5 Macam Obat Sakit Gigi Apotek yang Bisa Anda Beli Bebas Dimana Saja  

By

5 Macam Obat Sakit Gigi Apotek yang Bisa Anda Beli Bebas Dimana Saja – Semua orang bisa saja mengalami sakit gigi. Rasa sakit yang ditimbulkan bukan saja membuat kita tidak bisa makan dan tidur, tapi juga pasti akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Sakit gigi juga bisa menimbulkan komplikasi lanjutan seperti sakit kepala, dan nyeri pada gusi dan pipi. Seperti kita ketahui, banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit gigi, misalnya gigi sensitif, gigi berlubang, sinus, gigi retak (fraktur), dan penyakit autoimun.

Pada beberapa kasus yang parah, sakit yang menyerang gigi bukan saja menyebabkan rasa sakit di kepala dan area gusi serta pipi. Beberapa penderita bahkan sampai mengalami panas badan yang tinggi dan badan menggigil. Panas tinggi bisa jadi merupakan pertanda adanya infeksi, dan kalau sudah dalam kondisi ini maka jangan menunda-nunda lagi, segeralah periksakan gigi Anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik.

obat sakit gigi apotek
obat sakit gigi apotek

 

Berikut obat sakit gigi apotek yang dapat Anda beli dengan bebas tanpa resep dokter dan terbukti mampu mengatasi keluhan sakit gigi :

Ponstan

Obat ini sering digunakan untuk meredakan rasa nyeri mulai ringan hingga sedang, seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, nyeri haid, dan nyeri setelah operasi. Ponstan mengandung asam mefenamat, obat yang termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Asam mefenamat yang terkandung di dalam Ponstan bekerja dengan cara menghambat kerja emzim siklooksigenase (COX), yaitu enzim yang berfungsi untuk mmbantu pembentukan prostaglandin saat terjadinya luka. Hormon prostaglandin yang meningkat dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Dengan menghambat enzim COX, produksi prostaglandin akan berkurang sehingga rasa sakit dan peradangan akan mereda.

Namun perlu diperhatikan saat mengkonsumsi obat sakit gigi ini. Karena ponstan tidak selektif untuk menghentikan peradangan, obat ini dapat menimbulkan efek samping yaitu memicu produksi asam lambung. Penggunaan obat ini tidak disarankan untuk anak-anak dan ibu hamil serta menyusui. Jangan berikan kepada pasien yang alergi terhadap asam mefenamat, aspirin, atau OAINS lainnya seperti ibuprofen, celecoxib. Hindari pemberian obat kepada penderita liver, jantung dan ginjal. Karena obat ini membawa efek mengantuk, maka jangan lakukan kegiatan mengemudi setelah mengkonsumsinya.

Ibuprofen

Ibuprofen termasuk obat sakit gigi yang sering dikonsumsi selain ponstan. Obat ini termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang sering digunakan untuk mengurangi peradangan dan nyeri akibat gigi berlubang. Sama halnya dengan ponstan, ibuprofen bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Ibuprofen dapat Anda temui dalam bentuk kapsul, obat tetes topical, dan tablet kunyah.

Perhatikan cara konsumsi dan dosis saat menggunakan obat sakit gigi apotek ini. Penggunaan obat tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui, juga untuk pasien yang mempunyai penyakit hati, ginjal, dan jantung. Hindari mengemudi atau melakukan kegiatan yang membutuhkan kewaspadaan karena obat ini dapat menyebabkan kantuk. Pada beberapa orang, ibuprofen dapat menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Disarankan untuk menggunakan tabir surya selama mengkonsumsi obat ini.

Antalgin

Antalgin termasuk obat sakit gigi yang tergolong dalam OAINS yang berfungsi sebagai pereda rasa sakit (analgetik), anti inflamasi, dan juga sebagai penurun demam (anti piretik). Selain mengatasi sakit gigi, obat ini bisa digunakan untuk mengatasi sakit kepala dan rasa nyeri saat menstruasi. Cara kerja Antalgin adalah dengan menghambat pembentukan prostaglandin, yaitu hormon yang dapat memicu peradangan, rasa nyeri, dan demam.

Hindari menggunakan obat sakit gigi apotek ini jika Anda alergi terhadap bahan yang terkandung di dalam obat ini. Jika terjadi reaksi alergi, segera hubungi dokter. Minumlah obat saat Anda sudah makan, karena antalgin dapat merangsang produksi asam lambung. Saat mengkonsumsinya jangan meminum antalgin bersama dengan obat analgetik dan atau antipiretik lainnya. Meski belum ada penelitian mengenai pengaruhnya, sebaiknya ibu hamil dan menyusui tidak mengkonsumsi obat ini. Antalgin dapat memberikan efek mengantuk, oleh karenanya setelah mengkonsumsi obat ini jangan berkendara atau melakukan pekerjaan yang membutuhkan kewaspadaan.

Dentasol

Apabila anak Anda mengalami sakit gigi dan Anda kesulitan saat memberinya obat minum untuk pereda nyeri, maka Dentasol adalah obat sakit gigi yang dapat dijadikan alternatif untuk mengobatinya. Obat sakit gigi ini berbentuk gel atau cairan yang dapat diaplikasikan dengan mudah yaitu dengan cara mengoleskannya ke area gigi yang sakit dengan menggunakan jari atau kapas. Anak tidak akan menolak karena tidak akan merasakan pahit seperti obat minum biasanya.

Dentasol dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi, radang gusi, sariawan, juga sakit yang ditimbulkan akibat rangsangan gigi yang baru tumbuh. obat ini mengandung zat bius lokal dengan antiseptik yang dapat diaplikasikan secara langsung pada gigi yang sakit. Dentasol juga mengandung zat yang bersifat bakterisidal dan fungisidal pada bateri dan jamur sehingga obat sakit gigi apotek ini dapat digunakan untuk infeksi ringan yang diakibatkan bakteri dan jamur.

Dentasol bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak di atas 2 tahun. Perhatikan dosis dan petunjuk pemakaiannya. Umumnya obat ini dioleskan ke area yang sakit degan menggunakan kapas 1-2 tetes setiap 3-4 jam sekali. Sebaiknya hindari penggunaan obat untuk ibu hamil dan menyusui karena belum ada penelitian mengenai pengunaannya. Apabila muncul gejala-gejala alergi seperti ruam merah dan pembengkakan di wajah, segera hentikan penggunaan obat dan konsultasikan ke dokter.

Cataflam

Cataflam adalah obat sakit gigi apotek yang sering digunakan untuk meredakan keluhan akibat sakit gigi. Obat ini termasuk golongan OAINS, mengandung kalium diklofenak yang bersifat analgesik dan mampu meredakan rasa nyeri. Kalium diklofenak bekerja dengan menghambat hormon prostaglandin, yaitu hormon yang dapat menyebabkan peradangan dan rasa nyeri, oleh karenanya cataflam sering digunakan untuk mengurangi nyeri akibat haid, serta penyakit peradangan seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Perhatikan dosis dan cara pemakaian yang tertera di dalam label kemasan. Jangan berikan pada pasien yang memiliki alergi terhadap obat-obatan golongan OAINS. Hindari mengkonsumsi obat saat perut sedang kosong, karena obat ini dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jangan berikan pada pasien yang menderita penyakit jantung dan stroke. Konsultasikan ke dokter sebelum mengkonsumsi obat ini bila Anda adalah penderita asma, penyakit ginjal, atau liver.

Perhatikan juga artikel menarik yang lainnya disini.

Demikianlah beberapa obat sakit gigi apotek yang dapat dijadikan alternatif untuk meredakan rasa nyeri yang menyerang pada gigi dan gejala yang menyertainya. Perlu diketahui bahwa semua obat itu hanya mampu meredakan rasa sakitnya, dan bukan menyembuhkannya. Anda tetap harus melakukan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik dan dan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan gigi Anda.

Meskipun obat sakit gigi apotek dapat dengan mudah Anda peroleh di apotek tanpa resep dokter, alangkah baiknya kalau Anda menjaga kesehatan gigi sejak dini agar terhindar dari sakit gigi dan gigi berlubang. Rajinlah menggosok gigi minimal dua kali sehari sehabis makan dan sebelum tidur untuk menghilangkan sisa makanan yang dapat menjadi tempat berkembangnya kuman. Lakukan kontrol ke dokter gigi minimal enam bulan sekali untuk mengetahui kondisi terkini dari gigi dan gusi Anda.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar