4 olahraga sehat mengurangi berat badan Dengan Senam Dan Yoga

4 olahraga sehat mengurangi berat badan Dengan Senam Dan Yoga – Memiliki berat badan ideal yang terlihat cantik dan sexy menjadi keinginan banyak orang. Cantik atau tampan tidak harus memiliki berat tubuh yang ideal, akat tetapi banyak orang yang merasa lebih percaya diri ketika memiliki berat tubuh yang cantik dan ideal. Dan rasa percaya diri itulah yang sesungguhnya memberikan aura cantik atau tampan pada diri anda sendiri.

Seringkali untuk mendapatkan berat badan ideal secara cepat, cara-cara yang membahayakan tubuh dan mengancam kesehatan ditempuh. Ditakutkan apabila cara yang kurang tepat tersebut dilakukan bukanya berat badan yang ideal yang didapat akan tetapi malah masalah-masalah kesehatan yang muncul mulai yang ringan hingga yang berat. Telah banyak contoh kasus yang terjadi karena salah memilih cara untuk mendapatkan berat dab bentuk tubuh yang ideal. Memilih cara sehat untuk mendapat berat badan ideal memanglah cukup penting. Untuk menurunkan berat badan misalnya, seseoarang dapat mengurangi jumlah konsumsi kalori tanpa mengesampingkan kebutuhan gizi tubuh dan selain mengatur pola makan, sertai juga dengan olahraga sehat penunjang yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Salah satu olahraga sehat mengurangi berat badan yang populer saat ini adalah dengan melakukan senam dan yoga. Senam dan yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang kaya akan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Meskipun untuk merasakan manfaat tersebut diperlukan komitmen untuk konsistensi dalam melakukannya. Olahraga populer senam dan yoga yang dapat membantu untuk membakar kalori dan membuat badan sehat dan segar diantaranya adalah senam Aerobik, senam Kardio, Zumba, dan Yoga.

olahraga sehat mengurangi berat badan
olahraga sehat mengurangi berat badan

olahraga sehat mengurangi berat badan

Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan jenis senam yang memiliki gerakan enerjik dan biasanya diiringi dengan musik yang penuh dngan semangat. Senam aerobik sudah dikenal lama dan salah satu cabang olahraga senam yang populer dab banyak digemari, khususnya bagi para wanita. Pada dasarnya senam aerobik merupakan jenis senam yang fungsi utamanya digunakan untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

Seanam aerobik memiliki tempo tinggi yang mengharuskan untuk menggerakan seluruh anggota tubuh. Gerakan senam aerobik memberikan manfaat untuk meningkatkan atau menjaga kesegaran jasmani, meningkatkan metabolisme, dan membakar lemah tubuh. Dengam begitu senam aerobik sangat tepat apabila dikatakan sebagai olahraga sehat mengurangi berat badan.

Senam aerobik memiki 3 rangkaian gerakan penting yang tidak boleh dipisahkan atau harus dilakukan keseluruhannya. Rangkaian gerakan tersebut terdiri dari gerakan pemanasan, gerakan inti, dan gerakan pndinginan. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi adanya resiko cidera selama melakukan kegiatan senam.

Senam Kardio

Dilihat dari segi namanya saja dapat ditebak manfaat utama dari melakukan gerakan senam tersebut. Rangkaian gerakan senam kardio memanglah sudah dirancang sebagai olahraga sehat mengurangi berat badan. Meskipun sebenarnya akan ada banyak manfaat lain yang didapat jika anda melakukan senam ini seperti dari menjaga kesehatan jantung,  dan paru-paru. Rangkaian dari gerakan senam kardio dibagi menjadi tiga bagia yang terpisahkan yaitu pemanasan, inti, dan pendinginan. Masing-masing rangkaian tersebut memiliki fungsi dan tunjuan masing-masing.

Senam kardio juga dapat dilakukan di rumah dengan bantuan video panduan senam kardio. Senam kardio akan menampakan manfaatnya apabila gerakannya dilakukan secara konsisten dalam jangka waktu tertentu. Rangakain gerakan yang terdapat dalam senam kardio cukup menguras keringat. Sebelum melakukan senam ni alangkah baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu, terlebih apabila anda sedang mengandung, memiliki riwayat penyakit tertentu, atau mengunsumsi obat-obatan tertentu.

Senam Zumba

Olahraga zumba dipercaya dapat membantu membentuk tubuh. Senam satu ini memnag banyak membakar kalori dalam tubu, sehingga baik untuk dijadikan sebagai olahraga sehat menurunkan berat badan. Snam ini juga tengah naik daun pada saat unu. Meskipun senam ini ramai dikalangan wanita, namun pada dasarnya laki-lakipun juga dapat melakukan senam ini dan mendapatkan manfaat besar yang terdpat di dalamnya.

Zumba mengkombinasikan olahraga dengan keserasian tubuh dalam mengikuti irama musik. Sema ini pertama ditemukan oleh seorang penari dan koreografer Albeto Perez dari Kolombia. Zumba dapat memberikan manfaat maksimal bagi tubuh anda apbiila dilakukan secara rutin dan konsisten. Sebaiknya senam ini dilakukan selama 150 menit per minggu dengan intensitas sedang dan 75 menit per minggu dengan intensitas berat.

Kalori yang dibakar selama satu kali latihan zumba dapat dikatakan cukup besar hingga mencapai 400 sampai dengan 600 kalori per jam. Selain sebagai olahraga sehat mengurangi berat badan zumba juga mermanfaat untuk menurunkan bahakan menhilangakn tingkat stres, meningkatkan atau menjaga kesehatan jasmani, dan meningkatkan kelincahan tubuh.

Jangan berlebihan dalam melakuan olahraga satu ini. Ditakutkan apabila berlebihan karena ingin menurunkan berat badan secara signifikan denganzumba mlaha efek buruh dalam tubuh yang didapatkan. Olahraga zumba memng boleh dilakukan setip hari, namun persi olahraga tersebut harus tetap diatur, jangan sampai hingga merasakan tubuh terlalu lelah.

Yoga

Yoga telah menjagi olahraga populer yang memiliki bnyak penggemar. Meskipun terkadang gerakan yoga terlihat sederhan , namun pada kenyatannya seringkali kemdahan gerakan tersebut tidak semudah dengan apa yang dibayangkan sebelumnya. Perlu konsentrasi yang tinggi untuk melakukan setiap gerakannya. Yoga dapat memberikan manfaat banyak bagi tubuh, diantaranya dapat digunakan sebagai olahraga sehat mengurangi berat badan.

 Gerakan yoga juga dapat membakar kalori berlebih pada tubuh. Meskipu n pada dasarnya yoga merupakan penyatuan tubuh dengan alam. Dengan artian gerakan yoga difokuskan untuk melakukan meditasi yang dapat memfokuskan fikiran dan mengontrol tubuh secara keseluruhan. Manfaat dari melakukan yoga dapat terasa apabila anda dapat mengontrol fikiran dan tubuh nda dan tentunya dilakukan secara konsisten.

Mnfaat utama dari yoga adalah dapat mengurangi atau bahakan menghilangkan stres yang menumpuk di kepala kita. Selain fungsi utama tersebut dan sebagai olahraga sehat mengurangi berat badan, yoga juga memberikan manfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan membantu mengatasi masalaah-masalah kesehatan. Bahkan bagi anda wanita yang ingin segera memiliki keturunan, beberapa gerakan yoga juga membantu untuk dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Baca artikel lain disini

Bagaimana, apakah anda telah membaca keseluruhan dari isi artikel ini? Setelah membaca artikel ini olahraga mana yang anda pilih? Setiap olahraga yang disajikan pada artikel ini memiliki keunggulan masing-masing. Hal tersebut tergantung dengan kebutuhan utama pribadi anda. Olahraga tersebut akan memberikan manfaat jika anda melakukannya secaa konsisten dan tidak berlebihan. Akan jauh lebih baik juga jika anda melakukan olahraga tersebut dengan panduan instruktur yang telah memiliki pengalaman dan terbukti profesional.

olahraga sehat mengurangi berat badan dengan senam dan yoga yang disajikan pada artikel ini semoga dapat membantu andfa untuk mendapatka berat badan yang ideal. Selain itu, diharapkan olahraga yang telah dipaparkan di atas dapat membantu menjaga kebugaran tubuh anda.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *