6 Makanan Pengganti Protein Shake untuk Diet

By

Sumbersehat.com – Dalam proses penurunan berat badan, protein sangat dibutuhkan sekali. Banyak orang yang menempuh jalan pintas untuk menggunakan protein shake. Namun tak banyak juga yang mencari pengganti protein shake untuk diet.

Anda bisa mencari pengganti protein shake bisa dengan mencari cara membuat protein shake untuk diet  dari bahan makanan berprotein tinggi. Salah satu alternatif pengganti protein shake  ini menjadi jalan keluar bagi orang orang yang ingin mendapatkan protein yang tinggi dari berbagai sumber makanan.

pengganti protein shake untuk diet

Daftar Isi Halaman

Inilah Makanan Pengganti Protein Shake untuk Diet

Makanan pengganti protein shake untuk diet yang memiliki kandungan protein tinggi diantaranya:

Seafood

Beberapa makanan laut atau seafood sangat terkenal dengan makanan yang kaya gizi dan vitamin, salah satunya adalah protein. Anda bisa dengan mudah memperoleh protein dari berbagai makanan laut. Nah dengan ini anda bisa menjadikannya sebagai pengganti protein shake untuk diet.

Salah satu seafood yang baik untuk diet yaitu ikan salmon. Meskipun ikan salmon memiliki lemak yang lebih tinggi dari seafood lain, namun ikan salmon ini kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega 3 akan meningkatkan sensitivitas insulin bagi penderita penyakit diabetes.

Pembakaran lemak bisa dioptimalkan dengan bantuan omega 3. Sehingga, berat badan akan lebih cepat turun. Selain ikan salmon, seafood yang bisa sebagai pengganti protein shake untuk diet adalah ikan tuna. Ikan tuna lebih sedikit mengandung lemak.

Namun, kandungan asam omega 3 pada tuna tidak kalah tinggi dari ikan salmon. Cara membuat protein shake untuk diet dari ikan tuna maupun ikan salmon, anda bisa memanggang atau pun langsung memakannya. Biasanya salmon mentah digunakan  juga sebagai isian dari makanan sushi.

Ayam

Ayam merupakan makanan yang sangat populer bagi semua orang. Daging ayam sangat mudah ditemukan diberbagai tempat perbelanjaan dari pasar tradisional hingga supermarket. Nah, ternyata ayam juga pengganti protein shake untuk diet lho.

Salah satu bagian dari ayam yang mengandung protein tinggi yaitu dada ayam. Tentu saja bagian yang dimaksud adalah daging dada ayam tanpa kulitnya. Karena kulit ayam mengandung lemak jahat sangat banyak, sehingga dapat memicu kolesterol tinggi.

Cara membuat protein shake untuk diet daging dada ayam ini sangat mudah. Anda bisa membuatnya menjadi daging panggang. Atau dengan cara dikukus saja daging ini sudah terasa sangat nikmat. Jika anda suka, anda bisa mencampurkan daging dada ayam ini ke dalam sop.

Yogurt dan keju

Sudah sangat populer jika keju dan yogurt merupakan sumber protein yang tinggi. Anda bisa menggunakan keju dan yogurt sebagai bahan makanan pengganti protein shake untuk diet.

Apalagi yogurt dan keju ini sangat mudah dijumpai dan ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, yogurt dan susu memiliki kandungan kalsium dan juga vitamin D.

Kedua vitamin dan mineral itu sangat dibutuhkan bagi tubuh apalagi ketika proses penurunan berat badan atau diet. Cara membuat protein shake untuk diet dari yogurt dan susu ini anda cukup mengkonsumsinya pada pagi hari atau malam hari.

Telur

Pengganti protein shake untuk diet yang paling murah dan paling mudah didapat adalah telur. Telur Memiliki banyak sekali kandungan protein di dalamnya. Apalagi bagian telur yang berwarna kuning. Beberapa telur yang tinggi protein yaitu telur puyuh dan juga telur ayam kampung.

Dalam pengolahannya, cara membuat protein shake untuk diet dari telur ini tidak boleh digoreng. Jika anda mengolah telur ketika sedang diet, anda hanya bisa mengolahnya dengan cara merebus atau mengukus. Anda boleh menggoreng telur namun tanpa minyak sedikit pun.

Kacang merah

Makanan yang mengandung protein tinggi tidak hanya berasal dari makanan hewani saja. Sebagai vegetarian anda juga bisa mendapatkan pengganti protein shake untuk diet dari kacang tanah. Kacang tanah juga memiliki kandungan protein yang tidak kalah tinggi.

Setengah cangkir kacang merah mengandung protein sama dengan 30 gram daging. Cukup banyak bukan? Selain protein kacang juga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama. Salah satu cara membuat protein shake untuk diet yaitu menjadikannya sup.

Broccoli

Salah satu sayuran yang dapat dijadikan pengganti protein shake untuk diet yaitu brokoli.  Selain protein, brokoli juga memiliki kandungan kalium, serat, vitamin k dan juga vitamin c.

Brokoli juga bermanfaat karena dapat melindungi tubuh anda dari kanker. Brokoli adalah sayuran yang mengandung protein tertinggi. Salah satu cara membuat protein shake untuk diet yaitu menjadikannya sebagai campuran sup. atau juga bisa hanya direbus saja.

Nah, itu semua beberapa bahan makanan pengganti protein shake untuk diet. Cobalah untuk membantu anda menurunkan berat badan sesuai yang diinginkan.

Tinggalkan komentar