5 Manfaat Tanaman Herbal untuk Kecantikan Paling Populer

5 Manfaat Tanaman Herbal untuk Kecantikan Paling Populer – Banyak tanaman herbal yang sebenarnya cocok digunakan sebagai bahan skincare atau perawatan kulit. Selain tidak memberikan dampak negatif pada tubuh jika digunakan secara berkelanjutan, tanaman herbal juga mudah di temukan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau.

Tentunya agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menggunakan tanaman herbal tersebut secara rutin, dibarengi dengan pola dan gaya hidup yang sehat. Daripada Anda menghabiskan uang Anda untuk perawatan yang mahal, menggunakan tanaman herbal akan lebih baik untuk kesehatan kulit, tubuh, serta kecantikan diri.

manfaat tanaman herbal untuk kecantikan
manfaat tanaman herbal untuk kecantikan

Perawatan menggunakan tanaman herbal bisa Anda lakukan di rumah, tanpa harus mengeluarkan banyak waktu dan modal. Khasiat manfaat tanaman herbal untuk kecantikan yang di dapatkan ketika menggunakan tanaman herbal akan membuat kecantikan asli paras Indonesia lebih menonjol.

Inilah beberapa hal yang paling banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan banyak kosmetik, serta telah digunakan sejak lama untuk merawat dan menjaga kecantikan asli masyarakat Indonesia.

Daun Waru

Pohon waru bisa Anda temui dengan mudah di pinggir jalan, terutama di daerah pedesaan. Tanaman waru jarang ditanam untuk dipelihara dan tumbuh liar di ladang, ditanam sebagai peneduh jalan, dan makanan untuk ternak. Ternyata daun dari pohon waru bisa digunakan untuk manfaat tanaman herbal untuk kecantikan merawat rambut agar tetap kuat dan hitam.

Kecantikan seorang perempuan tentu kurang lengkap jika hanya wajahnya saja yang dirawat, rambut yang menjadi mahkota perempuan juga harus dijaga kekuatan dan keindahannya. Anda bisa menggunakan daun waru untuk keramas menggantikan shampoo agar rambut Anda tidak mudah mengalami kerontokan.

Caranya juga cukup mudah, cukup dengan 10 lembar daun waru yang masih muda ditambah dengan segenggam tanaman urang-aring, lengkapi dengan 5 lembar daun mangkokan, serta selembar daun pandan. Potong kecil semua bahan, kemudian rebus dengan minyak kelapa dan minyak wijen. Oleskan minyaknya di rambut, diamkan sejenak kemudian bilas. Manfaat tanaman herbal untuk kecantikan ini akan menghemat pengeluaran Anda untuk membeli berbagai produk perawatan  rambut.

Kemangi

Umumnya kemangi ditanam untuk dikonsumsi, baik untuk lalapan atau dimasukkan dalam berbagai hidangan masakan. Tanaman ini ternyata memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, mulai dari menghilangkan aroma badan sampai digunakan untuk perawatan kecantikan.

Anda yang memiliki masalah kulit, seperti komedo dan jerawat bisa menggunakan kemangi sebagai alternatif pilihan. Selain itu manfaat tanaman herbal untuk kecantikan, Anda dapat menggunakannya untuk mengencangkan kulit wajah dan memudarkan bekas jerawat. Namun ternyata tidak banyak orang yang mengetahui manfaat kemangi yang satu ini.

Cukup tumbuk kemangi dan jadikan ia sebagai masker, kemudian tempelkan pada wajah yang berkomedo atau berjerawat. Tunggu sampai kering dan bilas menggunakan air yang bersih dan menggalir. Dengan menggunakan daun kemangi, Anda bisa mendapatkan kulit yang halus dan bersih.

Kunyit

Tanaman herbal lain yang bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk merawat kecantikan kulit dan badan adalah kunyit. Manfaat tanaman herbal untuk kecantikan tumbuhan yang satu ini memang terkenal karena memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai jamu untuk meningkatkan stamina. Ia bahkan bisa dicampurkan dengan bahan herbal lain dan digunakan sebagai obat alternatif.

Anda yang tidak ingin terkena kanker kulit bisa mengkonsumsi kunyit dan menggunakannya sebagai masker. Bahkan Anda bisa menggunakannya untuk antiseptic pada luka, sehingga luka tidak menyebar dan menimbulkan infeksi yang berkelanjutan.

Selain memiliki manfaat tanaman herbal untuk kecantikan, ia juga sering digunakan sebagai bumbu masakan. Kunyit juga bisa dikonsumsi untuk mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, sehingga lebih mudah dalam mengontrol rasa lapar. Tentunya harus dibarengi dengan olahraga yang seimbang dan pola hidup yang sehat.

Lidah Buaya

Saat ini lidah buaya memang sudah sulit ditemukan di daerah perkotaan, kecuali Anda memang menanamnya di pekarangan rumah Anda. Ukurannya yang tidak terlalu besar dan mudah dalam hal perawatan, bisa menjadi nilai lebih tanaman ini agar bisa menjadi salah satu tanaman yang Anda pelihara di kebun maupun pekarangan rumah.

Sejak dahulu kala lidah buaya memang sudah terkenal memiliki banyak khasiat yang tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, namun juga untuk kecantikan. Bahkan beberapa produk kecantikan menggunakan manfaat tanaman herbal untuk kecantikan lidah buaya sebagai bahan pembuatan produknya. Beberapa produk yang menggunakan lidah buaya adalah pelembab, moustrizer, handbody, bahkan hand sanitizer.

Anda dapat menggunakan ini sebagai bahan untuk merawat rambut. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa lidah buaya ampuh menumbuhkan rambut yang rontok dan menjaganya tetap kuat. Anda yang ingin kulit lebih halus dan cerah juga bisa menggunakan lidah buaya sebagai pelembab.

Sirih Merah

Anda mungkin sering menemui sirih merah sebagai salah satu tanaman hias yang dipelihara di pekarangan rumah. Selain manfaat tanaman herbal untuk kecantikan bentuknya yang menarik, ia juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Bagi penderita stroke, sirih merah bisa dikonsumsi secara rutin untuk mengatasi tekanan darah tinggi.

Berbeda untuk Anda yang mengalami masalah kesehatan, utamanya masalah bau badan. Mengkonsumsi air rebusan daun sirih akan meminimalisir bau keringat yang tidak sedap. Sehingga baju tidak mudah apek, serta keringat tidak terus menerus mengeluarkan bau kecut. Cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan sirih tanpa tambahan gula atau madu satu gelas dalam sehari.

Manfaat tanaman herbal untuk kecantikan lainnya dari daun sirih adalah mengatasi jerawat pada wajah dan anggota tubuh lain, serta mengatasi keputihan pada organ dalam wanita. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa menumbuk daun sirih merah dengan tambahan sedikit air, kemudian membalutkannya di area yang berjerawat.

Daun Pandan

Tumbuhan dengan daun berbentuk sirip memanjang ini memang memiliki aroma yang harum, sehingga sering dijadikan sebagai penghias beberapa makanan, menambah kesedapan masakan, dan digunakan untuk tujuan pengobatan herbal.

Dibalik manfaat tanaman herbal untuk kecantikan daun pandan tersebut, ternyata ia juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat pada wajah dan bagian tubuh lain, seperti punggung, leher, tengkuk. Anda bisa menggunakannya sebagai masker untuk mengempeskan dan menghilangkan bekas jerawat tersebut.

Siapkan daun pandan dengan ukuran sedang dan tidak terlalu tua, tambahkan setengah sendok madu, setengah jeruk nipis, seperempat sendok minyak zaitu, serta pisang. Peras daun pandan ini bisa digunakan secara maksimal. Kemudian campurkan dengan bahan lain untuk dijadikan sebagai masker untuk mengobati jerawat.

Baca juga artikel lain disini

Dengan menggunakan manfaat tanaman herbal untuk kecantikan tanaman herbal, Anda turut membantu memperkenalkan tanaman lokal sebagai salah satu sumber untuk pengobatan alternatif dan perawatan tubuh. Jika Anda memiliki sense dan jiwa bisnis yang tinggi, Anda bisa memanfaatkan tanaman herbal tersebut untuk membuat produk kecantikan baru, yang tidak memberikan efek negatif pada tubuh.

Itulah informasi dan ulasan singkat mengenai manfaat tanaman herbal untuk kecantikan. Dari sekarang, Anda bisa menanam beberapa tumbuhan tersebut di pekarangan Anda sebagai penghias rumah dan bahan baku untuk merawat kecantikan diri.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *