3 Pijat Refleksi Sebagai Ganti Obat Sakit Gigi Apotek Mudah Murah Alami

By

3 Pijat Refleksi Sebagai Ganti Obat Sakit Gigi Apotek Mudah Murah Alami– Sakit gigi merupakan sakit yang sangat umum dan banyak diderita oleh masyarakat di Indonesia. Iya betul kesadaran untuk merawat gigi tampaknya belum mendarah daging di negeri ini. Lihat saja di sekitaran lingkungan kita atau di sepanjang perjalanan orang yang kita temui.

Hanya beberapa persen yang saat berbicara dan tersenyum akan terlihat deretan gigi yang manis dan menawan hati. Rata-rata deretan gigi yang terlihat tidak sesuai dengan standar kesehatan gigi. Bila deret gigi depan saja yang paling mudah dijangkau sikat gigi sudah kurang baik, apalagi gigi-gigi geraham yang lebih sulit terjangkau dan lebih sering digunakan untuk mengunyah.

obat sakit gigi apotek
obat sakit gigi apotek

Harus diakui edukasi tentang pentingnya kesehatan gigi kurang merata dan tidak terlalu mendapat perhatian serius. Akibatnya kebanyakan orang bukan mencegah terjadi kerusakan gigi namun akan mencari solusi jangka pendek. Solusi pintas yang bukan memberantas dari akar penyebab sakit gigi tersebut. Perhatikan saja hanya sedikit orang-orang yang rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan gigi yang seharusnya dilakukan setiap enam bulan sekali. Rata-rata yang terjadi adalah ketika sakit gigi sudah menyerang, obat sakit gigi apotek yang akan menjadi andalan. Itu pun dilakukan bila sudah merasakan sakit gigi yang benar-benar menyiksa dan mengganggu aktifitas.

Mengapa timbul sakit gigi dan butuh obat sakit gigi apotek?

Gigi geraham atas bawah adalah gigi yang paling sering menimbulkan masalah karena fungsinya sangat strategis dan letaknya juga di dalam. Sehingga, bila penyikatan gigi dilakukan dengan teknik yang salah maka gigi mudah berlubang karena sisa-sisa makanan akan menjadi busuk dan merusak gigi. Nanah juga dapat menumpuk di akar gigi akibat infeksi bakteri. Radang pada bagian pulpa gigi merupakan penyebab terbesar sakit gigi. Pulpa gigi sendiri merupakan jaringan syaraf halus sensitif dan terdapat pembuluh darah di situ.

Bila dahulu seseorang pernah melakukan penambalan gigi, maka di kemudian hari terjadi kerusakan pada tambalan itu, maka potensi terkena sakit gigi akan meningkat. Para penderita diabetes juga sering mengalami masalah kerusakan gigi seperti keropos dan kemudian menjadi infeksi karena gangguan metabolisme tubuh mereka. Bayi dan anak-anak yang tumbuh gigi juga seringkali rewel karena muncul rasa tak nyaman di gusi mereka.  Namun tentu saja obat sakit gigi apotek tidak perlu dan tidak diperkenankan dikonsumsi oleh anak-anak saat giginya tumbuh untuk meredakan rasa sakitnya.

Gejala sakit gigi

Meskipun seringkali disepelekan namun sakit gigi sangat mengganggu. Menurut mereka yang pernah mengalami, sakitnya terasa dari ujung rambut sampai ujung kaki. Selain timbulnya bengkak di daerah sekitar gigi yang sakit, rasa tertusuk-tusuk menjalar sampai ke mata, telinga, bahkan kepala terasa mau pecah. Mulut juga menjadi bau sebab infeksi yang menyerang. Makan tak enak, tidur tak nyenyak, mau melakukan apa pun terasa tak ada tenaga. Sampai-sampai lagu Bung Meggy Z yang liriknya …lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati.. itu dibantah oleh banyak orang. Mereka berkata lebih baik sakit hati deh dari pada sakit gigi… Gak percaya? Coba kalau berani!

Pengobatan yang umum

Jenis pengobatan yang sering dilakukan oleh penderita sakit gigi yaitu menggunakan obat sakit gigi apotek yang dibeli bebas di apotek. Sebagian mengolah bahan-bahan tradisional untuk mengatasi nyeri pada gigi. Sedangkan bagi mereka yang sedang mengalami kondisi rawan minum obat seperti ibu hamil dan menyusui, biasanya mereka bertahan dengan rasa sakit yang mendera atau berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Banyak orang yang takut ke dokter gigi karena sebab-sebab tertentu seperti bunyi alat bor yang terdengar mengerikan dan lain sebagainya. Umumnya, mengunjungi dokter gigi merupakan langkah pamungkas yang dilakukan.

Titik refleksi pereda sakit gigi

Di samping pengobatan umum yang sering ditempuh, ternyata pijat refleksi juga dapat meredakan sakit gigi. Penekanan pada titik-titik syaraf yang sesuai sangat bermanfaat merelaksasi bagian pulpa gigi sebagai sumber rasa sakit. Berikutnya akan dipaparkan titik mana saja yang harus ditekan agar rasa sakit yang dialami mereda dan diharapkan akan hilang. Ada tiga titik utama yang perlu dilakukan penekanan agar manfaatnya lebih terasa. New York State Reflexology Association menerangkan tiga titik utama dalam meredakan rasa nyeri pada sakit gigi:

(SI 18) Titik penanganan pertama

Titik ini terletak pada tulang pipi, tepatnya bagian bawah tulang pipi sejajar secara horizontal dengan bagian bawah hidung. Tekan dengan kuat selama minimal semenit saja. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah yang dirapatkan. Tarik nafas dalam-dalam selama proses berlangsung. Titik ini disinyalir merupakan titik terefektif dalam meredakan atau bahkan menghilangkan rasa nyeri pada sakit gigi. Obat sakit gigi apotek yang cukup ampuh tampaknya.

(ST 6) Titik meredakan nyeri rahang

Tekanan yang dilakukan pada titik ini disebutkan sangat bagus untuk mengobati rasa sakit pada rahang. Titik ini terletak pada bagiah tengah tulang rahang tepatnya pada otot yang menonjol saat gigi dikatupkan. Teknik terapinya adalah dengan menekan titik ini menggunakan ibu jari selama minimal semenit dan tekan dengan kuat. Sama seperti sebelumnya, bernafaslah dalam-dalam saat menekan titik ini. Boleh diulangi bila dirasa perlu.

(LI 4) Titik anti-inflamasi

Titik ini terletak pada bagian otot yang menghubungkan antara ibu jari dan telunjuk. Karena biasanya peradangan terjadi pada sakit gigi, maka pemijitan atau penekanan pada titik ini dapat meredakan peradangan tersebut. Pijatan yang kuat dapat dilakukan pada titik tersebut selama 4 sampai 5 detik setiap kalinya sambil bernapas dalam-dalam. Bukan hanya berperan sebagai obat sakit gigi apotek, titik inflamasi ini dapat juga digunakan saat seseorang masuk angin.

Agar efek pijat refleksi ini maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu pastikan posisi tubuh tetap nyaman selama proses pemijatan ini. Tekan, pijat, atau gosok titik-titik tersebut dengan kuat. Namun jika merasakan sakit yang teramat sangat, berhentilah dan kurangi tekanan. Boleh diulangi sesering mungkin atau setidaknya sehari tiga kali. Jika rasa sakit diiringi dengan perdarahan pada mulut atau kesulitan bernafas, sebaiknya kunjungi dokter. Pemijatan dapat dilakukan di rumah maupun tempat praktek pijat refleksi lainnya. Ingat selalu agar memilih tempat yang nyaman dan tenang.

Perhatikan juga artikel menarik yang lainnya disini.

Tips menghindari sakit gigi

Agar tidak perlu mengkonsumsi obat sakit gigi apotek, perlu dilakukan pencegahan seperti sikatlah gigi dengan teratur minimal dua kali sehari yaitu pagi hari dan sebelum tidur dengan teknik yang benar. Rutin mengunjungi dokter gigi minimal enam bulan sekali agar segera terdeteksi bila ada bibit-bibit penyebab sakit gigi. Untuk menghindari penyakit gigi pada anak dan masalah gigi yang timbul di kemudian hari saat mereka dewasa, maka sejak dini orang tua harus mengedukasi anak-anak mengenai pentingnya kesehatan gigi. Biasakan menggosok gigi sebelum tidur, terus dampingi dan awasi kedisiplinan mereka.

 

Semoga tips dan informasi di artikel ini dapat membantu para pembaca mengatasi sakit gigi tanpa harus minum obat sakit gigi apotek dan menghindari sakit gigi di kemudian hari. Harus diingat, ke dokter gigi seharusnya bukan langkah terakhir dalam mengatasi masalah pada gigi. Ke dokter gigi pada hakikatnya adalah pengobatan di awal yang tentu saja lebih mudah murah bebas rasa sakit. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, setuju? Salam sehat selalu Indonesiaku.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar