7 Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Patut Kamu Terapkan Dalam Hidup

7 Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Patut Kamu Terapkan Dalam Hidup! Rasulullah adalah panutan bagi semua orang karena akhlak dan juga kepribadian yang dimiliki begitu mulia. Bahkan tidak hanya itu saja, Rasulullah selalu menjadi panutan dalam setiap aspek kehidupan yang dijalankan oleh umat islam. Lebih lengkapnya Rasulullah SAW dapat menjadi teladan yang baik dan juga sebagai contoh bago semua umat diseluruh alam. Tentu Rasulullah SAW diciptakan oleh Allah SWT dengan berbagai macam kesempurnaan yang ada didalam diri beliau.

Setiap apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW tentunya dapat menjadi suri teladan bagi semua umat di seluruh dunia ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Rasulullah SAW merupakan orang yang jujur dan juga dapat di percaya dalam segala hal. Bahkan kejujuran yang dimiliki oleh Rasulullah SAW diakui oleh semua musuh-musuh beliau yang menjadi nilai tambah dari kepribadian yang dimiliki. Rasulullah SAW juga selalu mengucapkan kalimat kalimat yang mengandung pengertian dan bertutur kata yang baik dan sopan. Tentu semua yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dapat menjadi teladan bagi semua umat saat ini dalam menjalankan kehidupannya.

Berbicara mengenai kehidupan Rasulullah pada dasarnya beliau menjadi seseorang yang selalu menjaga kesehatan dengan baik. Tentu terdapat gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW yang pada dasarnya wajib untuk diterapkan dalam kehidupan manusia. Saat setiap manusia menjalankan gaya hidup sehat yang dijalankan oleh Rasulullah SAW maka kesehatan tentu akan tetap bisa dijaga dengan baik. Dengan begitu maka kita perlu mencoba menerapkan gaya hidup sehat yang telah diajarkan oleh Rasulullah didalam hidup. Dan dibawah ini terdapat penjelasan mengenai gaya hidup sehat yang diterapkan oleh Rasulullah dan menjadi teladan baik bagi setiap orang.

gaya hidup sehat ala Rasulullah
gaya hidup sehat ala Rasulullah

Ini Dia Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Bisa Kamu Terapkan

Makanlah makanan yang halal dan juga baik bagi tubuh

Rasulullah SAW selalu mengajarkan kepada ummatnya untuk menjaga asupan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh. Tentunya setiap makanan yang dikonsumsi oleh tubuh sebaiknya mengandung nilai gizi dan juga halal. Allah SWT telah berfirman dalam beberapa ayat Al-qur’an bahwa setiap muslim yang baik perlu memperhatikan apa apa yang dimakannya. Beberapa makanan yang dapat di konsumsi dan halal hukumnya untuk dimakan diantaranya adalah ikan laut segar, buah buahan, madu, dll. Buah yang menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh Rasulullah adalah kurma dan juga buah zaitun.

Tentunya dari penjelasan diatas dapat dikatakan bahwa beberapa makanan yang baik dan halal dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Setidaknya setiap makanan yang di konsumsi harus memiliki nilai kandungan gizi dan juga nutrisi yang baik bagi tubuh. Tentunya dengan konsumsi berbagai makanan yang baik lagi halal akan membantu terjaganya kesehatan tubuh agar lebih baik. Madu juga menjadi salah satu bahan makanan yang dapat membantu menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW satu ini tentu akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk terus dijaga kesehatannya dengan baik.

Makan dengan kadar yang cukup

Perlu diketahui bahwa Rasulullah SAW adalah seseorang yang benar benar menjaga kesehatannya dengan maksimal. Salah satu upaya yang selalu dijalankan oleh Rasulullah SAW dalam menjaga kesehatan tubuh yang dimiliki adalah dengan mengatur makan. Rasulullah SAW selalu mengatur porsi makan yang diperlukan oleh tubuh dengan baik tentunya. Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya Rasulullah SAW selalu makan makanan yang baik dan dalam takaran yang cukup. Makanan yang dikonsumsi secara tidak berlebihan akan membantu stabilnya metabolisme didalam tubuh tentunya.

Patuh kepada perintah Allah

Kepatuhan kepada perintah Allah SWT tentu menjadi salah satu gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW yang penting untuk dijalankan. Patuh kepada perintah Allah tentunya berkaitan dengan poin pertama yang berkaitan dengan gaya hidup sehat yang dijalankan oleh Rasulullah. Patuh kepada perintah Allah ini tentu berkaitan dengan upaya upaya menghindari makanan dan minuman yang haram. Adapun beberapa makanan yang haram dikonsumsi meskipun dalam ketentuannya halal. Salah satunya adalah daging hewan ternak yang disembelih dengan tidak menyebut nama Allah SWT tentunya.

Tidur dengan lebih cepat dan bangun diawal

Salah satu bentuk gaya hidup yang sehat dan selalu dijalankan oleh Rasulullah SAW adalah tidur lebih cepat serta bangun lebih awal. Tentunya Rasulullah SAW selalu menerapkan kebiasaan tidur setelah menunaikan shalat isya’ dan bangun diwaktu sepertiga malam. Rasulullah bangun di sepertiga malam untuk menunaikan ibadah shalat tahajjud dan lebih dekat lagi dengan Allah SWT. Tentunya Rasulullah SAW selalu menerapkan pola tidur yang cukup yaitu 8 jam dalam setiap harinya. Tidur cukup tentu juga disarankan oleh beberapa ahli kesehatan untuk bisa mendapatkan kesehatan tubuh yang terjaga dengan baik.

Rutin menjalankan olahraga

Gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW yang dapat kamu coba terapkan dengan baik saat ini adalah rutin menjalankan olahraga. Rasulullah SAW selalu memperhatikan dan berupaya menjaga kesehatan tubuh dengan baik dan juga maksimal. Beliau merupakan sosok yang memiliki kegemaran berolahraga dan senantiasa mengajak keluarganya melakukan hal tersebut dengan rutin. Ada beberapa bentuk kegiatan olahraga yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW beserta keluarganya mulai dari memanah, berkuda, dll. Tentu apapun olahraga yang dilakukan akan membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh.

Rajin menjalankan puasa

Salah satu penerapan gaya hidup sehat yang selalu dijalankan dengan baik oleh Rasulullah SAW adalah rajin menjalankan ibadah puasa. Puasa pada dasarnya menjadi sebuah hal yang penting dan selalu ditekankan dalam islam untuk dijalankan oleh semua orang. Ibadah puasa dapat membantu setiap orang untuk terhindar dari adanya penyakit hati dan dapat mengontrol hawa nafsu. Adanya kegiatan puasa yang dilakukan dengan benar ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit lainnya. Tentunya setiap orang yang rajin menjalankan ibadah puasa akan membantu didapatkannya kesehatan tubuh yang terjaga dengan baik.

Simak artikel menarik lainnya disini.

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Gaya hidup sehat ala Rasulullah yang harus diperhatikan serta diterapkan dengan baik oleh setiap umat islam yang beriman adalah menjaga kebersihan. Dalam hal ini tentunya kebersihan yang harus dijaga bukan hanya pada lingkungan sekitar saja tapi juga pada diri. Diri menjadi bagian utama yang harus dijaga kesehatannya sebelum beranjak pada lingkungan sekitar. Adanya kebersihan yang terjaga dengan baik akan membantu tercapainya kesehatan tubuh yang jauh lebih optimal.

Tentunya ada beberapa gaya hidup sehat ala Rasulullah yang pastinya baik bagi upaya mendapatkan kesehatan tubuh yang terus terjaga. Dengan menjalankannya secara baik maka kesehatan akan bisa terus didapatkan.

About Ibnu Khamill

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *