7 Manfaat Buah Naga Ungu Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

7 Manfaat Buah Naga Ungu Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Kita. Buah yang memiliki tekstur yang berbeda dari buah lain dan juga rasanya yang enak, membuat buah satu ini digemari banyak orang. Bukan hanya soal rasa, namun juga soal kandungan di dalamnya yang sangat berguna untuk kesehatan

Salah satu varian warna buah naga adalah buah naga berwarna ungu. Sebenarnya buah naga ini merupakan buah naga merah yang memiliki kandungan warna merah yang tinggi, sehingga menjadikannya terlihat memiliki warna ungu. Lantas apa yang membedakan manfaat buah naga ungu dengan buah naga lainnya,

manfaat buah naga ungu
manfaat buah naga ungu

Perbedaan Buah naga ungu

Perbedaan yang paling mencolok tentu saja berasal dari warna ungunya. Buah yang memiliki warna cerah sebenarnya memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dari warna lain. Tentu saja ini membuah kadar antioksidan pada buah naga ungu sangat tinggi, ketimbang buah naga warna lainnya.

Kandungan antioksidan merupakan manfaat buah naga ungu yang sangat perlu diperhatikan. Bisa dikatakan antioksidan adalah kandungan yang paling dicari dari buah naga ini. Dari kandungan ini juga buah naga memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seperti meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah yang masih kerabat kaktus ini memang sudah dikenal banyak memiliki manfaat jika dikonsumsi rutin setiap hari. Apa sajakah manfaat dari buah unik ini? Berikut ini akan dibahas beberapa manfaat yang akan didapat dari mengkonsumsi buah naga secara rutin dan juga sesuai anjuran dokter.

Manfaat buah naga untuk kesehatan

Buah naga terkenal memiliki kandungan nutrisi dan kandungan baik lainnya yang banyak. Kandungan-kandungan ini sangat berguna dalam menjaga kesehatan, oleh karena itu berikut ini penjelasan manfaat buah naga ungu beserta kandungannya yang akan didapatkan dengan mengkonsumsi secara rutin.

Mencegah Terjadinya Diabetes

Salah satu manfaat dari antioksidan buah naga adalah mampu melawan sel karena pola hidup tidak sehat, sehingga dapat mencegah diabetes melitus. Buah naga juga dianjurkan bagi penderita diabetes dan penyakit gula lainnya karena memiliki kadar gula yang cenderung lebih rendah dari buah lainnya.

Manfaat buah naga ungu untuk mencegah diabetes ini, tentu harus dioptimalkan dengan menjaga pola hidup sehat yang lainnya supaya mendapatkan hasil yang diinginkan. Jadi tetap lakukan diet disertai dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin.

Antioksidan Yang Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah naga memiliki manfaat meningkatkan daya tahan tubuh yang berasal dari kandungan antioksidan yang cukup banyak di dalamnya. Antioksidan dapat menjaga daya tahan tubuh dari paparan radikal bebas. Manfaat ini juga yang membuat buah naga banyak dikonsumsi oleh banyak orang.

Dari perbedaan tadi dapat diketahui bahwa kandungan antioksidan buah naga berwarna ungu sangat tinggi ketimbang warna lainnya. Ini membuat manfaat buah naga ungu untuk menjaga daya tahan tubuh lebih tinggi juga. Dengan menjaga daya tahan tubuh dapat membantu melawan berbagai penyakit.

Membantu detoksifikasi

Kandungan antioksidan juga akan membantu kinerja ginjal untuk memaksimalkan fungsinya sebagai organ penyaring racun. Karena buah naga membantu detoksifikasi pada tubuh, sehingga pengeluaran racun dalam tubuh dapat lebih optimal, juga meningkatkan kerja sistem metabolisme tubuh.

Dengan kadar antioksidan yang lebih tinggi, tentu saja membuat manfaat buah naga ungu untuk detoksifikasi lebih optimal ketimbang warna lain. Meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menyehatkan tubuh dari racun, tentu saja membuat para pakar kesehatan merekomendasikan buah naga ungu.

Mencegah Terjadinya  Kanker

Manfaat lain dari antioksidan yang terkandungan buah naga adalah mampu mencegah terjadinya kanker. Terutama antioksidan hytoalbumin yang dapat membantu mencegah pembentukan sel yang terpapar radikal bebas karsinogenik pada tubuh, sehingga risiko terkena kanker dapat menurun

Manfaat buah naga ungu untuk mencegah kanker juga karena memiliki kandungan lycopene. Kandungan ini hanyalah dimiliki oleh buah yang berwarna merah, termasuk juga buah naga ungu ini, karena warna dasarnya adalah merah. Kandungan ini terbukti mampu mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Buah naga memiliki serat yang cukup banyak untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, dalam 100 gram buahnya, terdapat 3 gram serat. Serat memang faktor penting dalam menjaga sistem pencernaan tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit yang cukup mengganggu.

Dengan memiliki sistem pencernaan yang lancar dan sehat dari manfaat buah naga ungu maka aktivitas sehari-hari juga akan optimal. Juga dapat mengendalikan pola makan, karena serat yang terkandung di dalamnya dapat membuat cepat merasa kenyang.

Buah Pilihan Untuk Diet

Dengan manfaat yang banyak sekali seperti tadi, tentu buah ini menjadi pilihan untuk diet sehat. Ingat diet bukan hanya soal penurunan berat badan, namun bagaimana memiliki tubuh sehat yang ideal. Kandungan buah naga yang memiliki serat nyatanya bagus untuk penurunan berat badan.

Manfaat buah naga ungu untuk diet dapat dihasilkan jika mengkonsumsi dengan teratur, karena buah naga dapat membuat kenyang lebih cepat Juga menangkal berbagai radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit. Perhatikan juga pola hidup sehat untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Meningkatkan Sel Darah Merah

Manfaat lain dari buah naga berasal dari kandungan zat besinya. Buah naga juga sudah terkenal kaya akan kandungan zat besi. Zat besi sendiri dapat membantu meningkatkan jumlah dari sel darah merah, sehingga dapat memperlancar sistem peredaran darah pada tubuh.

Manfaat buah naga ungu  yang satu ini dapat membantu untuk mencegah terkena anemia, atau kondisi kekurangan sel darah merah yang membuat seseorang merasa cepat lemas. Buah ini juga dapat bermanfaat pada bayi, karena anemia akan membuat tumbuh kembang bayi terhambat

Masih banyak kandungan buah naga yang belum dijelaskan di atas, seperti kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, Kalsium dan berbagai kandungan lainnya. Artinya penjelasan tadi hanyalah sedikit dari banyak sekali manfaat mengkonsumsi buah naga. Namun penjelasan yang sedikit itu saja sudah mampu membuat buah naga menjadi rekomendasi untuk dikonsumsi rutin setiap hari.

Perhatikan artikel menarik lainnya disini.

Untuk mengoptimalkan manfaat buah naga ungu, paling baik adalah memakannya secara langsung tanpa diolah. Ini juga membantu menjaga kandungan di dalamnya tetap terjaga. Nikmatilah dengan dipotong-potong kecil, atau disajikan dingin dengan diletakan di kulkas terlebih dahulu.

Karena itu penting untuk menyimpan buah naga secara benar. Simpanlah buah naga dengan membungkusnya menggunakan kantong plastik. Jika tidak dihabiskan langsung, sebaiknya tidak dipotong, jika sudah dipotong buah naga dapat disimpan di wadah kedap udara dan diletakan di freezer untuk menjaga kesegarannya.

Setelah mengetahui seberapa penting manfaat buah naga ungu, diharapkan membuat Anda ingin mengkonsumsi buah naga ini secara rutin demi menjaga kesehatan. Sertailah dengan pola hidup sehat lainnya, untuk mendapatkan hasil yang optimal dari manfaat yang sudah dijelaskan tadi.

About Ibnu Khamill

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *