5 contoh Obat Sakit Gigi Apotek yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi

5 contoh Obat Sakit Gigi Apotek yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi. Mengalami sakit gigi adalah hal yang paling menjengkelkan. Hal ini karena nyeri akibat sakit gigi biasanya akan menyusahkan dan membuat berbagai aktivitas tidak berjalan sesuai rencana. Penyebab sakit gigi ada banyak, oleh karenanya, sakit gigi pun digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya. Meski begitu, cara terbaik supaya tidak sampai merasakan bagaimana rasanya sakit gigi adalah dengan merawat gigi.

Seperti yang sudah diajarkan sejak kecil, merawat gigi dapat dilakukan dengan rajin menyikat gigi. Menyikat gigi dapat dilakukan ketika sebelum tidur, sebelum makan dan sesudah makan. Dengan demikian, akan memungkinkan tidak ada makanan yang tertinggal dalam gigi dan menyebabkan tumbuhnya bakter-bakteri yang merusak gigi. Cara merawat gigi lainnya adalah dengan mengindari makanan maupun minuman yang terlalu manis, serta menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok dan kegemaran mengonsumsi minum-minuman beralkohol.

obat sakit gigi apotek
obat sakit gigi apotek

 

Jenis Sakit Gigi Berdasarkan Penyebabnya

Sakit gigi biasanya muncul karena kurang tepatnya kita menjaga kesehatan gigi sehingga tidak dapat mencegah datangnya sakit gigi. Jika ditelusuri lebih lanjut, sebenarnya ada banyak hal yang menjadi penyebab munculnya sakit gigi.  Maka dari itu, sakit gigi dapat dibedakan berdasarkan penyebabnya. Penggolongan ini dilakukan karena berbeda penyebab sakitnya, berbeda pula cara penanganan maupun obat sakit giginya, tidak terkecuali berbagai pilihan obat sakit gigi apotek yang bisa dikonsumsi.. Nah, berikut adalah jenis sakit gigi berdasarkan penyebabnya.

Sakit gigi berlubang

Penyebab sakit gigi yang satu ini adalah penyebab yang paling umum dikenali. Ya, gigi berlubang. Pada awalnya, gigi berlubang disebabkan karena bakteri-bakteri akibat pembusukan makanan pada gigi tertinggal di rongga mulut. Bakter-bakteri tersebut akhirnya mengakibatkan jaringan pada gigi rusak dan berubah menjadi kerak dan menjadikannya berongga-rongga. Gigi yang bolong tersebut dapat menimbulkan rasa sakit sewaktu-waktu, bahkan hanya karena terdorong makanan atau terselip makanan. Untuk meredakan sakit karena gigi berlubang, selain dengan mengonsumsi obat dapat dilakukan dengan melakukan penambalan pada gigi yang berlubang.

Sakit gigi karena tumbuhnya gigi bungsu

Gigi bungsu adalah gigi yang baru muncul saat memasuki usia 17 hingga 23 tahun. Oleh karena itu, sakit gigi yang diakibatkan oleh pertumbuhan gigi ini adalah sakit gigi yang umumnya dirasakan oleh orang dewasa dan bukan pada anak-anak. Rasa sakit yang muncul dari tumbuhnya gigi ini seperti rasa ngilu ketika ada makanan yang terjepit pada sela gigi. Dan tidak hanya itu, biasanya sakit gigi ini juga menular pada gigi-gigi sampingnya, sehingga rasa sakit yang muncul menjadi tidak tertahankan. Untuk mengatasi rasa sakit akibat tumbuhnya gigi baru ini, dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat sakit gigi apotek yang dapat meredakan nyerinya.

Sakit gigi abrasi

Penyebab sakit berikutnya adalah kerusakan pada gigi karena mendapat gesekan terlalu keras dan dalam waktu yang lama. Kerusakan ini dapat muncul karena berbagai cara, di antaranya ialah karena seeringnya mengutik-utik gigi menggunakan tusuk gigi maupun kebiasaan menyikat dengan cepat dan menggunakan sikat yang kuat. Dengan demikian, sakit gigi karena gigi abrasi ini dapat diatasi dengan memilih menggunakan sikat gigi yang lembut dan mengurangi kegemaran mengutik-utik gigi menggunakan tusuk gigi.

Obat Sakit Gigi Apotek yang Aman Dikonsumsi

Selain sakit gigi yang ternyata ada jenis-jenisnya, obat sakit gigi pun ada bermacam-macam. Untuk mengantisipasi kambuhnya sakit gigi sewaktu-waktu, ada kalanya langkah yang tepat jika Anda menyiapkan obat sakit gigi di rumah. Berikut adalah obat sakit gigi apotek yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Asam Mefenamat

Asam mefenamat adalah obat sakit gigi apotek yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, hal ini karena asam mefenamat, obat yang termasuk pada golongan obat anti-inflamasi nonstreroid (OAINS) ini dapat dibeli secara bebas di apotek terdekat dengan lokasi Anda. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat produksi zat yang menyebabkan munculnya rasa nyeri. Oleh karena itu, nyeri berdenyut-denyut yang biasanya sangat mengganggu pekerjaan ataupun aktivitas rumah ini dapat diredakan dengan meminum asam mefenamat menggunakan dosis yang wajar.

Ponstan

Obat sakit gigi apotek berikutnya adalah ponstan. Obat yang satu ini masih termasuk dalam jenis obat anti-inflamasi nonsteroid yang mengandung bahan aktif asam mefenamat. Meski begitu, obat ini dianggap lebih efektif untuk meredakan sakit atau nyeri yang biasanya disebabkan oleh sakit gigi berlubang daripada OAINS dengan merek dagang Asam Mefenamat itu sendiri. Oleh karenanya, ponstan ini digunakan untuk meredakan nyeri berdenyut-denyut karena sakit gigi berlubang.

Menggunakan ponstan untuk mengobati sakit gigi harus tetap menggunakan dosis yang wajar, hal ini karena pengonsumsian jangka panjang memungkinkan penderita sakit gigi merasakan efek samping yang muncul seperti pusing, gemetar, mual, cemas dan lain sebagainya. Obat sakit gigi apotek ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menimbulkan efek buruk pada pertumbuhan janin yang dikandung.

Antalgin

Antalgin adalah obat sakit gigi apotek yang ampuh digunakan untuk mengobati sakit gigi. Cara kerja obat yang mengandung bahan aktif metamizole ini sama dengan berbagai obat golongan antiinflamasi lainnya yakni mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh sakit gigi.

Antalgin, selain digunakan sebagai obat sakit gigi maupun obat nyeri juga dapat digunakan untuk menurunkan demam. Hal ini karena obat ini selain merupakan obat analgesik yang termasuk dalam obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) juga termasuk dalam obat antipiretik. Meski begitu, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis yang ada dalam kemasan. Jika tidak demikian, maka dapat berpotensi menimbulkan berbagai efek samping penggunaan obat.

Ibuprofen

Sebagaimana obat yang termasuk dalam jenis obat OAINS atau obat-obatan antiinflamasi ini, Ibuprofen juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi apotek. Cara kerja obat yang tersedia dalam berbagai bentuk ini yakni sebagai obat tetes, kapsul maupun tablet ini adalah dengan mengurangi peradangan atau nyeri yang dirasakan oleh gigi.

Obat sakit gigi apotek ini biasanya juga digunakan sebagai obat pereda nyeri akibat asam urat, maupun nyeri haid. Pengombinasian ibuprofen dengan paracetamol dapat memberikan efek analgesik yang lebih kuat. Oleh karenanya, dengan meminum paracetamol dan ibuprofen akan lebih cepat meredakan nyeri yang dirasakan. Keuntungan lainnya adalah, perpaduan dua obat ini dapat meminimalisir efek samping dari penggunaan obat tersebut.

Perhatikan juga artikel menarik yang lainnya disini

Dentasol

Obat sakit gigi apotek berikutnya adalah dentasol. Ya, meski begitu, dentasol ini adalah obat sakit gigi yang berbeda dengan beberapa obat sakit gigi yang telah disebutkan di atas, hal ini karena dentasol bukan obat yang dikonsumsi sebagai sirup maupun obat kunyah. Dentasol diaplikasikan pada tubuh dengan mengoleskan obat ini pada bagian gigi terasa nyeri. Biasanya, obat ini digunakan untuk mengobati sakit gigi karena gigi berlubang.

Demikian adalah paparan mengenai beberaa obat sakit gigi apotek yang ampuh dan aman dikonsumsi. Jika dengan berbagai upaya dilakukan tetap tidak bisa mencegah sakit higi kambuh kembali, maka tidak ada cara lain yang dapat dilakukan selain mengonsumsi obat sakit gigi maupun dengan penanganan yang disarankan oleh dokter gigi.

 

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

penyakit kulit langka

10 Jenis Penyakit Kulit Langka yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya permasalahan kulit seperti jerawat, panu, ataupun gatal-gatal. Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *