Paling Mudah Ditanam, Berikut 6 Manfaat Tanaman Herbal Dalam Dunia Kesehatan

Paling Mudah Ditanam, Berikut 6 Manfaat Tanaman Herbal Dalam Dunia Kesehatan – Kesehatan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Tanpa kesehatan apalah arti kenikmatan hidup. Makan tak enak, tidur pun tak nyenyak. Berbagai usaha dilakukan untuk menjaga kesehatan. Aneka pengobatan dilakukan untuk mengusir penyakit dalam tubuh. Ada yang berusaha dengan pergi ke dokter ada juga yang berusaha mengobati mandiri dengan cara tradisional. Pengobatan tradisional yang cukup populer di Indonesia adalah dengan menggunakan tanaman herbal.

Tanaman herbal memang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan pertama yang dapat dilakukan di rumah.  Sebelum pergi ke dokter, tidak sedikit juga yang memanfaatkan tanaman-tanaman ini dalam pengobatan. Sebagian berhasil, sebagian tidak berhasil. Biasanya setelah menggunakan tanaman herbal tidak berhasil barulah para pengkonsumsib tanaman herbal mengunjungindoketrr untuk penangan lebih lanjut. Diharapkan dengan menggunakan tanaman herbal, ketergantungan terhadap obat-obatan kimia dapat ditekan seminimal mungkin.

manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan
manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan

Beberapa manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan:

Kumis  kucing

Nama ilmiahnya adalah Orthosiphon Aristatu. Memiliki banyak manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan  yaitu membantu permasalahan pernafasan, meredakan penyakit infeksi saluran kemih, mengontrol berat badan, mengontrol gula darah, menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi, berperan dalam proses detoks. kumis kucing telah lama dipercaya dapat menghilangkan racun-racun pada tubuh. Juga berfungsi menyingkirkan benda-benda yang tidak dapat diterima secara alami oleh tubuh. Cara menanamnya pun amat mudah. Hanya tinggal ditancapkan pada tanah. Maka akarnya akan tumbuh dengan sendirinya.

Jarak

Nama ilmiahnya adalah Ricinus Communis. Termasuk ke dalam jenis tanaman semak dan golongannya Euphorbiaceae. Tanaman ini biasanya dicari untuk dimanfaatkan oleh bayi-bayi atau anak kecil yang masuk angin. Umumnya digunakan daunnya dengan cara dibakar sampai hangat kemudian ditempelkan di perut bayi atau anak kecil yang kembung. Bila terdapat banyak angin, maka daun jarak yang ditempelkan di perut akan menjadi sangat kering.

Manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan lainnya adalah melancarkan buang air besar. Fungsinya memang sebagai obat pencahar alami. Bukan itu saja, ibu menyusui juga dapat merasakan manfaat daunnya. Air susu ibu dapat diproduksi dengan lebih lancar karena adanya kandungan lactogogue. Perempuan yang sedang menstruasi dapat menerima manfaat juga berdasarkan sifat daun jarak yatui emmenagogue  untuk melancarkan menstruasi.

Daun Sirih

Yang berikutnya yang juga amat mudah ditanam adalah pohon sirih. Yang diambil manfaatnya adalah daunnya. Cara menanamnya sangat mudah. Ambil sedikit bagian batangnya kemudian tancapkan pada tanah. Dalam waktu beberapa hari akar akan tumbuh dan pohon sirih akan merambat. Pertumbuhannya tergolong cepat. Biasanya tanaman ini juga dibuat orang untuk menjadi pagar alami untuk menutupi halaman rumah agar tidak terlalu terbuka dan tampak dari luar.

Manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan daun sirih sangat banyak. Dari mulai obat mata, mengobati sakit gigi, menghilangkan bau badan, membasmi bakteri. Kadar gula darah juga dapat diturunkan dengan meminum air rebusan atau rendaman sirih. Sirih sendiri banyak jenisnya,ada sirih hijau, sirih merah, bahkan sirih Irian. Namun biasanya yang ditanam untuk obat adalah jenis sirih hijau dan sirih merah. Untuk rasa, sirih merah jauh lebih pahit dibanding sirih lainnya. Khasiatnya yang banyak ini menjadikan tanaman ini seperti tanaman yang wajib ditanam di pekarangan rumah. Daun sirih ternyata mengandung sekitar 85-90% kadar air.

Miana

Tanaman satu ini selain sebagai tanaman hias juga memiliki banyak manfaat sebagai tanaman herbal. Warnanya yang cantik membuat banyak rumah menjadikannya sebagai hiasan di taman. Tanaman ini multifungsi. Ada berapa warna yang tubuh di Indonesia. Ada yang berwarna hijau merah, ada juga yang berwarna gradasi ungu. Memang sangat indah. Pohon miana punya aroma khas dan rasa yang agak pahit.

Manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan daun miana dapat menyembuhkan batuk berdahak. Lendir-lendir yang terdapat pada kerongkong dibantu dikeluarkan oleh khasiat daun miana. Cara pengolahannya tergolong amat mudah yaitu tinggal rebus dan minum sampai batuk sembuh. Selain itu ambeien juga dipercaya dapat disembuhkan dengan daun ini. Diam juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi daun ini. Permasalahan pencernaan banyak teratasi oleh khasiat daun miana. Tidak kurang flu dan bisul juga bisa diatasi oleh daun cantik ini.

Lidah buaya

Nama ilmiahnya adalah Aloe Vera. Dalam dunia kecantikan, lidah buaya terkenal dapat membuat kulit menjadi lembut. Rambut menjadi lebih ternutrisi dengan lidah buaya. Namun ternyata manfaatnya dalam dunia kesehatan juga tidak dapat dipandang sebelah mata. Diantaranya adalah pencegahan terbentuknya ulkus di lambung. Kandungan vitamin C pada lidah buaya cukup tinggi lho. Daun ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Obat kumur serta pasta gigi dengan kandungan aloe vera dapat mengurangi plak penyebab gigi berlubang. Kesehatan rongga mulut dapat lebih terjaga dengan menggunakan daun lidah buaya.

Penyembuhan luka bakar dapat lebih cepat dengan memanfaat lidah buaya. Caranya dengan mengoleskan lendir pada daun lidah buaya. Luka bakar yang dapat ditangani yaitu derajat satu dan dua. Manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan lainnya dapat mengatasi gerd. Dengan cara dibuat jus dapat membantu meredakan gejalanya seperti nyeri ulu hati, sendawa, dan mual. Penyakit diabetes yang banyak menyerang orang jaman sekarang terbukti dapat diturunkan dengan konsumsi jus aloe vera. Cukup dikonsumsi selama dua minggu sebanyak dua sendok makan setiap hari. Diabetes yang dapat ditangani adalah yang tipe 2.

Daun cincau

Satu lagi tanaman herbal yang mudah ditanam adalah pohon cincau. Daunnya yang merambat lebat sangat mudah ditumbuhkan. Cukup ambil sedikit batang dan tancapkan pada tanah. Dalam waktu berapa hari sudah terlihat tumbuh dan merambat. Daun cincau sangat baik untuk pencernaan. Selain rasanya enak bila diolah sebagai minuman segar, ternyata khasiatnya lumayan banyak. Pencernaan lebih lancar dengan mengkonsumsi daun ini. Permasalahan pencernaan lainnya yaitu diare juga dapat diatasi. Kandungan serat yang tinggi membuat manfaatnya begitu terasa bagi pencernaan.

Simak artikel lainnya disini

Manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan lainnya adalah mencegah osteoporosis yaitu permasalah pada tulang. Mengatasi sakit pada tenggorokan, mengatasi tekanan darah tinggi, daya tahan tubuh meningkat, sifat anti inflamasi, mengatasi panas dalam, dan banyak lagi khasiat lainnya. Tanam daun ini tanpa kesulitan berarti. Dapatkan manfaatnya yang berlimpah. Yang juga banyak dicari oleh orang zaman sekarang adalah obat-obatan pencegah kanker. Daun cincau dapat melawan radikal bebas sehingga bisa mencegah tumor dan kanker. Kandungan alkaloid dan isokandrodendrin mampu mencegah terjadinya kanker dan tumor ganas.

Itulah manfaat beberapa tanaman herbal dalam dunia kesehatan terutama di Indonesia. Sebagai rakyat Indonesia sepatutnya kita bersyukur atas karunia Tuhan di negeri ini. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Bila perlu buatlah apotek hidup di pekarangan rumah kita. Meski hanya tersedia sedikit lahan namun dengan teknik dan pengolahan yang tepat, maka lahan kecil terbatas akan dapat dimaksimalkan fungsinya.

Ketahui juga manfaat tanaman herbal dalam dunia kesehatan yang banyak tersedia di alam. Percayalah hal ini akan sangat bermanfaat. Setidaknya bila tidak terdesak kita tidak perlu pergi ke dokter dan berobat dengan pengobatan kimia. Lakukan pengobatan kimia seminimal mungkin. Gunakan apotek hidup di pekarangan rumah sebagai pertolongan pertama di rumah.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat rumput mutiara

10 Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya yang Mudah

sumbersehat.com - Manfaat rumput mutiara tak hanya sebagai obat tradisional yang dipercaya mampu mengobati kanker. Khasiat lain yang tak kalah jitu adalah kandungan kimia rumput mutiara yang juga mampu mengobati penyakit ringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *