5 Jenis Obat Asam Urat di Apotik

5 Jenis Obat Asam Urat di Apotik – Pernahkah anda mengalami rasa nyeri yang muncul pada sendi-sendi tubuh? Gejala ini biasanya merujuk pada asam urat, yaitu peradangan yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Kondisi asam urat yang menumpuk tentunya akan membuat seseorang merasakan nyeri. Pada penderita asam urat, nyeri biasa dirasakan pada sekitar sendi-sendi jari, sendi lutut, dan juga sendi bagian siku.

Rasa nyeri yang muncul biasanya dibarengi dengan rasa sakit dan terbakar, serta seringkali dirasakan saat malam hari. Untuk mengurangi gejala, anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter agar diberikan resep penurun kadar asam urat. Biasanya dokter akan meresepkan beberapa jenis obat, sesuai kebutuhan penderitanya. Namun sebelumnya, tidak ada salahnya jika anda mengetahui seperti apa sistem kerja, efek, serta interaksi obat asam urat tersebut.

 obat asam urat
obat asam urat

Obat Asam Urat yang Bisa Dibeli di Apotik

Allupurinol

Allupurinol bekerja dengan menurunkan kadar asam urat yang ada dalam darah, melalui pemecahan kristal asam urat pada sendi-sendi tubuh. Obat ini biasa gunakan untuk asam urat yang masih tergolong ringan, serta sangat tidak disarankan untuk asam urat fase akut. Hal ini dikarenakan efek yang terjadi bisa menyebabkan rasa nyeri yang hebat. Selain itu, perlu diwaspadai juga beberapa efek samping dari reaksi obat tersebut. Misalnya saja seperti efek mengantuk, mual, sakit perut, dan juga diare.

Efek samping yang muncul tersebut biasanya bersifat ringan dan bisa reda setelah beberapa hari pemakaian. Namun jika efek semakin parah dan tidak kunjung mereda, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Efek yang parah biasanya juga ditandai dengan rasa kelelahan, meriang, kehilangan nafsu makan, dan juga sulit menelan. Tak jarang juga muncul rasa nyeri pada perut bagian kanan, serta bagian kulit dan putih mata tampak kekuningan.

Selalu konsultasikanbersama dokter, apabilaanda tengah mengonsumsi Allopurinolyang dibarengi obat lain dalam waktu bersamaan. Beberapa jenis obat ini bisa meningkatkan efek interaksi seperti warfarin, teofilin, amphisilin, dan jugaobat asam urat diuretik golongan thiazide. Allupurinol juga mampu menurunkan efektivitas methotrexate jika dikonsumsi secara bersamaan.

Piroxicam

Piroxicam merupakan salah satu obat dengan golongan non steroid anti inflammatorydrugs atau NSAID yang sering diresepkan untuk pengobatan asam urat. Kinerja dari obat piroxicam yaitu dengan menghambat produktivitas zat tertentu yang bisa menyebabkan peradangan pada sendi. Namun dalam mengonsumsi Piroxicam haruslah dengan resep dokter untuk menghindari efek samping yang terjadi pada tubuh.

Misalnya saja efek samping seperti gangguan pencernaan, nafsu makan yang menurun, serta gangguan buang air kecil. Beberapa efek lain dari obat asam urat yang sering dirasakan tubuh, misalnya kepala terasa pusing dan sakit, serta telinga terasa berdengung.

Konsultasikan juga jika anda mengonsumsi obat lain, demi menghindarkan resiko adanya efek interaksi obat. Ada beberapa jenis obat yang biasanya memberikan efek interaksi jika dikonsumsi bersama Piroxicam. Obat tersebut antara lain seperti methotrexate, obat penurun tekanan darah, obat anti koagulan, serta angiotensin II receptorblockers (ARB).

Dexametasone

Dexamethasone merupakan salah satu obat asam urat yang masuk dalam golongan steroid yang biasa digunakan untuk meredakan peradangan atau inflamasi. Terjadinya inflamasi pada tubuh bisa mengakibatkan sistem imun atau daya tahan menjadi sangat aktif. Apabila dibiarkan terlalu lama, kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh.

Maka dari itu, diperlukan obat-obatan yang mampu menghambat respon imunitas tubuh terhadap inflamasi. Obat ini diharapkan bisa meminimalisir dan mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan.MeskiMeski memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan, tetapi Dexamethasone juga memberikan efek samping dalam pemakaiannya. Misalnya saja meningkatkan nafsu makan, menambah berat badan, sakit perut, serta berpengaruh pada perubahan siklus haid.

Efekobat asam urat lainnya yang mungkin terjadi seperti sakit kepala, pusing, serta mengalami gangguan tidur. Pada kasus yang parah Dexamethasone bisa menyebabkan eefek gejala yang serius, sehingga perlu segera dikonsultasikan ke dokter. Gejala tersebut antara lain seperti demam, perubahan emosi, kelelahan, nyeri tulang, sendi, atau otak, jantung berdebar, dan sebagainya.

Waspadai juga jika anda mengalami gejala pembengkakan tungkai, kejang, tinja menghitam, serta mengalami gangguan penglihatan. Apabila ingin mengkonsumsi obat Dexamethasone untuk asam urat dalam jangka panjang, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Karena pemakaian jangka panjang bisa membuat wajah tampak bulat atau yang biasa disebut dengan moonface.

Ketoprofen

Ketoprofen merupakan obat asam urat golongan anti inflamasi non steroid yang biasa dipakai sebagai pengobatan nyeri dan peradangan. Sehingga efek yang dihasilkan oleh ketoprofen yaitu anti nyeri, anti demam, serta anti peradangan. Dengan efek demikian, dokter biasanya akan meresepkan Ketoprofen untuk mengatasi asam urat.

Sistem kerjanya adalah dengan menghambat produksi prostaglandin agar tidak terjadi peradangan dan timbul rasa nyeri. Penggunaan Ketoprofen haruslah menggunakan resep dokter agar tidak terjadi efek samping yang parah pada tubuh. Misalnya seperti gangguan pencernaan, pusing, sariwan, ruam kulit, pembengkakan tungkai, sulit tidur, gangguan nafas, serta serangan jantung.

Dalam penggunaan obat asam urat Ketoprofen, waspadai juga munculnya gejala lain akibat interaksi obat.Ketoprofen dapat menimbulkan interaksi jika dikonsumsi bersamaan dengan obat anti hipertensi, kortikosteroid, antikoagulan, dan juga obat diuretik. Untuk mencegah timbulnya interaksi obat pada tubuh, ada baiknya selalu konsultasikanke dokter apabilaanda diberikan resep Ketoprofen.

Meloxicam

Meloxicam merupakan salah satu jenis obat anti inflamasi non steroid yang biasa digunakan untuk meredakan gejala penyakit seperti asam urat. Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan pembengkakan, serta kekakuan dan nyeri otot. Obat meloxicam ini bisa dipakai untuk kondisi Gout dengan sifat akut, misalnya saja rheumatoidarthritis dan osteoarthritis. Sistem kerja obat ini adalah dengan menghambat kinerja enzim yang berfungsi memproduksi prostaglandin.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Prostaglandin adalah sebuah senyawa yang diproduksi tubuh yang dapat mengakibatkan munculnya rasa sakit dan reaksi peradangan. Namun dalam penggunaan obat asam urat Meloxicam haruslah terlebih dulu dikonsultasikan dengan dokter. Terlebih jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lain, demi mencegah timbulnya reaksi pada tubuh. Beberapa efek Interaksi yang biasanya muncul seperti, antikoagulan, antidepresan, jenis SSRI, kortikosteroid, dan sebagainya.

Selain itu, konsumsi Meloxicam juga beresiko mengakibatkan efek samping seperti sakit maag, diare, kembung, maupun gangguan pada pencernaan. Efek seperti ini biasanya akan menurun apabila tubuh sudah mulai menyesuaikan diri dengan obat yang dikonsumsi. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi Meloxicam setelah makan demi menghindari munculnya efek tersebut.

Itulah tadi beberapa jenis obat asam urat di apotik yang bisa anda dapatkan melalui resep dokter. Pastikan anda mengetahui bagaimana mekanisme atau sistem kerja obat dalam mengobati asam urat. Apabila mempunyai riwayat kesehatan atau penyakit dan tengahmengonsumsi jenis obat tertentu, selalu konsultasikan ke dokter. Tujuannya adalah agar anda tidak mengalami efek samping yang serius dari pemakaian obat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

Ternyata Ini 3 Efek Makan Tauge Berlebihan

Konsumsi Tauge Berbahaya ? Ternyata Ini 3 Efek Makan Tauge Berlebihan

Siapa yang tak pernah konsumsi tauge ? Sayuran yang dikenal dengan kecambah ini banyak dikonsumsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *