4 Komponen Menu Diet Ibu Hamil yang Bergizi dan Mudah

By

Sumbersehat.com – Menu diet ibu hamil perlu dibuatkan daftar setiap harinya, agar bumil dan janin sehat sampai lahiran. Banyak yang menyambut kehamilan dengan seribu cara hingga tanpa didasari kurang memperhatikan si janin. Gejala awal kehamilan setiap orang berbeda-beda, tergantung fisik setiap individu.

Seorang ibu tentu menginginkan yang terbaik untuk anaknya, namun tanpa disadari orang tuanya berlebihan. Salah satunya berlebihan dalam hal mengonsumsi makanan. Di sinilah menu diet ibu hamil harus dipahami dengan baik.

menu diet ibu hamil

Daftar Isi Halaman

Menu Diet Ibu Hamil yang Mudah Didapatkan

Berikut ini beberapa menu diet ibu hamil yang mudah didapatkan dan memiliki nutrisi tinggi, diantaranya:

Karbohidrat

Karbohidrat termasuk sumber kalori, namun akan kurang bagus jika terlalu banyak mengonsumsi nasi putih, karena kandungan di dalam nasi putih banyak mengandung gula. Untuk karbohidrat yang bagus adalah nasi merah atau nasi hitam. Di dalam kandungan nasi merah dan nasi hitam cocok untuk menu diet ibu hamil.

Selain dari kelompok biji-bijian, pemenuhan sumber karbohidrat juga bisa didapatkan dari umbi-umbian. Ada ubi rambat, singkong, kentang, iles-iles dan beragam jenis umbi lain yang bisa digunakan untuk memenuhi nutrisi paa ibu hamil dan pilihan menu diet ibu hamil.

Protein

Protein sangat dibutuhkan untuk proses pembentukan janin di dalam rahim. Protein dapat didapatkan dari kedelai dalam bentuk olahan tahu, tempe, telur, dan lain-lain. Kandungan protein menjadikan otak anak yang ada di dalam rahim dapat berkembang dengan baik.

Perlu diingat jika protein tidak hanya dari sumber yang harganya mahal. Cek lingkungan sekitar dan identifikasi nutrition fact yang dikandungnya misalnya, dari ikan air tawar ada lele dan mujahir, ada kelompok jejamuran yang kaya protein, juga brokoli yang juga tinggi kandungan proteinnya. Kebutuhan nutrisi bisa dipenuhi dari beragam jenis makanan yang berguna untuk menu diet ibu hamil.

Buah-Buahan

Pepaya bagus untuk ibu hamil, karena dapat menghindarkan dari gangguan sembelit, buah pepaya mengandung banyak vitamin A untuk kebutuhan janin dan ibu hamil. Dengan rutin memakan buah pepaya menjadikan tubuh ringan karena pencernaan lancar.

Pisang juga merupakan salah satu buah yang dapat digunakan untuk mengatasi sembelit. Buah pisang seratnya dapat melancarkan buang air besar. Pisang mudah untuk didapatkan di sekitar rumah karena pohon satu ini mudah tumbuh di daerah tropis seperti halnya di Indonesia.

Alpukat adalah buah yang mengandung asam folat yang bagus untuk pertumbuhan janin. Selain itu juga mengandung lemak baik yang bagus untuk menu diet ibu hamil. Alpukat mengenyangkan saat dimakan, jadi dapat dijadikan pengganti karbohidrat. Kandungan asam folat pada Alpukat dapat mencegah cacat lahir pada janin.

Lemon adalah buah yang mengandung vitamin C. Kandungan buah lemon mampu menutrisi dan dijadikan menu diet ibu hamil agar selalu sehat dalam memperkuat janin di dalam rahim. Buah lemon meskipun rasanya asam, namun kandungannya akan basa saat di dalam tubuh, jadi aman dikonsumsi untuk ibu hamil.

Madu

Penting untuk mengonsumsi madu untuk semua kalangan. Terlebih untuk ibu hamil dapat digunakan sebagai penguat imunitas tubuh. Kandungan di dalam madu menjadikan tubuh kuat. Terlebih ibu hamil tentu asupan nutrisinya harus mencukupi untuk kebutuhan dirinya sendiri dengan janin, disinilah perannya untuk pelengkap.

Demikian menu diet ibu hamil yang mudah didapatkan di sekitar rumah. Asupan
nutrisi bagi ibu hamil sangatlah penting untuk terpenuhi karena yang menyerap adalah dua orang. Meskipun hamil, namun jangan berlebihan dalam mengonsumsi jenis makanan apapun.

Penting untuk ibu hamil, makan makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Hindari jenis makanan yang mengandung pemanis, pewarna, dan penyedap buatan. Karena ketiga jenis tersebut kurang bagus untuk kesehatan tubuh ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan.

Selain itu, pikiran yang jernih dan optimis harus selalu dipupuk guna menjernihkan pikiran. Pikiran yang jernih tentu akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan janin yang ada dalam kandungan. Jaga pola makan dengan menu diet ibu hamil dan jaga mental dengan selalu bahagia. Lingkungan sekitar juga perlu nyaman agar bumil tenang dan senang.

Tinggalkan komentar