5 Tips Penting Diet Alami Untuk Ibu Menyusui Yang Perlu Diperhatikan Dengan Baik

5 Tips Penting Diet Alami Untuk Ibu Menyusui Yang Perlu Diperhatikan Dengan Baik. Asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu menyusui juga mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan. Tidak heran jika ibu menyusui harus lebih teliti dan cermat ketika akan mengonsumsi makanan sehari-hari, terutama di satu tahun pertama selama menyusui.

Kenapa bisa begitu? Jika ibu salah mengonsumsi makanan, misalnya makanan yang dikonsumsi tidak sehat atau sebagainya, ibu akan rugi sendiri. Misalnya kesehatan menurun dan akhirnya mempengaruhi kualitas ASI yang dihasilkan. Bukan hanya itu saja, kesehatan bayi juga ikut terpengaruh karena makanan yang ibu konsumsi tadi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, tidak sedikit yang menerapkan program diet alami untuk ibu menyusui. Diet alami ini bertujuan agar berat badan yang naik selama masa kehamilan bisa turun tapi dengan cara yang menyehatkan tubuh. Selain itu, dengan diet alami ini, asupan makanan yang dikonsumsi ibu menyehatkan untuk si bayi atau ibu sendiri.

diet alami untuk ibu menyusui
diet alami untuk ibu menyusui

Tips Penting Bagi Yang Menerapkan Program Diet Alami Untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui yang menerapkan program diet alami harus teliti dan cermat. Jangan sampai karena program diet ini, kualitas ASI yang dihasilkan justru turun. Tentu hal ini mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan si buah hati. Nah, agar menghindari hal tersebut, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Berikut tipsnya

Jaga pola makan

Kunci utama bagi ibu menyusui yang melakukan diet adalah mengonsumsi makanan yang kaya protein dan pastikan bervariasi. Variasi menu diet ini bertujuan agar si kecil bisa mudah menyelesaikan penyapihan ketika waktunya tiba. Saat menjalani diet alami untuk ibu menyusui, pastikan tubuh tidak kekurangan cairan.

Anda harus meminum air putih dalam jumlah yang cukup. Konsumsi diet yang seimbang ikut berpengaruh pada kadar ASI yang ada dalam tubuh. Saat menyusui, ibu harus mengubah pola makan yang tidak sehat. Untuk panduan awal, ikuti pola makan seperti ini;

  • Pastikan mengonsumsi lima porsi sayur serta buah-buahan setiap hari. Baik mengonsumsi buah segar, beku atau produk buah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Ini penting agar kebutuhan serat dalam tubuh bisa terpenuhi.
  • Jangan lupa untuk memakan karbohidrat dasar seperti pasta, roti dan nasi secukupnya
  • Perbanyak makanan dengan kandungan serat didalamnya. Contoh makanan tadi adalah gandum utuh, sayuran ataupun buah-buahan
  • Saat makan, Anda jangan sampai melupakan konsumsi protein dari daging tanpa lemak, telur,  unggas atau ikan. Bagi yang suka kacang-kacangan, vegetarian ini juga cocok dikonsumsi selama diet alami untuk ibu menyusui.
  • Tambahkan asupan olahan susu seperti yogurt dan keju
  • Konsumsi setidaknya 2 porsi ikan setiap minggu. Pastikan mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak ikan seperti omega 3. Kandungan ini sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan lemak serta protein saat ibu menyusui.

Jangan konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi

Bagi ibu menyusui yang sering konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, disarankan menghentikannya mulai sekarang. Makanan ini tidak membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu. Ganti makanan tinggi gula dengan camilan sehat seperti biji labu, biji bunga matahari atau sebagainya.

Saat menjalankan program diet alami untuk ibu menyusui, ada baiknya ibu mengganti konsumsi makanan manis dengan makanan yang mengandung serat dan protein. Jangan lupa untuk memilih menu daging tanpa lemak serta salad sayuran yang kaya akan serat untuk solusi pengganti makanan manis tadi.

Mengonsumsi salmon serta sarden juga menjadi pilihan terbaik untuk sumber protein yang baik bagi tubuh. Makanan ini bisa menambah daya kembang anak semakin bagus ketika ibu menyusui. Ingat, vitamin dan mineral menjadi zat yang penting untuk membentuk energi. Jika ibu menyusui tidak mengonsumsi makanan ini, ia akan mudah lemas dan ASI juga tidak optimal.

Pastikan kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi dengan baik

Minum air putih yang cukup juga mempengaruhi kadar dan jumlah ASI yang dikeluarkan oleh ibu menyusui. Bagi ibu menyusui, pastikan meminum minimal dua liter atau delapan gelas air putih sehari. Diet alami untuk ibu menyusui ini penting agar cairan tubuh tidak kurang untuk membakar kalori.

Meskipun air putih menjadi sumber cairan paling baik untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh ibu menyusui, ibu juga bisa mengkombinasikannya dengan susu ataupun jus buah. Dengan begitu, cairan tubuh bisa meningkat dan akhirnya produksi ASI lebih melimpah. Untuk  jus buah, disarankan memilih buah yang masih segar.

Kandungan serat dan vitamin di dalamnya lebih optimal untuk memenuhi cairan tubuh. Untuk beberapa buah yang mau dijus, disarankan kulitnya tidak dikupas untuk mempertahankan air dan serat didalamnya. Diet alami untuk ibu menyusui ini memang terkesan sederhana tapi sangat menjanjikan untuk perkembangan ibu menyusui dan sang buah hati.

Ketahui makanan yang berdampak pada ASI

Jika sang buah hati gelisah atau menangis setelah meminum ASI yang ibu berikan, Anda harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi pada saat itu. Jadi, makanan yang dikonsumsi ibu menyusui harus diteliti apakah pedas, ada potensi memberikan alergi bagi bayi ataupun sebagainya.

Anda perlu meneliti lebih lanjut soal makanan yang dikonsumsi. Jika perlu ibu juga harus mencatat jika makanan yang dikonsumsi hari itu membuat sang bayi menangis atau merasa tidak nyaman setelah minum ASI. Ingat, makanan yang dikonsumsi ibu itu mempengaruhi terhadap ASI yang dikeluarkan selama ibu menyusui. Jadi lakukan diet alami untuk ibu menyusui yang benar.

Ibu menyusui juga disarankan untuk membawa permasalahan ini kepada dokter ahli sesegera mungkin. Jangan sampai hanya berdiam diri saja dan akhirnya malah membuat sang buah hati terganggu perkembangannya. Meskipun sederhana, tapi masalah makanan pada ibu menyusui juga menyangkut kesehatan sang buah hati.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Perbanyak konsumsi Vitamin D dan Asam Esensial

Vitamin D menjadi vitamin terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan tulang. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D itu sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi serta mengurangi risiko anak terkena masalah tulang di kemudian hari. Misalnya seperti tulang bengkok atau masalah tulang yang tidak berkembang dengan baik. Ibu tentu harus memulainya dengan diet alami untuk ibu menyusui yang direkomendasikan.

Asam lemak esensial sepertio DHA atau AA pada omega 3 dan omega 67 memenuhi kebutuhan nutrisi esensial pada bayi. Nutrisi seperti ini bisa ditemui di beberapa makanan seperti sarden, tuna dan juga salmon. Jika ibu memberikan asupan asam lemak esensial yang seimbang, niscaya perkembangan otak serta visual si buah hati bisa berjalan dengan optimal.

Itu tips penting bagi Anda yang menjalani program diet alami untuk ibu menyusui. Ibu menyusui memang membutuhkan asupan makanan yang lebih dibanding ibu biasa. Selain itu menjaga asupan yang dikonsumsi juga sangat penting untuk diperhatikan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

pengertian gaya hidup sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat. Seiring dengan trend akan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *