Ketahui 4 Manfaat Sayur Kol Dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Ketahui manfaat sayur kol dan bahayanya bagi kesehatan. Sayur kol termasuk sayuran favorit masyarakat Indonesia karena rasanya lezat, apalagi kol atau disebut kubis cocok dijadikan tambahan bahan menu masakan lainnya. Diantaranya adalah sebagai pelengkap nasi goreng, sebagai sayur sop balungan dan berbagai sayuran lain yang ditambahkan kol.

Pastinya setiap orang memiliki perbedaan favorit menyantap kol. Bahkan ada yang menyukai menyantap kol mentah sebagai lalapan, memang tak dipungkiri rasanya lezat karena dicolek sambal terasi. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau membeli di warung, sementara untuk sayur kol pembuatannya simple dan mudah dipelajari cara memasaknya.

manfaat sayur kol dan bahayanya
manfaat sayur kol dan bahayanya

Manfaat Sayur Kol Secara Umum

Wakaupun banyak manfaat sayur kol dan bahayanya, tetapi manfaat lebih besar ketimbang bahaya. Yang terpenting adalah menyantap sayur kol secara seimbang dan tidak berlebihan, dengan begitu tak menganggu kesehatan anda. Dijamin rutinitas sehari-hari selalu semangat jika hobi menyantap sayur kol karena kol memiliki kandungan yang beragam, apalagi sayur kol disukai semua usia dari anak-anak sampai orang tua. Alhasil anda dapat menghemat bahan masakan jika seluruh keluarga menyukainya.

Sejatinya, tanaman kol selalu ada di pasaran karena budidayanya cepat dan tersebar di berbagai daerah. Dijamin seluruh daerah memiliki penghasil kol dan mampu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat sekitar dan untuk di kirim ke berbagai kota. Agar anda tak penasaran, berikut ada manfaat kol yang wajib diketahui:

Bagus untuk kesehatan tulang

Perlu diketahui, kol putih kaya akan kalsium dan vitamin K yang berfungsi menjaga kepadatan tulang dan menhindari resiko osteoporosis. Tak heran wanita hamil dan anak-anak disarankan mengkonsumsi sayur kol karena bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Untuk ibu hamil bagus untuk janin sehingga tumbuh kembangnya berjalan dengan lancar, khususnya untuk tulang. Sekalipun manfaat sayur kol dan bahayanya menjadi kekhawatiran banyak orang, tetap saja sayur kol kaya manfaat.

Agar kol memberikan manfaat bagi kesehatan anda, disarankan memasaknya dengan matang ya. Tujuannya agar rasanya semakin lezat dan kol dapat dikunyah anak-anak, pasalnya banyak anak-anak tak menyukai sayur kol akibat irisan kolnya masih mentah. Masaklah dengan benar tanpa menghilangkan kandungan vitamin yang ada di kol.

Menjaga kesehatan rambut

Anda resah karena rambut sering rontok atau sering mengalami permasalahan rambut? Tenang saja. Sayur kol bisa dijadikan solusi mengatasi rambut rontok loh karena mengandung belerang. Sejatinya belerang berfungsi menguatkan rambut dan mencegah kerontokan atau rambut kering, sementara kandungan antioksidannya membuat rambut anda berkilau, halus dan selalu sehat. Nggak heran manfaat sayur kol dan bahayanya menjadi pembicaraan banyak orang, tetapi jika tak berlebihan anda hanya mendapat manfaatnya.

Untuk caranya mudah, anda tinggal rutin mengkonsumsi sayur kol. Paling tidak dua hari sekali yang ditambahkan menu makanan lain agar anda menikmati cita rasa makanan lebih dari satu. Tetapi jika kurang menyukai sayur kol bisa membuat jus kol dan dijadikan masker rambut. Hal tersebut lebih menyehatkan karena tidak ada kandungan bahan kimia atau efek samping penggunaan masker rambut.

Cocok untuk diet

Jangan salah loh, kol bagus untuk diet loh. Walaupun anda tengah diet bisa mengkonsumsi sayur kol karena kol mengandung phytonutrient sulforaphane yang berguna melancarkan pencernaan. Dengan begitu diet anda sehat dan tak menganggu kesehatan karena tetap mengkonsumsi sayur kol, pasalnya setiap orang membutuhkan asupan sayur-sayuran agar stamina dan kekebalan tubuhnya selalu terjaga. Jangan sampai anda memikirkan manfaat sayur kol dan bahayanya untuk kesehaatan, pasalnya jika dikonsumsi benar maka tak menimbulkan bahaya.

Menjaga kecantikan wajah

Kaum wanita yang hobi menyantap sayur kol patut bahagia karena sayur kol bisa membuat anda semakin cantik. Alhasil anda tak perlu pergi ke salon dan mengeluarkan banyak biaya, cukup menyantap sayur kol yang bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Hal itu karena kol mengandung anti oksidan, sulfur dan kandungan antosianin yang bagus untuk kesehatan wajah. Pastinya kandungan itu mencegah permasalahan wajah seperti flek hitam, jerawat, kerutan dan tanda penuaan dini lainnya.

Mengingat manfaat sayur kol dan bahayanya menjadi kekhawatiran masyarakat akibat bahya yang timbulkan, anda wajib mengetahui bahayanya. Dengan begitu porsi menyantap sayur kol tepat sehingga tak ada efek samping, justru manfaat yang didapat. Pasalnya anjuran menyantap kol atau kubis hanya 250 gram saja setiap harinya, jangan sampai lebih karena memicu efek samping.

Bahaya Mengkonsumsi Sayur Kol Secara Berlebih

Sebenarnya bahaya mengkonsumsi kol jarang ditemui jika menyantapnya sesuai anjuran. Bahaya ditimbulkan hanya saat mengkonsumsi kol secara berlebih, agar menjadi wawasan, berikut ada daftar bahaya mengkonsumsi sayur kol secara berlebih:

Mengalami masalah dengan tiroid

Sejatinya, terlalu banyak menyantap kol setiap hari bisa memicu permasalahan pada tiroid. Alasannya karena kol membuat tubuh kekurangan yodium, masalah yang bisa timbul diantaranya adalah hipertiroidisme. Untuk itulah anda wajib mengetahui manfaat sayur kol dan bahayanya agar anda tak salah porsi menyantap kol, jangan sampai tiroid anda terganggu akibat memaksakan kehendak menyantap kol.

Kadar gula darah rendah

Gula darah sangat penting bagi tubuh, pasalnya jika gula darah tinggi dapat menyebakan penyakit diabetes. Perlu diketahui, sebenarnya manfaat sayur kol dapat mengatur kadar gula darah, tetapi mengkonsumsi sayur kol secara berlebih membuat kadar gula darah menjadi rendah. Bahkan dampaknya bisa terkena hipoglikemia jika anda tak menghiraukan porsi asupan sayur kol.

Tak baik untuk ibu menyusui

Jangan sampai ibu menyusui menyantap sayur kol secara berlebih karena tak baik untuk kesehatan bayi. Alasannya karena kol mengandung banyak gas, apalagi gas bisa berkembang pada orang dewasa saat ia menyantap kol dalam jumlah banyak. Jika makan kol dalam jumlah banyak, bayi bisa terkena kolik dan sangat berbahaya. Agar terhindar dari bahaya, pahamilah manfaat sayur kol dan bahayanya sehingga perencanaan menyantap kol benar.

Menyebabkan diare

Anda memiliki riwayat sindrom usus? Sebaiknya menghindari mengkonsumsi kol karena bisa menyebabkan diare. Walaupun kol mengandung serat yang manfaatnya beragam, tetapi harus dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Jika di konsumsi banyak, manfaat sayur kol dan bahayanya menyebabkan permasalahan pada usus dan menimbulkan diare. Maka, untuk orang tak memiliki riwayat sindrom usus sebaiknya makan kol secukupnya saja sehingga tak ada efek samping.

Simak artikel lainnya disini.

Selain itu kandungan gasnya tinggi, pasalnya terlalu banyak menyantap kol membuat anda sering buang angin. Bahkan, perut akan menjadi kembung, bijaklah mengkonsumsi kol agar kesehatan tak terganggu.

Informasi manfaat sayur kol dan bahayanya wajib diketahui, jangan sampai anda awam akan bahaya yang timbulkan. Hal itu berdampak pada pemberian sayuran kol untuk keluarga, tetapi jika anda mengetahuinya maka porsi memberikan sayur kol untuk keluarga akan tepat. Dengan begitu hanya manfaat yang didapat.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips sehat hari ini

9 Tips Sehat Hari Ini, Langkah Sehat di Tahun 2021

sumbersehat – Tips sehat hari ini yang wajib Anda ketahui adalah langkah yang mudah diikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *