6 Macam-Macam Tumbuhan Herbal Yang Harus Anda Ketahui

6 Macam-Macam Tumbuhan Herbal Yang Harus Anda Ketahui. Ingin mendapatkan tubuh yang sehat serta terhindar dari berbagai macam penyakit sebenarnya tidak membutuhkan biaya mahal. Kita tidak perlu ke dokter atau membeli obat-obatan kimia yang memiliki efek samping yang berbahaya untuk tubuh anda. Padahal, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa di dapatkan di sekitar anda yang khasiatnya sangat baik untuk kesehatan. Selain mudah untuk di dapatkan, bahan-bahan herbal juga memiliki harga yang lebih terjangkau daripada obat-obatan kimia.

Selain itu, anda juga akan terhindar dari risiko efek samping dengan mengonsumsi bahan-bahan alami ini. Banyak sekali jenis-jenis bahan-bahan herbal yang sudah sering digunakan sejak dahulu untuk keperluan pengobatan. Maka dari itu, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi bahan-bahan herbal guna menjaga kesehatan tubuh anda. Beberapa bahan herbal juga bisa ditanam sendiri di rumah anda agar anda tidak perlu repot-repot pergi ke pasar untuk mengolahnya.

macam-macam tumbuhan herbal
macam-macam tumbuhan herbal

Macam-Macam Tumbuhan Herbal Sebagai Pengganti Obat-Obatan Kimia

Seledri

Banyak sekali macam-macam tumbuhan herbal yang bisa anda manfaatkan sebagai obat tradisional yang menyehatkan salah satunya adalah seledri. Manfaat lain daun seledri selain sebagai penambah aroma masakan, bahan ini juga bisa digunakan sebagai obat herbal yang menyehatkan. Selain itu, daun seledri juga menjadi bahan makanan favorit bagi orang yang sedang menjalani program diet. Daun seledri mengandung sekitar 16 kalori per 100 gram yang menjadikannya sayuran hijau yang memiliki jumlah kalori rendah.

Selain kalorinya yang rendah, daun seledri juga kaya dengan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan zat besi. Kandungan tersebut dipercaya mampu hipertensi, mencegah pembentukan batu empedu, menenangkan saraf, meningkatkan nafsu makan yang rendah, serta terhindar dari kanker. Karena itulah, daun seledri menjadi salah satu bahan alami yang sering digunakan pada pengobatan tradisional.

Perlu anda ketahui bahwa salah satu dari macam-macam tumbuhan herbal ini juga berkhasiat mempercantik wajah dengan mengolahnya menjadi masker wajah. Caranya cukup mudah, anda hanya harus merendam daun seledri dengan air mendidih dan biarkan selama 15 menit. Jika sudah harum, buang daun seledri dan simpan di lemari es air rebusan tersebut. Gunakan air rebusan tersebut sebagai masker wajah di malam hari secara rutin. Selain itu, rutin mengonsumsi daun seledri mampu mencegah timbulnya kerutan pada wajah.

Kangkung

Tanaman herbal selanjutnya yang mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan adalah tanaman kangkung. Kangkung sendiri merupakan sayuran yang mudah ditemukan dan sering digunakan sebagai bahan dasar sebuah masakan dan sering kita konsumsi. Namun, siapa sangka bahwa kangkung memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan anda. Selain itu, harga sayuran ini sangat murah dan bisa anda temukan di pasar tradisional.

Salah satu dari macam-macam tumbuhan herbal ini memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, fosfor, zat besi. Vitamin C dalam kangkung bermanfaat untuk mencegah serta mengobati sariawan dan masalah gusi. Selain itu, kangkung juga bisa digunakan sebagai antiseptik yang bisa membunuh kuman-kuman di mulut anda. Namun, anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi sayur ini karena mampu membuat anda menjadi mengantuk. Hal ini disebabkan kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam kangkung tapi sayuran ini cocok untuk anda yang mengalami insomnia.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup sering digunakan sebagai bahan tambahan memasak. Rasanya yang asam mampu memberikan cita rasa yang menyegarkan pada makanan. Namun, belimbing wuluh juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit serta cocok digunakan sebagai bahan kecantikan. Sayuran ini dipercaya bisa mengobati beberapa penyakit seperti sariawan, hipertensi, diabetes, sikat gigi, penyakit kulit, mengatasi jerawat, dan meredakan batuk.

Dalam hal kecantikan, salah satu dari macam-macam tumbuhan herbal ini juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan benda kecantikan lainnya. Anda bisa memarut 3-4 buah belimbing wuluh yang sudah di cuci dan tambahkan sedikit garam untuk mengobati jerawat anda. Untuk mengobati diabetes, anda bisa merebus belimbing wuluh yang sudah dihaluskan dan air rebusan tersebut di minum 2 kali sehari.

Daun Kelor

Daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda. Daun kelor juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh bayi dan balita karena mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka. Daun kelor ini sering digunakan oleh banyak orang menjadi masakan yang menyehatkan. Sayur ini sangat mudah untuk ditemukan dan harganya yang sangat terjangkau. 

Banyak sekali macam-macam tumbuhan herbal yang mampu mengobati banyak penyakit, contohnya adalah daun kelor. Daun kelor berkhasiat mengatasi panas dalam, demam, meningkatkan sistem imun, meningkatkan metabolisme, dan menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, daun kelor juga bisa menjaga fungsi hati, ginjal, melancarkan pencernaan, menjaga kadar gula tubuh, dan beberapa penyakit lainnya. Mulai dari sariawan, gangguan pada penglihatan, kulit kering dan pecah, penyakit beri-beri , anemia, osteoporosis dan lainnya.

Bayam Duri

Jenis tanaman herbal selanjutnya adalah bayam duri di mana sayur ini memiliki banyak sekali khasiat yang bisa menyehatkan tubuh anda. Anda pasti sudah tahu mengenai sayur bayam tapi perlu diingat bahwa bayam duri berbeda dengan bayam yang biasa kita konsumsi. Bayam duri memiliki tekstur yang kasar, berduri dan banyak tumbuh liar di pekarangan rumah atau kebun-kebun. Banyak orang yang menyangka bahwa tanaman ini adalah tumbuhan liar, padahal bayam duri memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan anda.

Beberapa ahli mengatakan bahwa dari sekian banyak macam-macam tumbuhan herbal, bayam duri lebih efektif mengobati berbagai macam penyakit. Tumbuhan ini bisa digunakan untuk mengatasi bisul, melancarkan ASI, kutil, luka bakar, demam, hingga bekas gigitan ular. Selain itu, bayam duri juga terbukti cukup ampuh mengobati gangguan pada gusi seperti gusi berdarah. Ada banyak sekali olahan dari tanaman ini salah satunya dengan membakar beberapa helai daun dan mengoleskannya pada bagian yang nyeri. Selain itu, anda juga menghaluskan daun bayam duri untuk dioleskan pada sekitar payudara untuk memperlancar keluarnya ASI.

Baca artikel menarik lainnya disini.

Binahong

Bagi anda yang merasa asing dengan tanaman ini, binahong merupakan tanaman herbal yang sudah digunakan sejak dulu sebagai obat herbal. Binahong sendiri hidup seperti benalu di mana tanaman ini hidup pada tumbuhan lain. Tanaman ini berkhasiat untuk mengobati bekal luka, diabetes, jerawat, mengobati maag dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Tanaman herbal ini juga dipercaya mampu mengobati kanker, serta mengatasi asam urat yang berlebih.

Itu saja informasi mengenai macam-macam tumbuhan herbal yang bisa anda gunakan sebagai obat alami yang bebas dari efek samping. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan anda mengenai bahan-bahan alami yang bisa menjaga kesehatan anda.

About Ibnu Khamill

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas – Menimbang apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *