4 Pilihan Olahraga Sehat Menurunkan Berat Badan yang Sangat Efektif

4 Pilihan Olahraga Sehat Menurunkan Berat Badan yang Sangat Efektif – saat ini ada beragam pilihan olahraga yang bisa anda pilih untuk mendukung anda dalam program penurunan berat badan dengan cepat detik beberapa olahraga dapat sangat membantu anda dalam menurunkan berat badan dengan cepat karena bisa mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh. Jika proses metabolisme di dalam tubuh juga berjalan dengan cepat maka kalori pada tubuh anda yang terbakar pastinya juga akan tinggi. Sehingga berat badan tubuh anda akan lebih mudah untuk turun dan anda akan lebih cepat mendapatkan hasil yang maksimal.

Berbagai macam olahraga saat ini bisa anda pilih untuk menunjang proses penurunan berat badan anda. Anda bisa memilih olahraga air, olahraga yang sekaligus dapat digunakan untuk bela diri atau olahraga yang sekaligus bisa membuat anda rileks. Olahraga bisa menjadi alternatif cara menuunkan berat apalagi jika anda bisa mengimbangi olahraga yang anda lakukan dengan konsumsi makanan sehat, dan menjaga pola makan dan pola hidup yang teratur. Berikut ini adalah beberapa macam olahraga yang bisa anda lakukan dan bisa anda coba untuk memperlancar metabolisme tubuh anda.

olahraga sehat menurunkan berat badan
olahraga sehat menurunkan berat badan

Pilihan Olahraga Sehat Menurunkan Berat Badan

Lari

Jenis olahraga sehat menurunkan berat badan yang paling sederhana dengan memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda adalah lari. Aktivitas lari bisa bermacam macam jenisnya, mulai dari lari jarak pendek, lari jarak dekat, maupun jogging atau lari kecil. Banyak orang memilih aktivitas olahraga lari untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan pastinya berat badan turun dengan cepat karena lari sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang mahal bahkan gratis.

Anda juga tidak usah repot-repot lagi untuk menyiapkan dan menyediakan alat-alat penunjang olahraga ini. Setidaknya anda harus memakai sepatu agar kaki anda terlindungi dari benda-benda tajam atau tidak sakit jika untuk berlari. Anda juga bisa melakukan lari di manapun anda berada misalnya di rumah-rumah, di taman, di lapangan, bahkan di gor. Jika anda melakukan olahraga lari sebaiknya anda memilih jam-jam yang tidak terlalu ramai jika anda akan berlari mengitari atau menyusuri jalan raya. Hal ini agar anda terhindar dari kecelakaan yang mengakibatkan cedera.

Selain untuk menurunkan berat badan jika anda melakukan olahraga sehat menurunkan berat badan lari ini anda juga akan mendapatkan khasiat lainnya seperti kesehatan jantung yang akan terjaga, refreshing sehingga membuat suasana hati dan pikiran anda rileks dan tenang. Jika anda salah satu orang yang masuk ke dalam kategori pemalas dalam olahraga, lari adalah salah satu alternatif yang bisa anda lakukan. Dengan berlari anda akan mendapatkan berat badan yang kalian inginkan. Anda bisa melakukan olahraga lari seminggu 3 kali atau bahkan setiap hari.

Berenang

Tahukah anda jika olahraga renang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita? Olahraga renang bisa dilakukan hampir semua orang dan segala usia. Hal ini karena jika anda melakukan olahraga renang maka jumlah kalori dalam tubuh anda akan berkurang. Kalori yang terbakar di dalam tubuh dengan melakukan olahraga renang ini memang tergantung pada berat badan masing-masing orang, durasi waktu renang, frekuensi, intensitas hingga jenis atau gerakan olahraga apakah yang anda lakukan ketika berenang.

Olahraga sehat menurunkan berat badan renang ini memiliki banyak sekali jenis gerakannya. Kurang lebih hampir 10 gerakan atau jenis. Olahraga ini menjadi salah satu alternatif bagi kalian semua yang bosan dengan olahraga itu-itu saja, apalagi jika olahraga di dalam ruangan. Pasalnya olahraga renang ini akan menciptakan perasaan bahagia dengan peluang cedera yang lebih kecil. Apalagi jika ada berenang di kolam air hangat. Berenang di kolam air hangat dapat memberikan efek menenangkan pada otot-otot tubuh kita yang seringkali merasa tegang atau pegal.

Sebaliknya jika kita berenang di dalam kolam berakhir dingin ketika panas maka tubuh kita akan tetap dingin dan merasa segar. Selain bisa menurunkan berat badan dan membakar kalori dengan olahraga renang ini kita juga akan memperkuat otot, menurunkan tekanan darah, mengurangi tingkat keparahan penyakit asma, hingga mengatasi gangguan saat tidur.

Sepeda statis

Bersepeda statis adalah salah satu olahraga sehat menurunkan berat badan yang bisa anda lakukan dengan cara mengayuh sepeda di tempat. Olahraga ini sangat baik dilakukan bagi kalian yang tidak dapat melakukan latihan atau melakukan olahraga yang tergolong olahraga berat. Banyak ahli menyatakan bahwa olahraga sepeda statis ini tidak akan membahayakan persendian anda.

Sepeda statis juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh salah satunya adalah membakar kalori dan lemak tubuh yang akan mengakibatkan tubuh cepat mendapatkan berat badan yang ideal. Berolahraga sepeda statis merupakan salah satu pilihan terbaik bagi anda yang ingin membakar kalori dengan cepat namun tidak mau bepergian keluar rumah. Selain membakar kalori dengan bersepeda statis, kadar oksigen di dalam tubuh anda juga akan meningkat. Selain itu berolahraga ini sangat aman bagi ibu hamil karena tidak beresiko untuk menekan persendian secara berangsur-angsur.

Diharapkan jika anda olahraga sehat menurunkan berat badan dengan speda statis ini untuk tidak mengayuh sepeda secara cepat. Anda bisa melakukan kayuhan dengan santai dan tetap terkontrol agar tidak memberikan tekanan berlebihan pada perut dan sendi. Dibandingkan dengan alat olahraga indoor lainnya, sepeda statis ini sangat mudah digunakan daripada alat alat lainnya. Karena itulah bersepeda statis sangat cocok bagi anda sebagai pemula.

Naik turun tangga

Ketika anda mendengar kata olahraga terkadang hal yang terbesit dalam pikiran adalah kegiatan yang keras dan memerlukan berbagai peralatan rumit dan mahal. Padahal ada banyak jenis-jenis olahraga yang bisa anda lakukan dengan murah, mudah, dan tanpa ribet. Olahraga naik turun tangga ini bisa menjadi salah satu pilihan alternatif yang efektif bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, sekaligus meningkatkan energi di dalam tubuh meningkatkan otot dan juga menjaga keseimbangan tubuh.

Sebelum menjalani olahraga sehat menurunkan berat badan naik turun tangga ini sebaiknya anda melakukan peregangan atau pemanasan pada bagian tubuh anda terutama kaki. Hal ini dimaksudkan agar ketika anda melakukan olahraga anda tidak akan mengalami cedera. Anda bisa melakukan olahraga ini sebanyak mungkin selama 30 detik per langkahnya setelah itu istirahat lah 30 detik kemudian.

Perhatikan artikel lain disini

Ketika anda melakukan olahraga ini otot-otot kaki anda akan bekerja secara maksimal dan akan membakar lemak berlebih terutama pada bagian betis paha dan bagian pinggul. Jika anda tidak memiliki tangga di rumah anda bisa mengakalinya dengan menggunakan sebuah kotak kecil. Jika anda melakukan olahraga naik turun tangga ini selama 30 menit saja kalori anda sudah terbakar 300 kkl. Cukup besar bukan?

Itu tadi merupakan beberapa olahraga sehat menurunkan berat badan yang bisa anda lakukan. Pilihlah olahrga yang menurut anda cocok dengan kondisi tubuh anda. Perlu diingat keampuhan beberapa olahraga dan membakar kalori tubuh anda akan berbeda pada setiap orangnya. Karena jumlah tebakannya kalori juga didasarkan oleh seberapa sering anda melakukan olahraga dan seberapa niat anda untuk melakukan olahraga tersebut.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet – Senam adalah jenis olahraga yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *