Cek Yuk! 7 Manfaat Olahraga Sehat di Rumah dan 3 Tips Agar Tidak Malas Melakukannya

Cek Yuk! 7 Manfaat Olahraga Sehat di Rumah dan 3 Tips Agar Tidak Malas Melakukannya – Olahraga mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Nyatanya hal itu bukanlah sebuah isapan jempol semata. Banyak penelitian yang telah membuktikannya. Mulai dari lari pagi, jogging, angkat beban, senam hingga gerakan olahraga lainnya. Semua aktivitas yang mengharuskan otot bergerak hingga kalori dalam tubuh terbakar adalah bentuk olahraga.

olahraga sehat di rumah
olahraga sehat di rumah

Kenali Manfaat Olahraga Sehat di Rumah

Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga. Manfaatnya yang membawa keajaiban untuk tubuh akan semakin terasa jika rutin dilakukan. Fakta juga yang membuktikan bahwa olahraga pun dapat mencegah berbagai macam penyakit yang datang pada tubuh. Sesibuk apa pun Anda saat ini, sebisa mungkin luangkan waktu sejenak untuk berolahraga. Sekedar hanya melakukan gerakan kecil asalkan berkeringat, hal tersebut sudah cukup.

Menjaga Berat Badan

Manfaat olahraga sehat di rumah yang pertama adalah menjaga berat badan tetap ideal. Manfaat ini biasanya yang paling disukai oleh para wanita, jadi jangan heran apabila banyak wanita yang terlihat di tempat olahraga karena ingin mewujudkan hal tersebut. Berat badan yang ideal, selain membuat tubuh terasa bugar dan ringan, juga dapat mencegah berbagai macam penyakit datang. Seperti diketahui, kebanyakan orang yang memiliki penyakit berbahaya adalah mereka yang mempunyai tubuh gemuk atau obesitas. Untuk mendapatkannya, Anda bisa melakukan jogging rutin di rumah setiap hari.

Mencegah Datangnya Penyakit Berbahaya

Apakah Anda tahu, penyakit paling mematikan di dunia ini adalah jantung? Penyebab penyakit ini adalah tidak hanya dari faktor makanan saja. Kurangnya tubuh melakukan gerakan hingga membuat kalori terbakar adalah penyebab lainnya. Akibatnya kolesterol jahat menumpuk. Nah, Olahraga rutin yang dilakukan akan sangat membantu dalam menurunkan kalesterol jahat tersebut. Dengan melakukan olahraga juga akan menjaga lancarnya aliran darah sehingga berbagai macam penyakit seperti jantung pun dapat dihindari.

Mengaja Mood Agar Tetap Semangat

Percaya atau tidak jika olahraga sehat di rumah yang dilakukan secara rutin dapat menghilangkan suasana hati yang tidak bagus?. Perlu Anda ketahui, bahwa hati yang selalu uring-uringan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.  Jika menginginkan hati yang selalu gembira dengan mood yang selalu terjaga, maka luangkan sejenak waktu untuk melakukan olahraga yang ringan. Misalnya lari pagi sambil menghirup udara segar, renang, atau melakukan senam di gym bersama dengan teman.

Meningkatkan Energi

Manfaat yang satu ini pasti sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Olahraga dikenal dapat meningkatkan energi, sebab dengan adanya energi tersebut oksigen dapat terdistribusi dengan baik ke seluruh jaringan tubuh. Jika oksigen lancar, maka jantung akan dapat bekerja lebih baik lagi. Apabila jantung dan paru-paru sehat, maka energi pun akan semakin bertambah. Aktivitas yang dilakukan setiap harinya pastinya akan lebih lancar dan tidak ada kendala yang berarti.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika Anda punya masalah dengan kualitas tidur, mungkin sebab salah satunya adalah karena kurangnya olahraga sehat di rumah.  Setelah melakukan berbagai aktivitas, sudah sewajarnya apabila tubuh memerlukan kualitas tidur yang baik. Olahraga rutin yang dilakukan setiap hari di rumah meskipun tidak berat sangat efektif dapat mengatasinya. Energi positif yang dihasilkan setelah melakukan olahraga dipercaya dapat membuat Anda cepat terlelap. Namun, yang perlu diingat bahwa tidak boleh melakukan olahraga yang terlalu dekat dengan jam tidur karena berbahaya untuk tubuh.

Memperpanjang Umur

Banyak riset yang telah membuktikan bahwa olaharag yang dilakukan di rumah atau di tempat manapun bermanfaat untuk memperpanjang umur. Berbagai macam aktivitas fisik yang dilakukan selama olahraga dipercaya mampu mencegah kematian karena berbagai macam penyakit berbahaya. Tubuh yang jarang melakukan gerakan dapat memicu menumpuknya kolesterol jahat yang berbahaya dan sering menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Dua penyakit mematikan yang ada di dunia. Dengan rutin olahraga, kolesterol jahat tersebut dapat meningkat menjadi kolesterol baik (HDL) dan aliran darah akan lancar.

Membantu Berhenti Merokok

Merokok adalah kebiasaan yang sangat buruk dan dapat mengundang berbagai macam penyakit berbahaya, misalnya kanker. Untuk menghilangkan kebiasaan tersebut sebenarnya cukup mudah. Cukup dengan rutin melakukan olahraga sehat di rumah, karena beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi rasa keinginan merokok. Bahkan, yang paling ajaib keinginan tersebut bisa hilang satu jam setelah melakukan olahraga.  Manfaat yang sangat ampuh untuk mereka yang ingin segera berhenti merokok.

Tips Agar Tetap Bisa Konsisten Olahraga Sehat di Rumah

Bagi yang tidak terbiasa melakukan olahraga, baik itu di luar atau pun di rumah, biasanya akan merasa malas melakukan beberapa gerakan tertentu. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tidak bisa didapatkan dengan cara instan. Harus melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin dan disiplin. Bisa dilihat dan diamati, bahwa mereka yang gemar melakukan olahraga pasti mempunyai tubuh yang sehat serta aktivitas yang bersemangat. Berikut adalah beberapa tips ampuh yang dapat dicoba agar bisa selalu konsisten olahraga di rumah;

Selalu Tanamkan Mindset Bahwa Tubuh Sehat Adalah Investasi

Tips pertama yang dapat dilakukan agar selalu bersemangat melakukan olahraga sehat di rumah adalah dengan menanamkan mindset bahwa tubuh yang sehat adalah investasi di masa yang akan datang. Dengan tertanam mindset yang demikian, akan lebih mudah untuk mengobarkan semangat melakukan olahraga setiap hari. Mempunyai tubuh yang sehat dapat menjadi kunci untuk mempunyai umur yang panjang.

Jangan Berolahraga Sendirian

Cara ampuh lainnya adalah tidak melakukan olahraga di rumah sendirian. Melakukan olahraga seorang diri biasanya cepat bosan dan tidak bersemangat. Berbeda jika dilakukan bersama dengan orang lain, maka kegiatan olahraga akan terasa berbeda dan penuh dengan semangat.  Jika tidak ada keluarga yang bisa diajak untuk melakukan olahraga bersama, Anda bisa mengajak teman melakukannya di rumah. Baik itu olahraga yang menggunakan alat maupun tidak.

Baca artikel lain disini

Beli Alat-Alat Olahraga Sederhana

Untuk menambah semangat melakukan olahraga sehat di rumah, Anda bisa membeli beberapa peralatan olahraga sederhana dan tidak harus mahal. Misalnya saja barbel atau tali skipping untuk lompat tali. Alat tersebut dapat digunakan sebagai variasi apabila Anda bosan melakukan olahraga ringan yang tidak membutuhkan alat. Jika punya uang lebih Anda bisa berinvestasi membeli alat olahraga yang lebih besar, misalnya sepeda statis atau treadmill.

Mengetahui manfaat yang cukup besar dari olahraga sehat di rumah, kini Anda tidak malas lagi bukan untuk melakukan olahraga di rumah. Melakukan gerakan kecil dan ringan apabila dilakukan secara rutin dan disiplin akan membuat tubuh sehat tidak hanya sekarang, tapi juga untuk masa yang akan datang. Tidak akan rugi sama sekali meluangkan waktu hanya 15-30 menit melakukan olahraga di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *