5 Menu Makan Malam Untuk Diet Vegetarian yang Enak dan Mudah Dibuat

5 Menu Makan Malam Untuk Diet Vegetarian yang Enak dan Mudah Dibuat – Ada begitu banyak ragam diet yang biasa dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal dan salah satu jenisnya adalah diet vegetarian. Diet vegetarian adalah suatu upaya diet di mana sebagian besar makanan dan minuman yang dikonsumsi berasal dari produk nabati. Diet vegetarian sering disamakan dengan diet vegan, padahal sejatinya dua jenis ini punya perbedaan, lho. Untuk itu, baca terus artikel ini sampai habis agar kalian tidak salah kaprah antara diet vegetarian dan diet vegan!

Diet vegetarian dan diet vegan sebenarnya sama-sama menjadikan plant-based food sebagai menu makanan utama mereka. Kendati demikian, pelaku diet vegetarian masih tetap mengonsumi sejumlah kecil produk hewani seperti susu hewani atau telur. Sementara itu, pelaku diet vegan sama sekali tidak mengonsumsi produk hewani. Nah, dari sini kalian sudah paham bukan jika diet vegetarian dan diet vegan sebenarnya tidak identik? Oh ya, untuk pembahasan kali ini, kami telah merangkum resep menu-menu sederhana untuk kalian yang tengah melakukan diet vegetarian.

makan malam untuk diet
makan malam untuk diet

Inilah 5 Resep Makan Malam Untuk Diet Vegetarian yang Bisa Kalian Coba di Rumah

Salad Sayur

Menu makan malam untuk diet vegetarian yang paling umum adalah salad sayur. Sudah jadi rahasia umum bahwasannya konsumsi sayur-mayur adalah hal yang sebaiknya sering dilakukan untuk mempercepat penurunan berat badan. Hal ini dikarenakan sayur kaya akan serat sehingga dapat memperlancar pencernaan yang nantinya berimbas pada metabolisme tubuh yang cepat. Selain itu, karena kaya akan serat, sayur-sayuran dapat membuatmu kenyang lebih lama sehingga membantu mengontrol nafsu kalian untuk banyak makan, guys!

Adapun bahan-bahan untuk membuat salad sayur adalah kubis, selada, wortel, sebutir telur rebus, serta sedikit mayonaise dan minyak zaitun. Mula-mula pastikan kalian sudah mencuci bersih sayuran tersebut, lalu potong-potong kubis dan wortel sesuai selera, rebus. Sembari menunggu kubis dan wortel masak, kalian bisa menata selada di mangkuk dan memotong-motong telur rebus. Jika kubis dan wortel sudah matang, campurkan dengan irisan telur rebus dan selada di dalam mangkuk. Lalu, tambahkan satu sendok makan minyak zaitun dan sedikit mayonaise, aduk merata.

Tumis Bok Choy, Kentang dan Tempe

Bok Choy Pakcoy atau sawi sendok adalah jenis sayuran berikutnya yang bisa dijadikan menu makan malam untu diet. Selain rendah kalori, bok choy juga mengandung sederet zat gizi penting seperti protein, kalium, serat, vitamin A, vitamin C, dsb. Selanjutnya kentang di sini dapat berperan sebagai pengganti karbohidrat dengan kandungan kalori yang rendah. Sementara itu, tempe bersama-sama dengan bok choy menjadi sumber serat yang sehat. Nah, bahan untuk menumis bok choy, kentang dan tempe adalah bawang putih, bawang bombay, saos tiram, minyak zaitun, garam, gula.

Pertama, setelah mencuci bersih bok choy dan kentang yang telah dikupas, potonglah bok choy, kentang dan tempe sesuai keinginan. Kemudian, panaskan minyak zaitun dan tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan wangi. Setelah itu, masukkan potongan kentang dan tempe terlebih dahulu baru kemudian bok choy jika kentang dan tempe nampak sudah masak. Lalu, tuangkan saos tiram dan bubuhkan sedikit garam dan gula, aduk merata. Kini, kalian sudah bisa menghidangkan menu tumis ini di piring!

Cah kangkung dan Kentang Rebus

Selanjutnya kami punya menu cah kangkung yang bisa kalian jadikan makan malam untuk diet vegetarian. Kangkung merupakan sayuran tinggi serat dengan kandungan zat besi yang dapat membantu mengatasi gejala anemia. Selain itu, kangkung juga mengandung trigliserida yang secara efektif dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dalam mengonsumsi cah kangkung, kalian bisa menambahkan kentang rebus sebanyak 2 buah sebagai sumber karbohidrat. Bahan untuk membuat cah kangkung antara lain kangkung organik, bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah, kecap, garam, minyak zaitun.

Proses memasak cah kangkung diawali dengan mencuci bersih kangkung dan memisahkan daun dari tangkainya. Buanglah bagian tangkai yang sudah bertekstur agak alot. Setelah itu, panaskan minyak zaitun dan tumis bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai merah yang sudah diiris-iris. Jika sudah layu dan mengeluarkan aroma wangi, masukkan kangkung dan tambahkan sedikit air. Selanjutnya tutup wajan sampai tekstur kangkung sudah mulai layu baru tambahkan garam dan kecap, lalu aduk merata.

Tumis Brokoli Tahu Plus Kentang Rebus dan Jeruk

Brokoli adalah salah satu sayuran untuk asupan diet yang baik bagi tubuh. Selain kaya serat, brokoli juga kaya anti-oksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh. Sementara itu, tahu juga merupakan salah satu bahan pangan berserat yang memiliki kandungan kalori rendah sehingga baik dikonsumsi saat diet. Kombinasi tumis brokoli dan tahu dengan dua buah kentang rebus dan sebuah jeruk bisa jadi salah satu opsi makan malam untuk diet vegetarian. Untuk menu tumis ini, kalian butuh brokoli, tahu, garam, gula, bawang putih dan merah, cabe rawit, saos tiram, minyak zaitun.

Sama dengan cara memasak tumis lainnya, setelah mencuci bersih brokoli, potong-potonglah brokoli bersama tahu. Setelah itu, panaskan minyak zaitun lalu tumis bawang merah dan putih beserta cabe rawit yang sudah diiris sampai layu dan wangi. Kemudian, masukkan brokoli terlebih dahulu, tunggu beberapa menit lalu masukkan tahu. Setelah itu, tambahkan sedikit garam, gula, saos tiram, dan air, lalu aduk rata. Tunggu air hingga mendidih lalu hidangkan.

Perhatikan artikel lainnya disini.

Tumis Jagung Manis, Sawi dan Tahu, Plus Jus Apel

Menu makan malam untuk diet vegetarian yang terakhir dalam pembahasan kali ini adalah tumis jagung manis, sawi dan tahu. Kandungan nutrisi pada menu satu ini tergolong lengkap lho, guys. Pada satu porsi menu ini, kalian sudah bisa mendapatkan karbohidrat dari jagung, serat dari sawi, dan protein nabati dari tahu. Sebagai pelengkap, kalian juga bisa menyediakan jus apel untuk dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Adapun bahan yang diperlukan untuk menumis adalah minyak zaitun, bawang merah dan putih, tomat, cabe keriting, garam, gula.

Sebelum mulai menumis, kalian harus terlebih dahulu memisahkan biji jagung dengan bonggolnya. Setelah itu, potong-potong sawi dan tahu dengan ukuran sesuai selera. Kemudian, panaskan minyak zaitun dan tumislah bawang merah, bawang putih, cabe keriting dan tomat sampai layu dan wangi. Lalu, masukkan terlebih dahulu jagung manis ke dalam tumisan dan tambahkan sedikit air. Jika sudah setengah matang, barulah masukkan sawi dan tahu plus garam dan gula sebagai penyedap, lalu aduk-aduk hingga matang sempurna.

Begitulah 5 resep makan malam untuk diet bagi kalian yang tengah mengikuti program diet vegetarian. Semoga pembahasan kali ini dapat menjadi referensi alternatif makan malam untuk diet yang simpel, enak dan mudah dibuat. Jangan lupa untuk mengimbangi program diet kalian dengan olahraga yang cukup!

About Aziza Linda Verra

Check Also

Diet Alami Sehat

10 Manfaat Menjalankan Program Diet Alami Sehat Tanpa Efek Samping

10 Manfaat Menjalankan Program Diet Alami Sehat Tanpa Efek Samping. Mempunyai tubuh ideal adalah hal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *