7 Cara Diet Sehat Saat Puasa yang Aman dan Tidak Membahayakan Tubuh

7 Cara Diet Sehat Saat Puasa yang Aman dan Tidak Membahayakan Tubuh. Banyak hal tidak mengenakkan yang dirasakan oleh penyandang kegemukan. Salah satunya adalah sulitnya memeroleh pakaian yang pas dan sesuai dengan postur tubuh. Oleh karenanya, momentum bulan puasa biasanya digunakan sebagai ajang untuk menghajar lemak dalam tubuh yang menyebabkan kegemukan.

Diet memang gampang-gampang susah. Ini karena diet sehat pada umumnya menunjukkan hasil penurunan berat badan yang tidak langsung drastis. Sebab penurunan berat badan drastis biasanya menjadi indikator diet yang dijalankan adalah diet yang tidak sehat. Alasan itulah yang sering kali membuat upaya diet yang dilakukan gagal total. Sementara itu, datangnya bulan puasa menjadi angin segar dan seringkali dimanfaatkan sebagai waktu yang tepat untuk menjalankan diet.

diet sehat saat puasa
diet sehat saat puasa

Manfaat yang Diperoleh Tubuh Ketika Menjalankan Diet Sehat Saat Puasa

Selain dapat digunakan sebagai momen yang pas untuk menurunkan berat badan, rupanya menjalankan diet juga dapat mendatangkan manfaat-manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang diperoleh tubuh menjalankan diet sehat saat puasa.

Menyehatkan jantung

Manfaat yang diperoleh tubuh ketika menjalankan diet saat berpuasa adalah dapat mengontrol gula darah dan kolestrol. Bahkan, berdasarkan penelitian, puasa dapat mengurangi kolestrol secara signifikan yakni sebanyak 25 persen dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Oleh karena itu, secara otomatis, kondisi yang demikian ini akan mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung maupun stroke.

Meningkatkan metabolisme

Manfaat dari menjalanka diet sehat saat puasa berikutnya adalah dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini karena saat berpuasa, neurotransmitter norepineprin yang ada dalam tubuh akan meningkat yang direspon tubuh dengan penurunan berat badan yang cepat. Oleh karena itu, bulan puasa selain dimanfaatkan untuk mendapatkan berkahnya juga dapat digunakan sebagai upaya menjadikan tubuh lebih sehat.

Cara Diet Sehat saat Berpuasa yang Aman dan Tidak Membahayakan Tubuh

Mengingat berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari diet saat berpuasa, maka seharusnya tidak ada keraguan lagi untuk mengagendakan upaya penurunan berat badan ini. Nah, karena momentum dietnya berbenturan dengan waktu berpuasa, maka ada sedikit perbedaan dari cara diet di hari biasanya. Hal ini karena puasa mengharuskan kita tidak mengonsumsi apa-apa lebih dari 12 jam lamanya. Nah, berikut adalah cara diet sehat saat berpuasa.

Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis

Cara diet sehat saat puasa adalah dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis. Hal ini karena sebenarnya, kebutuhan gula tubuh sebenarnya sudah dicukupi dari karbohidrat yang diubah menjadi gula oleh tubuh. Meski begitu, cara diet ini termasuk cara yang sulit dilakukan. Hal ini karena bagaimanapun, ketika puasa makanan dan minuman dengan gula tambahan adalah makanan dan minuman yang membuat kita bersemangat menyegerakan berbuka puasa.

Selain itu, gula merupakan salah satu penyumbang energi yang cepat. Karenanya, saat berbuka puasa kita disarankan untuk mengonsumsi yang manis-manis. Tentunya hal ini dengan tujuan untuk mengembalikan energi di dalam tubuh. akan tetapi, pengonsumsian yang berlebihan dapat membahayakan tubuh. Oleh karena itu, diet dilakukan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis supaya tidak berlebihan.

Kurangi konsumsi makanan berminyak dan berlemak

Cara diet sehat saat puasa berikutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan gorengan dan berlemak. Hal ini karena makanan seperti bakwan, risoles, bakso goreng, dan berbagai makanan yang diolah dengan cara digoreng mengandung lemak jenuh yang tinggi. Selain itu, makanan ini jika dikonsumsi secara berlebihan juga berisiko meningkatkan kolestrol tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya makanan gorengan ini harus dikurangi pengonsumsiannya.

Sebaliknya, berbagai jenis menu makanan yang diolah dengan cara direbus maupun dikukus dapat menjadi alternatif makanan yang lezat dan aman dikonsumsi. Di antaranya ialah dengan memanfaatkan berbagai umbi-umbian, maupun makanan olahan seperti siomai, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak tersbeut, selain sebagai upaya penurunan berat badan kita juga meminimalisir berbagai penyakit serius seperti kolestrol dan diabetes.

Makan dengan porsi secukupnya

Segala yang berlebihan sifatnya tidak baik. Tidak terkecuali porsi makan. Oleh karena itu, bagi yang sedang menjalankan diet sehat saat puasa, sebaiknya mengonsumsi makanan secukupnya saja, dan jangan berlebihan. Hal ini karena tubuh masih harus memberikan ruang yang cukup untuk udara dan juga air. Dengan demikian, selain menghindari kembung, tubuh juga tidak akan menerima asupa kalori yang berlebihan.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Cara diet sehat saat berpuasa berikutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Ya, buah dan sayur merupakan makanan yang dapat dijadikan sebagai sumber serat yang baik. Hal iin mengingat bahwa serat adalah nutrisi dalam tubuh yang mengikat oksigen dan dapat melancarkan proses pencernaan. Oleh karenanya, bagi yang sedang menjalankan diet sehat, maka sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat.

Di antara jenis makanan yang mengandung serat di antaranya ialah gandum utuh, kedelai, dan dada ayam tanpa kulit. Selain itu, serat juga dapat diperoleh dari sumber nabati, yakni dari berbagai jenis sayur dan buah-buahan. Di antaranya ialah buah apel, pear, brokoli, dan lain sebagainya. Sementara itu, bagi yang sedang menjalankan diet sehat saat puasa, dianjurkan pula untuk memilih berbagai makanan kaya serat dan rendah kalori, salah satunya adalah dari telur.

Perbanyak minum air putih

Selain memperbanyak konsumsi serat yang dapat diperoleh dari berbagai jenis buah dan sayur, cara diet sehat saat puasa berikutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Hal ini karena tubuh memiliki kebutuhan cairan harian yang harus dipenuhi. selain itu, mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup pun akan turut membantu ginjal yang tetap bekerja meski Anda sedang menjalankan puasa.

Idealnya, tubuh memerlukan 2 liter atau setara dengan 8 gelas setiap harinya. Namun, memenuhi kebutuhan cairan tersebut tidak boleh dilakukan dalam sekali watu, namun harus bertahap-tahap. Oleh karenanya ketika menjalankan diet sehat saat puasa harus pula mengikuti alur momentum puasa, maka kebutuhan tubuh akan cairan tersebut dapat dipenuhi dengan masing-masing mengonsumsi 3 gelas air ketika sahur, berbuka, dan sebelum tidur.

Lakukan olahraga ringan

Momentum puasa biasanya digunakan sebagai alasan untuk bermalas-malasan, padahal, ada banyak kegiatan aktif produktif yang bisa lebih bermanfaat. Salah satunya adalah dengan melakukan berbagai olahraga. Di antara olahraga-olahraga yang dapat dilakukan adalah jogging, bersepeda, yoga, dan lain sebagainya. akan tetapi, olahraga-olahraga tersebut tidak disarankan untuk dilakukan di siang hari yang terik, karena alih-alih dapat mempercepat pembakaran kalori, olahraga tersebut justru dapat berpotensi menyebabkan dehidrasi.

Oleh karena itu, olahraga ringan yang dapat menunjang proses Diet sehat saat puasa tersebut sebaiknya dilakukan ketika pagi atau satu hingga dua jam sebelum waktu berbuka. Dengan demikian, olahraga yang menyehatkan sekaligus dapat memperbaiki postur tubuh tersebut dapat dilakukan dengan berbagai jenis olahraga yang murah bahkan bisa dilakukan di rumah tersebut.

Demikian adalah paparan mengenai beberapa manfaat yang diperoleh tubuh ketika menjalankan diet sehat saat puasa. Cara dietnya pun relatif mudah, meski demikian, yang perlu ditekankan adalah keberhasilan diet tersebut hanya akan tercapai jika dilakukan secara konsisten dan kontinu.

About Aziza Linda Verra

Check Also

Manfaat ketumbar untuk diet

Ketahui 4 Manfaat Ketumbar Untuk Diet, Badan Langsing dan Sehat

sumbersehat – Manfaat ketumbar untuk diet belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. Namun belakangan hal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *