3 Panduan Olahraga Sehat dan Aman Untuk Remaja

3 Panduan Olahraga Sehat dan Aman Untuk Remaja. Banyak remaja mungkin bingung tentang bagaimana cara berolahraga untuk tetap kuat, sehat, dan bisa menambah atau menurunkan berat badan. Kabar baiknya, tidak ada cara yang tepat untuk berolahraga dan tidak ada olahraga khusus yang harus Anda lakukan agar bugar. Meskipun begitu, mempelajari berbagai cara berolahraga sebagai remaja akan sedikit membantu. Dengan demikian Anda dapat bersenang-senang, mencapai tujuan, dan menghindari melukai diri sendiri.

olahraga sehat dan aman
olahraga sehat dan aman

Anjuran Olahraga Sehat dan Aman

Hal terbaik tentang olahraga untuk remaja adalah hampir semua aktivitas yang membuat Anda bergerak akan berhasil. Anda harus mencoba melakukan olahraga yang lebih berat sekitar satu jam per hari (setidaknya selama tiga hari dalam seminggu). Sementara sisanya bisa diisi dengan aktivitas yang lebih moderat. Adapun berbagai aktivitas yang bisa disertakan setiap minggu yaitu sebagai berikut.

Latihan Kardio Intensitas Tinggi

Ini adalah jenis olahraga sehat dan aman yang bagus untuk kardiovaskular. Adapun yang termasuk olahraga ini meliputi: sepak bola, tenis, bola voli, bola basket, dan lain-lain. Latihan seperti jalan cepat, lari, bersepeda, atau berenang juga termasuk jenis kardio intensitas tinggi. Jadi, cobalah pilih yang Anda sukai. Namun selalu pastikan mengenakan alat pelindung yang tepat di setiap aktivitas yang Anda pilih.

Angkat Beban

Jenis latihan kekuatan ini akan membantu Anda membangun kekuatan otot dan daya tahan. Olahraga ini dapat melibatkan aktivitas tidak terstruktur, seperti menggunakan peralatan di taman bermain atau memanjat pohon. Ini juga bisa mencakup latihan kekuatan terstruktur seperti: squat, push-up, atau crunch (dengan beban, mesin, atau berat badan Anda sendiri).

Penting untuk diperhatikan, jangan memulai latihan angkat beban tanpa pengawasan orang dewasa, pelatih, atau ahli lainnya. Tujuannya untuk memastikan olahraga sehat dan aman Anda dilakukan dengan benar. Anda mungkin sudah memasukkan olahraga angkat beban di dalam daftar aktivitas. Namun jika belum, Anda bisa menambahkan aktivitas ini dua hingga tiga hari seminggu (dengan satu hari istirahat di antaranya).

Aktivitas Sehari-hari

Selain berpartisipasi dalam olahraga atau aktivitas seperti berlari atau bersepeda, Anda juga harus memasukkan aktivitas rutin ke dalam hari Anda. Artinya, Anda harus membatasi berapa banyak waktu untuk duduk di depan komputer atau bermain video game. Cobalah memasukkan aktivitas atau permainan aktif seperti: menari, berjalan-jalan, bergulat, atau melempar bola di halaman belakang. Ini adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan setiap hari, terutama ketika Anda tidak melakukan latihan yang lebih keras dan terstruktur.

Larangan Olahraga yang Harus Dihindari

Hindari Powerlifting

Ini bukan termasuk olahraga sehat dan aman yang bisa dicoba anak-anak. Jenis pelatihan ini melibatkan pengangkatan eksplosif, sering kali berfokus pada seberapa banyak Anda dapat mengangkat pada satu waktu. Jenis pelatihan ini tidak disarankan untuk remaja, karena mereka masih sulit menggunakan form yang baik. Selain itu, tubuh mereka juga bisa stres secara tiba-tiba sehingga menyebabkan cedera.

Hindari Olahraga Berlebihan

Berolahraga terlalu banyak juga dapat menyebabkan cedera. Bahkan latihan berlebihan (terutama bagi anak perempuan) bisa menyebabkan perubahan siklus menstruasi dan pengeroposan tulang. Terkadang sulit untuk menentukan seberapa banyak olahraga yang dianjurkan. Mengingat setiap orang dapat mentolerir jumlah latihan yang berbeda. Namun, berolahraga beberapa kali dalam sehari atau selama beberapa jam akan berlebihan bagi remaja. Mengikuti pedoman dan berolahraga sekitar satu jam sehari adalah tempat yang baik untuk memulai

Jangan Mengharapkan Hasil yang Tidak Realistis

Memiliki tujuan peningkatan atau penurunan berat badan dalam olahraga sehat dan aman itu bukan masalah. Namun Anda harus paham bahwa Anda tidak dapat mengontrol apa yang ingin diubah. Jika Anda menginginkan otot yang lebih besar, maka itu adalah sesuatu yang terjadi setelah pubertas. Meskipun Anda selalu dapat membangun kekuatan pada usia berapa pun.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, olahraga dan diet sehat adalah kuncinya. Tetapi Anda tidak dapat mengharapkan penurunan berat badan yang dramatis bisa terjadi dalam semalam. Penurunan berat badan yang permanen dan aman adalah proses yang lambat. Jadi, mencoba untuk mempercepatnya dengan diet yang tidak sehat atau olahraga yang berlebihan bisa menjadi bumerang dan seringkali tidak berkelanjutan.

Tips untuk Lebih Banyak Berolahraga

Jika Anda menyukai olahraga, Anda mungkin memiliki latihan, permainan, atau aktivitas lain yang terus membuat Anda sibuk. Jika tidak, Anda mungkin harus kreatif tentang olahraga sehat dan aman. Apalagi jika Anda belum pernah mempraktikkan aktivitas berbeda, untuk menemukan apa yang Anda sukai dan apa yang Anda kuasai. Untuk Anda yang masih pemula, cobalah beberapa ide berikut untuk memulai.

Latihan olahraga saat pergi dan pulang sekolah

Banyak remaja kini sudah mahir dalam menggunakan sepeda motor, bahkan di usia mereka yang masih di bawah umur. Untuk itu, cobalah menghindari berbagai kemungkinan negatif dari bersepeda motor dengan yang lebih sehat. Berjalan kaki atau bersepeda saat pergi atau pulang dari sekolah adalah pilihan yang tepat. Selain untuk menghindari kecelakaan yang berarti, ini juga baik untuk kesehatan jantung dan tulang Anda. Bahkan Anda juga bisa lebih menikmati udara segar dan alam hijau saat melakukan perjalanan menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

Latihan beban dan kekuatan di rumah

Jika Anda tidak memiliki izin untuk pergi ke gym bersama teman-teman Anda, maka cobalah untuk latihan olahraga di rumah. Beberapa olahraga sehat dan aman dengan menggunakan beban tubuh bisa Anda coba sendiri di rumah, seperti squat dan duduk bersandar. Selain itu, Anda juga bisa berolahraga dengan menaiki atau menuruni tangga. Ini adalah jenis latihan kekuatan yang aman dan baik untuk tungkai Anda.

Melakukan beberapa pekerjaan rumah

Menyapu daun atau menyapu jalan masuk ke rumah, sebenarnya bisa membakar kalori sekaligus membahagiakan orang tua. Jadi mengapa Anda tidak mencobanya? Sementara itu, Anda juga bisa menguatkan otot-otot lengan dengan pekerjaan rumah lainnya, seperti mencuci atau menyetrika. Untuk Anda yang tidak suka pekerjaan dalam rumah, bisa dengan mengajak anjing atau hewan peliharaan Anda berjalan-jalan ke luar.

Baca artikel lain disini

Menciptakan rutinitas baru yang sehat

Olahraga sehat dan aman tidak hanya dilakukan di gym atau lapangan olahraga. Namun di setiap tempat, jika Anda kreatif, maka bisa termasuk olahraga. Jika Anda nongkrong di mal atau pusat perbelanjaan lokal, maka cobalah berjalan-jalanlah alih-alih tinggal di satu tempat seperti food court. Selain itu, cobalah menciptakan rutinitas baru yang menyehatkan. Contohnya, cobalah berlari setiap hari saat pulang sekolah atau sebelum makan malam. Ajak teman atau keluarga Anda untuk bergabung dalam olahraga supaya Anda tidak sendirian. Dan gunakan video olahraga jika Anda tidak ingin melakukan aktivitas di luar.

Kesimpulan

Berolahraga secara teratur adalah bagian penting dari perkembangan remaja dan kesehatan secara keseluruhan. Namun jangan lupa mentaati prosedur olahraga sehat dan aman agar tetap aktif. Tuliskan aktivitas olahraga seperti apa yang menurut Anda menyenangkan, lalu buat komitmen untuk melakukannya secara teratur. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, maka bicarakan dengan teman, keluarga, atau bahkan pelatih Anda.

About Aziza Linda Verra

Check Also

Olahraga sehat untuk wanita

1 Tips Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Dapat Diterapkan Dimana Saja

1 Tips Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Dapat Diterapkan Dimana Saja. Suasana kota yang begitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *