7 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan, Menurut Ahli Gizi

7 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan, Menurut Ahli Gizi – Bawang putih mungkin hanya salah satu aroma dan rasa yang paling memuaskan yang digunakan dalam masakan di seluruh dunia.

Tapi itu juga bisa membanggakan beberapa manfaat kesehatan yang cukup mengesankan. Berikut adalah tujuh alasan untuk memasukkan lebih banyak sayuran lezat ini ke dalam rutinitas makan Anda, dan beberapa tips untuk menangani napas bawang putih yang layak.

BACA: 11 Nutrisi dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Berikut Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Bawang putih membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Beberapa “tembakan kekebalan” menggabungkan bawang putih, dan untuk alasan yang baik. Secara historis, bawang putih telah digunakan untuk menangkal penyakit, melawan infeksi, dan mengobati luka. Faktanya, penelitian memberikan kredibilitas pada kemampuan memperkuat kekebalan tubuh bawang putih.

Dalam satu penelitian, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11697022 146 sukarelawan ditugaskan untuk menerima plasebo atau suplemen bawang putih setiap hari selama 12 minggu sepanjang musim dingin. Kelompok bawang putih mengalami pilek secara signifikan lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok plasebo, dan mereka pulih lebih cepat jika mereka terinfeksi.

Penelitian baru mengkonfirmasi bahwa ekstrak bawang putih yang sudah tua dapat meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh. Dalam studi tersebut, orang dewasa yang sehat antara 21 dan 50 menerima plasebo atau ekstrak bawang putih tua selama 90 hari. Sementara tidak ada perbedaan dalam jumlah penyakit di antara kelompok, mereka yang menerima bawang putih telah mengurangi keparahan flu dan flu, lebih sedikit gejala, dan jumlah hari kerja atau sekolah yang lebih sedikit.

Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Dalam ulasan terbaru dari studi yang diterbitkan sebelumnya, para ilmuwan merangkum banyak cara bawang putih melindungi kesehatan jantung . Ini termasuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta mengurangi kekakuan arteri dan penanda darah untuk peradangan. Penelitian lain menunjukkan bahwa dibandingkan dengan plasebo, ekstrak bawang putih tua dapat membantu memperlambat laju perkembangan kalsifikasi arteri koroner, faktor risiko untuk kejadian jantung, termasuk serangan jantung dan stroke .

Pada orang dengan kolesterol tinggi, bawang putih terbukti mengurangi kolesterol total dan LDL “jahat”, sementara sedikit meningkatkan HDL pelindung “baik”. Para peneliti mengatakan penurunan 8% dalam total kolesterol yang terlihat dalam studi dikaitkan dengan penurunan 38% risiko kejadian koroner pada usia 50 tahun.

Bawang putih melawan tekanan darah tinggi

Di seluruh dunia, sekitar 25% orang dewasa memiliki tekanan darah tinggi, dan kondisinya terkait dengan tujuh juta kematian setiap tahun. Dalam satu meta-analisis, suplemen bawang putih ditemukan lebih efektif dalam membatasi tekanan darah dibandingkan dengan plasebo, terutama pada orang yang didiagnosis dengan hipertensi.

Studi lain menemukan bahwa suplemen bawang putih berpotensi menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, sekaligus menurunkan kolesterol dan merangsang sistem kekebalan tubuh

dapat melindungi dari kanker

Bawang putih dan sayuran lain dalam keluarga allium, termasuk bawang dan daun bawang, telah dikaitkan dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, termasuk perut, tenggorokan, prostat, dan usus besar . Senyawa alami dalam bawang putih dikenal untuk membantu membunuh sel kanker secara selektif , dan mencegah kanker agar tidak tumbuh dan menyebar.

Bawang putih mendukung kesehatan otak

Selain mendukung pembelajaran dan memori, ekstrak bawang putih yang sudah tua juga dapat membantu mencegah penurunan kognitif dengan melindungi neuron otak. Sayuran juga membantu melawan perubahan otak yang dikenal sebagai prekursor kondisi neurodegeneratif, termasuk Alzheimer .

bagus untuk ususmu

Bawang putih berfungsi sebagai prebiotik, makanan untuk bakteri menguntungkan di usus yang terikat dengan kekebalan dan suasana hati yang positif. Penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih yang sudah tua secara positif meningkatkan keragaman mikroba di usus, termasuk peningkatan jumlah bakteri bermanfaat dan perangsang kekebalan tubuh.

meningkatkan kesehatan tulang

Konsumsi sayuran allium yang tinggi, termasuk bawang putih, dikaitkan dengan perlindungan terhadap osteoartritis pinggul , yang paling umum melumpuhkan kondisi sendi yang memengaruhi orang dewasa yang lebih tua. Para ilmuwan meyakini senyawa alami tanaman membantu menangkal kerusakan tulang rawan dan tulang sendi.

Sekian artikel mengenai 7 Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan, Menurut Ahli Gizi. Semoga bermanfaat

About Ibnu Khamill

Check Also

manfaat buah plum

Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *