6 Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Wajib Kamu Terapkan

6 Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Wajib Kamu Terapkan! Berbicara mengenai kesehatan tentu menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan saat ini. Karena bagaimanapun itu, kesehatan menjadi sebuah hal yang penting untuk dijaga dalam kehidupan setiap orang. Semakin hari kesehatan semakin mahal harganya sehingga perlu untuk terus menjaganya dengan baik. Apalagi di masa post-modern seperti saat ini dimana semakin banyak makanan dan juga gaya hidup tidak sehat yang dijalankan oleh sebagian orang. Tentunya untuk menjaga kesehatan tubuh menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi setiap orang di masa post-modern seperti saat ini.

Menjalankan berbagai macam aktivitas yang positif didalam hidup tentunya dapat lebih maksimal dengan adanya tubuh sehat. Adanya tubuh yang sehat dan terjaga dengan baik dapat membantu kamu menjalankan semua kegiatan didalam hidup dengan maksimal. Dalam menjaga kesehatan tubuh dengan baik tentunya perlu diterapkan gaya hidup sehat yang baik dan juga benar. Tentu dalam hal ini kamu dapat menjalankan gaya hidup sehat yang telah diterapkan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya. Dengan begitu maka kamu akan mendapatkan kesehatan tubuh yang terus terjaga dengan optimal.

Berbicara mengenai gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW tentunya beliau memang mengajarkan tentang bagaimana menjalani hidup dengan sehat. Adanya kesehatan yang terus dirawat dengan baik tentu akan membuat setiap orang dapat merasakan keuntungannya. Menjaga kesehatan dengan baik tentunya menjadi sebuah perintah yang diberikan oleh Allah SWT kepada setiap umat. Tentu kita perlu coba menerapkan apa saja gaya hidup sehat yang sebelumnya sudah dijalankan oleh Rasulullah SAW. Dengan begitu maka kesehatan tubuh akan bisa terus dijaga dengan baik dan juga kita sebagai manusia bisa merasakan keuntungannya.

gaya hidup sehat ala Rasulullah
gaya hidup sehat ala Rasulullah

Berikut Beberapa Gaya Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW Yang Perlu Diterapkan

Sering menjalankan puasa sunnah

Salah satu bentuk gaya hidup yang dijalankan oleh Rasulullah SAW dan dapat menjadi contoh yang baik untuk dijalankan adalah sering berpuasa. Puasa menjadi salah satu rukun islam yang wajib untuk dilakukan saat bulan ramadhan telah tiba. Akan tetapi diluar bulan ramadhan sendiri setiap umat islam juga bisa menjalankan puasa sunnah yang memberikan nilai pahala tambahan bagi setiap orang. Berpuasa sendiri bertujuan untuk bisa menahan diri dari beragam perbuatan atau godaan berkaitan dengan jasmani ataupun rohani. Dengan menjalankan puasa secara baik maka keseimbangan didalam hidup akan bisa didapatkan dengan baik oleh setiap orang.

Manfaat dari adanya puasa yang dijalankan dengan baik oleh umat islam adalah dapat menyembuhkan beragam penyakit fisik yang dialami. Seperti penyakit darah tinggi, kolesterol, gangguan pencernaan, kanker, dll tentu dapat disembuhkan secara alami melalui kegiatan berpuasa. Adanya puasa yang dijalankan dengan baik dan juga benar tentu juga dapat melatih disiplin rohani yang baik bagi kehidupan. Berpuasa dapat membuat seseorang bisa terhindar dari penyakit iri hati, dengki, hasut, dan masih banyak lagi. Sehingga gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW yang satu ini menjadi salah satu hal yang penting untuk juga di terapkan.

Makan secukupnya

Rasulullah SAW selalu mengajarkan pada setiap ummatnya untuk selalu makan pada kadar kebutuhan tubuh saja tanpa perlu berlebihan. Tentu sesuatu yang berlebihan nantinya hasil yang didapatkan tidak akan baik bagi kesehatan tubuh. Makan terlalu berlebihan dapat membuat sistem pencernaan mengalami gangguan dan itu menjadi sesuatu hal yang penting untuk segera diatasi. Allah SWT sendiri pada dasarnya tidak menyukai orang orang yang berlebihan dalam menjalankan kehidupannya termasuk dalam makan. Rasulullah SAW menganjurkan bagi setiap umatnya untuk makan disaat lapar dan berhentilah sebelum kenyang agar sistem pencernaan stabil.

Selalu menjaga kebersihan

Rasulullah SAW selalu menerapkan gaya hidup dengan menerapkan penjagaan pada kebersihan lingkungan dengan baik dan juga benar. Sebagai umat islam tentunya ada kewajiban yang harus dijalankan yaitu untuk selalu menjaga kebersihan. Kebersihan sendiri pada dasarnya merupakan sebagian bentuk dari keimanan seseorang kepada Allah SWT dan untuk itu perlu di perhatikan. Gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW yang satu ini tentu perlu untuk diterapkan dengan baik oleh semua umat islam. Sehingga nantinya kesehatan bisa terus terjaga dengan baik dan kemudian segala macam penyakit bisa dicegah dengan baik.

Rasulullah SAW sebagai panutan dan juga figure utama dalam kehidupan manusia tentunya selalu mengajarkan untuk menjaga kebersihan. Rasulullah SAW selalu menjaga kebersihan mulai dari anggota badan, rumah, hingga lingkungan disekitarnya. Adanya kebersihan yang terus terjaga dengan baik akan membantu mempertahankan kesehatan dengan baik dan juga maksimal. Kebersihan diri dan juga lingkungan sekitar menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan dengan baik tentunya. Dengan begitu maka kamu akan mendapakan kesehatan tubuh yang terus bisa ditingkatkan dengan baik dari waktu ke waktu.

Menjaga hati untuk tidak marah

Emosi tentunya menjadi sebuah faktor penting yang dapat berpengaruh pada tingkat kesehatan manusia dari waktu ke waktu. Rasulullah SAW selalu menegaskan tentang pentingnya menahan diri dari rasa marah yang terlalu berlebihan. Tentunya jika kita analogikan adanya amarah didalam hati akan meningkatkan peredaran darah sehingga kadarnya menjadi tidak normal. Ini akan berpengaruh pada adanya kecenderungan untuk lebih mudah terjangkit berbagai penyakit yang dapat dirasakan tubuh. Menjaga hati untuk terus bersabar tentunya akan membantu terjaganya kualitas kesehatan tubuh dengan lebih optimal tentunya.

Menggosok gigi dengan rutin

Salah satu cara menerapkan gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW untuk mendapatkan kualitas hidup lebih baik adalah rutin menggosok gigi. Rutin menggosok gigi tentunya akan memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk menjaga kesehatan mulut. Rasulullah SAW selalu mengajarkan untuk rutin menggosok gigi agar kekuatan dan juga kesehatan gigi bisa terus terjaga dengan baik. Menggosok gigi dengan rutin pada dasarnya akan berkhasiat untuk membersihkan kuman yang menempel pada gigi dan gusi. Ini juga berperan untuk bisa menambah kekuatan tulang gigi dengan baik dan juga maksimal.

Simak artikel menarik lainnya disini.

Rutin menjalani kegiatan olahraga

Gaya hidup sehat lainnya yang selalu dijalankan  oleh Rasulullah SAW adalah rutin menjalankan kegiatan olahraga. Olahraga sendiri menjadi sebuah hal yang penting sebagai penyegar ulang serta berfungsi menjaga keseimbangan didalam tubuh. Olahraga dapat berperan sebagai penyegar ulang sekaligus bisa menjaga keseimbangan tubuh agar tetap fit. Dengan adanya keseimbangan tubuh yang tetap terjaga dengan baik akan membantu kamu menjalankan aktivitas lebih optimal.

Gaya hidup sehat ala Rasulullah SAW yang dijalankan dengan baik oleh setiap orang dalam kehidupannya akan membawa dampak yang baik. Itu saja yang bisa diuraikan mengenai beberapa bentuk gaya hidup yang sehat ala Rasulullah yang dapat kamu terapkan dalam hidup.

About Ibnu Khamill

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas – Menimbang apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *