5 Gerakan Olahraga Sehat Pagi Hari Yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

5 Gerakan Olahraga Sehat Pagi Hari Yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh. Banyak yang bilang jika berolahraga sangat melelahkan dan akan menambah beban pada tubuh. Ini yang orang beranggapan sangat salah. Dengan berolahraga Anda akan mendapat banyak manfaat yang didapat. Melakukan olahraga juga dapat memperbaiki sistem imun apalagi dengan perubahan cuaca yang ekstrim. Dengan berolahraga dapat dijadikan salah satu referensi untuk menjaga kesehatan tubuh terjaga dengan baik. Manfaat lainnya yang di dapat dari olahraga pada pagi hari yaitu terhindar dari berbagai macam penyakit.

Banyak orang beranggapan jika berolah raga tubuh tubuh akan menjadi sangat lelah setelahnya. Namun jelas ini anggapan yang salah. Dengan mengetahui porsi yang pas dan sesuia dengan kebutuhan olahraga juga akan membuat tubuh menjadi fresh. Dengan berolahraga organ tubuh akan bekerja dengan baik. Berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat, yang mana keringat ini akan menjadi toksin yang ada dalam tubuh. Kelebihan lemak juga sebgain akan dikeluakan lewat keringat yang keluar saat Anda berolahraga. Sangat banyak bukan manfaat yang akan didapat dari olah tubuh ini.

Olahraga sehat pagi hari
Olahraga sehat pagi hari

Olahraga sehat pagi hari tidak harus melakukan angkat beban yang berat, ini juga akan memberi rasa terlalu capek pada badan jika Anda tidak terbiasa melakukan angkat beban ini. Melakukan angkat beban berat juga akan membutuhkan tenaga yang sangat ekstra dan perlu latihan yang lebih serius dalam melakukan angkat beban tersebut. Namun tidak semua olahraga yang dilakukan dengan angkat beban berat ada beberapa olahraga yang masih dapat dilakukan dengan melakukan beberapa kegiatan sederhana namun manfaat yang dihasilkan juga mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Beberapa Gerakan Peregangan Yang Dapat Digunakan Sebagai Olahraga Sehat Sehat Pagi Hari

Dengan melakukan gerakan peregangan sederhana jika dilakukan secara teratur juga dapat mengurangi tegang otot pada tubuh. Peregangan ini jika dilakukan secara teratur juga dapat emmeberikan rasa rileks pada tubuh. Berikut ini adalah beberapa contoh gerakan – gerakan sederhana yang dapat dilakukan dirumah untuk tetap menjaga daya tahan tubuh dan sistem imun. Olahraga sehat pagi hari juga dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Simak ulasannya sebagai berikut.

Peregangan Pada leher

Gerakan peregangan pada leher juga dapat memberikan rasa rileks pada tubuh Anda. Gerakan ini sangat sederhana Anda hanya perlu memutar dari kiri kekanan atau sebaliknya. Gerakan ini sangat mudah untuk dilakukan dengan perlahan, sembari mengatur napas dan berusaha menikmati gerakan ini. Ini juga dapat memberikan rasa rileks dan membantu melancarkan sirkulasi darah disekitar leher. Selain itu juga gerakan ini dapat dibarengi dengan melemaskan pada area bahu. Kemudian menaikkan dan menurunkan dagu dengan bergantian dan memutar kepala dari depan kebelakang gerakan ini tentunya dilakukan dengan perlahan.

Gerakan ini juga dipercaya dapat digunakan untuk meredakan rasa tegang akibat otot leher yang tegang. Otot leher yang tegang juga dapat membuat rasa sakit kepala. Hal ini dapat Anda cegah dengan melakukan peregangan pada leher. Peregangan otot leher ini dapat dilakukan sebagai olahraga sehat pagi hari yang Anda lakukan secara rutin. Untuk menghindari sakit kepala akibat dari menegangnya otot disekitar leher.

Peregangan Otot Disekitar Panggul

Gerakan selanjutnya adalah adalah peregangan pada otot panggul. Bagi Anda yang sehari hari bekerja yang hanya duduk duduk saja peregangan otot pada panggul ini sagat penting. Kebanyakan duduk akan dapat mengakibatkan nyeri pada pangul atau pingang. Namun anda tidak lperlu khawatir dnegan melakukan peregangan pada otot panggul yang dilakukan secara rutin juga dapat meminimalisir rasa nyeri pada pinggang. Karena nyeri pada pnggan jika dibiarkan juga akan memberikan rasa yang akan mengganggu aktifitas Anda sehai hari.

Gerakan angkat panggul ini dapat dilakukan dengan cara Anda sambil tiduran terlentang sedangkan posisi kaki ditekuk sebagian. Ini juga bertujuan untuk meregangkan otot – otot sekitar panggul agar mejadi rileks dan tidak tegang. Cara olahraga sehat dan aman angakat panggul ini sangat mudah yaitu, buka paha selebar pinggang kemudian tekuk kaki, tangan ada disisi tubuh, angkat bokong sampai area perut lurus dengan paha, turunkan dan angakat secara perlahan ulangi Gerakan ini sampai beberapa kali.

Berlatih Pernapasan Dengan Meditasi

Mengatur pernapasaan sangat penting untuk dilakukan. Hal ini mengapa demikian karena dalam olahraga pernapasaan yang baik sangat diperlukan untuk menghindari beban kerja jantung yang berlebihan. Jika tidak di imbangi dengan penapasaan yang baik maka akan terjadi ver tenaga yang menyebabkan kelelahan. Mengatur pernapasan disetiap gerakan setelah Anda selesai melakukan olahraga ini akan memberikan manfaat tubuh lebih segar dan tentunya tubuh sehat akan didapat.

Mengatur pernapasan dengan benar ini juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi jantung. Cara kerja jantung akan semakin sehat jika kita seringmelatih pernapasan. Hal ini juga dapat memberikan manfaat pada tubuh lebih segar. Apalagi jika peregangan ini dilakukan pada waktu pagi hari sudah tentu badan akan menjadi lebih segar. Olahraga sehat pagi hari dengan melatih pernpasan atau disebut juga meditasi ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Peregangan Tubuh

Gerakan peregangan dengan menekuk tubuh ini adalah salah satu gerakan olahragaini yang di adopsi gerakan yoga. Dimana gerakan ini diberi nama uttanasana. Caranya sangat mudah Anda hanya butuh berdiri dengan tegap tangan disisi tubuh kaki dirapatkan kemudian tekuk tubuh Anda semampunya. Jangan terlalu memaksa arahkan kearah lutut kemudian sentuh tangan ke arah kaki, jika tidak sampai lakukan semampunya saja. Gerakan ini juga dapat dilakukan bertahap untuk mencapai posisi yang sempurna.

Gerakan tubuh ii jga memunyai manfaat yang komplek pada tubuh. Dnegan melakukan peregangan menekuk tubuh semua otot tubuh terjadi kontraksi dimana hal ini sangat efektif untuk menjadi Gerakan peregangan jika dirasa tubuh merasa sangat lelah. Olahraga sehat pagi hari dnegan melakukan Gerakan menekuk tubuh snagat disarankan. Selain akan memberikan rasa rileks juga akan mengembalikan otot yang tadinya tegang akan kembali normal.

Perhatikan artikel lainnya disini.

Gerakan Memutar Untuk Meregangkan Kaki

Melakukan gerakan putaran kaki ini adalah salah satu gerakan yang dilakukan dengan cara masih dengan tidur terlentang kemudian angkat kaki keatas lurus dan putar dari kiri kenan atau dari depan kebelakang secara pelahan lakukan gerakan ini berulang kali. Ingat semua gerakan juga harus disertai dengan pengaturan nafas tidak usah terlalu ngoyo lakukan dengan baik dan nikmati setiap gerakan. Agar otot disetiap sendi juga menikmati gerakan Anda.

Gerakan peregangan sederhana diatas merupakan beberapa gerakan pergangan yang dapat menjadi referensi olahraga Anda. jika orang berasumsi dnegan berolahraga harus melakukan Gerakan yang berat itu angapan yang salah. Peregangan saja jika dilakukan dengan benar dan rutin dapat memberikan segudang mamnfaat bagi tubuh. Olahraga sehat pagi hari salah satu pilihan yang tepat adalah mulai dengan melakukan peregangan seperti beberapa gerakan diatas. Hal ini juga untuk menghindari rasa kelelahan setelah olahraga. Selamat mencoba.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *