5 Jenis Olahraga Sehat Ibu Hamil, Nomor 3 Paling Gampang

5 Jenis Olahraga Sehat Ibu Hamil, Nomor 3 Paling Gampang – Sangat penting untuk tetap memelihara kebugaran saat sedang hamil dengan cara berolahraga. Beberapa dokter mengungkapkan, olahraga yang dilakukan oleh wanita yang sedang hamil sangat penting dilakukan untuk memperlancar proses melahirkan. Selain itu olahraga ini penting untuk menjaga kebugaran tubuh agar tidak gampang loyo juga mengurangi risiko kegemukan yang bisa menyebabkan komplikasi saat hamil dan melahirkan.

Melakukan kegiatan olahraga ringan selama 30 menit setiap hari, dapat membantu mengurangi beberapa keluhan yang sering dialami saat hamil seperti sakit punggung dan lelah yang berlebihan. Kegiatan olahraga juga membantu pelepasan hormon endorfin yang membuat ibu hamil merasa tenang dan bahagia. Ibu hamil juga dapat melakukan kegiatan olahraga dengan intensitas sedang 2-3 kali seminggu, tapi tentu saja untuk melakukannyaharus berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan.

Meski demikian, tidak semua kegiatan olahraga bisa dilakukan oleh ibu hamil. Perhatikan batasan energi, jangan paksakan diri saat melakukan olahraga sehat ibu hamil agar tidak terlalu lelah. Apabila udara sangat panas, hindari melakukan olahraga hingga kehausan karena dapat mengakibatkan kekurangan cairan (dehidrasi). Dehidrasi dapat berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandung. Berikut akan diulas beberapa contoh kegiatan olahraga ringan yang bisa dilakukan dengan aman dan menyenangkan oleh ibu hamil:

olahraga sehat ibu hamil
olahraga sehat ibu hamil

Berenang, Olahraga Sehat Ibu Hamil Anti Keringat

Berenang sangat bagus untuk ibu hamil. Selain tidak perlu mengeluarkan keringat, berendam di dalam air memberikan sensasi yang menyegarkan dan menenangkan sehingga dapat meningkatkan mood ibu hamil. Olahraga air juga tidak terasa berat karena massa tubuh akan berkurang sehingga ibu hamil tidak terlalu capek karena tidak perlu menopang berat tubuh saat bergerak di dalam air.  

Banyak keuntungan yang diperoleh dengan melakukan aktivitas berenang sebagai olahraga sehat ibu hamil, di antaranya:

Menjaga dari kenaikan berat badan yang berlebihan

Walaupun peningkatan berat badan adalah kejadian normal yang dialami oleh ibu hamil, akan tetapi kenaikan berat badan secara drastis hingga cenderung mengalami obesitas sangat tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan komplikasi saat melahirkan. Berenang secara teratur 2-3 kali seminggu dapat mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan.

Berenang dapat meredakan gejala sakit punggung

Sakit punggung sering dialami oleh ibu hamil karena punggung harus menanggung beban janin yang semakin hari kian berat. Berenang dengan gaya punggung atau gaya dada dapat meningkatkan kekuatan dan elastisitas otot, juga dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang. Saat berenang, hindari gerakan-gerakan ekstrim seperti melompat-lompat dan memutar tubuh karena dapat berisiko terhadap kehamilan

Berenang membuat tidur lebih nyenyak

Kegiatan berenang adalah salah satu olahraga sehat ibu hamil yang sangat menyenangkan. Efek relaksasi dan menenangkan yang diperoleh dari melakukan olahraga ini dapat mebuat ibu hamil lebih fit, segar, dan membuat tidur malam menjadi lebih nyenyak. Hal ini dapat menghindarkan stress pada ibu hamil. Ajaklah suami atau kakak untuk berenang bersama, tentu suasananya akan lebih menyenangkan.

Yoga, Olahraga Sehat Ibu Hamil yang Selalu Jadi Pilihan

Yoga selalu jadi pilihan bagi ibu hamil saat melakukan olahraga. Rutin beryoga telah terbukti dapat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Gerakan yoga yang dilakukan adalah peregangan ringan dan gerakan yang dapat melatih pernapasan agar ibu hamil menjadi lebih tenang, mudah, dan lancar saat melakukan proses persalinan.

Melakukan yoga sebagai olahraga sehat ibu hamil sebaiknya pada kehamilan trimester kedua, terutama bagi ibu yang belum pernah melakukan gerakan yoga. Penting diingat bahwa saat melakukan olahraga ini, ibu hamil harus selalu didampingi oleh instruktur yang berpengalaman. Awali gerakan yoga dengan melakukan latihan pernafasan, yaitu menghirup udara sedalam-dalamnya lewat hidung dan dikeluarkan perlahan lewat hidung juga. Hindari pose yang meregangkan otot secara berlebihan, terutama otot bagian perut. Segera hentikan latihan jika merasa tidak nyaman, dan timbul gejala nyeri, mual, pusing, atau sesak napas.

Jalan kaki, Olahraga Sehat Ibu Hamil yang Paling Gampang

Jalan kaki adalah jenis olahraga yang paling direkomendasikan oleh dokter kandungan. Selain paling gampang dan tidak butuh biaya, olahraga ini dapat dilakukan mulai dari awal kehamilan hingga jelang persalinan. Berjalan kaki santai dan rutin sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk meningkatkan kerja jantung, melancarkan peredaran darah, dan menjaga kebugaran tubuh.

Lakukan jalan kaki sebagai olahraga sehat ibu hamil secara rutin selama 30 menit setiap hari. Waktu yang paling tepat untuk berjalan kaki adalah pagi atau sore hari. Hal ini bertujuan agar ibu hamil tidak mengalami risiko kepanasan yang dapat menyebabkan kelelahan dan dehidrasi. Bawa selalu air minum untuk menghindari kehausan. Saat berjalan kaki, pilihlah trek yang aman dan tidak melelahkan yaitu jalan yang tidak menanjak, halus, dan rata. Ibu hamil dapat berjalan dengan santai di sekeliling kompleks perumahan, tentunya lebih hemat bukan?  Karena tidak perlu mengeluarkan biaya.

Sepeda Statis, Olahraga Sehat Ibu Hamil Buat yang Ingin Ngegym

Boleh saja kalau ibu hamil ingin melakukan aktivitas olahraga di pusat kebugaran. Tentu saja harus memilih jenis olahraga yang memiliki intensitas rendah. Olahraga dengan sepeda statis bisa menjadi pilihan. Menggunakan sepeda statis sebagai sarana berolahraga bisa dilakukan sejak awal kehamilan hingga menjelang persalinan. Olahraga ini termasuk jenis cardio yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan jantung.

Saat memilih sepeda statis sebagai olahraga sehat ibu hamil, pastikan ada instruktur yang selalu mendampingi. Sepeda statis melatih kekuatan kaki dengan cara mengayun pelan tanpa terlalu menekan sendi pergelangan kaki dan lutut. Berolahraga dengan menggunakan sepeda statis juga dapat menghindari risiko jatuh bila dibandingkan menggunakan sepeda di jalanan.  Perhatikan posisi stang sepeda agar selalu tegak, jangan sampai condong ke depan karena posisi condong dapat menyebabkan punggung bagian bawah menerima tekanan.

Perhatikan artikel lainnya disini

Senam Kegel, Olahraga Sehat Ibu Hamil yang Menyenangkan

Senam hamil sangat baik dilakukan untuk membuat otot menjadi rileks sehingga diharapkan persalinan akan menjadi lebih mudah dan mengurangi rasa sakit. Ibu hamil bisa melakukan beberapa gerakan senam seperti senam kegel. Melakukan latihan ini dapat merangsang kontraksi di area otot panggul sehingga mempercepat proses melahirkan. Rasa sakit di area panggul saat persalinan tiba juga dapat dikurangi dengan melakukan senam ini secara rutin.

Selama mengandung, ibu hamil akan mengalami masalah buang air kecil yang terlalu sering. Senam kegel sebagai olahraga sehat ibu hamil dapat mengencangkan otot vagina sehingga ibu lebih mudah menahan keinginan untuk buang air kecil. cara melakukan senam ini sangat mudah, hanya dengan melakukan gerakan berjongkok dan berdiri seperti saat melakukan squat jump. Lakukan setiap hari dengan hitungan 3 hingga 10 kali dengan repetisi sebanyak 8 kali. Gerakan ini sangat menyenangkan, apalagi bila dilakukan bersama ibu-ibu hamil lainnya dengan diiringi musik.

Demikianlah beberapa jenis olahraga sehat ibu hamil yang bisa dilakukan. Perlu diingat bahwa setiap ibu memiliki kondisi kehamilan yang berbeda satu sama lain, oleh karena itu sebelum memutuskan berolahraga, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *