5 Manfaat Sayur Kol Dan Bahayanya Bagi Tubuh

5 Manfaat Sayur Kol Dan Bahayanya Bagi Tubuh – Sayuran terkenal memiliki kandungan yang kaya akan manfaat bagi tubuh. Berbagai vitamin mulai dari A sampai K, serat, kalsium, kalium, dan sebagainya. Sayuran juga menjadi makanan yang wajib untuk ada dalam menu sehari-hari. Bahkan makanan ini masuk ke dalam menu yang dikenalkan sejak kecil yang bernama 4 sehat 5 sempurna.

Ternyata sayuran dapat menyimpan bahaya bagi mereka yang mengkonsumsinya. Bahaya tersebut dikarenakan beberapa sebab, diantaranya karena jumlah konsumsi sayur yang melebihi batas, sayuran tersebut mengandung zat yang dapat membahayakan tubuh yang terselip, cara mengolah sayur yang salah, dan sebagainya. Bahaya tersebut dapat diminimalisir dengan berbagai cara tergantung dari penyebab adanya kandungan berbahaya tersebut.

Salah satu jenis sayuran yang memiliki manfaat sekaligus bahaya sekaligus adalah sayur kol. Sayur ini lebih populer di sebagian daerah dengan nama kubis atau kobis. Makanan ini juga memiliki tiga warna sayur yang berbeda, yaitu ungu, putih, dan hijau. Berikut merupakan 5 manfaat sayur kol dan bahayanya bagi tubuh yang terangkum dalam artikel ini.

manfaat sayur kol dan bahayanya
manfaat sayur kol dan bahayanya

Manfaat Sayur Kol Dan Bahayanya

Mencegah Kanker

Kubis memiliki kandungan Vitamin A, B, C, dan K, folfat, potasium, dan magnsium yang dapat membatu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Kerusakan sel tersebutlah dapat menyebabkan datangnya penyakit yang berbahaya seperti kanker. Kandungan antioksidan dan vitamin alami yang dimiliki sayur kol dapat memberikan manfaat untuk mencegah penyakit berbahaya seperti kanker tanpa adanya obat kimia sama sekali.

Menjaga Kesahatan Otak

Kandungan vitamin K, yudium, dan antosianin merupakan zat-zat yang dapat membantu meningkatkan produktivitas otak dan kandungan tersebut dimiliki oleh sayur kol ini. Otak sendiri merupakan pusat syaraf yang menggerakan seluruh organ tubuh. Untuk itu menjaga kesehatan otak agar tetap dapat bekerja dengan baik maka haruslah mengkonsumsi makanan yang memberikan efek yang baik. Namun, jangan mengkonsumsi sayur kol secara berlebihan untuk mendapatkan manfaat sayur kol dan bahayanya dapat terhindarkan.

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah yang berarti dalam tubuh bahkan puncak tertingginya tekanan darah yang tidak normal dapat mengancam jiwa. Banyak cara untuk menghindari penyakit ini, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi yang stabil.

Mengkonsumsi sayur kol merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tekanan darah yang stabil. Sayur kol memiliki kandungan antosianin. Kandungan tersebut dapat antu arteri darah untuk menjadi lebih lentur. Sehingga dapat menghindari penyumbatan darah pada arteri. Kelenturan arteri tersebut juga membuat darah menjadi lebih terkontrol. Kandungan tersebut tentunya menjadi manfaat sayur kol dan bahayanya akan didapatkan apabila anda slah dalam memasak atau megkonsumsi dengan jumlah yang berlebih.

Menjaga Kecantikan

Bagi anda yang ingin mendapatkan kecantikan alami, sayur kol dapat dijadikan alternatif, karena sayur kol memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu kulit agar terhindar dari radikal bebas dan mengantisipasi adanya kerusakan kulit. Sayur kol juga dapat membantu mengatasi masala sebagian wanita Indonesia, yaitu jerawat. Hal tersebut dikarenakan sayur kol juga memiliki kandungan antibakteri yang cukup tinggi.

Menjaga Kekuatan Rambut

Bagi anda yang memiliki tipikal rambut yang rontok dan kering, sayur kol dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan belerang dan antioksidan yang dimiliki dari sayur kol tersebutlah yang dapat membantu untuk menjaga kekuatan rambut. Kandungan tersebut merupakan manfaat sayur kol dan bahayanya apabila digunakan secara berlebih. Kandungan tersebut juga dapat mendukung rambut untuk lebih halus, sehat, dan berkilau. Sayur kol juga dapat dijadikan sebagai masker yang dapat membantu memberikan nutrisi rambut secara lebih cepat.

Bahaya Sayur Kol

Meskipun sayur kol memiliki banyak manfaat kandungan yang baik bagi tubuh, namun sayur ini ternyata dapat menimbulkan bahaya juga di dalam tubuh. Kandungan tersebut dapat memberikan bahaya dalam tubuh yang dapat menimbulkan penyakit baik itu penyakit ringan maupun penyakit berat.

Membuat Perut Kembung

Sayur kol memiliki kandungan riffinose yang cukup tinggi. Riffinose tersebut dapat menyebabkan perut kembung. Hal tersebut disebabkan meskipun kol merupakan bagian dari sayuran, akan tetapi sayuran yang satu ini lebih sulit untuk dicerna oleh tubuh yang erbeda dengan banyak jenis sayuran lainnya. Sulitnya dicerna tersebut juga disebabkan oleh kandungan karbonhidrat kompleks. Karbonhidrat tersebut memberikan manfaat sayur kol dan bahayanya dapat mengancam pencernaan.

Berbagai kandungan tersebut menimbulkan gas. Gas yang terlalu banyak akan membuat perut menjadi kembung. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan mengkonsumsi kol dalam jumlah yang banyak. Disarankan batas maksimal sebanyak satu mangkuk atau sekitar 2,5 ons dalam satu hari.

Mengganggu Penyerapan Yodium

Manfaat sayur kol dan bahayanya memang seimbang. Sayur kol apabila tidak dimasak atau dimakan secara mentah langsung dapat menimbulkan zat kimia yang bernama goitrogens. Zat tersebut dapat mempengaruhi penyerapan yudium dalam tubuh menjadi berkurang. Padahal yodium memiliki fungsi penting di dalam tubuh.

Zat atau senyawa tersebut dapat hilang dengan cara memasak sayur kol hingga matang dan menjadi lunak. Dengan begitu senyawa tersebut akan hilang sejalan dengan proses pemanasan dalam proses pemasakan. Meskipun sayur kol mentah tetap nikmat untuk dikonsumsi dan memiliki beberapa kandungan yang memeberikan manfaat bagi tubuh.

Meningkatkan Resiko Sakit Jantung

Bagi anda yang suka menikmati sayur kol dengan cara digoreng, ternyata hal tersebut juga menimbulkan resiko yag dapat membahayakan tubuh. Proses penggorengan yang dilakukan tersebut tidak menghilangkan beberapa manfaat sayur kol dan bahayanya memiliki kandungan kolestrol jahat atau yang biasa disebut dengan LDL yang cukup tinggi. Lemak jahat tersebut apabila menumpuk dapat mendatangkan serangan penyakit jantung.

Obesitas

Kandungan lemak jahat yang terdapat pada sayur kol dengan proses penggorengan dapat menumpuk secara terus-menerus. Tumpukan tersebut menjadikan tubuh akan menjadi lebih lebar atau dengan kata lain obesitas.

Manfaat sayur kol dan bahayanya tersebut dapat dihindari dengan cara menghindari proses memasak kol yang menggunakan cara digoreng, akan lebih bijak lagi jika anda memasak sayur ini melalui proses dikukus atau direbus.

Simak artikel lainnya disini.

Hal ini untuk menghindari tumpukan minyak jahat tersebut. Mengingat apabila dibiarkan obesitas memiliki resiko lebih dalam menderita penyakit lain seperti penyakit kolestrol dan diabetes.

Manfaat sayur kol dan bahayanya menjadi satu kesatuan yang perlu dipertimbangkan. Mengingat setiap sayuran memiliki dua sisi berbeda yang berlainan, termasuk dalam setiap menu yang disajikan dengan menggunakan sayur kol ini. Akan sangat bijak jika anda meminimalisir bahaya dengan memasak sayur kol dengan benar dan tepat. Penting juga bagi anda untuk memahami kandungan yang terdapat dalam sayuran atau makanan lain yang ingin anda konsumsi. Hal tersebut dimaksudkan untuk tetap menjaga kesehatan anda agar tetap stabil dan sehat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *