Ketahuilah 6 Manfaat Tanaman Herbal dan Cara Pengolahannya Berikut!

Ketahuilah 6 Manfaat Tanaman Herbal dan Cara Pengolahannya Berikut! –  Tanaman obat dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan biasa dijadikan alternatif pilihan bagi mereka yang enggan untuk memeriksakan diri pada dokter dan mengonsumsi obat-obatan kimia. Ada berbagai tanaman obat herbal yang mencapai ribuan jenis spesies dengan khasiat yang berbeda. Harga obat herbal relatif lebih murah dan bisa ditanam sendiri di rumah, sehingga akan lebih menghemat pengeluaran untuk membeli obat kimia di apotek.

Obat herbal ini bisa didapatkan dari jenis tanaman tertentu yang diambil sebagian atau seluruh isi tanaman. Bagian yang bisa digunakan mulai dari daun, batang, buah, umbi atau rimpang, hingga bagian akar yang biasa dijadikan jamu atau ramuan obat. Manfaatnya pun beragam mulai dari mengatasi gangguan penyakit ringan hingga berat, daya tahan tubuh, hingga dijadikan ramuan kecantikan. Nah, untuk penjelasan yang lebih detail mengenai manfaat dan cara pengolahannya, Anda bisa memperhatikan beberapa daftar tanaman herbal berikut ini.

Manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya
Manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya

Manfaat Tanaman Herbal dan Cara Pengolahannya yang Perlu Anda Tahu

Jahe (Zingiberaceae)

Tanaman ini terkenal dikalangan pecinta minuman herbal sebagai penghangat tubuh, mangatasi masuk angin, sakit kepala, mengatasi mabuk darat dan laut, obat luka memar dan menghambat tubuh dikala cuaca dingin, serta mengatasi beberapa penyakit yang dialami tubuh. Manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang lain dalam mengonsumsi jahe antara lain seperti meredakan batuk, melegakan nafas, masuk angin, sakit kepala dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara mengolah

  • Ambil beberapa ruas jahe yang sudah dicuci hingga bersih, lalu geprek.
  • Siapkan satu gelas air yang sudah direbus, kemudian masuk kerja yang sudah digeprek tersebut.
  • Seduh minuman jahe dan tunggu hingga beberapa saat.
  • Anda pun bisa menambahkan madu sebagai tambahan rasa agar lebih manis.
  • Konsumsi selagi seduhan air jahe masih hangat.
  • Anda pun bisa menambahkan air panas yang mendidih lagi jika rasa jahe masih terasa tajam.

Kencur

Tanaman obat ini dapat juga digunakan sebagai bumbu masakan ataupun ramuan dan jamu herbal untuk kesehatan. Beberapa khasiat mengonsumsinya  secara rutin adalah untuk memperlancar haid, menghilangkan rasa lelah, mengatasi batuk, melegakan tenggorokan, serta sebagai anti peradangan lambung. Selain itu, masih ada banyak manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang lain sesuai dengan kondisi tubuh. Di bawah ini adalah salah satu cara mengkonsumsi jahe yang biasa dilakukan oleh masyarakat.

Cara mengolah

  • Untuk mengatasi batuk dan gejala penyakit lainnya, kencur bisa diolah dengan cara dimasukkan pada masakan.
  • Anda pun juga bisa membuatnya sebagai ramuan kesehatan dengan cara mengambil beberapa ruas kencur yang sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya.
  • Parut kencur yang sudah dibersihkan, lalu campurkan pada beberapa berapa gelas air.
  • Rebus campuran air dan kencur tersebut hingga mendidih.
  • Tunggu hingga dingin dan anda bisa mengonsumsinya setiap hari.

Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb)

Temulawak memiliki manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang tepat, lantaran mengandung zat aktif berupa kurkumin yang terbukti berkhasiat bagi kesehatan. Khasiat tersebut di antaranya sebagai obat anti peradangan yang mampu mengatasi keracunan empedu dan hepatitis B pada tubuh. Selain itu, temulawak juga efektif dijadikan sebagai ramuan rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara mengolah

  • Sama seperti cara mengolah rempah jahe dan kencur, temulawak juga bisa diolah dengan cara dibersihkan terlebih dahulu, lalu diparut hingga halus.
  • Kemudian Anda perlu merebusnya dalam beberapa gelas air hingga mendidih.
  • Tunggu hingga hangat dan air rebusan temulawak bisa anda konsumsi.

Lengkuas

Lengkuas tentu sudah tidak asing lagi dijadikan sebagai umbi rempah yang memiliki banyak manfaat sebagai bumbu pelengkap dalam masakan. Ada banyak manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang tepat untuk mengkonsumsi lengkuas. Dikarenakan di dalam rimpang lengkuas terdapat berbagai zat aktif seperti galangol, methyl cinnamae, galangin, sineol, kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat dan juga amilum. Berbagai kandungan senyawa tersebut efektif dalam memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh seperti pelancar peredaran darah, serta membuang racun dan radikal bebas dalam tubuh. Lengkuas juga dapat dijadikan penambah nafsu makan, menurunkan gejala rematik dan limfa, meredakan diare, mengatasi mabuk darat dan laut, serta mampu mencegah tumor dan meningkatkan imunitas tubuh.

Cara mengolah

  • Lengkuas bisa diolah dengan cara mencucinya bersih, lalu geprek dan masukkan pada masakan.
  • Untuk dijadikan ramuan minuman, Anda bisa mengambil 3 ruas lengkuas yang sudah dibersihkan.
  • Siapkan 3 gelas air yang akan digunakan untuk merebus lengkuas.
  • Iris tipis-tipis lengkuas, lalu masukkan pada air dan rebus hingga mendidih.
  • Biarkan agak lama hingga air rebusan tersisa sekitar setengah gelas.
  • Konsumsi air rebusan jahe tersebut setiap hari, terutama di waktu pagi sebelum sarapan.

Lidah Buaya

Jenis tanaman obat keluarga ini memiliki banyak manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya sejak jaman dahulu pun sudah turun temurun. Manfaat tanaman herbal ini cukup efektif dijadikan penyubur rambut, mempercepat penyembuhan luka, serta perawatan kulit. Untuk perawatan kulit, lidah buaya mampu mengatasi peradangan kulit akibat iritasi, sebagai antioksidan penangkal radikal bebas, meredakan jerawat, dan sebagainya.

Cara pengolahan

  • Ambillah lidah buaya, bersihkan, lalu ambil bagian daging buahnya.
  • Siapkan air bersih untuk merebus daging lidah buaya, lalu didihkan selama beberapa menit hingga tercampur.
  • Anda bisa menambahkan madu untuk meningkatkan khasiat ramuan ini.
  • Jika sudah dingin, oleskan ramuan ini pada kulit yang mengalami iritas secara merata.
  • Lakukan secara teratur setia pagi, siang, dan sore hari untuk mengoptimalkan kondisi kesehatan dan mempercepat khasiatnya.

Baca artikel lain disini

Selederi

Selederi sering digunakan sebagai penyedap rasa dan penambah aroma wangi pada masakan, sehingga sering dijadikan bahan pelengkap. Namun sayangnya, banyak orang justru tidak menyukai aroma wangi dari seledri tersebut ketika mengonsumsi makanan. Selain dijadikan bumbu pelengkap masakan, daun seledri juga memiliki banyak manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya jika dikonsumsi secara teratur. Khasiat tersebut antara lain seperti mengatasi penyakit asam urat dan sebagai pelengkap untuk pengobatan cuci darah.

Cara mengolah

  • Anda bisa mengambil kurang lebih 2 tangkai seledri yang disertai dengan daunnya.
  • Cuci bersih dengan seledri.
  • Siapkan kurang lebih satu setengah gelas air, lalu masukkan seledri yang sudah dicuci tadi.
  • Tunggu hingga air mendidih dan hanya tersisa satu gelas aja.
  • Sajikan air rebusan seledri tadi setelah dingin, konsumsi di waktu pagi sesudah sarapan. Meski rasanya cenderung pahit dan sangat tidak enak, sebaiknya tetaplah diminum untuk mendapat hasiatnya lebih optimal.

Itulah tadi berbagai jenis tanaman herbal yang perlu Anda tahu sebagai alternatif pengobatan alami. Banyak manfaat tanaman herbal dan cara pengolahannya yang tepat, jika dikonsumsi secara teratur sesuai kebutuhan. Mengonsumsi obat-obatan herbal dianggap lebih menyehatkan dan bisa meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *