4 Menu Sehat Untuk Jelaskan Manfaat Sayur Bagi Tubuh

4 Menu Sehat Untuk Jelaskan Manfaat Sayur Bagi Tubuh – Coba perhatikan makanan yang Anda konsumsi! Apa makanan tersebut termasuk makanan sehat? Tidak semua makanan masuk dalam kategori makanan sehat untuk dikonsumsi. Menu makanan sehat adalah menu makanan yang mengandung gizi seimbang, seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan serat.

Sepiring menu makanan sehat terdapat nasi yang mengandung karbohidrat, lauk pauk yang mengandung protein dan lemak, sayuran dan buah yang mengandung serat, vitamin, dan mineral. Sayuran selalu ada dalam daftar menu makanan sehat. Keberadaannya tidak hanya menjadi pelengkap saja, tetapi untuk penyeimbang gizi. Seperti yang telah dijelaskan, kandungan gizi pada sayuran sama seperti buah, yaitu mengandung serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.  

jelaskan manfaat sayur bagi tubuh
jelaskan manfaat sayur bagi tubuh

Serat, vitamin, dan mineral yang jelaskan manfaat sayur bagi tubuh Anda. Apa yang terjadi, apabila sayuran tidak disertakan dalam menu makanan sehat? Menu sehat tanpa sayuran maka kebutuhan gizinya menjadi tidak seimbang. Tubuh bisa kekurangan serat, vitamin, dan mineral yang manfaatnya sangat penting. Apabila tiap mengonsumsi makanan tanpa ada sayuran, maka tubuh dapat mengalami gangguan kesehatan.

Salah satu gangguan kesehatan yang diakibatkan karena kurang mengonsumsi sayuran adalah sembelit. Sembelit atau konstipasi meupakan frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari biasanya. Sembelit bisa terjadi karena asupan serat dalam tubuh berkurang. Gangguan ini ditandai dengan frekuensi air besar yang kurang dari tiga kali dalam seminggu. Fases yang keluar ketika buang air besar, ciri-cirinya adalah kering dan keras.  

Jelaskan Manfaat Sayur Bagi Tubuh

Anda tentu sudah dapat jelaskan manfaat sayur bagi tubuh, bukan? Untuk menghindari gangguan kesehatan akibat kurang mengonsumsi sayuran, Anda harus menyertakan sayuran dalam menu makanan sehat Anda. Sayuran harus dikonsumsi sesuai dengan porsinya yang dijelaskan dalam Permenkes No. 41 Tahun 2014.

Sebelum dikonsumsi, Anda juga harus mengetahui cara menyimpan sayur dengan benar. Menyimpan sayur yang salah, misalnya di tempat terbuka membuat sayur menjadi layu dan mudah membusuk. Untuk menjaga kesegarannya, sayuran sebaiknya disimpan di empat yang bersuhu dingin, seperti dalam lemari es.  

Cara memotong sayur, juga menjadi hal penting. Memotong sayur yang salah dapat menghilangkan kandungan gizi yang jelaskan manfaat sayur bagi tubuh. Sayuran sebaiknya dipotong menggunakan pisau yang tajam supaya tidak terjadi kerusakan pada batang dan daun.  Potong sayur pada bagian yang tidak digunakan supaya kandungan gizinya tidak berkurang. Sayuran jenis tertentu, seperti kentang tidak perlu dikupas kulitnya ketika direbus, supaya kandungan gizi di dalamnya tidak hilang.

Sayuran dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dikukus, direbus, ditumis, atau disetup. Mengolah sayur tidak perlu membutuhkan waktu yang lama kira-kira sekitar 5 – 10 menit. Hal ini dimaksudkan supaya sayur tidak layu dan kandungan gizinya tidak hilang. Sayur merupakan salah satu menu makanan sehat yang dapat diolah menjadi beberapa masakan berikut ini.

Oseng Sawi Hijau

Sawi adalah sayuran hijau yang mengandung vitamin K dan kalsium dalam jumlah yang cukup banyak. Kandungan nutrisi ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan vitamin K dan kalsium pada sawi hijau jelaskan manfaat sayur bagi tubuh Anda. Sebelum dimasak, sawi hijau harus dicuci terlebih dahulu dengan air yang mengalir. Sawi hijau selanjutnya dipotong menggunakan pisau yang tajam. Supaya gizi pada sawi hijau tidak berkurang, maka potonglah sawi hijau pada bagian yang tidak terpakai saja.

Sawi hijau yang telah dicuci dapat dimasak menjadi oseng. Oseng adalah memasak dengan cara menumis. Sawi hijau beserta bumbu lainnya ditumis menggunakan minyak yang tidak terlalu banyak. Supaya kandungan nutrisi pada sawi hijau tidak hilang, maka sawi hijau ditumis dalam waktu yang tidak terlalu lama dan menggunakan api yang tidak terlalu besar.

Salad Sayuran

Apa Anda pernah mencicipi salad sayuran? Salad sayuran adalah jenis makanan yang terdiri dari berbagai sayuran yang disajikan dengan saus mayones. Salad adalah makanan yang jelaskan manfaat sayur bagi tubuh Anda. Salad termasuk makanan yang menyehatkan sekaligus menu makanan yang baik bagi yang ingin melakukan diet. Hal ini karena kandungan gizi pada salad beragam dari sayuran yang divariasikan. Salad terdiri dari sayuran mentah yang dipotong sesuai selera, sehingga kandungan gizinya tidak berkurang.

Ada berbagai sayuran yang dapat divariasikan dalam membuat salad. Misalnya, sayur wortel dengan sayur kubis. Setelah dicuci sampai bersih, wortel dan kubis dapat dipotong tipis-tipis dan memanjang. Campurkan air, gula, cuka dalam wadah dan aduk hingga larut! Masukkan potongan wortel dan kubis dan campur rata! Masukkan wadah dalam lemari es selama 2 jam! Keluarkan wadah dan sajikan salad dengan saus mayones!

Gado-Gado

Gado-gado adalah makanan khas Nusantara. Dalam makanan ini terdapat sayuran yang beragam, seperti buncis, kentang, dan wortel. Ketiganya mengandung berbagai vitamin dan mineral yang jelaskan manfaat sayur bagi tubuh. Buncis mengandung zat besi yang dapat meningkatkan energi, kentang mengandung potasium yang dapat mengontrol tekanan darah, dan wortel mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

Gado-gado terdiri dari sayuran, telur, tahu dan tempe yang disiram dengan saus kacang. Sayuran dalam gado-gado diolah dengan cara direbus terlebih dulu. Merebus adalah teknik pengolahan sayuran yang dapat menghilangkan vitamin. Beberapa vitamin dapat larut dalam air dan rusak akibat pemanasan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya merebus dilakukan dengan waktu yang tidak terlalu lama dan menggunakan api kecil. Merebus juga dapat Anda ganti dengan mengukus.       

Baca artikel lainnya disini.

Sup

Sup adalah salah satu masakan yang diolah dengan cara menyetup. Menyetup merupakan cara mengolah sayuran dalam kuah. Kuah dalam sup merupakan kuah hasil rebusan sayuran. Vitamin dalam sayuran tidak hilang, tetapi akan larut dalam kuah sup. Dengan demikian Anda tetap akan mendapatkan vitamin dalam sayuran. Sayuran dalam sup sangat beragam, seperti tomat, kembang kol, kubis, wortel, dan kentang. Sayuran-sayuran dalam sup mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Vitamin dan mineral jelaskan manfaat sayur bagi tubuh.

Sayur dapat dimasak menjadi berbagai menu. Untuk menjadi menu makanan sehat, maka menu sayuran di atas dapat dilengkapi dengan makanan bergizi lainnya, seperti nasi, lauk pauk, dan buah. Menu sayuran di atas adalah menu makanan yang mudah dibuat dan bahan-bahannya ada di sekitar Anda. Hal ini mematahkan pendapat yang mengatakan bahwa makanan sehat itu mahal. Dari menu sayuran di atas, membuktikan bahwa untuk menyantap makanan sehat ternyata mudah dan murah terutama jika menu makanan tersebut dibuat sendiri. Sayuran dalam menu makanan sehat menyeimbangkan kebutuhan gizi Anda. Hal ini jelaskan manfaat sayuran bagi tubuh Anda.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Untuk Usia 50 Tahun ke Atas – Menimbang apa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *