5 Obat Asam Urat yang Ampuh dan Bisa Didapatkan di Apotek

5 Obat Asam Urat yang Ampuh dan Bisa Didapatkan di Apotek. Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian. Biasanya penyakit ini dapat ditandai dengan meunculnya perasaan nyeri yang tiba-tiba pada persendian, baik kaki, punggung, maupun tangan. Saat ini, nyeri asam urat tidak hanya dikeluhkan oleh oleh orang-orang lainjut usia saja. Hal ini karena jenjang usia yang lebih muda pun juga tidak mustahil mengeluhkan perasaan nyeri sendi akibat asam urat sama seperti orang-orang yang lebih tua.

Yang tidak mengenakkan dari perasaan nyeri akibat asam urat adalah sewaktu-waktu perasaan nyeri tersebut dapat muncul dan dalam frekuensi yang berulang-ulang. Oleh karenanya, sangat disarankan selain menghindari berbagai makanan yang berpotensi membuat asam urat kambuh, seperti kacang-kacangan, kluwih maupun lainnya, sangat disarankan supaya kita mempunyai persediaan obat asam urat. Nah, sebelum mengetahui berbagai obat-obat asam urat yang bisa didapatkan di apotek, ada baiknya jika kita mengetahui apa sih sebenarnya asal muasal asam urat itu?

obat asam urat
obat asam urat

Asam urat adalah zat yang seharusnya dibuang oleh ginjal. Ketidakmampuan ginjal dalam membuang zat tersebut, membuat asam urat semakin hari semakin menumpuk. Alhasil, asam urat dalam jumlah yang tidak sedkit tersebut yang pada akhirnya menyebabkan nyeri-nyeri pada persendian. Perasaan nyeri akibat asam urat akan sangat mengganggu aktivitas, karenanya akan snagat baik jika kita mampu mngontrolnya supaya tidak mudah kambuh. Jika tidak, maka dengan terpaksa kita harus akrab dengan berbagai obat-obatan baik obat herbal maupun obat-obat konvensional yang bisa didapatkan di apotek. Berikut adalah beberapa obat asam urat yang ampuh dan bisa kita dapatkan di apotek terdekat dari rumah kita.

Berikut Ini Pilihan Obat Asam Urat Yang Bisa Menjadi Rekomendasi

OAINS (Obat Anti-Inflamasi Nonsteroid)

Obat asam urat yang ampuh dan bisa didapatkan di apotek adalah OAINS. OAINS atau yang lebih dikenal dengan kepanjangannya yakni Obat Anti-Inflamasi Nonsteroid adalah obat yang termasuk pada golongan obat penghilang nyeri, penghilang rasa sakit dan pereda peradangan. Sehingga ketika kita mengeluhkan rasa nyeri seperti nyeri pada bagian sendir hingga munculnya pembengkakan pada bagian ujung tubuh seperti ujung-ujung jempol kaki, maka OAINS yang pada umumnya diberikan adalah ibuprofen, napoxensodium, maupun indomethacin.

Untuk meredakan nyeri yang memang sudah parah, tidak jarang dokter akan meresapkan obat asam urat dengan dosis yang lebih tinggi. Meski demikian, tidak semua akan begitu. Sebab biasanya, resep dengan dosis yang lebih tinggi tersebut diberikan dokter pada penderita asam urat yang memang memiliki kadar asam urat tinggi. Dan guna mengantisipasi akan perkambuahan asam urat yang bisa sewaktu-waktu dialami penderita asam urat, dosis tersebut akan disesuaikan dengan dosis harian yang semakin kecil.

Colchicine

Obat asam urat yang bisa didapatkan di apotek berikutnya adalah colchine. Sama seperti OAINS (Obat Anti-Inflasi Nonsteroid) obat ini juga berguna untuk meredakan nyeri akibat asam urat. Sehingga ketika kita mengeluhkan nyeri pada sendi, selain obat-obatan seperti ibuprofen dan obat jenis OAINS lainnya, colchicine adalah obat yang bisa kita konsumsi untuk mengatasi keluhan tersebut.

Gejala-gejala asam urat yang muncul pada kita seperti nyeri hingga pembengkakan pada bagian ujung tubuh seperti ujung-ujung jempol kaki yang parah hingga disertai demam, dokter akan menyarankan kita untuk mengonsumsi dua tablet colchicine dalam sekali waktu. Dan untuk mencegah kambuhnya asam urat sewaktu-waktu, maka dosis pemakaian obat asam uratcolchicine akan dikurangi menjadi 1 hingga 2 tablet saja setiap harinya. Meski begitu, mengonsumsi obat ini secara terus menerus dlam jangka waktu yang panjang juga tidak dianjurkan. Hal ini karena obat ini mengandung efek samping seperti mual, muntah-muntah, hingga dalam kasus yang parah dapat mengganggu kesehatan dan fungsi normal ginjal.

Kortikosteroid

Obat asam urat yang bisa didapatkan di apotik berikutnya adalah kortikosteroid. Obat kortiskosteroid ini biasanya diberikan pada orang yang mengalami kambuhnya asam urat apablila OAINS dan colchicine yang diminum secara teratur pun tidak cukup lagi mampu mengurangi rasa nyeri akibat penyakit asam urat. Maka dari itu obat-obatan yang mengandung kortikosteroid ini akan digunakan sebagai obat pereda nyeri akibat asam urat yang sudah dalam kondisi parah tersebut

Jika gejala-gejala kambuhnya asam urat tidak dapat diredakan dengan OAINS maupun colchicine, biasanya dokter akan memberika resep untuk meminum obat yang mengandung kortikosteroid ini dengan dosis yang cukup tinggi pada awalnya lalu berangsur-angsur dosis itu dikurangi. Pengurangan dosis tersebut tidak secara langsung, melainkan dengan bertahap-tahap dalam beberapa minggu berjalan ketika mengonsumsi kortikosteroid. Obat asam urat ini dapat diberikan dalam bentuk oral yakni dimakan begitu saja melalui mulut maupun diberikan pada penderita asam urat dengan cara injeksi, yakni dengan menginjeksikan pada intravena maupun disuntikkan pada sendi-sendi yang sudah mengalami pembengkakan.

Fabuxostat

Obat asam urat yang bisa didapatkan di apotek berikutnya adalah feboxostat. Obat ini adalah obat ynag berfungsi untuk menghambat pembentukan asam urat dalam tubuh. Dengan menghambat tubuh memproduksi asam urat, maka akan meminimalisir terjadinya penumpukan asam urat pada sendi-sendiri ketika ginjal sudah tidak mampu secara sempurna membuang asam urat dalam urin. Sehingga, tidak jarang jika fabuxostat ini dijadikan sebagai obat untuk mencegah serangan nyeri pada sendi-sendi tubuh pada penderita asam urat.

Meski dengan berbagai manfaat tersebut, mengonsumsi obat asam urat dengan kandungan fabuxostat dengan dengan dosis tinggi dan dalam watu yang berkepanjangan juga tidak baik. Hal ini dikarenakan obat asam urat ini dapat memberikan efek samping pada tubuh, di antaranya ialah pusing, merasa tubuh menjadi kaku, hingga menyebabkan pembengkakan pada sendi. Dalam kasus yang serius, obat fabuxostat ini dapat menyebabkan sakit dada. Jika gejala tubuh demikian ini muncul pada tubuh kita, sangat dianjurkan utuk kita segera menghubungi dokter.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Pegloticase

Obat asam urat yang bisa didapatkan di apotek berikutnya adalah pegloticase. Sama seperti obat yang mengandung kartikosteroid, obat yang mengandung pegloticase akan diresepkan oleh dokter jika dengan mengonsumsi berbagai jenis obat asam urat lainnya tetap saja tidak meredakan atau mengatasi asam urat yang kita keluhkan. Karenanya, obat ini bukan sembarang obat yang bisa kita minum sebab harus sesuai dengan resep dokter. Sebab jika tidak demikian, salah-salah justru dapat membuat kita menemukan gejala-gejala tidak cocok maupun efek samping karena mengonsumsi obat pegloticase secara asal-asalan.

Demikian adalah beberapa jenis obat asam urat yang bisa didapatkan di apotek terdekat dengan rumah kita. Meski begitu, mengonsumsi obat-obatan tersebut tidak boleh sembarangan. Sebab alih-alih mendapatkan manfaat yakni untuk mencegah maupun mengobati asam urat, mengonsumsi obat-obatan tersebut dengan asal-asalan justru dapat berbahaya bagi tubuh kita. Karenanya, jika kita menemukan gejala-gejala kambuhnya asam urat, bijaknya langkah yang kita ambil adalah dengan segera menghubungi dokter dan mengonsultasikan keluhan tersebut dan meminta dibuatkan resep untuk meredakan nyeri akibat asam urat tersebut.

About Aziza Linda Verra

Check Also

gaya hidup sehat alami

Terapkan 10 Cara Berikut Untuk Gaya Hidup Sehat Alami

Terapkan 10 Cara Berikut Untuk Gaya Hidup Sehat Alami. Gaya hidup sehat tidak hanya tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *