Ada 8 Obat Sakit Gigi Anak Secara Alami 

Ada 8 Obat Sakit Gigi Anak Secara Alami – Anak-anak rentan mengalami sakit gigi, karena gigi susu mudah untuk berlubang, berkarang dan berbagai jenis permasalahan gigi lainnya. Terlebih terkadang anak susah untuk diajak rajin sikat gigi. Untuk permasalahan sakit gigi adalah hal yang biasa dijumpai di usia ank-anak. Karena tingkat kesadaran yang belum terlalu tinggi, menjadikan anak-anak mudah sakit gigi. Saat mengalami sakit gigi, orang tua harus pintar membujuk agar mau diobati. Karena banyak dari anak-anak yang justru menolak untuk diobati dan lebih memilih untuk menangis karena nyeri gigi.

Orang tua menghadapi kondisi seperti ini harus tenang, dan jangan memarahi anak. Karena jika anak menolak untuk pergi ke dokter gigi, dapat diupayakan terlebih dahulu untuk mengobati secara alami sebagai bentuk pertolongan pertama saat gigi terasa sakit. Banyak penyebab yang menjadikan gigi tersa sakit, yakni gigi berlubang, mulai tumbuh gigi baru, gigi yang mau lepas, bengkak pada gusi, dan berbagai jenis keluhan lainnya. Setelah mengetahui sumber permasalahan tersebut, tentu orang tua dapat memilih pengobatan pertama seperti apa yang dirasa efektif untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri.

obat sakit gigi anak
obat sakit gigi anak

Banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan sebagai bentuk pertolongan pertama yang mudah dijumpai di sekitar rumah. Orang tua dapat mencobanya terlebih dahulu. Berikut bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai obat sakit gigi anak yang alami. Bahan-bahan tersebut dapat dipilih berdasarkan bahan yang telah ada di rumah. Agar lebih cepat dalam penanganan, jika dirasa belum mampu meredakan rasa sakit dapat mencoba bahan yang lain. Berikut ulasan bahan-bahan tersebut.

Obat Sakit Gigi Anak Secara Alami

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk obat sakit gigi untuk anak, karena mampu mengurangi rasa nyeri pada gigi. Kandungan yang ada pada minyak zaitun adalah lemak jenuh, omega 6, dan asam lemak omega 3. Namun asam lemak terbanyak adalah asam oleat yang dinilai cukup sehat untuk kesehatan tubuh anak. Asam oelat inilah yang dinilai dapat membantu mengurangi peradangan. Cara menggunakan minyak zaitun cukup mudah, yakni dengan cara dioleskan pada bagian yang sakit. Alternatif kedua, minyak zaitun ditaruh di kapas dan ditempelkan pada bagian yang sakit. Tunggu beberapa menit agar minyak zaitun meresap dengan sempurna.

Garam

Garam mudah dijumpai di dapur, karena bumbu dapur satu ini termasuk bumbu utama dalam memasak. Selain untuk makanan, ternyata garam dapat digunakan sebagai obat sakit gigi anak yang efektif. Garam dapat membunuh bakteri yang ada di mulut, yang diduga sebagai penyebab gigi terasa nyeri. Cara penggunaannya dengan cara mencampur 1 sendok garam dengan air hangat. Kemudian digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan secara berulang-ulang hingga nyeri pada gigi berkurang. Sensasi rasa hangat dan kandungan air garam membantu untuk menenangkan rasa nyeri gigi anak.

Madu

Kandungan didalam madu sangat baik untuk kesehatan tubuh untuk semua kalangan umur. Khususnya anak-anak dalam masa pertumbuhan, sangat penting untuk membantu tumbuh kembang secara optimal. Madu memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Untuk itu, madu efektif sebagai obat pereda nyeri gigi. Cara menggunakan madu sebagai obat, dengan cara ditempelkan langsung pada bagian yang sakit atau dapat diseduh menggunakan air hangat. Jika dicampur dengan air hangat akan lebih terasa nikmat. Selain itu penggunaan madu untuk obat sakit gigi untuk anak akan menyenangkan karena rasanya manis yang tentu disukai anak.

Minyak cengkeh

Cengkeh adalah salah satu bumbu rempah Indonesia. Cengkeh dapat mencegah peradangan yang lebih parah karena kandungannya dapat membunuh bakteri. Cara ini sudah lama dipraktikan oleh para leluhur, bahkan pengobatan Cina dan India banyak menggunakan bahan rempah satu ini sebagai obat sakit gigi. Cara menggunakannya dengan cara minyak cengkeh dioleskan pada bagian gigi yang sakit. Alternatif kedua dengan cara mengoleskan minyak cengkeh menggunakan kapas pada bagian yang sakit dan kapas tersebut digigit 10 menit agar minyak meresap dengan sempurna. Obat sakit gigi anak satu ini efektif karena resep turun menurun.

Bawang Merah

Bawang merah adalah bumbu dapur yang paling sering digunakan dalam memasak. Bawang merah ternyata juga menyimpang manfaat yakni sebagai anti bakteri, sehingga efektif digunakan sebagai obat untuk sakit gigi yang aman digunakan. Cara penggunaanya yakni, bawang merah diparut, kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit. Tunggu hingga 10 menit, setelah itu buang sisa bawang merah tersebut. Alternatif kedua dengan cara bawang merah diiris menjadi dua bagian, kemudian gigit bawang merah tersebut pada bagian yang terasa nyeri. Rasa dari bawang merah tentu akan getar. Di sinilah  peran orang tua dalam memberikan pengertian.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dipercaya dapat menjadi obat sakit gigi anak, karena manpu meredakan nyeri pada gigi. Daun jambu biji mengandung zat yang mampu berfungsi sebagai anti bakteri sehingga cukup efektif dalam penggunaannya. Cara penggunaannya cukup sederhana, yakni daun jambu biji ditumbuk setelah dibersihkan sebelumnya, setelah itu ditempelkan pada gigi anak yang sakit.  Alternatif kedua dengan cara merebus daun jambu biji, kemudian air rebusan tersebut digunakan sebagai obat kumur. Lakukan secara rutin, jika gigi terasa nyeri.

Ekstrak Vanili

Ekstrak vanili umumnya digunakan untuk membuat kue atau masakan, namun ada manfaat lain dari bahan satu ini. Ekstrak vanili dapat membantu meredakan nyeri pada gigi anak. Obat  satu ini, digunakan dengan cara mengoleskan langsung menggunakan jari pada bagian yang sakit. Alternatif kedua dengan cara menuangkan sedikit ekstrak vanili pada kapas, kemudian kapas tersebut digigit pada gigi yang terasa sakit. Ekstrak vanili dipercaya sebagai obat anti nyeri pada kasus sakit gigi. Lakukan secara rutin apabila gigi anak mulai terasa nyeri.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Es Batu

Es batu mempunyai manfaat lain yakni untuk mengompres dan  mengurangi peradangan pada gusi bengkak. Es batu dijadikan obat sakit gigi anak yang alami karena cukup sederhana penggunaannya, yakni dengan cara meletakan bongkahan es batu pada selembar kain bersih, kemudian ditempelkan pada pipi bagian gusi yang sakit. Lakukan selama 10 menit. Jika gusi terasa mulai nyeri, segera tempelkan lagi es batu. Tunggu beberapa menit hingga gusi terasa hilang rasa nyerinya.

Demikian obat sakit gigi anak secara alami yang dapat diberikan sebagai upaya pertolongan pertama saat nyeri mulai menyerang. Sebelum memberikan obat dokter akan lebih baik jika menyoba memberikan obat alami terlebih dahulu. Namun jika obat di atas tidak memberikan efek, disarankan pergi ke dokter gigi. Penting untuk orang tua mampu membujuk anaknya agar mau diobati saat sakit. Selain itu yang paling penting adalah orang tua rajin mengajak anak untuk sikat gigi agar terhindah dari permsalahan gigi sedini mungkin.

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

obat sakit gigi alami

Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Untuk Ibu Hamil

Obat Sakit Gigi Alami yang Aman Untuk Ibu Hamil. Sebagian besar wanita hamil mengantisipasi banyak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.