5 Makanan Diet Alami Untuk Ibu Menyusui Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

5 Makanan Diet Alami Untuk Ibu Menyusui Yang Bisa Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat. Terkadang ibu merasa jengkel karena berat badan tidak kunjung turun padahal sudah melahirkan. Tidak sedikit yang menyebutkan jika diet terbaik pasca melahirkan adalah menyusui karena berat badan cepat menyusut mengingat terus disedot oleh bayi. Sayangnya tidak sedikit yang gagal total dengan diet ini.

Akhirnya, tidak sedikit yang mencoba diet alami untuk menurunkan berat badan di masa menyusui. Meskipun diet ini diperbolehkan oleh dokter, tapi ada catatan yang perlu diperhatikan di sini. Anda yang melakukan diet jangan terlalu ketat. Pasalnya jika terlalu ketat, kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak bisa terpenuhi yang akhirnya malah merugikan ibu dan sang bayi sendiri.

Coba saja diet alami untuk ibu menyusui. Diet ini cocok untuk ibu menyusui, terlebih jika diterapkan di 6 bulan pertama tanpa mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Caranya seperti apa? Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan diet terbaik dan alami selama masa menyusui. Makanan ini tidak mengurangi nutrisi yang masuk ke tubuh tapi hasilnya berat badan bisa menurun.

diet alami untuk ibu menyusui
diet alami untuk ibu menyusui

Daftar Makanan Terbaik Untuk Diet Alami Bagi Ibu Menyusui

Bagi yang masih pemula, di artikel ini kita akan membahas mengenai daftar makanannya. Supaya bisa langsung mencoba, berikut daftar makanan yang dimaksud;

Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan makanan terbaik untuk diet alami pertama yang harus dikonsumsi oleh ibu menyusui. Sayuran sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh ibu dan bayi. Pasca melahirkan, ibu membutuhkan gizi yang baik untuk dirinya dan si bayi. Mengonsumsi sayuran hijau bisa menjadi pilihan terbaik karena kaya akan antioksidan. Sayuran hijau juga menjadi menu terbaik diet alami untuk ibu menyusui.

Contoh sayuran hijau yang bisa dikonsumsi seperti buncis, katuk, brokoli, bayam, katuk dan sebagainya. Dalam sayuran hijau, Anda bisa menemukan vitamin A, zat besi dan vitamin C yang bisa menjaga daya tahan tubuh bayi dan ibu menyusui. Lantas bagaimana untuk menurunkan berat badan? Apakah konsumsi sayuran hijau juga efektif untuk dilakukan?

Tidak usah khawatir karena sayuran hijau itu rendah kalori yang membuat makanan ini sangat bagus untuk menurunkan berat badan tanpa mengurangi produksi dan kualitas ASI. Bukan hanya makanan diet alami untuk ibu menyusui saja, sayuran hijau juga membuat kulit ibu tambah cerah, kenyang dan sehat. Anda bisa mengolah sayuran hijau dengan di sayur benih atau dijadikan jus.

Madu

Madu adalah makanan lain yang bisa digunakan untuk menambah keampuhan diet alami yang Anda lakukan pasca melahirkan. Madu dapat dijadikan sebagai pengganti gula karena sifatnya yang manis alami serta terbilang sangat sehat untuk dikonsumsi. Di masyarakat Indonesia, madu menjadi obat terbaik, paling aman dan alami untuk menyembuhkan sakit tenggorokan dan juga demam.

Untuk diet, ibu menyusui bisa mengolah berbagai olahan dari bahan dasar madu. Contohnya seperti teh madu atau jahe madu. Madu menjadi sarana terbaik diet alami untuk ibu menyusui tanpa mengurangi produksi ASI. Untuk hasil terbaik saat diet, Anda juga bisa menambahkan madu dengan campuran kayu manis atau susu.

Manfaatnya bisa menstimulasi produksi ASI sehingga lebih lancar dan banyak. Tak hanya soal kuantitas saja, campuran madu ini juga menambah kualitas ASI yang diproduksi. Anda bisa mengonsumsi madu setiap pagi hari atau malam hari sebelum tidur. Pastikan menggunakan air hangat agar khasiat madu bisa lebih terasa.

Beras merah

Makanan lain yang bisa dikonsumsi selama melakukan diet alami adalah beras merah. Sumber karbohidrat ini memiliki keunggulan sendiri dibanding nasi yang sering dikonsumsi setiap hari. Dimana memiliki kandungan yang rendah kalori tapi tinggi akan serat. Jadi wajar jika beras merah menjadi menu makanan terbaik diet alami untuk ibu menyusui yang sedang Anda jalani.

Umumnya, masalah yang kerap dialami ibu menyusui adalah nafsu makan yang tinggi tapi jarum timbangan terus mengarah ke kanan. Bagi ibu yang tidak mau merelakan nasi yang tinggi kalori, Anda bisa menggantinya dengan nasi merah. Nasi merah menjadi bahan makanan yang mengandung kalori rendah sehingga bagus untuk program diet yang sedang Anda lakukan.

Meskipun begitu, nasi merah memiliki kandungan serat tinggi. Jadi nasi merah bisa membuat ibu menyusui mempunyai banyak energi tapi tetap terjaga ketika menyusui. Asupan kalori yang tepat saat diet alami untuk ibu menyusui ini membuat produksi ASI tetap terjaga dengan baik. Bahkan kualitas ASI yang dihasilkan lebih baik.

Kacang-kacangan

Berikutnya ada kacang-kacangan yang harus dikonsumsi ibu menyusui selama masa diet dilakukan. Pastinya ibu ingin menurunkan berat badan tanpa mengurangi produksi ASI yang dihasilkan tubuh bukan?Jika iya, Anda bisa menambahkan kacang-kacangan untuk menu diet yang sedang dijalankan.

Kacang-kacangan umumnya mengandung zat besi yang bisa meningkatkan produksi ASI. Jadi selama diet alami untuk ibu menyusui, produksi dan kualitas ASI tidak terganggu. Contoh kacang-kacangan yang disarankan adalah kacang merah atau kacang hitam. Keduanya menjadi makanan terbaik bagi Anda yang sedang menerapkan diet alami ibu menyusui.

Kacang-kacangan mempunyai sifat yang rendah lemak, rendah kalori serta tinggi serat. Tidak heran jika kacang-kacangan sangat cocok untuk menemani waktu santai ibu menyusui. Kacang-kacangan lain yang disarankan untuk dikonsumsi adalah kacang kedelai, kacang panjang, kacang hijau, kacang almond, kacang merah dan sebagainya.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Susu rendah lemak

Meskipun susu terkadang digunakan untuk menaikkan berat badan, tapi susu yang rendah lemak sangat bagus untuk minuman diet alami untuk ibu menyusui. Mengonsumsi susu bukan hanya bagus untuk bayi saja tapi juga untuk ibu menyusui. Banyak produk susu yang bisa ditemui di pasar tapi pastikan memilih susu yang rendah lemak untuk program diet yang sedang Anda lakukan.

Dibanding konsumsi susu full cream, ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi yogurt. Susu yang rendah lemak biasanya mengandung vitamin D dan juga kalsium untuk memenuhi kebutuhan harian ibu dan bayi. Kandungan vitamin D juga membantu tulang untuk tumbuh dengan baik. jadi menurunkan risiko terjadinya masalah tulang pada bayi dan ibu di masa depan.

Begitu juga dengan kalsium yang biasanya dimanfaatkan untuk menambah daya kembang dan daya tumbuh si buah hati. Wajar selama melakukan diet alami untuk ibu menyusui, ibu jangan sampai lupa mengonsumsi susu. Ingat, Anda tidak boleh konsumsi susu sembarangan agar ASI tidak terganggu produksinya.

Diet alami sering dilakukan banyak pihak untuk menurunkan berat badan, termasuk ibu menyusui. Dibanding harus menunggu 6 bulan selama pemberian ASI eksklusif, tidak sedikit yang menerapkan diet alami untuk ibu menyusui. Boleh saja tapi jangan terlalu ketat ya, karena mempengaruhi kebutuhan nutrisi juga. Jangan lupa selalu olahraga untuk hasil diet yang lebih optimal.

About Aziza Linda Verra

Check Also

diet alami sehat

Diet Alami Sehat Dengan Metode GM Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu

Diet Alami Sehat Dengan Metode Gm Serta Berbagai Menu Dalam 1 Minggu. Anda memiliki berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *