5 Obat Sakit Gigi Anak yang Bisa Didapatkan di Apotek  

5 Obat Sakit Gigi Anak yang Bisa Didapatkan di Apotek. Sakit gigi pada anak bukan hal yang dapat disepelekan. Hal ini karena sakit gigi bukan hanya membuat si anak tidak bisa bermain, namun juga dapat menyebabkan si anak menolak untuk makan apa pun. Ini karena sakit gigi, tidak hanya pada anak-anak namun orang dewasa juga biasanya memunculkan masalah-masalah lainnya. Di antaranya ialah si anak anak akan kesulitan membuka-menutup mulut, mengunyah makanan, hingga menelan makanan. Gejala-gejala timbulnya penyakit lain seperti sariawan dan gusi bengkak pun tidak dapat dihindari.

Sebenarnya, sakit gigi dapat dihindari dengan melakukan perawatan gigi. Perawatan ini meliputi rajin menjaga kebersihan gigi, dan memilah makananan yang dapat menimbulkan sakit gigi jika dikonsumsi berlebihan seperti coklat dan gula-gula. Namun karena yang dihadapi anak kecil, tidak jarang kalau-kalau arahan sedemikian tersebut tidak didengarnya. Namun jika sudah merasakan bagaimana rasanya sakit gigi, bar mau sedikit-sedikit memperhatikan cara merawat gigi supaya sakitnya tidak kambuh kembali.

obat sakit gigi anak
obat sakit gigi anak

Sebenarnya ada banyak penyebab sakit gigi. Sementara beda sebab sakit gigi, akan beda pula cara penanganannya. Dan salah satu yang banyak dikeluhkan adalah sakit gigi berlubang. Meski begitu, apapun jenis sakit giginya, cara mengeluh anak-anak adalah dengan menangis. Inilah yang kemudian membuat Bunda mencari berbagai referensi obat sakit gigi anak karena merasa tidak tega melihat anaknya yang terus menerus mengeluh kesakitan, apalagi jika memang sudah berhari-hari dan si anak menolah untuk menelan sedikit pun makanan.

Obat sakit gigi anak yang dapat dibeli di Apotek

Penanganan sakit gigi dapat dilakukan dengan berbagai opsi, baik secara tradisional maupun dengan obat-obatan dari tanaman herbal. Kedua obat sakit gigi anak tersebut tentunya masih digunakan hingga saat ini karena memang terbukti ampuh untuk meredakan nyeri berdenyut-denyut pada gigi. Akan tetapi, obat sakit gigi untuk anak berbeda dengan obat sakit gigi yang umum digunakan oleh orang dewasa. Berikut adalah beberapa obat sakit gigi anak yang aman untuk dikonsumsi.

Naprex sirup

Obat sakit gigi anak yang aman dikonsumsi dan bisa didapatkan di apotik yang pertama adalah naprex sirup. Ya, obat yang masih dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) ini adalah obat yang ampuh digunakan untuk meredakan sakit gigi pada anak. Keunggulan obat ini adalah dapat digunakan untuk anak di bawah dua belas tahun, yakni 2 – 12 tahun. Selain kandungan analgesik yang dapat digunakan untuk mengatasi nyeri, kandungan antipiretik obat ini dapat digunakan sebagai obat penurun panas.

Naprex sirup, obat yang dapat digunakan sebagai obat sakit gigi anak ini mengandung bahan aktif paracetamol yang memang sudah dikenal luas dapat digunakan sebagai obat nyeri. Meski begitu, tersedianya paracetamol dalam bentuk sirup ini dan bukan hanya bentuk tablet yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa ini akan memudahkan Bunda memberikan obat ini pada si anak yang mengeluhkan sakit gigi. Untuk pemakaiannya, Bunda dapat memberikan ½ sendok takar untuk anak usia 2 – 5 tahun sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Panadol sirup

Selain kandungan paracetamol dalam obat sakit gigi anak Naprex Sirup di atas, obat sakit gigi anak berikutnya adalah Panadol Sirup. Sama seperti Naprex obat ini juga masih termasuk dalam golongan Obat Antiinflamasi Nonsteroid (OAINS) yang cara kerjanya yakni dnegan menghambat pemroduksian bakteri yang dapat menyebabkan nyeri. Jadi ketika si anak menunjukkan gejala seperti sering ngiler, kesulitan dan merasa kesakitan ketika membuka maupun menutup mulut, hingga terjadinya pembengkakan gusi, Bunda dapat memberikan obat ini untuk si anak yang masih berusia 1 – 6 tahun usia pertumbuhanya

Obat sakit gigi anak dalam bentuk sirup ini dapat Bunda beli di apotek terdekat dengan rumah. Meski begitu, untuk memberikannya pada si buah hati, harap untuk Bunda perhatikan aturan pemakaian atau dosisnya, hal ini karena sama seperti obat-obat lain, Panadol Sirup juga memungkinkan si anak mendapati efek samping penggunaan obat jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak wajar. Pada anak balita usia 2 – 3 tahun, Bunda dapat memberikan 1 sendok takar untuk 3 atau 4 kali dalam sehari. Sedangkan pada anak usia 4 – 6 tahun, Bunda dapat memberikan 1,5 sendok takar untuk 3 atau 4 kali dalam sehari.

Proris

Obat sakit gigi anak berikutnya yang dapat Bunda dapatkan di apotek terdekat adalah Proris. Obat sakit gigi yang aman dikonsumsi untuk anak-anak bahkan untuk bayi ini mengandung ibuprofen yang sudah dikenal luas sebagai obat yang sifatnya dapat meredakan nyeri sakit gigi hingga meredakan demam karena kandungan antipiretiknya. Seperti Naprex sirup maupun Panadol sirup, obat ini termasuk dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid yang cara kerjanya yakni dengan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab nyeri dan peradangan.

Jadi, ketika Bunda mendapati si buah hati yang mengeluh kesakitan, obat ini adalah pilihan yang tepat untuk Bunda berikan sebagai penanganan pertama. Hal ini karena kandungan ibuprofen dalam Proris lebih efektif meredakan nyeri daripada paracetamol. Pemberian obat ini untuk bayi disesuaikan dengan berat badan si bayi, yakni 5 mg/kg berat badan si bayi sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

Asam mefenamat

Obat sakit gigi anak berikutnya adalah asam mefenamat. Obat ini adalah obat yang biasanya digunakan oleh orang dewasa untuk mengobati berbagai nyeri, seperti nyeri asam urat hingga nyeri akibat sakit gigi. Obat yang termasuk dalam golongan OAINS (Obat Antiinflamasi Nonsteroid) yang satu ini sama seperti paracetamol dan Ibuprofen bekerja dengan cara menghalau pemroduksian zat-zat maupun bakteri dalam tubuh yang dapat berpotensi menimbulkan rasa nyeri, tidak terkecuali nyeri sakit gigi.

Obat sakit gigi anak ini tersedia dalam berbagai bentuk sediaan, di antaranya ialah dalam bentuk tablet yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa, dan bentuk sirup yang dibuat khusus untuk anak-anak. Jadi ketika si anak mengeluh sakit dan tidak bisa menelan obat, asam mefenamat sirup ini dapat menjadi solusi supaya anak dapat dimasuki obat pereda nyeri. Dengan demikian, tidak ada alasan si anak menolak minum obat, bukan?

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Cataflam drops

Obat sakit gigi anak yang terakhir adalah cataflam drops. Seperti berbagai obat sebelumnya, obat ini termasuk dalam obat golongan OAINS (Obat Antiinflamasi Nonsteroid) yang bekerja dengan cara menekan produksi zat yang dapat menyebabkan nyeri pada gigi. Selain itu, obat ini juga mengandung bahan aktif kalium diclofenac yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah pembengkakan karena sakit gigi. Keunggulan obat sakit gigi yang satu ini adalah cataflam drops tersedia dalam bentuk tablet untuk orang dewasa dan bentuk tetes untuk dikonsumsi anak-anak.

Demikian adalah paparan mengenai beberapa obat sakit gigi anak yang bisa di dapatkan di apotek. Penanganan sakit gigi pada anak memang harus mendapat perhatian khusus, hal ini karena tidak sembarang obat dapat digunakan untuk anak seusianya. Oleh karena itu, wajib untuk Bunda membaca petunjuk pemakaian obat atau menurut pada dosis yang telah diberikan oleh dokter.

About Aziza Linda Verra

Check Also

pexels photo 351448 min

Grow Local Business With Online Marketing

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *