Daun Sirih, dan 6 Manfaat Tanaman Herbal Untuk Kesehatan

Daun Sirih, dan 6 Manfaat Tanaman Herbal Untuk KesehatanPernah mendengar atau mengetahui tanaman sirih? Biasanya bila mendengar kata sirih, orang-orang akan langsung mengingat sosok nenek-nenek. Ya di Indonesia khususnya terutama nenek jaman dahulu memang suka sekali mengunyah-ngunyah sirih sampai mulut dan giginya menjadi merah. Kalau dipikir kok iseng sekali ya mengunyah sirih seharian. Nyatanya itu bukanlah kegiatan iseng, kesehatan dan kekuatan gigi mereka menjadi lebih terjaga. Nenek-nenek kita mengunyah karena sirih memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan..

Klasifikasi ilmiah daun sirih

Daun sirih termasuk daun yang berada dalam kerajaan Plantae, Angiospermae, Magnoliidae. Sedangakn berturutan ordo, familia, genus, dan spesiesnya adalah Piperales, Piperaceae, Piper, dan P. betle. Nama binomialnya adalah Piper betle.daun sirih sendiri ada banyak jenisnya. Daun sirih merah, sirih hijau, sirih Irian. Tanaman ini merupakan tanaman merambat dan sangat mudah ditanam. Itulah sebabnya daun sirih merupakan salah satu favorit tanaman herbal yang bisa dikembangbiakan sendiri dengan usaha yang sedikit.

manfaat tanaman herbal untuk kesehatan
manfaat tanaman herbal untuk kesehatan

Cara menanam

Orang biasanya menggunakan manfaat tanaman herbal untuk kesehatan sirih sekaligus sebagai pagar rumah. Diswebabkan tumbuhan ini merupakan tumbuhan rambat, orang suka sekali merambatkannya pada bambu atau pagar dan membiarkannya melilit sampai lebat sehingga membuat pagar menjadi tertutup oleh tanaman sirih. Fungsinya tentu saja agar bagian dalam rumah tidak terlihat mencolok dari jalan umum sehingga privasi pemilik rumah bisa didapatkan. Selain itu bila dirambatkan di atas, maka dapat berfungsi sebagai penahan sinar matahari. Efeknya rumah akan menjadi lebih sejuk dan nyaman.

Ciri-ciri tanaman sirih

Merupakan tanaman yang merambat dengan cepat sampai mencapai 15 meter. Bentuk daunnya seperti jantung dengan ujung runcing. Tumbuh berselan-seling, bertangkai. Aromanya sedap meskipun rasanya pahit. Memiliki panjang dan lebar sekitar 5-8 cm dan 2-5 cm. Buahnya berbentuk bulat dan warnanya hijau keabu-abuan. Berakar coklat kekuningan, bulat, dam merupakan akar tu ggang. Batang tanaman ini berbentuk bulat. Beruas-ruas, warna coklat kehijauan. Ruas tersebut merupakan tempat keluarnya akar.

Bunga tanaman sirih adalah bunga majemuk yang berbentuk bulir serta memiliki daun pelindung kurang lebih 1 milimeter dan berbentuk bulat panjang. Bulir betina panjangnya di kisaran 1,5 – 6 cm. Sedangkan bulir jantannya 1,5 sampai 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek. Tanaman sirih merupakan tanaman yang mengandung banyak air. Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan sirih kandungan airnya ternyata mencapai 85 sampai 90%.

Sirih dan Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan

Untuk mengobati sakit gigi

Sirih dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya adalah dengan merendam dua lembar daun sirih sebanyak dua lembar ke dalam segelas air. Sebelum direndam remas-remas terlebih dahulu daun sirih. Kemudian tambahkan setengah sendok garam. Kumur-kumur dengan rendaman air sirih tersebut. Cara cukup ampuh untuk meredakan nyeri dan menghilangkan bakteri pada gigi yang sakit.

Untuk mengatasi masalah pada organ intim wanita

Organ intim wanita memang tercipta secara alami dengan kelembaban tertentu untuk menjaga agar bakteri baik tetap tumbuh. Namun karena faktor hormon, kebersihan, atau stres dapat mempengaruhi kelembaban alami tersebut. Akhirnya timbullah bakteri jahat yang menyebabkan nyeri, gatal, bau serta gejala-gejala lainnya yang tidak nyaman. Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan pada daun sirih seringkali digunakan untuk mengatasi masalah pada organ intim wanita.

Cara penggunaanya adalah dengan merebusnya. Ambil sekitar 3 atau 4 lembar daun sirih. Rebuslah dengan dua gelas air kurang lebih 15 menit sampai airnya berubah warna. Sedangkan daun sirih menjadi layu. Saring dan dinginkan. Setelah itu gunakan air rebusannya untuk membersihkan organ intim wanita. Gunakan. Bisa dengan cara dibasuhkan ke organ intim ataupun diminum. Bisa diminum atau dibasuhkan dalam sehari 2 sampai 3 kali. Resep ini bisa diaplikasikan untuk masalah keputihan.

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan sirih dapat juga dijadikan sebagai bahan basuhan untuk bagian dalam organ intim wanita. Caranya dengan bantuan tampon yaitu dengan mencelupkan ke dalam rebusan daun sirih tadi. Masukan tampon ke dalam lubang organ intim. Setelah berlalu 15 menit maka tampon dikeluarkan kembali. Cara ini dapat dilakukan dalam seminggu cukup 1 atau 2 kali. Jangan terlalu sering karena dikhawatirkan justru akan mengganggu keseimbangan bakteri baik pada area organ intim wanita.

Untuk mengatasi bau mulut dan bau badan

Dengan berkumur rebusan daun sirih maka selain dapat masalah bau mulut, masalah bau badan juga dapat diatasi sekaligus. Kandungan estradiol dan klavikula pada daun sirih merah dapat mengatur hormon kelenjar keringat sehingga bau badan yang tak sedap yang disebabkan oleh keringat bisa diatasi. Sedangkan untuk mengatasi bau mulut dicapai denegan khasiat eugenol dan capitol yang juga terdapat dalam daun sirih.

Meredakan gata-gatal

Bila kulit mengalami gatal-gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga maupun disebabkan oleh alergi lainnya, atasi dengan merebus sekitar dua puluh sampai tiga puluh lembar daun sirih. Setelah direbus gunakan air rebusan daun sirih itu untuk mandi. Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan sangat cocok bagiyang tinggal di daerah yang banyak nyamuk. Baik juga untuk mengatasi gatal-gatal pada anak-anak karena biasanya anak-anak menjadi rewel dengan rasa gatal yang menyerang. Mereka seringkali menggaruk dengan sangat kuat sehingga kulit akan menjadi lecet dan menimbulkan bekas luka.

Mengobati bronkitis

Rebusan daun sirih juga dapat menolong penderita penyakit bronkitis. Penyakit bronkitis adalah penyakit yang menyerang saluran pernafasan. Cara mengobatinya dengan menyediakan 5 sampai 7 lembar daun sirih. Rebuslah daun-daun itu dalam air hingga mendidih agak lama dan sedikit mengering. Setelah itu angkat dan tunggu hangat-hangat kuku sebelum diminum. Sebaiknya diminum dalam kondisi hangat bukan kondisi dingin.

Simak artikel lainnya disini

Mengatasi gusi berdarah

Ya setelah tadi disebutkan bahwa manfaat tanaman herbal untuk kesehatan daun sirih dapat mengatasi sakit gigi juga mengatasi bau mulut, ada lagi manfaat daun sirih untuk mengobati gusi berdarah. Manfaat daun sirih didapatkan dari kandungan fosfor, kalsium, tanin, saponin. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun sirih dan menggunakan rebusannya untuk berkumur 3 kali sehari. Nah permasalahan gusi sensitif dapat diatasi. Perlu diingat juga untuk orang yang memiliki masalah gusi sensitif sebaiknya pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut agar resiko perdarahan pada gusi dapat dikurangi.

Sebagian orang mengembangbiakan sirih tidak dengan cara membeli namun dengan meminta batangnya dari tetangga dan relasi, Batang tersebut tidak perlu mendapatkan perlakuan khusus yang merepotkan dan menyita waktu. Cukup tancapkan pada tanah dan nantikan tumbuhnya tunas lainnya dan akarnya akan segera tumbuh di dalam tanah. Sedikit demi sekit menghilangkan ketergantungan terhadap obat-obatan kimia yang bila dikonsumsi akan membawa efek yang kurang baik bagi tubuh.

Itulah tentang manfaat tanaman herbal untuk kesehatan sirih, ciri-ciri, manfaat, nama ilmiah, serta cara menggunakannya dari daun sirih untuk pengobatan. Disebabkan fungsinya yang begitu beragam, maka amat sayang bila kita sebagai orang Indonesia yang dikaruniai kesuburan alam tidak memanfaatkannya. Tanamlah pohon sirih agar  sewaktu-waktu diperlukan dapat digunakan. Selain sebagai penghias rumah, manfaatnya juga tidak bisa dianggap sebelah mata. Kita juga bisa menghemat pengeluaran untuk ke dokter dengan memanfaatkan khasiat daun sirih.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat buah anggur

11 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Sebagai Obat Herbal

sumbersehat.com – Manfaat buah anggur wajib diketahui. Karena anggur memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *