4 Obat Sakit Gigi Anak dan Cara Penanganan Supaya Tidak Kambuh Kembali

4 Obat Sakit Gigi Anak dan Cara Penanganan Supaya Tidak Kambuh Kembali. Sakit gigi acapkali dianggap sebagai penyakit yang ringan. Meski begitu, anggapan tersebut tidak bisa dikatakan sepenuhnya benar. Hal ini karena sakit gigi berpotensi untuk memunculkan berbagai penyakit lainnya, salah satunya adalah yang berkenaan dengan mulut seperti gusi sariawan, gusi bengkak, dan napas berbau. Keluhan semacam ini tentunya akan sangat mengganggu baik bagi orang-orang dewasa hingga anak-anak.

Sakit gigi dapat menghambat selesainya berbagai pekerjaan maka dari itu cepat memberikan obat sakit gigi anak . Sedangkan sakit gigi yang dialami oleh anak-anak biasanya akan membuat si anak semakin susah makan, rewel, dan tidak bisa bermain secara leluasa. Namun tidak hanya itu, sering kali sakit gigi yang dialami si buah hati akan membuat Bunda kewalahan dan bingung mencari bagaimana solusi untuk meredakan dan menyembuhkan sakit gigi yang dialami.

obat sakit gigi anak
obat sakit gigi anak

Obat sakit gigi anak

Ada berbagai cara yang dapat Bunda lakukan untuk mengatasi sakit gigi anak, salah satunya adalah memberikan obat sakit gigi anak yang dapat meredakan nyeri sakit giginya. Meski begitu, yang perlu dicatat adalah bahwa obat pereda nyeri yang biasa digunaka oleh orang dewasa tidak semuanya aman digunakan untuk anak-anak. Oleh karena itu, untuk sakit gigi anak, perlu menggunakan obat yang memang khusus untuk anak. Berikut adalah rekomendasi obat yang dapat digunakan untuk sakit gigi anak.

Ibuprofen

Obat sakit gigi anak yang pertama adalah ibuprofen. Sifat analgesik dalam obat ini dapat berfungsi untuk menghambat perkembangbiakan bakteri yang menyebabkan munculnya rasa nyeri termasuk nyeri karena sakit gigi. Ibuprofen, obat sakit gigi anak yang dapat Bunda dapatkan di apotek ini tersedia dalam berbagai bentuk, yakni obat tablet dan obat sirup. Hal ini akan memudahkan Bunda ketika akan memberikannya pada si kecil yang belum bisa menelan obat tablet dengan memilih sediaan sirup.

Selain itu, tersedianya ibuprofen dengan berbagai varian rasa juga akan membantu Bunda ketika si kecil menolak ketika diminta minum obat sakit gigi anak ini dengan alasan rasanya yang pahit. Jadi, tidak ada alasan untuk si kecil minum obat kan, Bunda?

Parasetamol

Obat sakit gigi anak berikutnya adalah parasetamol. Obat yang selama ini dimanfaatkan sebagai obat penurun demam ini rupanya memiliki manfaat lain, yakni sebagai obat pereda nyeri. Ini karena parasetamol selain mengandung bahan aktif yang bersifat antipiretik juga mengandung bahan aktif yang sifatnya analgesik. Sehingga obat ini dapat digunakan sebagai obat pereda nyeri yang ampuh dan aman dikonsumsi oleh anak-anak.

Jadi ketika si anak mengeluhkan sakit gigi, Bunda dapat memberikan parasetamol yang tersedia dalam bentuk tablet dan sirup ini untuk meredakan nyerinya. Untuk memperoleh manfaat yang lebih efektif lagi, Bunda dapat memberikan obat sakit gigi anak ini dengan obat dari jenis OAINS lainnya, yakni ibuprofen. Akan tetapi, lebih bijak lagi jika dosis yang berikan pada anak adalah dosis yang sesuai dengan arahan dokter untuk mencegah efek samping dari pemakaian obat tersebut.

Cataflam drops

Obat sakit  gigi anak berikutnya adalah cataflam drops. Obat yang dapat Bunda beli di apotek ini adalah obat yang ampuh digunakan untuk meredakan nyeri berdenyut-denyut akibat sakit gigi selain parasetamol dan ibuprofen. Cara kerja obat ini sama dengan obat antiinflamasi non steroid lainnya. Jadi ketika si buah hati mengeluh kesakitan karena sakit gigi, Bunda dapat memberikan cataflam drops ini untuk meredakannya. Untuk dosis pemakaian obatnya harus disesuaikan dengan dosis yang tertera dalam kemasan. Sebab tentunya untuk mencegah berbagai efek samping penggunaan obat jika digunakan secara sembarangan.

Asam mefenamat

Yang terakhir adalah asam mefenamat. Obat ini adalah obat yang banyak dikonsumsi oleh orang dewasa. Penggunaannya dikombinasikan dengan obat antiinflamasi lainnya, namun tidak jarang juga dikonsumsi asam mefenamatnya saja. Meski begitu, obat ini adalah obat yang jarang diresepkan dokter untuk sakit gigi anak. Jika pun dikonsumsi anak-anak, dokter akan memberikan dosis obat sakit gigi anak ini sesuai dengan keadaan dan tingkat keparahan sakit gigi si anak.

Cara penanganan supaya tidak kambuh kembali

Berbagai obat di atas adalah obat yang dapat Bunda berikan untuk mengatasi sakit gigi si buah hati. Namun meski sudah sembuh, tidak jarang sakit gigi dapat kambuh kembali. Oleh karena itu, ada penanganan khusus yang dapat Bunda lakukan untuk mencegah sakit gigi si anak kambuh kembali. Berikut adalah 4 cara yang dapat bunda dan si anak lakukan untuk mencegah sakit gigi timbul kembali.

Rajin menyikat gigi

Salah satu penyebab sakit gigi yang paling banyak dialami oleh anak-anak adalah karena gigi berlubang. Hal ini karena anak-anak biasanya sulit untuk disuruh menyikat gigi. Sedangkan sisa makanan yang terselip di antara gigi dapat menjadi sarang perkembangbiasakan bakteri-bakteri penyebab gigi berlubang. Oleh karena itu, untuk menhindari dan sebagai upaya mencegah sakit gigi berlubang yang pada akhirnya mengharuskan meminum berbaai obat sakit gigi anak adalah dengan rajin menyikat gigi.

Meski begitu, ada yang perlu diperhatikan yaa Bunda, yakni ukuran dan jenis sikat yang bisa digunakan oleh si anak. Ini dikarenakan sikat untuk anak-anak baiknya dipilih sikap yang mendukung digunakan anak-anak dengan struktur gigi yang masih dalam tahap pertumbuhan. Selain itu, perlu juga memilihkan sikat dengan bulu sikat yang lembut. Sebab penggunaan sikat yang keras dapat menimbulkan gesekan-gesekan pada gigi sehingga timbul abrasi gigi yang juga sama ngilunya.

Menghindari makanan manis yang berlebihan

Makanan manis dan berwarna-warni adalah jenis makanan yang banyak disukai oleh anak-anak, di antaranya ialah permen, gulali, coklat dan lain sebagainya. Nah, berbagai olahan berbahan dasar gula tersebut yang dikonsumsi secara berlebihan dapat berpotensi merusak gigi. Hal ini karena olahan tersebut jika dikonsumsi akan menempel pada gigi-gigi si anak. Sementara anak-anak akan sulit untuk disuruh menyikat gigi. Dua kebiasaan tidak baik tersebut dapat berpotensi lebih tinggi untuk menjadi sebab timbulnya rasa sakit pada gigi dan mengharuskannya mengonsumsi berbagai obat sakit gigi anak.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Rajin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter

Selain rajin membersihkan gigi dan menghindari pengonsumsian makanan manis yang berlebihan, cara untuk mencegah sakit gigi kambuh kembali adalah dengan rajin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter.ya, konsultasi dengan dokter tentang gigi si anak adalah langkah yang tepat untuk Bunda lakukan. Dengan setidak-tidaknya ruti 6 bulan sekali mengunjungi dokter gigi, maka kesehatan gigi si anak akan terpantau, dan jika memang sering mengalami sakit gigi, dokter gigi akan memberikan saran penanganan yang tepat.

Demikian adalah paparan mengenai beberapa obat sakit gigi anak yang aman dikonsumsi dan cara perawatan untuk mencegahnya kambuh kembali. Penangan sakit gigi memang ribet, karenanya seperti adanya pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, maka lebih baik juga untuk Bunda dan si kecil merawat gigi baik-baik supaya tidak sampai harus mengonsumsi berbagai obat-obatan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *