang beragam, buah-buahan menjadi salah satu makanan sehat yang berkhasiat untuk tubuh dan kesehatan. Tidak heran jika konsumsi buah-buahan menjadi gaya hidup sehat yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja. Kandungan mineral di dalam buah bisa memenuhi protein yang dibutuhkan tubuh.

Contohnya jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Dengan begitu tidak heran jika\ jeruk bisa membantu untuk menguatkan tulang. Selain kandungan vitamin C, buah-buahan juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang begitu kuat sehingga membuat tubuh terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Konsumsi sayuran

Bukan hanya buah-buahan saja, sayuran juga menjadi asupan penting bagi Anda yang ingin menerapkan gaya hidup sehat. Sayuran memiliki kandungan yang tidak kalah dengan buah-buahan. Di dalam buah-buahan ada kandungan mineral yang berkhasiat untuk tubuh. Tak hanya itu, protein dan juga serat didalamnya juga sangat tinggi sehingga bagus untuk pencernaan.

Pilihlah sayuran yang Anda sukai karena semua sayuran memiliki kandungan yang begitu bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan bagaimana pengolahan sayuran. Misalnya dibuat menjadi jus ataupun untuk salad. Ingat, tidak disarankan mengolah sayur dengan menggorengnya karena menganggu khasiat dari sayuran tersebut.

Meditasi

Di dalam raga yang kuat ada jiwa yang sehat. Mungkin Anda sudah pernah mendengar pepatah ini. Ahli kedokteran menyepakati jika manusia itu harus menjaga kesehatan mental dan fisik. Tidak ada mana yang lebih penting dan harus didahulukan. Pasalnya dua hal tersebut memang saling bersinergi satu sama lain. Bermeditasilah untuk gaya hidup sehat Anda sekarang ini.,

Dengan bermeditasi, Anda akan berfikir tenang dan akhirnya menyehatkan kesehatan tubuh. Terlebih saat ini meditasi juga bukan hanya dari yoga saja. Ibadah, liburan dan juga berpincang samntia dengan teman juga menjadi meditasi terbaik yang bisa dicoba untuk diterapkan.

Atur pernafasan dengan baik

Oksigen menjadi senyawa penting bagi kehidupan manusia. Oksigen akan kita hirup ketika bernafas. Kita memang sudah terbiasa dengan bernafas tapi jarang yang mengetahui bahwa ada teknik bernafas yang memberi kekuatan lebih bagi tubuh. Dimana mengatur pernafasan bisa menjadi modal terbaik untuk gaya hidup sehat yang akan Anda lakoni.

Umumnya, para atlet olahraga sering dibekali dengan teknik pernafasan yang memberikannya kekuatan ekstra. Contoh pernafasan yang sangat penting di sini adalah menghirup udara sedalam-dalamnya. Setelah itu, tahan hingga 5 sampai 10 detik dan kemudian hembuskan. Memang sederhana tapi efeknya untuk tubuh benar-benar sangat bagus.

Simak artikel menarik lainnya disini.

Konsumsi cemilan dan lakukan sehat

Menyantap cemilan menjadi hal yang sangat cocok untuk meningkatkan mood. Meskipun begitu, tidak semua cemilan itu menyehatkan bagi tubuh karena ada beberapa cemilan yang justru merusak kesehatan tubuh itu sendiri. Untuk menerapkan gaya hidup sehat, Anda wajib mengonsumsi cemilan sehat. Contohnya seperti yogurt, lemak dan juga salad. Ini adalah cemilan terbaik untuk Anda coba sembari menunggu makanan besar.

Selain itu, Anda juga perlu menerapkan diet sehat. Tidak perlu menerapkan pola yang ketat saat diet. Cukup lakukan diet yang tepat saja. Contoh diet yang disarankan adalah konsumsi makanan 4 sehat lima sempurna. Dengan diet sehat ini Anda bisa mengatur asupan nutrisi yang sehat agar terpenuhi dalam tubuh. Mudah bukan?

Itu adalah contoh gaya hidup sehat yang bisa diterapkan mulai sekarang. Bagi yang belum menerapkannya diharuskan mencoba mulai sekarang karena menjadi investasi penting bagi tubuh dalam jangka panjang. Oh ya, bagi yang suka merokok dan juga minum alkohol, disarankan untuk menghindari konsumsinya. Pasalnya tidak bagus untuk kesehatan dan bisa menyebabkan banyak penyakit.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *