5 Bahan Makanan 0 Kalori yang Murah dan Ampuh untuk Diet

By

Sumbersehat.com – Dengan mengetahui makanan 0 kalori, anda jadi bisa memilih menu diet yang tepat. Diet pun ada banyak macamnya, mulai dari diet ekstrim yang berisiko maupun diet sehat yang aman bagi kesehatan tubuh. Nah, cara diet sehat yang paling mudah adalah dengan membatasi jumlah asupan kalori.

Membatasi jumlah asupan kalori bukan berarti tidak makan sama sekali. Namun diet ini dilakukan dengan memilih berbagai makanan yang rendah kalori namun tetap kaya nutrisi. Hal ini karena kebutuhan nutrisi tubuh harus tetap terpenuhi, meski kita sudah merencanakan seminim-minimnya mengonsumsi kalori.

makanan 0 kaloriBahan Makanan 0 Kalori yang Murah dan Mudah Dicari

Sayur dan buah-buahan adalah bahan makanan yang mengandung sedikit kalori, sementara untuk mencernanya, tubuh membakar banyak kalori. Ini menyebabkan sayur dan buah-buahan yang notabene mudah dicari ini semakin banyak digemari untuk menunjang proses diet. Berikut adalah sayur dan buah yang merupakan makanan 0 kalori tersebut.

Mentimun

Mentimun adalah buah yang murah dan mudah ditemukan. Buah ini kaya akan mineral dan antioksidan, yakni zat yang fungsinya adalah untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, 96% kandungan mentimun atau yang juga sering disebut dengan timun atau ketimun ini adalah air. Karenanya, memakan satu buah timun seperti halnya kita sedang minum segelas air.

Buah bernama Latin Cucumis sativus ini mengandung sangat sedikit kalori, yakni hanya 45 kalori dalam 10 ons mentimun yang dikonsumsi. Sementara untuk mencernanya, tubuh sudah cukup membakar kalori-kalori yang ada. Oleh karenanya, mentimun menjadi salah satu bahan makanan 0 kalori yang murah dan mudah dicari.

Wortel

Wortel tentu bukan jenis sayur yang sulit ditemukan. Sayuran dengan nama Latin Daucus carota ini merupakan salah satu sayuran berwarna kuning oranye yang kaya akan zat gula, vitamin, dan garam mineral. Meski padat nutrisi, wortel yang biasanya diolah menjadi sayur bening, jus maupun dimakan mentah ini mengandung kalori yang rendah.

Jumlah kalori yang dikandung dalam secangkir penuh potongan wortel hanyalah 50 kalori. Sedangkan untuk mencerna wortel, tubuh memerlukan sebanyak 35 kalori. Oleh karena itu, sayuran ini dapat dikonsumsi sebagai bahan makanan 0 kalori yang membuat Anda tidak perlu khawatir terhadap program diet yang sedang dijalani.

Bayam

Bayam, sayur yang biasanya dimanfaatkan daunnya untuk sup ini adalah sumber antioksidan dan nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh. Bayam banyak mengandung zat besi, kalium, dan vitamin, karenanya bayam yang kaya nutrisi ini digemari menjadi olahan sayur bening untuk dikonsumsi.

Selain dikenal sebagai sayur yang multi manfaat, bayam rupanya mengandung kalori yang rendah. Hal itu karena dalam secangkir bayam mentah hanya mengandung 7 kalori, sedangkan bentuk olahannya tidak lebih dari 41 kalori. Jumlah kalori bahan makanan 0 kalori tersebut akan dinetralisir tubuh dengan proses pembakaran ketika mencernanya.

Brokoli

Makanan 0 kalori yang terakhir adalah brokoli. Makanan dari jenis sayuran yang memiliki ciri daun berwarna hijau, gagang mendaging, memanjang dan bercabang ini memiliki kalori yang rendah. Ini dikarenakan dalam satu cangkir berisi brokoli cincang kalori yang dikandungnya hanya 31 satuan kalori saja.

Sayur yang memiliki nama latin Brassica oleracea var italica ini selain cocok dikonsumsi bagi yang sedang diet juga mengandung banyak nutrisi. Selain mengandung zat antioksidan, bahan makanan 0 kalori ini juga banyak mengandung zat besi, kalsium, kalium, magnesium dan berbagai vitamin, di antaranya ialah vitamin A dan C.

Tomat

Tomat adalah makanan 0 kalori berikutnya yang aman dikonsumsi meski Anda sedang melakukan treatment penurunan berat badan. Ini karena buah yang memiliki nama Latin Solanum lycopersicum ini selain kaya akan vitamin juga memiliki mengandung kalori yang rendah. Jumlah ini yakni hanya tidak lebih dari 45 kalori. Selain bagus untuk diet, buah ini juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Beberapa jenis diet memang menganjurkan untuk membatasi asupan kalori, namun bukan dengan tidak mengkonsumsi makanan sama sekali. Sebaliknya, tubuh juga harus tetap menerima asupan nutrisi. Karenanya, sayur dan buah yang merupakan bahan makanan 0 kalori tersebut menjadi solusi untuk memperoleh nutrisi yang diperlukan namun dengan kandungan kalori yang sedikit.

Tinggalkan komentar