4 Manfaat Tumbuhan Herbal Jambu BIji Untuk Jamu Tradisional

4 Manfaat Tumbuhan Herbal Jambu BIji Untuk Jamu Tradisional – Jambu biji merupakan tanaman yang buahnya sejak lama dikosumsi sebagai selingan maupun olahan lezat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan rasa yang manis, segar dan teksturnya yang bagus untuk membuat rahang terus bergerak, ternyata bagian tanaman yang lain juga menyimpan manfaat yang tidak kalah kerennya. Misalnya saja, bagian daun, batang dan juga akarnya.

Sebelum menyimak peranannya dalam jamu-jamu tradisional, alangkah baiknya jika mengetahui komposisi yang ada di dalam jambu biji. Misalnya saja, untuk buahnya ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, B, C, zat besi, magnesium, kalium, serat dan banyak lagi lainnya. Jika diperhatikan secara keseluruhan, di dalam buahnya saja sedemikian banyak manfaatnya, apalagi jika ditelaah secara menyeluruh. Sehingga tidak heran jika tanaman ini kerap dipakai dalam resep jejamuan tradisonal.

Manfaat tumbuhan herbal jambu biji
Manfaat tumbuhan herbal jambu biji

Manfaat Tumbuhan Herbal Jambu Biji Untuk Jamu Tradional – Resep Dan Cara

Kalau membahas jamu tradisonal, maka leluhur kita pun sudah mengajarkannya sejak zaman lampau. Pengetahuan leluhur mengenai meramu dan meracik tananaman berkhasiat untuk penyembuhan, sudah tidak diragukan lagi. Demikian juga dengan racikan yang berasal dari komponen tanaman jambu biji. Manfaat tumbuhan herbal jambu biji diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Manfaat Tumbuhan Herbal Jambu Biji Untuk Jamu Tradional – Jamu Diare

Bagian yang berguna dalam resep jamu satu ini adalah bagian daun. Pertama-tama, bisa mengambil daun jambu biji segenggam kemudian dibersihkan dan ditiriskan. Setelah itu, tumbuh dengan ulekan atau mortar untuk mendapatkan ekstraknya. Jika sudah halus dan mengeluarkan cairan, maka peras dan saring dalam gelas. Nah, cairan dari kstrak ini yang diminumkan ke penderita diare.

Resep yang kedua adalah dengan mengambil pucuk daun jambu biji yang masih muda, kemudian cuci bersih dan tiriskan. Ambil sejumput garam, dan letakkan di dalam daun yang sudah ditata sedemikian rupa untuk jadi pembungkus garam. Setelah itu langsung kunyah daun dan garam itu selayaknya makan lalapan untuk mendapatkan hasil terbaik dari manfaat tumbuhan herbal jambu biji.

Resep yang ketiga mengenai daun jambu biji untuk diare, adalah dengan mengambil segenggam kemudian mencuci bersih. Setelah itu rebus dengan tiga gelas air dan biarkan mendidih serta menyusut sehingga menjadi satu gelas saja. Saring dan tuang dalam gelas, tambahkan sejumput garam dan madu untuk menetralisir rasa getar dan pahitnya.

Jamu Penambah Darah

Pilihlah dua hingga tiga buah buah jambu biji merah yang sudah masak, kemudian cuci bersih dan tiriskan. Sembari menunggu tiris, maka siapkan blender dan alat saringan untuk menghasilkan jus yang bersih dari biji-bijinya. Setelah itu, blender buah jambu biji merah yang sudah dipotong-potong, campurkan dengan air 1 gelas. Sebelum kosumsi, bisa ditambahkan sari kurma dan juga madu, agar rasanya lebih enak dan khasiatnya lebih terasa. Sehingga manfaat tumbuhan herbal jambu biji untuk penambah darah ini bisa optimal.

Jamu Sakit Gigi

Menderita sakit gigi memang sangat tidak nyaman. Rasa nyerinya sangat menyiksa karena dapat merambat dari ujung kepala ke ujung kaki. Bahkan ketika dipakai untuk tidur pun masih terasa nyeri. Oleh karena iu tidak heran jika sakit gigi datang menyerang, orang akan melakukan beragam cara untuk meredakannya. Termasuk dengan memberi jamu dari daun jambu biji yang dihaluskan, kemudian diberikan pada bagian yang berlubang. Namun, jika bagian yang sakit tersembunyi, bisa dengan kumur-kumur air rebusan daun jambu biji yang memiliki sifat anti bakteri.

Untuk mendapatkan daun rebusan jambu biji itu, bisa dengan cara mengambil segenggam daun jambu biji, kemudian cuci bersih dan rebus dengan tiga gelas air. Biarkan mendidih dan menyusut hingga menyisakan kira-kira satu gelas. Dalam kondisi hangat, campur dengan setengah sendok teh garam dan air tersebut gunakan untuk berkumur-kumur. Selama masa kumur-kumur, jangan langsung dikeluarkan, tetapi tahan beberapa detik di dalam mulut baru keluarkan untuk mendapatkan hasil terbaik dari manfaat tumbuhan herbal jambu biji.

Jamu Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit yang sering terjadi saat musim penghujan di Indonesia. Penyebab utamanya adalah infeksi dari nyamuk demam berdarah yang membawa virus tersebut masuk ke dalam tubuh dan melumpuhkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh kekurangan sel darah merah. Selain dibutuhkannya perawatan secara medis, untuk mempercepat pemulihan setelah perawatan, bisa juga dengan mengkosumsi jamu demam berdarah yang berasal dari tanaman jambu biji.

Menurut informasi dri Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik, disebutkan bahwa dengan diberikannya ekstrak kering daun jambu biji secara rutin dalam rentang lima hari, ini dapat meningkatkan jumlah trombosit. Karena dari lima hari tersebut, ada percepatan pencapaian jumlah trombosit  lebih dari 100.000/µl. Selain itu, dengan pemberian ekstrak kering setiap 4 hingga 6 jam sudah dapat dilihat hasilnya secara pelan tapi pasti dan akan meningkat hingga 12 jam kemudian. Sehingga tidak heran jika untuk mendapatkan hasil terbaik dari manfaat tumbuhan herbal jambu biji ini bisa dari buah dan juga daunnya.

Kerennya lagi, kandungan senyawa aktif dari daun jambu biji, ternyata memiliki sifat anti bakteri dan virus. Selain itu, juga aman untuk  dikosumsi oleh tubuh secara berkala sebagai bentuk pencegahan dan membantu memperkuat sistem imunitas tubuh. Sedangkan untuk mendapatkan ekstrak keringnya, bisa dengan menumbuk daun jambu biji, kemudian menyaringnya. Hasil saringan itu dipanaskan hingga menjadi bubuk dan bisa disimpan sebagai persediaan untuk kosumsi pencegahan.

Bagi yang memiliki riwayat penyakit berat, seperti ginjal, dan lainnya, jangan kosumsi secara sembarangan. Harus tetap konsultasi dengan dokter yang menangani untuk untuk mendapatkan hasil terbaik dari manfaat tumbuhan herbal jambu biji ini. Meski tidak menimbulkan efek samping yang berarti, akan tetapi kondisi tubuh yang tidak fit, bisa semakin buruk jika mendapat asupan zat tertentu yang bisa jadi menjadi kontraindikasi dari pemakaian obat lain yang sedang dikosumsi.

Perhatikan juga artikel laninnya disini

Selain menjadi komposisi dari jamu-jamu di atas, buah jambu biji yang kerap dimakan secara langsung atau menjadi jus juga menyimpan khasiat yang luar biasa. Misalnya saja dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena ada kandungan anti oksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan juga menjadi penangkal dari ancaman risiko kangker serta akibat buruk dari radikal bebas lainnya.

Tidak cukup itu saja, dengan vitamin C yang tinggi, buah jambu biji juga bisa memberikan hasil terbaik dari manfaat tumbuhan herbal jambu biji ini dengan membantu tubuh untuk menaikkan hemoglobin sehingga mencegah anemia, menjaga kesehatan pembuluh darah, menangkal sariawan dan gusi yang mudah berdarah serta membentengi diri dari serbuan virus dan kuman lain dari luar tubuh. Sehingga tubuh tidak mudah mengalami flu, batuk, demam dan lain sebagainya.

Demikian ulasan menganai manfaat tumbuhan herbal jambu biji dalam beragam ramuan resep jejamuan yang sejak zaman lampau sudah diajarkan oleh leluhur. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mempelajari beragam resep tradisional mengenai meracik dan meramu obat-obatan, karena secara ilmiah ternyata bisa dibuktikan kebenarannya. Salam sehat dan bahagia

About Aziza Linda Verra

Check Also

hamil 5 minggu

Hamil 5 Minggu? Perhatikan Beberapa Panduan Ini!

sumbersehat – Bagi banyak pasangan baru, kehamilan adalah hal luar biasa. Sehingga tidak heran jika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *