40 Fakta Untuk Mendapatkan Tubuh Sehat

40 Fakta Untuk Mendapatkan Tubuh Sehat. Semakin bertambahnya usia, pentingnya menjaga kesehatan menjadi semakin jelas. Semua orang butuh sehat agar tetap bahagia. Karena tubuh yang sakit hanya menghantarkan kita pada penurunan hidup dalam hal pekerjaan dan juga mentalitas. Jika Anda masih muda dan masih bisa melakukan banyak hal, maka jangan sia-siakan kesehatan Anda.

Untuk menjaga diri Anda tetap sehat dan bahagia, maka biarkan kami membawa Anda memilih berbagai fakta yang dimulai dari menjaga kebugaran, pola makan, dan juga bagaimana tubuh Anda tetap terhidrasi. Kiat-kiat dan fakta kesehatan yang acak ini akan memberikan Anda sedikit informasi supaya Anda tetap bugar, kuat, dan jauh dari rasa sakit.

tubuh sehat
tubuh sehat

Daftar Isi Halaman

Fakta Umum Kesehatan

Tertawa adalah obat jantung yang baik

Para pakar kesehatan telah membuktikan bahwa tertawa itu baik bagi jantung dan menjadikan tubuh sehat. Ketika seseorang menertawakan suatu hal, maka lapisan dinding pada pembuluh darah mereka cenderung rileks serta mengembang untuk menyesuaikan. Dalam suatu penelitian juga disebutkan, ketika seseorang menonton film yang lucu maka aliran darah mereka meningkat hingga 20 persen. Dengan demikian tertawa bisa menjadi obat jantung dan penangkal stres yang baik.

Kulit Anda berkerja keras

Jika Anda berpikir kulit Anda tidak perlu istirahat, maka itu salah. Kulit Anda termasuk bagian tubuh yang lumayan bekerja keras. Mereka menjaga Anda untuk bertahan melawan penyakit dan infeksi, membantu produksi vitamin, dan juga mengatur suhu tubuh Anda tetap seimbang. Jadi, kurangi paparan bahan kimia dan berikan waktu istirahat yang cukup bagi kulit Anda untuk tetap sempurna.

Sifat optimis bisa membantu Anda hidup lebih lama

Bagaimana optimisme bisa memberi Anda tubuh sehat dan hidup lebih lama? Sebuah penelitian di Universitas Harvard dan Boston menemukan bahwa orang yang optimis cenderung memiliki tekanan darah rendah. Dengan begitu, risiko mereka memiliki penyakit arteri koroner juga lebih sedikit. Selain itu, orang yang optimis juga cenderung berperilaku sehat seperti olahraga dan diet, yang mampu membuat umur mereka lebih lama.

Olahraga akan memberi Anda lebih banyak energi

Bekerja seharian mungkin membuat Anda lelah, sehingga hal pertama yang ingin dilakukan adalah tidur. Namun tahukah Anda jika energi tersebut bisa pulih dengan olahraga? Sebuah penelitian yang diterbitkan di Medicine and Science dalam bidang Sports and Exercise, menemukan bahwa tingkat depresi dan kelelahan seseorang cenderung meningkat setelah olahraga ringan 30 menit. Karena olahraga mampu menyehatkan kardiovaskular dan meningkatkan aliran darah serta oksigen ke tubuh.

Terlalu banyak duduk dan tidur bisa cepat mati

Duduk dan tidur yang cukup dibutuhkan untuk membentuk tubuh sehat. Namun terlalu banyak duduk dan tidur bisa berpeluang mati lebih dini hingga 48 persen. Sebuah penelitian di University of Sydney baru-baru ini menyebutkan jika kondisi tidur lebih dari sembilan jam semalam dan terlalu banyak duduk di siang hari, bisa menjadi kombinasi yang bahaya. Apalagi jika ditambah kurang olahraga. Mereka menyebutkan tiga kondisi itu sebagai efek ‘triple whammy’ yang bisa dihindari dengan pola hidup sehat.

Fakta Kesehatan Mental

Banyak orang dengan mudah melupakan pentingnya kesehatan mental bagi kesejahteraan hidup. Mereka mungkin lupa bahwa hampir segala tindakan manusia itu diatur di dalam otak. Jadi sama halnya otot tubuh, otak juga perlu dirawat dan dilatih untuk memastikan kondisi Anda tetap baik-baik saja.

Memainkan alat musik dan belajar bahasa baru bisa meningkatkan otak

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika pikiran kacau, maka jenis musik tertentu akan meringankan dan membantu Anda mendapatkan kembali tubuh sehat. Begitu juga dengan mempelajari hal-hal baru, maka emosi Anda akan ikut terbawa senang. Sebuah studi mengatakan bahwa dengan belajar bahasa baru atau cara bermain musik, ternyata mampu menciptakan koneksi saraf baru dan menjadikan otak lebih kuat dalam mengingat.

Membaca bisa mengurangi stres

Jangan merasa kuno karena mengabaikan dunia dan fokus pada buku-buku yang bagus. Karena membaca buku benar-benar dapat menurunkan kadar kortisol atau hormon stres Anda sebesar 67 persen. Bahkan sebuah studi yang ditulis dalam Social Science & Medicine tahun 2016, menyebutkan bahwa orang yang membaca buku cenderung lebih unggul dalam kelangsungan hidup dibandingkan dengan pembaca non-buku.

Minum kopi bisa mengurangi depresi

Terlalu banyak minum kopi mungkin tidak baik untuk tubuh sehat. Namun minum kopi nyatanya bisa mengurangi risiko depresi, terutama bagi wanita. Sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health (HSPH) menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi kafein lebih dari empat cangkir memiliki risiko depresi 20 persen lebih rendah dibandingkan wanita yang minum sedikit atau tidak sama sekali.

Menjaga hubungan baik agar tetap bahagia

Menghabiskan waktu bersama orang yang Anda cintai, termasuk keluarga atau teman dekat, bisa membantu Anda pulih dari tekanan yang berat. Selain itu, menjaga hubungan tetap baik juga dapat mencegah hilangnya memori dan membantu Anda hidup lebih lama. Namun prioritaskan untuk mencari orang-orang yang baik dalam hidup Anda dan hindari orang-orang yang berpengaruh buruk.

Aroma mawar bisa menghilangkan mimpi buruk

Mimpi buruk bisa menjadikan Anda stres dan kurang tidur. Lantas bagaimana Anda menciptakan tubuh sehat jika begitu? Sebuah penelitian kecil di Jerman pada tahun 2008, mengungkapkan bahwa wanita yang tidur di kamar beraroma mawar cenderung mengalami mimpi yang indah. Sementara itu, sebuah review dalam Avicenna Journal of Phytomedicine tahun 2017, mengatakan bahwa minyak mawar bermanfaat untuk membantu relaksasi dan mengurangi depresi.

Mengunyah permen karet bisa mengurangi stres

Ketika Anda tidak bisa berkonsentrasi di pagi hari atau mengalami kemunduran di sore hari, maka cobalah untuk mengunyah permen karet. Seorang peneliti di Universitas Coventry menemukan bahwa mengunyah permen karet bisa membuat Anda terjaga dan mengurangi rasa lelah. Dalam sebuah studi lain juga dikatakan bahwa mengunyah permen karet bisa menghilangkan kecemasan dan meningkatkan memori serta skor tes hingga 35 persen.

Bersyukur bisa mengurangi rasa sakit

Apa hubungannya rasa syukur dan tubuh sehat? Banyak orang cenderung lebih sakit ketika mereka merasakan stres yang berlebih. Jadi, satu-satunya cara yaitu tidak terlalu mengkhawatirkan apa yang salah pada dunia. Fokuskan pada hal-hal baik yang bisa Anda syukuri. Cara ini jauh lebih menyenangkan dan memiliki efek yang baik pada kesehatan secara keseluruhan.

Menulis sesuatu akan membantu ingatan Anda

Rangsang pikiran Anda dengan membuat coretan pena di suatu kertas. Sebuah penelitian yang diterbitkan Psychological Science tahun 2014 menyebutkan jika cara ini bisa membantu otak Anda memahami dan mempertahankan informasi dengan baik. Sementara itu, studi lain yang diterbitkan Frontiers in Psychology tahun 2017, mengungkapkan bahwa ada banyak manfaat yang diberikan pada otak dengan cara menggambar bentuk, simbol, atau panah dalam suatu catatan.

Yoga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kognitif

Tubuh sehat berawal dari jiwa yang kuat. Itu adalah pepatah yang sering digunakan untuk membentuk kepribadian yang sehat luar dalam. Banyak studi mengatakan bahwa untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan, maka bisa dilakukan dengan melatih tubuh-pikiran supaya sejalan. Itulah mengapa banyak wanita lebih menyukai yoga dibandingkan olahraga lainnya. Karena manfaat yoga tidak hanya pada fisik namun juga mental.

Berjalan di luar bisa mengurangi pikiran negatif

Menghabiskan waktu di luar dan menikmati ruang hijau dipercaya bisa meningkatkan percaya diri dan mengurangi pikiran negatif. Sebuah penelitian menyebutkan, jika menghabiskan 90 menit di alam terbuka bisa mengurangi aktivitas otak di bagian korteks prefrontal subgenual. Yaitu bagian otak yang aktif ketika seseorang merenungkan pikiran negatif. Penelitian lain juga menyebutkan dengan berjalan lima menit di luar bisa meningkatkan percaya diri seseorang dibandingkan menonton TV di rumah.

Fakta Kesehatan dan Makanan

Tubuh manusia membutuhkan makanan untuk bisa bertahan hidup. Namun tidak semua makanan bisa membuat tubuh sehat. Jika Anda termasuk orang yang suka memperhatikan kesehatan Anda, maka cobalah membaca fakta-fakta tentang vitamin dan makanan berikut, yang bisa masuk dalam daftar menu sehat Anda.

Cokelat baik untuk kulit

Cokelat tidak hanya membuat mood Anda lebih baik, namun juga bisa membuat kulit Anda lebih bercahaya. Zat antioksidan pada cokelat dipercaya dapat meningkatkan aliran darah dan membantu melindungi Anda dari kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet. Jadi, jika tidak ingin kulit Anda tampak kusam, maka cobalah untuk mengkonsumsi cokelat secara teratur.

Teh dapat menurunkan risiko penyakit kronis

Zat antioksidan pada teh dapat membuat tubuh sehat. Sebagian penelitian mengungkapkan jika teh dapat memaksimalkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak dan meningkatkan daya tahan olahraga. Selain itu ada juga penelitian yang mengungkapkan jika teh sangat baik untuk mengurangi risiko serangan jantung, melawan penyakit diabetes tipe 2, penyakit parkinson, kanker (termasuk kanker payudara dan paru-paru), serta melawan radikal bebas.

Mengkonsumsi oatmel bisa menenangkan otak

Diet bisa membuat sebagian orang depresi, karena memiliki efek langsung dengan suasana hati. Sementara itu, mengkonsumsi makanan junk food hanya akan menambah depresi. Namun tidak dengan oatmeal, karena bisa memerangi depresi dan meningkatkatkan mood Anda. Pada umumnya, oatmeal merupakan makanan yang mengandung karbohidrat yang baik. Kandungan ini mampu merangsang produksi serotonin yang turut memiliki efek langsung pada peningkatan suasana hati.

Apel dapat mengurangi kolesterol jahat

Makanlah satu buah apel sehari untuk membuat tubuh sehat. Ada suatu penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang lebih tua dan mulai mengkonsumsi apel setiap harinya, ternyata mengalami penurunan kolesterol sebesar 23 persen. Selain itu, ia juga menunjukkan peningkatan kolesterol baik (HDL) sebesar 4 persen. Bahkan penelitian lain juga menyebutkan jika apel dapat menghambat pertumbuhan kanker payudara.

Makan telur bisa meningkatkan refleks tubuh

Telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan sumber protein yang berfungsi untuk menghasilkan asam amino. Kandungan asam amino yang ditemukan dalam telur cukup beragam dan dipercaya dapat membantu pertumbuhan jaringan otot serta rangka. Hal ini tentu sangat baik untuk meningkatkan refleks tubuh dalam membuat reaksi yang cepat dan spontan.

Fakta Kesehatan dan Kebugaran Jasmani

Olahraga ringan dan kebugaran sangat penting untuk menjaga pikiran dan tubuh sehat. Aktivitas fisik yang tepat seperti olahraga bisa membantu organ tubuh dan otot bekerja secara maksimal. Selain itu, dengan tubuh yang bugar maka pikiran akan menjadi lebih positif. Jadi kami berharap dengan beberapa fakta kesehatan berikut bisa menarik Anda untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat.

Ada sepuluh komponen utama kebugaran

Ada sepuluh komponen utama dalam kebugaran yang mungkin harus Anda cermati. Masing-masing komponen bisa memberikan Anda gambaran bagaimana cara meningkatkan kebugaran dengan latihan yang tepat. Adapun kesepuluh komponen itu meliputi: kekuatan pada otot, daya tahan tubuh, daya otot, kecepatan gerak, daya lentur tubuh, kelincahan gerakan, koordinasi gerakan, keseimbangan tubuh, ketepatan, dan reaksi.

Tubuh Anda memiliki 650 otot

Banyak orang menganggap otot adalah bagian dari kekuatan tubuh sehat. Namun jika Anda tahu, otot-otot ini tidak sekedar berfungsi untuk angkat berat. Ada sekitar 650 otot dalam tubuh manusia yang memiliki peran berbeda. Sebagian otot bekerja di bawah kesadaran atau sesuai perintah otak. Seperti otot yang mendukung gerakan tubuh ketika berjalan, duduk, berbicara, dan sebagainya. Sementara itu, ada juga otot yang bekerja tidak sadar seperti otot jantung yang membantu mengedarkan darah.

Diperlukan 3500 kalori untuk membakar 500 gram lemak

Beberapa tahun yang lalu, para ilmuwan mencoba menganalisa satu pon atau sekitar 500 gram lemak berlendir dan menemukan bahwa lemak itu mengandung 3500 kalori. Jadi mereka beranggapan bahwa untuk membakar satu pon lemak maka dibutuhkan energi sekitar 3500 kalori. Namun, itu tidak semudah yang dikatakan. Karena setiap orang memiliki ciri atau variabilitas yang unik dan berbeda-beda.

Berjalan cepat bisa menurunkan risiko penyakit jantung

Memiliki tubuh sehat dan bugar tidak selalu dilakukan dengan cara berjam-jam di gym. Ini jelas tidak bisa dilakukan oleh orang dewasa yang lebih tua. Namun ada suatu penelitian yang mengatakan bahwa dengan berjalan cepat (langkah cepat) selama tiga jam atau lebih, setidaknya sekali seminggu, bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 65 persen pada orang yang lebih tua.

Aktivitas rutin bisa mengurangi sakit pada nyeri punggung

Selain faktor umur dan genetik, nyeri punggung juga bisa disebabkan oleh faktor fisik yang tidak sehat. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas teratur yang dilakukan seseorang bisa menurunkan frekuensi dan tingkat rasa sakit pada nyeri punggung bawah. Jadi tidak heran jika ada orang yang sering keluar berolahraga kemudian tidak aktif sepanjang minggu, maka ia cenderung mengalami sakit yang lebih parah.  

Berlari cukup bagus untuk membentuk kekebalan tubuh

Orang yang berlari sepanjang 80 km atau lebih selama dua kali dalam seminggu, cenderung mudah mengalami masalah pernapasan dibandingkan membentuk tubuh sehat. Namun orang yang berlari rata-rata 20-30 km seminggu akan memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat. Selain itu, latihan berlari selama 12-20 menit selama tiga kali dalam seminggu juga mampu meningkatkan kepadatan mineral dan stabilitas tulang dalam jangka panjang.

Olahraga teratur dapat menjaga Anda awet muda

Sebuah penelitian kecil yang dimuat dalam jurnal Science Advances, mengungkapkan bahwa olahraga ternyata mampu menjaga DNA tetap sehat dan membuat orang awet muda. Mereka menemukan bahwa aktivitas fisik dengan intensitas yang sedang akan membantu menahan penuaan dalam sel. Mereka juga mengidentifisasi hubungan olahraga ringan dengan faktor stres. Jadi selama Anda masih muda dan sehat, mengapa Anda tidak rajin berolahraga?

Fakta Kesehatan dan Hidrasi

Air merupakan salah satu ramuan alami yang mampu mendukung tubuh sehat dan tetap bugar. Tanpa air maka tubuh akan terlihat lemah dan layu. Berikut ini adalah beberapa alasan yang telah kami kumpulkan untuk menjawab mengapa menjaga dehidrasi itu penting. Terutama bagaimana air berkontribusi dalam menjaga kesehatan Anda tetap baik.

Minum lima gelas air sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Air tidak hanya membantu Anda terlihat bugar dari luar, namun juga melindungi dan menyehatkan organ penting seperti jantung. Menurut sebuah studi yang dilakukan selama enam tahun, seseorang yang memenuhi kebutuhan tubuh dengan minum air sebanyak lima gelas per hari, mampu mengurangi risiko penyakit jantung lebih kecil. Perbandingannya 41 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya minum air sebanyak dua gelas atau kurang per hari.

Dehidrasi berdampak negatif pada tingkat energi dan suasana hati

Air membentuk sekitar dua per tiga dari tubuh kita, serta mempengaruhi sekitar 100 persen proses dalam tubuh. Itulah mengapa, air merupakan faktor tubuh sehat yang sangat penting. Bayangkan saja, dengan meminum air maka tubuh kita akan merasa segar kembali, dan benar-benar dapat meningkatkan kondisi pikiran. Jadi, tidak salah jika kondisi dehidrasi ringan saja akan berdampak pada suasana hati.

Air mampu menjaga keseimbangan pH alami

Tubuh manusia mempertahankan kisaran pH antara 7,35 hingga 7,45 untuk bisa melakukan proses fisiologis dengan tepat. Pergeseran asam bisa menyebabkan penyakit serta ketidakmampuan tubuh dalam mengasimilasi vitamin serta mineral. Jadi pH tubuh harus selalu di atas 7. Dengan begitu tubuh mampu melakukan pengambilan oksigen secara tepat dan mampu meningkatkan respons tubuh terhadap penyakit dengan baik. Hal ini bisa dicapai dengan mengonsumsi banyak air.

Penggunaan botol plastik berulang kali tidak sehat

Menjaga tubuh sehat tidak hanya pada jumlah air yang dikonsumsi, namun juga kualitas air dan bahan yang digunakan untuk menyimpannya. Jika Anda selalu pergi keluar rumah dengan membawa botol minuman, maka usahakan hindari botol plastik. Penggunaan botol plastik tidak hanya mencemari lingkungan namun juga dapat melepas bahan kimia ke dalam air jika digunakan secara berulang kali.

Dehidrasi menyebabkan sakit punggung

Inti cakram pada tulang belakang pada umumnya terdiri dari sejumlah besar air. Jadi kondisi dehidrasi akan menyebabkan rasa sakit pada tulang punggung Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Arkansas, kondisi dehidrasi akan mengurangi kekuatan tulang. Selain itu, kondisi dehidrasi juga mempengaruhi kinerja ginjal dalam mempertahankan asam-basa, yang memainkan peran dalam pembentukan osteoporosis.

Air menjaga fungsi ginjal tetap optimal

Seperti dibahas sebelumnya, ginjal memainkan peran penting dalam keseimbangan asam-basa dalam tubuh sehat. Selain itu ginjal juga berfungsi untuk menyaring darah hingga 300 kali dalam sehari. Jadi ginjal akan membutuhkan air agar bisa berfungsi secara optimal. Kurangnya air karena dehidrasi akan mempengaruhi fungsi ginjal. Jadi akan lebih baik minum air yang cukup dan mencegah gangguan fungsi ginjal.

Air menjaga kulit tetap indah

Ketika darah Anda mulai menggumpal atau kekurangan air dari organ-organ yang menopang, maka pada gilirannya darah Anda akan menarik air dari sel kulit tubuh. Hal ini akan menyebabkan kulit Anda terlihat kering. Tidak hanya itu, kondisi ini juga akan membuat mata Anda terlihat lebih gelap dan cekung. Bahkan dalam kurun waktu tertentu, kondisi ini akan membuat Anda lebih cepat tua karena kulit Anda kurang elastis dan rentan terhadap kerutan.

Dehidrasi menimbulkan banyak penyakit

Air menjaga segala sesuatu tetap mengalir dalam tubuh Anda. Selain itu, air juga membantu proses detoksifikasi alami agar tubuh sehat selalu. Kekurangan air akan membuat tubuh mengalami banyak masalah seperti: sembelit, alergi, asma, bahkan migrain. Untuk itu jagalah tubuh Anda agar tetap terhidrasi. Dengan demikian sirkulasi darah pada tubuh Anda akan tetap lancar, dan sistem ekskresi serta sistem limfatik yang membuang racun akan terbantu.

Air mampu membantu menurunkan berat badan

Air telah terbukti secara ilmiah dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Teorinya sangat mudah, ketika tubuh Anda mendapatkan sedikit kalori (dengan banyak minum dan sedikit makan), maka berat badan Anda akan menurun. Sebuah studi di Amerika tahun 2010, menemukan bahwa seseorang yang minum dua gelas air sebelum makan sarapan, makan siang, dan makan malam, cenderung mengkonsumsi 75-90 kalori lebih sedikit daripada mereka yang tidak.

Air untuk kesehatan otot dan persendian

Otot dan sendi adalah faktor tubuh sehat yang tidak kalah penting. Terutama karena fungsinya yang krusial dalam menopang dan menggerakkan tubuh. Sementara itu otot dan sendi memerlukan air untuk tetap bersinergi dan sehat, serta sebagai pelumas untuk memudahkan gerakan. Ketika tubuh anda kekurangan air selama beraktivitas fisik, maka kinerja tubuh Anda akan menurun. Setidaknya sebanyak dua persen cairan tubuh Anda akan hilang.

Praktek Kesehatan yang Baik

Memijat bisa memudarkan luka lebih cepat

Banyak orang berpikir bahwa memijat hanya bisa dilakukan untuk mengendurkan otot-otot yang tegang setelah beraktivitas padat. Namun tahukah Anda, bahwa memijat bekas luka bisa membantu mereka lebih cepat pudar? Ya, bahkan memijat bekas luka ini lebih efisien dibandingkan jika Anda menggunakan minyak atau lotion untuk menghilangkan bekasnya. 

Menyikat gigi terlalu cepat setelah makan dapat merusak enamel gigi

Tubuh sehat juga dapat diidentifikasi dari kondisi gigi. Jadi untuk menjaga gigi Anda tetap sehat, maka hindari menyikat gigi setelah makan (setidaknya tunggu hingga 30-60 menit). Terutama setelah mengkonsumsi makanan asam. Makanan asam seperti buah jeruk, tomat, dan minuman soda dipercaya mampu melunakkan enamel gigi. Mempercepat sikat gigi setelah makan hanya akan menambah efek asam pada enamel, sehingga mengikis lapisan di bawahnya.

Polusi di dalam ruangan lebih banyak daripada di luar

Anda mungkin sering mendengar bahwa polusi udara di luar ruangan sangat buruk. Namun mengingat seberapa banyak waktu yang Anda dihabiskan di dalam ruangan, maka kualitas udara di dalam ruangan juga sama buruknya. Faktor polusi seperti debu, jamur, dan bahkan zat dari bahan pembersih mungkin telah mencemari udara di sekitar ruangan Anda. Hal ini menjadikan kualitas udara di sekitar menjadi buruk, dan dapat menyebabkan iritasi mata serta gangguan saluran pernapasan (hidung dan tenggorokan).

Informasi di bawah atas mungkin tidak cukup membantu Anda dalam menentukan opsi yang terbaik. Namun itu akan membantu Anda mendapatkan tubuh sehat luar dan dalam. Jadi kami hanya berharap, Anda mengambil salah satu cara di atas dan mempraktekkannya untuk kehidupan Anda yang sehat dan lebih baik.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *