7 Cara Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman dan Membuat Happy

7 Cara Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman dan Membuat HappyWajar apabila berat badan seorang Ibu tidak langsung turun pasca melahirkan. Setidaknya butuh waktu beberapa  lama untuk mendapatkan berat badan ideal kembali seperti sedia kala. Butuh dilakukan berbagai cara termasuk diantaranya adalah  diet  sehat. Pada dasarnya diet Ibu menyusui hampir tidak berbeda jauh dengan diet pada umumnya. Namun, porsinya tidak boleh dikurangi terlalu banyak karena ada bayi yang juga butuh asupan.

Diet Ibu sehat saat  menyusui harus memperhatikan beberapa hal. Bukan hanya berkisar pada porsinya, tapi juga bahan makanan yang akan dijadikan asupan. Ingat, bahwa Ibu menyusui diharuskan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan banyak vitamin, protein dan karbohidrat yang cukup. Karena jika terpenuhi, maka kegiatan menyusui tidak akan terganggu meskipun sedang dalam masa diet. ASI tetap keluar dan Ibu pun tetap senang.

diet sehat ibu menysui
diet sehat ibu menysui

Cara Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman

Karena masih dalam proes menyusui, seorang Ibu tidak diperkenankan untuk melakukan diet sehat Ibu menyusui dengan cara yang ketat dan berbahaya. Sebaliknya disarankan untuk melakukan diet yang memang aman dan baik untuk Ibu dan bayi. Untuk mengetahui cara diet yang aman bisa disimak ulasan di bawah ini dengan harapan Ibu tetap dapat melakukan diet untuk mendapatkan berat badan ideal di saat masa menyusui;

Tetap Menyusui Bayi dengan Frekuensi Lebih Sering

Trik pertama yang dapat dilakukan untuk diet sehat  untuk Ibu menyusui adalah dengan memberikan ASI eksklusif pada bayi. Lebih sering memberikan ASI, dapat memicu produksi ASI menjadi lancar sehingga semua zat termasuk lemak dapat ditransfer ke bayi. Dengan sendirinya berat badan akan menurun seiring semakin seringnya ASI diberikan. Jadi, pada dasarnya Ibu menyusui tidak boleh bingung bagaimana caranya menurunkan berat badan dengan cara alami. Kegiatan menyusui inilah kuncinya.

Mengatur Porsi Makan

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, diet sehat Ibu menyusui bisa memulai dengan mengatur porsi makan sehari-hari. Namun, yang perlu diingat adalah porsinya tidak boleh berkurang dari porsi normal seorang Ibu menyusui. Mengingat tidak hanya Ibu yang menyerap asupan makanan, yang paling penting adalah bayi juga butuh asupan dari Ibu. Cara mengaturnya adalah, sekali makan boleh dengan porsi yang sedikit, tapi harus sering dilakukan agar Ibu dan bayi tetap sehat dan aman.

Menjaga Pola Makan Teratur

Diet Ibu menyusui juga melarang seorang Ibu untuk meniadakan jadwal makan normal saat menyusui. Misalnya tidak makan malam, agar berat badan cepat turun. Yang paling tepat adalah tetap menjaga pola makan dengan teratur dan mengimbanginya dengan makanan yang sehat. Porsi makan boleh dikurangi asalkan dilakukan dengan sering sesuai cara pada poin sebelumnya. Tujuan utama menjaga pola makan ini adalah agar kondisi bayi tidak terpengaruh walau sedang diet.

Makan Makanan Sehat

Cara selanjutnya diet sehat Ibu menyusui  yang dapat dilakukan adalah dengan selalu mengkonsumsi makanan yang sehat. Ibu menyusui biasanya lebih banyak membutuhkan asupan vitamin, protein, kalsium dan karbohidrat melebihi biasanya agar ASI yang keluar tidak terganggu. Contoh makanan sehat yang dapat dikonsumsi adalah buah-buahan, sayur-sayuran, beras merah, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, telur, ikan salmon dan sereal. Camilan sehat juga perlu disediakan disela-sela Ibu istirahat dari menyusui.

Olahraga Ringan

Siapa bilang Ibu yang melakukan diet sehat tidak boleh melakukan olahraga. Justru sebaliknya hal yang demikian sangat dianjurkan agar kondisi Ibu  pasca melahirkan cepat pulih dan berat badan cepat turun. Namun, olahraga yang dilakukan adalah yang ringan-ringan saja karena bagaimanapun kondisi Ibu belum pulih maksimal setelah melahirkan sehingga tidak diperbolehkan melakukan kegiatan yang berat.

Hindari Makanan dengan Kandungan Kafein

Ketika sedang melakukan diet sehat Ibu menyusui, alangkah baiknya apabila Ibu menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Hal ini dikarenakan berbahaya bagi Ibu menyusui sebab dapat menghambat hormon oksitosin hingga keluarnya ASI pun terganggu. Disamping itu aromanya yang tajam dapat menyebabkan bayi enggan untuk menyusu. Contoh minuman yang mengandung kafein adalah kopi, teh, cokelat dan soda.

Minum Air Putih yang Cukup

Mencukupi konsumsi air putih saat diet, ternyata mempunyai banyak manfaat. Bukan hanya membantu diet untuk menekan nafsu makan agar tidak berlebihan dan membantu pencernaan, cukup meminum air putih juga dapat membuat ASI lebih lancar. Jadi selama diet pun bayi tidak akan kekurangan ASI. Dua keuntungan didapat secara langsung, yaitu berat badan cepat turun dan bayi senang karena tetap kenyang mendapatkan ASI.

Tips Agar Diet Sehat Ibu Menyusui Tetap Menyenangkan

Adakalanya seorang Ibu akan mengalami kejenuhan ditengah masa diet sehat Ibu menyusui  karena berat badan yang tidak turun secara drastis. Apalagi ditambah kegiatan merawat bayi yang terkadang rewel hingga akhirnya dapat memicu Ibu mengalami depresi bahkan baby blues. Padahal depresi sangat berakibat buruk bukan hanya pada Ibu, produksi ASI, tapi juga perkembangan bayi. Oleh karena itu agar diet sehat yang dilakukan tetap menyenangkan, berikut tips cerdas yang dapat dicoba;

Lakukan Hobi Ditengah Masa Menyusui dan Diet

Diet sehat tidak harus menghalangi untuk melakukan hal yang disukai. Misalnya hobi. Justru melakukan hobi yang disukai akan membuat diet yang dilakukan lebih menyenangkan karena dapat mengalihkan dari hal yang menjenuhkan. Melakukan hobi pun dapat membuat seorang Ibu happy, dimana rasa ini kemudian menyalur kepada bayi. Jadi, meskipun melakukan diet, Ibu tidak merasa terbebani yang memicu timbulnya stres.

Tidak Membebani diri dengan Hasil Diet

Terkadang sebagian Ibu yang melakukan diet sehat Ibu menyusui merasa jenuh dan stres apabila dalam jangka waktu tertentu berat badan tidak juga kembali ideal. Padahal diet yang dilakukan sudah rutin. Tanpa disadari stres dan terbebani dengan hasil diet malah akan membuat berat badan naik kembali. Sebab biasanya pada saat stres, seorang Ibu akan melampiaskan pada makanan. Sebaik mungkin saat diet tetap santai dan tidak menarget terlalu tinggi akan hasilnya. Yang penting bayi tetap sehat.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Berhenti Sejenak Apabila Bosan dan Lakukan Me Time

Bosan dengan diet yang dilakukan?tak ada salahnya apabila Ibu menyusui dihentikan untuk sementara waktu. Biarkan tubuh dan pikiran rileks sebentar. Tidak memikirkan diet untuk sementara waktu. Coba lakukan hal yang menjadi me time agar Ibu kembali bahagia karena jika bahagia, bayi pun ikut bahagia. Misalnya saja mengkonsumsi makanan kesukaan dengan porsi lebih banyak. Jika sudah terpenuhi boleh kembali memikirkan diet.

Pada intinya, diet sehat Ibu menyusui adalah tentang kondisi Ibu dan bayi harus diperhatikan lebih dahulu. Diet yang dilakukan akan percuma dan tidak membawa hasil apabila Ibu merasa stres hingga depresi. Buruk akibatnya pada bayi. Lakukan diet sesantai mungkin dengan tetap melakukan cara di atas secara rutin. Dijamin untuk beberapa waktu ke depan berat badan akan kembali ideal seperti sedia kala. Kuncinya, Ibu senang bayi pun riang. Selamat mencoba.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *